Rabu, 30 April 2014

Dalam sistem pertahanan sebuah negara, senjata adalah hal mutlak yang harus dilengkapi dan dimiliki oleh sebuah negara apalagi yang terdiri dari banyak daratan dan wilayah paling dekat dengan laut lepas, sistem terbaik menangkal sebuah serangan dari pesawat tempur adalah radar dan sistem pertahan anti pesawat terbang, serta pesawat tempur sebagai pencegat. Dalam pertempuran udara, rudal anti pesawat udara adalah
hal mutlak yang harus dimiliki oleh negara jika ingin wilayah udara sulit ditembus oleh pesawat lawan, Rudal anti pesawat udara sangat efektif untuk menangkal serangan udara. Kita mungkin sudah pernah tahu kehebatan rudal patriot milik amerika dalam perang.

Tapi kini rudal patriot Amerika mendapat lawan yang seimbang dan mungkin jauh diatas patiot. Rudal anti serangan udara milik Rusia yang diberi nama  S-400 Triumph atau SA 21 Growler.

rudal anti pesawat udara s400
Sistem Pertahanan Udara Rusia S400 Trumph atau SA21 Growler 

Rusia memiliki sebuah brigade pertahanan udara berbasis di dekat Moskow memiliki generasi baru rudal anti pesawat S400 Triumph atau SA21 Growler. Rudal ini belum dimilki negara lain kecuali rusia sendiri dan china itupun setelah tahun 2016 atau jika situasi mendesak. Rudal anti peswat S-400 Triumph atau SA 21 Growler diklaim tak terkalahkan oleh sistem pertahanan udara di dunia dan jauh lebih efektif daripada rudal Amerika "Patriot".

rudal patriot amerika
 Rudal Patriot Amerika

Rudal S-400 ( SA-21 Growler ) diharapkan dapat membentuk landasan pertahanan udara Rusia pada tahun 2020. Rudal S400 Trumph atau SA21 Growler dalam menjangkau target pada jarak maksimum hingga 400 km di ketinggian 40.000-50.000 meter. Rusia berencana untuk mempersenjatai 56 batalion dengan S - 400 sistem pada tahun 2020.

rudal anti pesawat pesaing rudal patriot

Rudal anti pesawat udara pesaing rudal patriot amerika adalah sistem rudal pertahanan udara yang dikembangkan oleh Almaz Central Design Bureau of Russia. Menggantikan sistem pertahanan udara S-300P dan S-200 dari Angkatan Darat Rusia.

Rudal S-400 dikembangkan sebagai upgrade dari seri S-300 sistem rudal permukaan keudara.
Sistem ini mulai beroperasi pada bulan April 2007 dan pertama S-400 ditempatkan dalam pertempuran pada bulan Agustus 2007. Rusia menyiapkan empat resimen membela wilayah udara Moskow, eksklave Baltik Kaliningrad, dan Distrik Militer Timur.

Lebih dari 20 batalion S-400 Triumph akan dikirimkan ke angkatan bersenjata Rusia pada tahun 2015.
Rusia berencana untuk membentuk 56 batalyon S400 pada tahun 2020. Rusia bermaksud untuk memasok versi ekspor dari sistem S-400 Triumph kepada angkatan bersenjata Cina.

Fitur Rudal S-400 Triumph( SA-21 Growler )

Sistem ini dapat melibatkan semua jenis sasaran udara, termasuk pesawat terbang, kendaraan udara tak berawak ( UAV ), dan rudal balistik dan jelajah dalam kisaran 400 km, pada ketinggian sampai 30km.

Rudal S-400 ( SA-21 Growler ) mengintegrasikan radar multifungsi, deteksi otonom dan sistem penargetan, sistem rudal anti pesawat, peluncur, dan pusat komando dan kontrol. Hal ini mampu menembakkan tiga jenis rudal untuk membuat pertahanan berlapis. Sistem ini secara bersamaan dapat menjangaku 36 target.

Rudal anti pesawat udara S-400 Triumph( SA-21 Growler ) dua kali lebih efektif dibandingkan sistem pertahanan udara Rusia sebelumnya dan dapat digunakan dalam waktu lima menit. Hal ini juga dapat diintegrasikan ke dalam unit-unit pertahanan udara yang ada dan masa depan dari Angkatan Udara, Angkatan Darat, dan Angkatan Laut.

Sistem pertahanan udara rudal S-400 Triumph( SA-21 Growler ) empat jenis rudal baru di samping rudal dari sistem S - 300PMU. Dengan Rudal anti pesawat udara S-400 Triumph bisa menyerang target bergerak cepat seperti pesawat tempur dengan probabilitas hit tinggi.

