Selasa, 12 Juni 2012

Hal yang paling dianggep ribet dan repot oleh pemilik kendaraan bermotor baik roda dua dan roda empat adalah
disaat pajak kendaraan mau habis atau mau membayar pajak kendaraan bermotor. Buat yang sudah terbiasa mungkin tidak ada masalah tapi buat yang baru mencoba membayar kendaraan bermotor sendiri pasti berpikir, apa yang harus dibawa, gimana urutan dan caranya.? apalagi Membayangkan orang yang padat pada kantor SAMSAT atau juga SAMSAT Corner yang biasa tersedia di MAll di tiap kota.

Tidak usah bingung membayar pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan sendiri dan caranya juga mudah kok. Hal pertama yang harus kita lakukan jika ingin membayar pajak kendaraan bermotor ialah melengkapai syarat-syarat yang diperlukan seperti :


cara membayar pajak kendaraan bermotor sendiri

1. KTP asli ( Kartu Tanda Penduduk ) dan masih berlaku yang sesuai dengan data pemilik motor di STNK.
2. Buku BPKB ( Bukti Kepemilikan Kendaraan bermotor )
3. STNKA asli.
4. foto copy semua masing masing 2 lembar dan dijadikan satu ( usahakan sebelum anda ke kantor SAMSAT )
5. Jika semuanya sudah lengkap, maka pertama-tama anda mengambil formulir dulu.
6. Setelah anda mendapatkan formulir anda isi sesuai contoh yang ada disana.
7. Jika selesai anda harus membeli map khusus yang dipakai untuk memasukkan berkas atau syarat tersebut, biasanya sudah    ada dikantor SAMSAT setempat.
8. Setelah semuanya selesai anda mengambil nomor antrian yang berada di dekat pintu masuk, tunggu hingga nomor antrian anda di panggil.
9. Jika nomor antrian anda dipanggil, serahkan berkas yang di sudah disiapkan dalam map tersebut.
10.Duduk untuk menunggu nama anda (yang sesuai KTP) dipanggil untuk membayar biayanya.
11. Setelah membayar maka anda akan diberikan bukti pembayaran yang berfungsi untuk mengambil STNK yang sudah di perbaharui.
12. Duduk lagi dan tunggu sampai  nama anda dipanggil kembali.
13. Tunggu panggilan dan berikan bukti pemyaran dan STNK yang baru bisa diambil tadi.
14. Selesai

Mudah bukan?

116 komentar:

  1. kalo motor atas namanya KTP ayah, tapi yang bayar anaknya gimana? KTP anak gak usah ya? cuma KTP pemilik aja?

    BalasHapus
  2. @Galuh Restu Perwirawan:

    Bener, Klo buat bayar pajaknya saja dengan kata lain belum harus ganti STNK dan plat baru bisa kok, Dengan Catatan KTP Asli dan Sesuai Nama Dengan yang tertera pada STNK..

    BalasHapus
  3. pak kalau pakai SIM C bisa gak soalnya KTP saya sudah pindah domisili kalau SIM C belum, SIM C masih sama alamatnya dengan STNK. Gimana nih???

    BalasHapus
  4. pak kalau pakai SIM C bisa gak soalnya KTP saya sudah pindah domisili kalau SIM C belum, SIM C masih sama alamatnya dengan STNK. Gimana nih???

    BalasHapus
  5. @jose, tergantung dari pihak Samsat ( Pembantu ) tempat anda membayar pajak, SIM C bisa digunakan jg asal saat membayarnya di SAMSAT pusat bukan SAMSAT pembatu.

    BalasHapus
  6. mas kalo jatuh tempo untuk pajak kendaraan bermotor berapa hari ya? ada UU atau peratura pemerintahnya ga? dan jika kondisi kita bayar pajak pd saat jatuh tempo apakah nantinya akan dikenakan denda atau sanksi? makasih mas :)

    BalasHapus
  7. @ramdhani_ph, jatuh tempo sesuai tanggal massa berakhir pajaknya sobat, jika saat membayar pas tanggal terakhir tidak kena denda kok, tapi yang perlu diingat jika masa berlaku pajaknya pas hari sabtu atau tanggal merah mending diusahakan pajak dibayar sebelumnya.

    BalasHapus
  8. Pa, jika membayar pajak kendaraan menggunakan fotocopyan ktp sang pemilik kendaran gimana ya? soalnya ada hal yg penting jg, dan kondisinya seperti ini, :)

    BalasHapus
  9. @ramdhani_ph, sebaiknya yang asli dibawa juga sobat untuk memverifikasi dengan KTP aslinya, gak lama kok paling lama 15 menit tuh, jadi rela relain deh bawa yang aslinya.,demikian

    BalasHapus
  10. misalkan saya pindah penduduk dan alamat di STNK saya masih alamat yang lama tapi nama masih nama saya, bagaimana cara saya membayar pajaknya..? apakah bisa dengan menggunakan KTP saya yang sekarang..? BPKB masih di dealer..

