Minggu, 03 April 2011

Musik adalah bahasa universal karena terdiri dari nada DO RE MI FA SOL, tapi melahirkan banyak irama yang berbeda dan bisa diterima siapa saja walau berbeda bahasa dari tiap manusia, maka cobalah untuk memberi stimulasi pada anak walau dari dalam rahim / perut waktu hamil sampai balita kemudian usia sekolah, biarkan anak melakukan gerakan yang akan memengaruhi perkembangan motoriknya secara menyeluruh. karena inilah manfaat yang diberikan oleh irama dari musik itu :

1. Stimulasi ingatan
Jika pernah mendengar musik tertentu di masa lampau, orang akan mengasosiasikan musik dengan pengalaman masa lampaunya. Artinya, musik berfungsi sebagai stimulus pembangkit ingatan ke masa lalu. Tak hanya membangkitkan pengalaman obyektifnya, tapi juga pengalaman subyektifnya (perasaan ketika mengalami hal tersebut).

2. Membangkitkan rasa nyaman
Jika kita memperdengarkan musik lembut menjelang anak tidur, ia akan merasa nyaman di peraduan. Biasanya musik-musik tersebut berada pada tempo adagio, andante, moderato, yang tidak jauh dari ritme nadi atau detak jantung dalam hitungan 1 ketuk per detik, sedikit lebih cepat, sedikit lebih lambat. Bukan menggunakan tempo lento yang amat lambat atau presto yang amat cepat.

3. Efek hipnotik
Irama musik memberi dampak membuai. Ini disebut hypnotic effect (kesan hipnotik). Buktinya, ketika mendengar musik seseorang cenderung mengentak tangan atau kaki atau mengikuti senandung musiknya.

4. Menghibur
Musik bertujuan menghibur (dari kata muse). Musik menghibur di kala suka dan duka. Musik juga menghibur anak-anak. Jadi, hanya dengan mendengarkan musik yang disukai, seseorang sudah merasa terhibur.

Jika individu berada dalam atmosfer yang disukai, atmosfer yang menyenangkan, maka ia akan merasa lebih nyaman, dan rasa nyaman akan memberi dampak positif pada individu dalam melakukan kegiatannya. Kondisi ini membuat anak mudah menyerap, mengolah, dan menyimpan ilmu maupun stimulus.

Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. . hemm...
    thank's dh berbagii...
    . nicee...
    lam kenal , silahkan kunjungi blog saya juga yaa :
    http://uhooi.blogspot.com/

    BalasHapus

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini

Entri Populer