Rabu, 21 September 2011

Arti Tanda Bawaan Lahir

Tanda bawaan lahir? ha yo siapa ya punya coba periksalah jenis tanda bawaan lahir Anda karena mungkin memerlukan penanganan kesehatan. Tanda bawaan lahir adalah  tanda berwarna di atas atau di bawah kulit yang terlihat pada saat lahir atau beberapa waktu setelah lahir. Beberapa tanda lahir hilang seiring waktu, tetapi ada juga yang bertambah jelas.

Tanda lahir bisa disebabkan oleh kelibihan pigmen di kulit atau pembuluh darah yang tidak tumbuh secara normal. Sebagian besar tanda lahir ini tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak merugikan. Tetapi pada kasus tertentu, tanda lahir ini bisa menyebabkan komplikasi. Semua tanda lahir seharusnya diperiksakan ke dokter.

arti-tanda-lahir

                                                                 Salmon Patches

Salmon patches adalah gumpalan pembuluh darah yang muncul sebagai tanda kecil yang datar dan berwarna dadu. Tanda ini muncul pada 1/3 bayi yang baru lahir. Salmon patches bisa muncul di belakang leher, di antara kedua mata, di kening, hidung, bibir atas, kelopak mata. Beberapa di antaranya hilang saat bayi tumbuh dewasa, tapi tanda di belakang leher biasanya tidak hilang. Jenis tanda ini tidak perlu penanganan kesehatan.

                                                                Port Wine Stains

Tanda ini dimulai dengan tanda yang berbentuk datar berwarna kemerah-merahan pada saat lahir dan perlahan-lahan menjadi lebih gelap dan menjadi ungu kemerah-merahan seiring bertambahnya usia. Sebagian besar akan bertambah besar dan tebal juga.

Tanda lahir ini disebabkan oleh pembuluh-pembuluh kapiler yang melebar. Tanda lahir ini yang berada di kelopak mata meningkatkan risiko terkena glaukoma.

Tanda lahir ini mungkin tanda adanya kelainan, tetapi biasanya tidak.
Tanda lahir jenis ini dapat ditangani dengan terapi laser, pencangkokan kulit.

                                                                Mongolian Spots

Mongolian spots adalah tanda datar yang warnanya tidak terlalu terang dan muncul pada saat lahir. Biasanya ditemukan pada pantat dan punggung bagian bawah, biasanya berwarna biru, tetapi bisa juga hitam kebiru-biruan, atau coklat.

Tanda ini mungkin menyerupai goresan. Mongolian spots lebih sering dijumpai pada bayi berkulit gelap. Tanda ini biasanya hilang setelah usia sekolah tetapi mungkin juga tidak pernah hilang seluruhnya. Tanda ini juga tidak memerlukan penanganan kesehatan.

                                                                Cafe-Au-Lait Spots

Tanda lahir ini lembut dan berbentuk oval, warnanya mulai coklat muda sampai coklat sedang. Tanda ini biasanya ditemukan di badan, pantat, dan kaki.

Tanda ini bisa membesar dan warnanya bertambah gelap seiring usia, tetapi tidak dipertimbangkan menjadi masalah kesehatan. Akan tetapi, mempunyai beberapa tanda yang cenderung besar dihubungkan dengan neurofibromatosis dan sindrom McCune-Albright. Berkonsultasilah dengan dokter jika anak Anda mempunyai beberapa tanda.

                                                          Strawberry Hemangiomas

Hemangiomas adalah kumpulan pembuluh darah yang kecil. Strawberry hemangiomas mucul pada permukaan kulit, biasanya pada muka, kulit kepala, punggung, atau dada. Tanda ini bisa berwarna merah atau ungu, bisa datar atau berbentuk tajam.

Tanda ini biasanya muncul beberapa minggu setelah kelahiran. Tanda ini bisa tumbuh dengan cepat pada tahun pertama sebelum surut sekitar umur 9 tahun. Tidak diperlukan penanganan khusus, tetapi apabila diinginkan, obat dan terapi laser terbukti efektif.

                                                              Cavernous Hemangiomas

Tanda ini muncul saat lahir, tepat berada di bawah kulit dan muncul dalam bentuk kumpulan jaringan berbentuk spon yang berwarna kebiruan dan berisi darah. Tanda ini biasanya muncul di kepala atau leher. Sebagian hilang pada masa pubertas.

                                                            Venous Malformation

Disebabkan oleh bentuk vena yang abnormal dan melebar. Walaupun muncul pada saat lahir, tetapi tidak terlihat jelas sampai usia anak-anak atau dewasa. Tanda ini muncul 1-4% dari bayi yang baru lahir.

Tanda ini sering ditemukan pada pada tenggorokan, telinga, lidah, dan bibir. Tanda ini juga bisa muncul di anggota tubuh, badan, juga organ-organ dalam termasuk otak. Tanda ini akan tumbuh secara lambat, dan tidak hilang seiring waktu. Penanganan bisa dilakukan dengan operasi.

                                                              Pigmented Nevi (Moles)

Moles bisa muncul ketika sel dalam kulit tumbuh secara berkelompok dan bukannya menyebar di seluruh kulit. Moles dapat muncul di mana saja dalam tubuh, satu atau berkelompok.

Moles biasanya berwarna seperti kulit, coklat, atau hitam. Tanda ini bisa bertambah gelap apabila terkena sinar matahari dan selama masa kehamilan. Warnanya bisa bertambah pudar saat dewasa dan mungkin hilang di usia tua. Sebagian besar moles tidak berbahaya. Tetapi, moles bisa berisiko berubah menjadi kanker kulit. Moles seharusnya diperiksa ke dokter jika:
  • Berubah ukuran atau bentuk
  • Terlihat berbeda dari moles lainnya.
  • Setelah berusia 20 tahun
                                                              Congenital Nevi

Congenital nevi adalah moles yang muncul pada saat lahir. Tekstur kulit bisa bervariasi dari normal hingga agak runcing, atau nodular sampai iregular. Bisa tumbuh dimana-mana di tubuh dan ukurannya bervariasi dari tanda kecilberukuran 1 inchi hingga tanda besar yang bisa menutupi separuh atau seluruh badan.

Congenital nevi yang berukuran kecil muncul pada 1% bayi yang baru lahir. Sebagian besar moles tidak berbahaya. Tetapi congenital nevi, khususnya yang berukuran besar, seharusnya selalu dievaluasi dokter karena mempunyai kecenderungan menjadi kanker kulit.

                                                        Dysplastic Nevi (Atypical Moles)

Biasanya lebih besar dari moles biasanya dan pinggirannya tidak teratur. Tanda ini menyerupai moles yang punya kecenderungan menjadi kanker. Warnanya bisa gabungan dari warna merah jambu, merah, coklat.

Moles jenis ini bersifat keturunan. Jenis tanda ini mempunyai kecenderungan menjadi kanker kulit melanoma. Mintalah dokter untuk mengevaluasi semua moles yang terlihat tidak biasa, membesar, atau berubah dari biasanya.

Related Posts:



15.48.00

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

This Blog Member Of : DMCA, Kaskus, Viva, Lintasme, Kompasiana