    BalasHapus
  11. @Praztmath, Untuk sobat yang pindah alamat rumah dan KTP baru ada baiknya membuat KTP pengantar yang dibuat sementara dari Kecamatan, tapi jika sobat pindah alamat masih berdomisili di kota yang sama ada baiknya tetap menggunakan KTP yang alamatnya sama dengan yang tertera pada STNK jika tidak ingin repot, atau jika masa berlaku STNK ( sudah tahun terakhir) atau kolom tanda tangannya sdh penuh mendingan BBN dengan alamat baru biar tidak repot.

    BalasHapus
  12. pak kalau misal nya motor saya berdomisili di mojokerto terus saya bayar di surabaya bisa gak ya? tapi motor atas nama saya sendiri kok
    trims

    BalasHapus
  13. @gigih melodic,

    Selagi masih dalam satu kota pembayaran bisa langsung, tetapi jika sudah berada diluar wilayah / daerah pembayaran pajaknya harus ditempat yang menerbitkan STNK nya yaitu pusat SAMSAT didaerah tersebut walau sesuai KTP dengan pemiliknya.

    Biasanya ada SAMSAT pembantu ditiap daerah dan kabupaten.

    Demikian.

    BalasHapus
  14. mohon info...apa benar utk pembayaran PKB saat ini tidak perlu syarat BPKB asli ? terima kasih

    BalasHapus
  15. @ysh2012,

    Untuk membayar PKB yang belum habis masa berlakunya STNK bisa langsung tanpa BPKB asli, cukup fotocopynya saja.

    Akan tetapi jika masa berlalunya habis dan harus ganti Plat dan STNK baru maka harus dibawa BPKB aslinya.

    Demikian.

    BalasHapus
  16. pak kalo pakai KTP Copy gmn ya? soalnya kendaraan belinnya tangan ke 2.kalo syarat yg lain sih lengkap (BPKB Asli, STNK asli)

    BalasHapus
  17. @Arifin Latif,

    Sebenernya bisa asal KTP masih berlaku, tergantung petugas SAMSAT didaerah Bpk, Tapi baiknya mending langung BBN atas nama Bpk jadi dikemudian hari tidak repot.

    KTP asli diperlukan untuk verifikasi data..karena ada sebagian wajib pajak yang memalsukan KTP yang telah habis
    masah berlakunya lewat Scanner.

    Demikian semoga membantu.

    BalasHapus
  18. pak, kalau bayar PKB saja ,tapi masa berlaku STNK masih lama sementara KTP saya sudah pindah domisili bisa ngak mengunakan KTP yang sekarang saya tinggal

    BalasHapus
  19. @Ahmad Jazuli,

    Secara resminya tidak bisa Pak, karena beda dengan alamat yang tertera pada STNK yang mau dibayar, jika bapak membayarnya pada kantor SAMSAT pusat dikota bapak biasa ada toleransi jika bpk masih memiliki fotocopy KTP yang sesuai dengan yang tertera pada STNK, biasanya bapak diminta mengurus surat pengantar dari kecamatan mengenai bahwa bahwa bapak domisilinya pindah alamat.

    Tinggal kebijaksanaan petugas SAMSAT setempat.
    demikian bapak semoga bisa dipahami.


    BalasHapus
  20. klau stnk mtor yg asli hilang gmna ?
    bisa gak bayar pajakny ?
    carany gmna ?

    BalasHapus
  21. @inda pratiwi

    Klo STNK hilang agak repot mbak, harus buat laporan hilang dahulu di Polsek, Polres atau Polda setempat. Setelah berkas laporan hilang selesai, nanti dibawa untuk mengurus / mengeluarkan STNK baru di Kantor SAMSAT.

    Agak sulit memang prosesnya mbak, tapi sebagai pelajaran deh agar lebih berhati hati, walau kececer, rusak atau kecopetan prosesnya sama, yang buat lama kadang dari petugas ditempat buat laporan hilang.

    Semoga berguna buat yang lain dengan masalah yang sama. terima kasih atas kunjungannya ke blog ini.

    BalasHapus
  22. Pak klo saya tlat bayar pajak.PKB nya 170 kira2 dendanya brpa y pak.trus cr pembayarannya rumit tidak...n kira2 total yg hrus dibayar berapa.mksih

    BalasHapus
  23. Wah kenapa telat broo, untuk denda tidak mahal kok tambahkan saja dari nilai yang ada, paling besar 10 persen dari itupun masih dalam bulan masa akhir pajak, trus lihat juga mesti ganti plat + stnk tidak? untuk proses pembayaran tidak rumit.

    Kalkulasinya tinggal tergantung SAMSAT dikota anda. Makasih sudah berkunjung ke nlog saya.