Komando dan kontrol sistem pertahanan udara Rudal S-400

Sistem S400 Triumph didasarkan pada Ural - 532301 komando mobile kendaraan. Pos komando dilengkapi dengan konsol LCD untuk memproses data ruang udara pengawasan baterai individu. Dia mengontrol dan memonitor jarak jauh radar pengawasan, melacak ancaman udara, memprioritaskan ancaman, dan koordinat baterai lainnya.

Sistem ini juga mampu bertukar data dengan sistem pertahanan lainnya seperti SA - 12 , SA - 23 , dan S-300.

Radar pada S-400 adalah dua kali lebih efektif dibandingkan sistem pertahanan udara Rusia sebelumnya dan dapat digunakan dalam waktu lima menit. Kontrol pelacakan radar dari S-400 target adalah 92N6E ( NATO Codename : Gravestone ). Radar didasarkan pada MZKT - 7930 kendaraan 8x8. Pengawasan dan pelacakan radar 3D secara opsional dibawa oleh kendaraan yang sama ketika S-400 baterai ini digunakan secara mandiri.

The 91N6E Big Bird akuisisi dan pertempuran radar manajemen S - 400 didasarkan pada trailer 8x8.
Radar dapat mendeteksi dan tracking pesawat, helikopter, rudal jelajah, rudal, pesawat dan roket balistik dalam jarak 600km. Ini sekaligus dapat melacak hingga 300 target.

Kendaraan Peluncur Rudal

Peluncur SP85TE2 didasarkan pada BAZ-64022 truk 6x6 atau MAZ-79100 seri Transporter-Erector-Launcher ( TEL ) kendaraan. Kendaraan TEL ini dapat membawa empat tabung peluncuran rudal. Luar biasa, alat tempur modern dalam perang modern. Kapan Indonesia bisa memiliki sistem pertahanan udara anti pesawat terbang seperti ini? Semoga wilayah udara Indonesia jadi perhatian dimasa depan karena diapit
banyak negara yang belum tentu bersahabat.

Bahasa Sanskerta (ejaan tidak baku: "Sansekerta") adalah salah satu bahasa Indo-Eropa paling tua yang masih dikenal dan sejarahnya termasuk yang terpanjang. Bahasa yang bisa menandingi 'usia' bahasa ini dari rumpun bahasa Indo-Eropa hanya bahasa Het. Kata Sanskerta, dalam bahasa Sanskerta Saṃskṛtabhāsa artinya adalah bahasa yang sempurna. Maksudnya, lawan dari bahasa Prakerta, atau bahasa rakyat.

Bahasa Sanskerta merupakan sebuah bahasa klasik India, sebuah bahasa liturgis dalam agama Hindu, Buddhisme, dan Jainisme dan salah satu dari 23 bahasa resmi India. Bahasa ini juga memiliki status yang sama di Nepal.

Posisinya dalam kebudayaan Asia Selatan dan Asia Tenggara mirip dengan posisi bahasa Latin dan Yunani di Eropa. Bahasa Sanskerta berkembang menjadi banyak bahasa-bahasa modern di anakbenua India. Bahasa ini muncul dalam bentuk pra-klasik sebagai bahasa Weda. Yang terkandung dalam kitab Rgweda merupakan fase yang tertua dan paling arkhais. Teks ini ditarikhkan berasal dari kurang lebih 1700 SM dan bahasa Sanskerta Weda adalah bahasa Indo-Arya yang paling tua ditemui dan salah satu anggota rumpun bahasa Indo-Eropa yang tertua.

kamus bahasa sansekerta

Khazanah sastra Sanskerta mencakup puisi yang memiliki sebuah tradisi yang kaya, drama dan juga teks-teks ilmiah, teknis, falsafi, dan agamis. Saat ini bahasa Sanskerta masih tetap dipakai secara luas sebagai sebuah bahasa seremonial pada upacara-upacara Hindu dalam bentuk stotra dan mantra. Bahasa Sanskerta yang diucapkan masih dipakai pada beberapa lembaga tradisional di India dan bahkan ada beberapa usaha untuk menghidupkan kembali bahasa Sanskerta.

Yang akan dibicarakan di artikel ini adalah bahasa Sanskerta Klasik seperti diulas pada tata bahasa Sanskerta karangan Panini, pada sekitar tahun 500 SM.

