Cara Memperbaiki Flashdisk

No Comments

Pesan error " usb device not regodnized " ketika usb flashdisk kita colokin di usb port laptop atau desktop PC..seolah olah perangkat usb rusak.padahal banyak data penting yang disimpan pada flashdisk kita..walaupun harga usb flashdisk murah bisa beli baru tapi data yang terlanjur di simpan disitu banyak dan penting banget.



Kesalahan ini adalah umum untuk semua perangkat USB yang digunakan tidak hanya USB flash disk. perangkat USB ketika dicolokkan ke dalam sistem operasi komputer akan melaporkan:
Mungkin ketika kita ditancapkan atau terkena kebocoran awal yang buruk pada kontroler usb ic (kadang-kadang melalui resistor, atau kapasitor) lihat skema dibawah:

Tips coba lakukan step berikut.

- Coba cek jalur Resistor atau capasitor jika menggunakan kapasitor biasa kebocoran sering   terjadi disitu, ukur keduanya, jika bagus lanjutkan step selanjutnya

- Tegangan drop dari 3v3 menjadi 2V pada zener diode,cari spare part tersebut yang berwarna     merah ada  pelet hitam..ukur tegangan harus 3v3 atau 3,3volt.jika bagus ke step selanjutnya.

- Cek cristal osilator 12Mhz warnanya silver atau seperti logam.
 cara ukurnya biasa, gunakan ohm meter atau multi tester pada stelan 10x.
 jika tidak drop atau jarum multi tak terhingga berarti bagus cristal 12 mhz nya.

- Controller IC error, nih bagian rada ribet mesti punya air solder atau solder uap ( Blower     solder) yang   biasa dipake teknisi hand phone, panasi bagian IC data dengan suhu sedang.

- Jika Anda telah memeriksa langkah-langkah tersebut biasanya berhasil.
 tapi jika tetep gagal, apa boleh buat flash disk anda memang bener bener rusak.

semoga bermanfaat.

This Blog Member Of : DMCA, Kaskus, Viva, Lintasme, Kompasiana
Semua materi dalam blog ini asli tulisan Admin Cybermales, Copy Paste Silahkan Saja Asal ada link balik ke arah postingan asli dari Blog ini.

back to top