    BalasHapus
  24. Pal.klo PKB Nya sja tlt bayar pajak.polisi berhak menilang apa tidak.n bagaimana jika polisi menilang gara2 PKB Trsbut?? Mksh

    BalasHapus
  25. Telat bayar berarti mati pajak dong..!!
    Syarat utama berkendaraan, memiliki izin Sim dan STNK yang masih berlaku ( sudah bayar pajak / pajak kendaraan msh berlaku ) broo.

    Mati pajak berarti syarat tidak terpenuhi untuk syarat berkendaraan, jadi Polantas memiliki wewenang utk memberikan sanksi tilang.

    Mending dibayar deh jadi lebih nyaman dijalan.
    Toh ada untungnya kok, selain ada jaminan dari jasa raharja jika terjadi musibah, juga gak mengganggu jadwal apel malem minggu.



    BalasHapus
  26. pak,maaf saya mau nanya aga beda dikit,,klo masalah faktur2 pembelian gtu pengaruh ga ke memperpanjang STNK,,GANTI PLAT NO 5 TAHUN gtu?
    soalnya saya beli motor second,,y yg saya dpt kan cuma STNK ASLI,,BPKB ASLI,,,kata temen hrus punya faktur,,,apakah penting faktur2 pembelian itu dlm mprpajang stnk,,bbn..ganti plat no 5 tahun itu

    BalasHapus
  27. @Roni Ogut,

    Maaf sebelumnya, Faktur disini maksudnya faktur yang dikeluarkan oleh pihak ATPM (pabrik) atau lebih mudah dipahami faktur dari dealer kendaraan pada waktu pembelian awal kendaraan, fungsinya untuk mendapatkan BPKB dan STNK resmi dari SAMSAT.

    Fungsinya untuk validasi kendaraan mulai dari tahun pembuatan, nomor rangka, nomer mesin, kapasitas kendaraan dan nama kendaraan asli,

    Jadi sangat penting, jika faktur tidak ada baiknya bapak tanyakan lagi dengan penjual, seandainya hilang itupun harus ada laporan hilang dari pihak kepolisian.

    Saat ini BPKB dan STNK aspal / palsu banyak dibuat pelaku kriminal pencurian kendaraam, walau No rangka dan NO mesin sama persis.
    Jadi proses pembayaran pajaknya akan sulit.

    Coba bapak tanyakan dengan pihak SAMSAT diwilayah bapak, jika memang datanya ada bapak akan dibuatkan BPKB duplikat tapi prosesnya lama bisa satu bulan bahkan bisa satu tahun dan biayanya mahal.

    Demikian bapak semoga bisa membantu, lain kali buat sobat semua agar lebih berhati hati jika membeli kendaraan bekas.

    BalasHapus
  28. ngambil formulir pendaftaran bayar g?
    di tebing tinggi ko bayar yc
    tp di minta kwitansi mereka ko ga mw ngasih?

    BalasHapus
  29. pak kalau BPKB & STNK kendaraan atas nama kakak saya, jadi saya mau bayar pajak kendaraan & peranjang STNK, skrg kakak saya sudah d luar provinsi domisili saya jadi tindakan saya harus bagaimana ya pak? mungkin proses agak rumit karena sudah beda prov. ya pak?
    trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selagi nama pada STNK dan BPKB serta Fotocopy KTP masih dalam areal tempat terbitnya STNK tidak masalah, artinya walaupun yang membayarkan pajak atau memperpanjang pajak kendaraan bukan yang punya atau diwakilkan..bisa kok tidak masalah..

      Kecuali nantinya jika STNK dan Plat Kendaraan harus ganti, maka harus dengan KTP asli bukan fotocopy itupun tergantung kebijakan SAMSAT setempat,.

      Demikian harus dimengerti.

      Hapus
  30. Mas bro.. Kalau saya pindah domisili (Bekasi) dan KTP sudah domisili baru, tapi kendaraan masih alamat yang lama (Jakarta Selatan). Apa bisa di bayar pajaknya? Atau harus Mutasi?
    Kalau Mutasi, berapa biayanya?

    Nb: Kendaraan Atas Nama Sendiri dgn domisili lama (Jakarta Selatan)

    Thanx Mas bro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. JIka identitas diri berupa KTP telah berubah maka ada baiknya dilakukan mutasi Mas Boy biar tidak repot dikemudian hari..biayanya beda di tiap daerah bisa ditanyakan langsung dengan SAMSAT terdekat dengan lokasi Mas Boy.

      Untuk biaya tergantung dengan tahun keluar produksi dan tipe kendaraan,
      Biaya BBN nantinya tertera di STNK jika telah selesai.
      Demikian yang bisa saja jawab..

