Resep Nasi Tumpeng / Nasi Kuning

No Comments
Bahan Bahan untuk membuat nasi kuning / nasi tumpeng :

resep-nasi-tumpeng-nasi-kuning

1. Ketan 200 gr
2. Beras putih (pandan) 1,8 kg
3. Sereh 1 batang
4. Laos 2 cm
5. daun jeruk purut 7 lembar
6. pandan 3 lembar
7. kunyit 3 ruas digiling halus dengan air sedikit ( 2 sdm kunyit bubuk )
8. Santan peras sebanyak rendaman air beras dan ketan
9. Boter 30 gr (mentega)
10. Gula 2 sdm dan garam 3 sdt

Cara Membuat Nasi Tumpeng / nasi kuning :

1. Ketan dan beras dicampur jadi satu dicuci bersih, kemudian rendam dengan air hangat seukuran jari tengah pada garis yang pertama, masukkan air kunyit atau bubuk kunyit, aduk merata lalu rendam selama 15 menit. Sudah itu beras disaring pada panci kukusan, tunggu sampai air keluar semua, nah itulah ukuran santan yang diperlukan. Air tanda ukuran kita buang, masukkan air bersih masukkan beras didandang kukus selama 35 menit. Sementara itu santan bersama semua bumbu dimasak sambil diaduk, sampai mendidih, kecilkan api masak sampai bumbu layu dan menyerap, kemudian apinya matikan, saring untuk membuang bumbu

2 : Ditempat yang besar pindahkan beras ke kukusan, masukkan santan sedikit-sedikit sambil diaduk sampai rata, tunggu sampai santan terisap semua, setelah air kukusan mendidih masukkan aronan kembali, kukus sampai matang selama 30 menit.

3 : Selagi masih panas, cetak nasi di kerucut, sisanya dihamparkan di nampan yang sudah pakai daun pisang, letakkan kerucut ditengah, coba dengan hati-hati nasi kuning dilepaskan dari kerucut, bila agak lepas biarkan dulu dikerucut, sekarang kita hiasi dulu nasi kuning dengan macam-macam variasi dari ketimun, wortel atau apa yang anda senangi. Sekeliling nasi kuning kerucut kita hiasi tujuh rupa lauk pauk masakan. Nah sukses, semoga berhasil....
Tip Logo
Tumpeng dapat juga diganti dengan tidak memakai kunyit dan daun pandan dapat anda ganti dengan 4 atau 5 lembar daun salam semacam nasi kebuli.

Untuk padat dan stabil, puncak atau yang dikerucut anda dapat ganti saja dengan ketan, sedangkan alasnya dibuat dari bahan beras pandan. Adonan ketan sama saja dengan cara membuat nasi kuning.

Kalau tidak ada tampa, anda cari saja baki bulat dari bahan almunium atau dari bahan lainnya, Untuk kerucut sekarang ada dijual di toko, biasanya dibuat dari bahan aluminium. Untuk menhiasi Nasi Tumpeng terserah anda sendiri, contoh yang gampang seperti foto di bawah ini.

Selamat mencoba dan sukses selalu.

Related post



This Blog Member Of : DMCA, Kaskus, Viva, Lintasme, Kompasiana
Semua materi dalam blog ini asli tulisan Admin Cybermales, Copy Paste Silahkan Saja Asal ada link balik ke arah postingan asli dari Blog ini.