Senin, 11 November 2013

Topan Haiyan yang baru menyerang filipina 10 november 2013 dan menewaskan lebih kurang 10.000, topan super haiyan disebut di Filipina dengan sebutanTopan Yolanda, topan haiyan awalnya bermula dari suatu kawasan tekanan rendah di timur tenggara Pohnpei di barat Samudera Pasifik pada 2 November 2013.
Pulau pohnpei atau Pohnpei "di atas (pohn) altar batu (pei)" (sebelumnya disebut Ponape) adalah sebuah pulau di Kepulauan Senyavin. Pulau ini merupakan bagian dari negara bagian Pohnpei, salah satu dari empat negara bagian di Federasi Mikronesia. Ibukota Federasi Mikronesia, Palikir, terletak di pulau Pohnpei. Bandar Udara Internasional Pohnpei (IATA kode PNI) terletak di dekat Kolonia, di sebuah pulau kecil di pantai utara Pohnpei yang disebut Deketik. Pulau Pohnpei adalah pulau terbesar dan terpadat di Federasi Mikronesia. Pulau ini juga kaya akan biodiversitasnya. Pulau ini merupakan salah satu tempat terbasah di Bumi, dengan curah hujan tahunan melebihi 300 inci (7,600 mm) di beberapa wilayah pegunungan. Berikut gambar kerusakan yang terjadi di Filipina akibat Topan Haiyan :

gambar topan haiyan

serangan badai haiyan

gambar topan hanya filipina

topa haiyan

Setelah menjadi badai tropis dan mendapat sebutan nama topan Haiyan, badai Haiyan melintasi di sisi utara pulau Palau, di mana kerusakan angin besar terjadi. Pada 8 November 2013 badai haiyan memasuki Laut China Selatan. Republik Palau (juga dieja sebagai Belau) adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, 200 km sebelah utara wilayah provinsi Papua Barat, 255 km sebelah timur wilayah provinsi Maluku Utara, 500 km sebelah timur wilayah provinsi Sulawesi Utara dan 500 km sebelah timur negara Filipina. Negara ini merdeka pada tahun 1994 dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang diperintah Amerika Serikat. Palau terdiri dari 8 pulau utama dan sedikitnya 250 pulau kecil. Nama untuk kepulauan ini dalam Bahasa Palau, Belau, sepertinya berasal dari kata dalam bahasa Palau untuk "Kampung", Beluu,[3] atau dari Aibebelau yang berarti "Balasan tak langsung", yang berhubungan dengan pembuatan makhluk mitos. Palau adalah negara kecil kepulauan tropika yang terletak di sekitaran khatulistiwa, yang menyebabkan di kepulauan kecil ini terdapat beberapa blok hutan hujan tropika yang kaya akan beragam jenis fauna. 10 buah pulau di negara ini dijadikan cagar alam dan 3 buah lainnya dijadikan taman wisata dan taman berburu.

Dan pada tanggal 10 november 2013 mengahantam filipina. Ribuan rumah hancur setelah Super Topan Haiyan menerjang kota Tacloban Filipina. Badan super Haiyan termasuk Salah satu badai paling kuat
yang pernah tercatat menewaskan sedikitnya 10.000 orang di Filipina tengah, dengan gelombang besar menyapu seluruh desa pesisir dan menghancurkan kota utama di kawasan itu. Dengan kecepatan 312km/jam topan haiyan bisa dikatakan setara dengan bencana tsunami tahun 2004. Badai menghancurkan sekitar 70 hingga 80 persen dari wilayah yang dilaluinya. Dan saat ini badai super haiyan atau topan super haiyan ini sekarang menuju vietnam walau dengan kecepatan dibawah 200km/jam tapi tetap sangat berbahaya, sebagian besar pendduk di vietnampun mengungsi untuk mengantisipasi serangan badai topan haiyan ini.

Musibah dan bencana memang takdir Yang Kuasa, hikmah dan belajar memperbaiki dan mengerti akan kekurangan selama ini akan bisa memberi pemahaman akan bergunanya dan berartinya sebuah kehidupan.

Dikutip dari beberapa sumber :
Tropical Cyclone Information of TY 1330 (Haiyan) from the Japan Meteorological Agency
Tropical Cyclone Information from the Joint Typhoon Warning Center
General information of Typhoon 201330 (Haiyan) from Digital Typhoon
Super Typhoon Haiyan from the CIMSS Satellite Blog
www.wikipedia.org
Credit image : Ap/Reuters

0 comments:

Posting Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini

Entri Populer