      Hapus
  31. mas mau nanya nih,klo bayar pajaknya ga pake BPKB boleh gak ya? tapi STNK sama KTP nya ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. BPKB ada tidak? maksudnya hilang atau memanf tidak ada?
      Jika cuma membayar pajaknya bisa kok, selagi belum habis masa berlakunya.
      Jangan lupa membawa fotocopy BPKB nya.

      Tapi jika BPKB tidak ada, masa berlaku STNK dan Plat Kendaraan bermotor habis masa berlakunya tidak bisa kawan, karena BPKB adalah bukti otentik kepemilikan kendaraan..karena dari situlah datanya yang harus terverifikasi buat menerbitkan STNK.

      Demikian jawaban saya, semoga bisa dipahami.,dan tak lupa terima kasih atas kunjungannya ke bloh saya ini.

      Hapus
  32. terima kasih...rajamenyok.blogspot - univteacher.blogspot

    BalasHapus
  33. pak, apabila kami mebeli mobil dari jakarta dan kami bawa ke jambi. dan plat mash memakai plat jakarta, pembayaran pajaknya bgaiman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pembayaran pajaknya tetap harus ke jakarta Pak, tapi alangkah baiknya jika memang bapak berdomisili di luar provinsi tempat tertibnya STNK dan BPKB, lebih baik dimutasikan atau BBN saja dikota bapak tinggal sekarang..Jambi misalnya.

      Atau jika bapak mempunyai saudara di Jakarta bisa saja dititipkan dengan saudara bapak untuk membayarkan pajaknya, itu juga harus dilengkapi KTP pemilik asal kendaraan,

      Demikian bapak, semoga bisa dimengerti..dan terima kasih sudah mampir di blog anak Palembang ini,

      Hapus
    2. sama ni... saya beli mobil second plat B, domisili di Jambi mau memperpanjang pajak tp KTP pemilik asal kendaraan ga ada gimana ya. kalo via Biro Jasa kena biaya berapa ya? trims

      Hapus
  34. saya beli motor seken dan KTP pemilik aslinya gak ada , soale sudah kehilangan jejak pemilik aslinya (pemilik asli gak bisa dihubungi).
    kira2 bagaimana pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiknya bapak langsing BBN atau bea balik nama atas nama bapak sendiri,itu tidak memerlukan KTP pemilik asal kendaraan. Silahkan diurus bapak tidak repot kok petugas juga pasti juga mengerti.begitu bapak semoga bisa dimengerti.

      Hapus
  35. Pak kalo bayar pajak yg tahunan tp blm ad bpkb (kan motornya kridit) itu gimana pak???
    Mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok, sobat minta keterangan dari leasing tempat mengambil kreditnya, nanti mereka siapkan berkasnya. Minta keterangan dan berkas untuk membayar pajaknya. Baru sobat bawa ke SAMSAT di tempat sobat tinggal.

      Atau jika tidak mau repot, Biasanya pihak leasing bisa membantu membayarkannya, jadi sobat tinggal membayar dengan leasingnya tidak harus ke SAMSAT.

      Demikian semoga mengerti.

      Hapus
  36. mas rata rata biaya untuk mutasi dari pemilik pertama di Majalengka ke pemilik kedua kota bandung, biayanya berapa yaa, terima kasih sebelumnya ??? dan bagaimana prosesnya, apa yang harus saya siapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syarat mutasi tidak banyak kok, BPKB dan STNK asli kendaraan,KTP asli pihak kedua tempat bermutasi. Untuk biaya tergantung jenis kendaraannya dan bisa ditanya ke pihak SAMSAT Wilayah kendaraan mutasi ( mis: Bandung ). Prosesnya mungkin sedikit memakan waktu karena untuk memastikan valid tidaknya data asal kendaraan.

      Demikian jawaban saya.

      Hapus
  37. mas biaya mutasi, proses dan berkas yang harus saya siapkan untuk mutasi dari pemilik pertama di majalengka ke pemilik kedua di kota bandung berapa dan bagaimana yaa, terima kasih,

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. maaf mas. saya td sudah berusaha membayar pajak yg habis 5 tahun dan harus ganti plat. saya ingin belajar dan tw. supaya tidak bergantung pd calo. ketika saya ke samsat saya lgsg cek fisik dan saya kasih berkas ternyata alamat saya beda krn kebijakan tempat saya yg merubah alamat rumah. jd di ktp baru dgn stnk dan bpkb berbeda. saya disuruh pindah alamat di bbn. saya sudah mondar-mandir untuk memenuhi berkas pindah alamat dan disuruh minta surat pernyataan pindah alamat. sesudahnya saya memberikan berkas2 itu kekonter 4. dan saya mendapat kertas kecil dan saya disuruh ke konter 5. tiba2 dikonter 5 saya disuruh dtg tiga hr lg. dan saya mau tanyakan apa yg hrus saya lakukan setelah 3 hr kemudian tersebut. apakah saya hrus cek fisik ulang? atau itu sudah termasuk didalam pergantian stnk dan plat baru?

