Sabtu, 18 Juni 2011

Ingat iklan lampu Terus Terang Philips Terang Terus, mungkin ada nih contoh barangnya, yaitu sebuah bohlam atau bola lampu yang dipasangkan di kantor pemadam kebakaran di Livermore, california, telah dinyatakan sebagai bohlam tertua yang tetap “bekerja” oleh Guiness Book of World Records. Pasalnya, bohlam tersebut sudah berusia 110 tahun pada tahun ini dan masih tetap menyala.

bola lampu berumur 110 tahun

Sebagaimana dilansir Telegraph, Jumat (17/6/2011), bohlam ini adalah hadiah dari seorang pengusaha pada 1901. Sempat tidak digunakan beberapa pekan di tahun 1903 serta selama seminggu di tahun 1937. Bohlam ini juga sempat “beristirahat” beberapa kali di tahun 1976 ketika ada pemadaman listrik massal. Namun hingga tahun 2011 ini lampu empat watt tersebut tetap memancarkan cahaya.

Panjangnya umur bohlam tersebut bahkan masih diteliti oleh para ilmuwan.

Keanehan lampu ini pun diakui Ketua Komite Cahaya Lampu Kota oelh Lynn Owens. Lynn mengakui bahwa peneliti masih bingung akan kehebatan lampu tersebut.

“Tak seorang pun tahu bagaimana hal itu terjadi pada bohlam itu. Mungkin ini adalah bohlam 60 watt yang hanya dihidupkan sekitar empat watt tapi tak seorang pun tahu mengapa lampu itu terus bercahaya,” ujar Lynn.

“Kami sudah mengundang beberapa ilmuwan dari seluruh negeri ini untuk melihat bola lampu tersebut. Namun tentu saja tidak ada yang pernah mampu menyentuh ini, karena panasnya” imbuh Lynn.

Bohlam telah menjadi objek wisata untuk Livermore. Dan bahkan sebuah pusat komedi membuatkan fitur komik untuk merayakan “ulang tahun” bohlam tersebut yang mencapai 110 tahun.

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog

Visitor

Popular Posts

Donate To Me On Paypal

https://www.paypal.me/riyanto1971