Cara Memasang Tabung Kompor Gas Elpiji Yang Bener

No Comments
Yang ini Tips tentang cara pakai kompor gas yang baik dan benar, hal sering dianggap sepele dan jarang diperhatikan entah dikarenakan plug and burn yang simple atau karena males mikirnya yang penting nyala. Mungkin sebagian besar masyarakat sudah terbiasa layaknya memasang slang air PDAM jadi tidak terlalu memikirkan bahaya dari sebuah tekanan gas. Yup diikuti saja tips ini atau sekedar ngingetin buat yang ada traumatik terhadap ledakan gas.


cara memasang tabung gas

Langkah yang harus diperhatikan dalam memasang dan menggunakan tabung dan dan kompor gas :

1. INGAT Letakkan tabung di ruangan yang memiliki sirkulasi udara dan ventilasi udara yang baik dan lancar.
2. Lepas segel plastik yang ada pada tabung gas baru.
3. Cek dahulu cincin karet pengaman yang ada dalam tabung gas yang baru..
4. Pasang regulator dengan sedikit menekan kearah bawah dan putar knop regulator searah jarum jam sampai kebawah, pastikan tidak ada suara mendesis atau bocor jika bocor segera lepas regulator dengan memutar knop berlawanan arah jarum jam.
5. Pastikan selang tidak tertekuk atau tertindih dan jauhkan dari sumber api atau instalasi listrik.
6. Ingat gas lebih berat dari udara jadi jika bocor gas akan merambat dibawah lantai jadi usahakan untuk memberi dudukan berupa bangku kecil yang kokoh dan tidak mudah bergerak.
7. Letakkan tabung lebih rendah dari kompor dan posisi yang mudah untuk dicopot jika keadaan mendesak.
8. Jika api tidak menyala, jangan coba coba dipancing pake korek api pada mulut api pematik gas, sebaiknya dilepas regulatornya dan coba ganti karet pengaman.
9. Selalu bersihkan selang dan kompor gas secara rutin.
10. Jika tercium bau khas dari gas elpiji segera lepas regulator dan bawa tabung ke tempat terbuka serta Jauhkan dari sumber api dan listrik.
11. Jika isi tabung gas elpiji habis segera ganti dengan tabung yang baru, jangan dikocok kocock atau diguling-gulingkan.
12. Tolak jika perlu apabila ada pihak pihak yang menjual tabung dan regulator dan selang yang mengaku dari pertamina karena pertamina tidak pernah menjual barang barang tersebut door to door.
13. Pilihlah selang yang lentur karena tidak mudah retak dan kaku, jika harus belilah yang bagus dan tentu saja harus ada label SNI nya.
14. WARNING : Jangan pernah mereparasi sendiri jika ada tabung atau regulator atau selang yang rusak atau kompor gas yang tersendat.
15. Ingat instalasi gas beda dengan instalasi air, jadi jangan anggap sepele.
16. Jika anda lagi menghisap rokok jangan memasang tabung gas.
17. Tetap hati hati dan jangan emosi.

Semoga tip berikut bermanfaat, ledakan dari tabung gas kebanyakan dari kelalaian.

Related post



This Blog Member Of : DMCA, Kaskus, Viva, Lintasme, Kompasiana
Semua materi dalam blog ini asli tulisan Admin Cybermales, Copy Paste Silahkan Saja Asal ada link balik ke arah postingan asli dari Blog ini.