    BalasHapus
  40. Harusnya gak rumit bang, setelah cek fisik Nomer Rangka dan Nomor Mesin selesai, proses sudah bisa dilakukan.

    Jika langsung BBN ( bea balik nama ) dengan KTP baru juga bisa langsung diproses tidak lama, Jika area tidak padat biasanya STNK nya selesai atau terkadang paling telat 2 sd 3 hari tergantung SAMSAT di wilayah sobat.

    Dan STNK serta Plat Nomer baru sudah terbit.
    Tidak harus cek fisik lagi. Seandainya rada telat itupun BPKB nya karena untuk validasi data saja.

    Demikian jawaban saya, makasih sudah berkunjung di blog saya.

    BalasHapus
  41. pindah alamat itu sudah termasuk didalam bbn ya mas?

    berarti ketika 3 hari lg saya datang. plat dan stnk sudah terbit ya mas.

    setelah sudah terbit. apalagi yang harus saya lakukan mas.?

    trmksh mas

    BalasHapus
  42. pindah alamat itu sudah termasuk didalam bbn ya mas?

    berarti ketika 3 hari lg saya datang. plat dan stnk sudah terbit ya mas.

    apa yg harus saya lakukan ketika selesai terbit itu mas?

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. setelah terbit apa lg yg harus saya lakukan mas?

    BalasHapus
  46. setelah terbit apa lg yg harus saya lakukan mas?

    BalasHapus
  47. Gak ada Bang, artinya slesai tinggal ngambil saja,

    BalasHapus
  48. makasi mas. aku lihat profil mas dipalembg ya.... makasi bnyk mas atas jawabannya

    BalasHapus
  49. Sama sama, iya saya blogger dari Bumi Sriwijaya Palembang,
    terima kasih atas kunjungan aktifnya diblog saya, jika punya saran untuk kebaikan blog ini dikemudian hari silahkan saja.

    Sekali lagi terima kasih untuk semua pengunjung setia blog ini.

    BalasHapus
  50. gan , kalo stnk asli nya hilang karena dulu pas perpanjangan lupa di ambil,,
    tapi surat pkb nya masih ada dan sudah di bayar..
    itu gmna gan,, apa bisa di buat stnk baru ato gmna?

    BalasHapus
  51. gan , kalo stnk asli nya hilang soalnya dulu lupa di ambil watktu perpanjangan dulu ,
    tapi surat pkb nya masih ada.. itu bisa buat stnk baru at gmna gan?

    BalasHapus
  52. Loh kok bisa STNK nya tidak diambil waktu membayar pajak?

    Jika STNK hilang harus buat laporan hilang dahulu dari kepolisian baru bisa diurus proses membayar pajaknya.

    Tapi jika BPKB ( bukti kepemilikan jendaraan bermotor ) yg hilang, prosesnya rada ribet, pajak kendaraam tidak bisa diproses.

    Coba deh bro ke SAMSAT tanyakan kembali ke bagian Arsip, mudah mudahan masih ada BPKB dulu yg tertinggal..
    Nanti akan di cek fisik untuk dicek validasi bukti kepemilikannya.


    BalasHapus
  53. selamat siang pak.... saya dulu punya BPKB asli mobil ... tapi BPKB tersebut hilang... lalu setelah diurus... diterbitkan lah BPKB duplikat..dan nomer plat nya sendiri akan habisa masa berlaku nya bulan november tahun 2014....
    pertanyaan saya....apakah ada cara untuk mendapatkan nomer plat baru SEBELUM HABIS masa berlaku plat mobil saya...sehingga saya mendapatkan BPKB yang baru (yang asli) ..kalau ada ...bagaimana prosedur nya ?
    terima kasih

    BalasHapus
  54. slamat siang.. saya mau tanya soal mutasi plat mobil nama ke plat mobil baru....saya pernah punya BPKB asli utk mobil tersebut...tetapi sekarang sudah hilang.. dan sudah diterbitkan BPKB duplikat nya, sedangkan plat mobil saya berlaku sampe dengan November 2014....pertanyaan nya.. apakah saya bisa mengganti plat mobil saya dengan plat nomer plat yang baru sebelum habis masa berlakunya ?

    BalasHapus
  55. Mohon maaf sebelumnya, untuk mendapatkan plat Nomor kendaraan Baru sesuai keinginan, bisa saja tanpa harus menunggu waktu plat lama habis masa berlakunya, ada prosedurnya dan bisa ditanyakan langsung ke petugas SAMSAT, itu juga jika plat pesanan belum ada yang menggunakannya,

    Ddemikian sobat jawaban dari saya.

    BalasHapus
  56. Min klo mau byar pjak 5 tahunan sbelum masa berlaku habis bs ga?sekitar 5 bulan lebih awal.skalian sm pajak tahunan nya jg.

    BalasHapus
  57. Kenapa mesti dicepetin tuh? biar gak repot ya?
    Bisa dibayarkan saja di kantor SAMSAT di kota sobat.

    BalasHapus
  58. mas,mo tanya, KTP sdh hbs masa berlakunya, skrg lg proses perpanjangan.Apakah perpanjangan stnk 5 thnan dan gnti plat-nya bisa menggunakn surat keterangn dr kelurahan/kecamatan?klamaan nunggu ktp yg baru cz alamat rumah pindah..takutnya nnt mlh keburu exp stnk & platnya..mksh

    BalasHapus
  59. Seharusnya bisa, tapi dengan catatan masih dengan alamat yang sama pada BPKB atau STNK, tapi jika KTP baru dengan alamat baru harus diberi keterangan dahulu dari Kec. ( catatan ) pindah alamat.

    BalasHapus
  60. mas mau nanya , saya mahasiswa perantau yg ingin beli motor bekas di kota tempat saya skrg kuliah ,tapi saya masih bingung cara BBNnya gimana ya? soalnya sya udh KTP dari kota asal saya , apakah bisa saya BBN dgn mnggunakan kartu identitas sementara (KITAS) yg stiap tahunnya saya perbarui, mohon bantuannya mas, makasih..

    BalasHapus
  61. mas mau nanya ,saya mahasiswa perantau ,trus saya ingin beli motor bekas di kota saya skrng kuliah, tapi saya masih bingung proses BBNnya, apakah bisa saya BBN menggunakan kartu identitas sementara (KITAS) yang saya perbarui tiap tahunnya? soalnya saya sdh punya eKTP kota asal saya mas, mohon bantuannya, Makasih...

    BalasHapus
  62. Bro..BBN harus sesuai domisili dimana KTP berada,..kenapa gak beli dari daerah asal sobat saja baru dibawa ke kota sekarang sobat tinggal.? repot memang tapi memang harus begitu, BBN dengan ( BPKB/STNK) atas nama pribadi harus sesuai dengan KTP asal.

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Siang, Mau tanya kalau mau bayar pajak kendaraan si bos, ada 2 langsung yg mau dibayar pajaknya, surat kuasanya mesti buat sendiri-sendiri atau bisa digabung jd 1 surat kuasa??

    BalasHapus
  65. Kalau mau bayar pajak kendaraan ada 2 yg 1 mobil 1 lg motor, itu punya boss, mesti buat surat kuasa berapa ya?

    BalasHapus
  66. Tidak harus surat kuasa mbak selagi Bos Mbak menyertakan KTP dan kelengkapan lainnya sesuai nama yang tertera pada BPKB dan STNK..tersebut..

    BalasHapus
  67. saya beli mobil 2nd dan masuk leasing, nama stnk masih pemilik pertama, saat bayar stnk kemarin ditolak, karna mobil di diblokir pemilik pertama ( mobil sudah dijual ), dan diminta untuk BBN, atau buka blokir dengan bayar 350rb proses 3 hari kerja oleh pihak samsat, apa seperti itu prosesnya sedangkan dari awal pengambilan mobil dari pihak leasing tidak menyarankan BBN,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya bisa bapak bisa minta bantuan pihak leasing, karena ganti nama pemilik nantinya akan berbeda dengan perjanjian pihak leasing sewaktu kontrak.

      untuk membayar pajaknya saja, bisa kok..memang akan lebih baik membayar pajak atas barang dari tangan pertama dibuuatkan BBN karena akan mempermudah kearsipan dan banyak untungnya bagi pemilik.

      Saran saya negosiasi dengan pihak penerbit leasing..demikian bpk.

      Hapus
  68. pak,mau nanya saya beli motor second dan waktu habis STNK masih ada 1 tahun,nah saya ingin balik nama dan mutasi motor krna beda kota tapi masih 1 provinsi,apa aja yg harus di siapkan yah pak,dan mnurut bpk gak rugi untuk yg setahun itu??makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah sobat jika mau BBN ( mutasi ) kepemilikan, lengkapi semua syaratnya dan bawa berkas aslinya, seperti BPKB, STNK, KTP yang msh berlaku, dan Utk cek fisik No. Mesin dan No. Rangka nanti bisa dilakukan di SAMSAT.

      Tidak rugi kok, sama saja krn kendaraan sudah milik sobat, dan yang bayarin pajak juga sobat walau sisa satu tahun kedepan, justru malah aman jika lekas diurus jadi atas nama sendiri.

      Demikian, semoga bisa terbantu.

      Hapus
    2. halo gan mau nanya kalo motor saya plat R saya mau bayar pajak tahunanya di jakarta bisa?

      Hapus
    3. gan klo motor sy plat R sya mau bayar pajak di samsat online tangerang bisa gan?

      Hapus
    4. Bayar sesuai lokasi terdaftar kendaraan, jika provinsi tsb sudah menerapkan sistem online, maka bs bayar di samsat mana saja dalam provinsi tsb :)

      Hapus
  69. Pengurusan bpkb hikang /duplikat di jateng klaten kok lama setahun lebih belum jadi yg di DIY aja 3bulan jadi 2013 saya kecurisn bpkb ... yg d lkaten malah lebih dulu dy proses tspi sampai sekarang belum jadi ... malah ada oknum polisi bagisn bpkb meminta 5jt apa karrna g saya turuti jadi di persulit .... ini polisi tidak membantu kok malah mencekik... apa yah benar jateng lama pengurusannya dan mahal says di Diy aja habis 1jt gsebetulnya 850 sisanya saya kasikan ke polisinya. Polisinya bilang trima kasih sampai 3kali... itu insyaallah rezeki yg halal dan polisi DIY baik2 ...

    BalasHapus
  70. pak tanya pengurusan STNK motor baru gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya blm pernah punya STNK Atau Belum Diregistrasikan?
      Klo blm terbit BPKB nya, sobat hrs daftarkan dulu ke SAMSAT wilayah anda:

      1. Bawa KTP asli.
      2. Bawa Faktur Asli :
      Faktur dari ATPM dan Faktur Pembelian dealer atau keterangan asal motor misalkan anda mendapatkan hadiah.

      Nanti akan di cek fisik berupa NK (nomor rangka) dan NM (nomor mesin) utk divalidasi dan diinput sebagai registrasi.

      Prosesnya untuk STNK paling lama 1 bulan, untuk BPKB paling lama 3 sampai 6 bln, tergantung SAMSAT lokal anda.

      Demikian Pak, semoga bisa dimengerti.

      Hapus
  71. Motor masih kredit, bpkb asli msh di oto, bayar pajak dengan stnk asli dan ktp asli saja bs?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo bayar pajaknya bisa kok Pak tidak perlu bpkb asli, asalkan data pada STNK sesuai dengan KTP pemilik..

      Hapus
  72. Pak mau tanya
    saya domisili di medan saya beli motor 2nd asal motor nya dari tebing tinggi
    rencanya saya mau bbn bisa gak ya pak
    kira2 brapa ya biaya nya pak
    dan syarat nya apa aja ya
    Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. BBN itu lebih baik dan banyak manfaatnya, untuk Biaya ( Mutasi ) BBN silahkan tanyakan ke SAMSAT di kota bapak, yang penting kelengkapan surat menyurat kendaraan. Prose jadi lebih mudah dan cepat.

      Hapus
  73. pak bisa nggak ngurus pajak plat B Jakarta di Medan?
    kalau bisa syaratnya apa saja ya pak?
    timakasih.

    BalasHapus
  74. pak, kalo perpanjang STNK bukan di alamat STNKnya bisa gk? misal alamat di stnk sukabumi tapi pengen perpanjang di bekasi, soalnya kerja di bekasi dan cape kalo pulang ke sukabumi.
    terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk jelasnya silahkan ditanyakan saja di wilayah anda, kecuali hrs ganti STNK ( masa berlaku yg 5 tahun telah habis ) maka hrs diwilayah asal kendaraan.

      Hapus
  75. Asslm... sob ane baru aja bayar pajak motor... tp suruh ganti alamat coz rt/rw nya beda akibat pemekaran... d stnk dah d ganti tp d bpkb belum coz ane mesti ke polda metro jaya.... lom ada waktu gak enak ijin kerja terus... yg mo ane tanya in ada batasan waktu gak ce wat urus bpkbnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batasan waktu sebetulnya tidak ada, itu terjadi bukan karena kesalahan anda..tp tetep aja harus diurus, itu juga pas pajak per 5 tahunnya habis ( STNK baru)..biasanya ada kebijaksanaan tersendiri karena bukan soba saja yg mengalami perubahan alamat karena pemekaran daerah.

      Hapus
  76. Mau tanya nih.klo byr pajak kendaraan stiap tahun di denpasar bisa gak walaupun no plat kendaraan masih daerah kaltim?.thanks

    BalasHapus
  77. Mas mau tanya nih, saya khan mau membyar pjk tahunan bulan maret depan. Tetapi msalahnya nama stnk nya atas nama kakak saya. Dan kakak saya skrg brd di Kalimantan. Apakah bisa hanya dgn Stnk asli dan KTP saya. Ktp saya alamtnya sama dgn di stnk, hanya nama pemiliknya. Gimana mas?
    Trimaksih.

    BalasHapus
  78. Maaf deh bang br sempet balas komennya.

    Bisa kok asal ada surat kuasa dan tangan pemilik aslinya yaitu kakak anda. Dibuat dengan materai dan dilengkapi fotocopy KTP aslinya, alangkah baiknya jika ada KTP aslinya.

    Demikian Bang..semoga terbantu

    BalasHapus
  79. Mas, mau nanya nih. Apakah alamat stnk dan ktp harus sama persis?
    Jika terdapat perbedaan, misalnya pada stnk tdk ada nomer rumah dan bloknya apakah mempersulit saat perpanjangan stnk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. STNK dan KTP harusnya sama, toh waktu daftar ( reg ) data kendaraan ke Lantas ( SAMSAT )menyertakan KTP asli.

      Kok bisa di STNK tidak ada no rumah?
      Data harusnya valid dgn alamat rumah bukan hanya alamat jalan.

      Itu juga demi melindungi wajib pajak jika nantinya ( maaf ) terjadi musibah kecelakaan, kehilangan ataupun ganti pemilik.

      Di Buku BPKB nya apakah sama dengan STNK tidak ada no rumah?

      Coba sobat urus dulu, bawa BPKB sli, KTP asli / SIM asli. Biasanya ada toleransi. Jika memang sobat pemilik asal kendaraan.

      Hapus
  80. Bayar pajak tahunan motor yang masih kredit itu gimana?? Kan gak ada bpkb nya. Masih ditahan di leasing???

    BalasHapus
  81. Bayar pajak tahunan tapi motor masih kredit sedangkan bpkb masih di leasing.. Bagaimana ya?? Harus ke samsat pusatnya langsungkah??

    BalasHapus
  82. Bayar pajak motor tahunan dan telat 10bulan dan tanpa bpkb.. Apakakah bisa?? Tolong dijawab

    BalasHapus
  83. Cukup fotocpynya saja, kecuali KTP harus asli.

    BalasHapus
  84. Saya beli motor kemarin atas nama perusahaan.trus saya mau balik nama.jd bagaimana solusi y gan.terimakasih

    BalasHapus
  85. Saya mau tanyak.kmarin saya bli motor second trus motor y atas nama perusahaan.saya ingin brtnya bgaimana cara y agar saya bisa balik nama kendaraan.terimakasih

    BalasHapus
  86. Saya mau tanyak.gmna cara y balik nama motor sedangkan pemilik asal motor atas nama perusahaan.terimakasih

    BalasHapus
  87. @gluteus buritmu,

    Untuk kendaraan atas nama perusahaan, sobat harus ada keterangan jual beli, surat peryataan klo memang motor telah dijual/dilepaskan haknya kepada org lain, dan diberi stempel perusahaan pemilik asal kendaraan.

    Nanti dibawa beserta BPKB asli. STNK asli dan KTP asli bapak (pemilik naru) nanti baru divalidasikan ganti pemilik.

    untuk proses pajak tahunan (STNK) prosesnya cepat, cuma untuk BPKB nya prosesnya sedikit memakan waktu.

    Demikian bapak.

    BalasHapus
  88. mau nanya mas. apa syarat pajak motor yg atas nama perusahaan/ PT? ane cm ditinggali Faktur aja di BPKB nya.

    BalasHapus
  89. Mas saya mahasiswa luar daerah mau beli motor bekas di tmpat saya kuliah, bagaimana ya cara untuk balik namanya, ktp saya kan bukan ktp di kota saya beli motor bekas?

    BalasHapus
  90. Pak mau nanya
    Apakah BPKB spda motor saya asli..soalnya plat ,nama,nomor mesin,nomr ranka sama semua yg tertera di Bpk,STNK,dan di bodi kendaraan.Tapi type motor berbeda anatara STNK dan BPKB nya tolong penjelasan ya apakah samsat salah dalam penulisan apa gmna pak,,kondisi dulu beli motor secon

    BalasHapus
  91. Pak mau nanya,kalo mau mutasi motor dari luar pulau nantinya urus2 di samsat tujuan sampai selesai (keluar bpkb,stnk,platnomr)apa harus lapor juga ke kapolda daerah tujuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak Pak, semua dokumen yg komplet akan diurus petugas SAMSAT, yg penting semua data valid. Jadi cukup Sertakan BPKB asli, KTP asli pemilik baru (anda)..Nanti cek fisik di SAMSAT.

      Jika semua beres tidak ditunggu saja kapan selesainya.

      Hapus
  92. Kak ni saya pengen nanya
    Saya ada motor vixsion pajak lampung , pajak nya sudah 2 tahun mati
    saya tinggal di palembang sekarang. Jadi saya pengen mau ngidupin itu pajak
    Bisa nggakn gidupinnya di palembang ?? Sama kira-kira biaya nya berapa ya kak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo memperpanjang lebih baik di daerah asal kendaraan, jika mutasi ditempat skrg ( plg )bisa,tp hrs mutasi dgn alamat yg baru (skrg)

      Biayanya bisa langsung ditanya dipetugas SAMSAT tempat anda, tdk mahal tergantung thn kendaran.

      Hapus

Arsip Blog

Visitor

Popular Posts

Donate To Me On Paypal

https://www.paypal.me/riyanto1971