Kata sifat saṃskṛta- berarti "berbudaya". Bahasa yang dirujuk sebagai saṃskṛtā vāk "bahasa yang berbudaya" secara definisi sudah selalu merupakan bahasa yang "tinggi", dipakai untuk keperluan agama dan keperluan ilmiah serta bertentangan dengan bahasa yang dipakai oleh rakyat jelata. Bahasa ini juga disebut deva-bhāṣā yang artinya adalah "bahasa Dewata". Tata bahasa Sanskerta tertua yang masih lestari ialah karangan Pāṇini dan berjudulkan Aṣṭādhyāyī ("Tata Bahasa Delapan Bab") yang kurang lebih ditarikh berasal dari abad ke-5 SM. Tata bahasa ini terutama merupakan tata bahasa normatif atau preskriptif yang terutama mengatur cara pemakaian yang baku dan bukan deskriptif, meski tata bahasa ini juga memuat bagian-bagian deskriptif terutama mengenai bentuk-bentuk Weda yang sudah tidak dipakai lagi pada zaman Panini.

angka dalam bahasa sansekerta

Bahasa Sanskerta termasuk cabang Indo-Arya dari rumpun bahasa Indo-Eropa. Bersama dengan bahasa Iran, bahasa Sanskerta termasuk rumpun bahasa Indo-Iran dan dengan ini bagian dari kelompok Satem bahasa-bahasa Indo-Eropa, yang juga mencakup cabang Balto-Slavik.

Ketika istilah bahasa Sanskerta muncul di India, bahasa ini tidaklah dipandang sebagai sebuah bahasa yang berbeda dari bahasa-bahasa lainnya, namun terutama sebagai bentuk halus atau berbudaya dalam berbicara. Pengetahuan akan bahasa Sanskerta merupakan sebuah penanda kelas sosial dan bahasa ini terutama diajarkan kepada anggota kasta-kasta tinggi, melalui analisis saksama para tatabahasawan Sanskerta seperti Pāṇini. Bahasa Sanskerta sebagai bahasa terpelajar di India berada di samping bahasa-bahasa Prakreta yang merupakan bahasa rakyat dan akhirnya berkembang menjadi bahasa-bahasa Indo-Arya modern (bahasa Hindi, bahasa Assam, bahasa Urdu, Bengali dan seterusnya).

Kebanyakan bahasa Dravida dari India, meski merupakan bagian rumpun bahasa yang berbeda, mereka sangat dipengaruhi bahasa Sanskerta, terutama dalam bentuk kata-kata pinjaman. Bahasa Kannada, Telugu dan Malayalam memiliki jumlah kata serapan yang terbesar sementara bahasa Tamil memiliki yang terendah. Pengaruh bahasa Sanskerta pada bahasa-bahasa ini dikenali dengan wacana Tat Sama ("sama") dan Tat Bhava ("berakar"). Sementara itu bahasa Sanskerta sendiri juga mendapatkan pengaruh substratum bahasa Dravida sejak masa sangat awal.

Penelitian bahasa Sanskerta oleh bangsa Eropa dimulai oleh Heinrich Roth (1620–1668) dan Johann Ernst Hanxleden (1681–1731), dan dilanjutkan dengan proposal rumpun bahasa Indo-Eropa oleh Sir William Jones. Hal ini memainkan peranan penting pada perkembangan ilmu perbandingan bahasa di Dunia Barat.

Sir William Jones, pada kesempatan berceramah kepada Asiatick Society of Bengal di Calcutta, 2 Februari 1786, berkata:

“     "Bahasa Sanskerta, bagaimanapun kekunaannya, memiliki struktur yang menakjubkan; lebih sempurna daripada bahasa Yunani, lebih luas daripada bahasa Latin dan lebih halus dan berbudaya daripada keduanya, namun memiliki keterkaitan yang lebih erat pada keduanya, baik dalam bentuk akar kata-kata kerja maupun bentuk tata bahasa, yang tak mungkin terjadi hanya secara kebetulan; sangat eratlah keterkaitan ini, sehingga tak ada seorang ahli bahasa yang bisa meneliti ketiganya, tanpa percaya bahwa mereka muncul dari sumber yang sama, yang kemungkinan sudah tidak ada."     ”

Memang ilmu linguistik (bersama dengan fonologi, dsb.) pertama kali muncul di antara para tatabahasawan India kuna yang berusaha menetapkan hukum-hukum bahasa Sanskerta. Ilmu linguistik modern banyak berhutang kepada mereka dan saat ini banyak istilah-istilah kunci seperti bahuvrihi dan suarabakti diambil dari bahasa Sanskerta.

Jika sobat ingin mempelajari arti kata bahasa sansekerta kedalam bahasa Indonesia, bisa di download pada link download kamus bahasa sansekerta dibawah postingan ini, ukuran file kecil agar bisa mudah dan cepat didownload,

DOWNLOAD

Jumat, 25 April 2014

Manusia memiliki ekor mungkin jarang terjadi, tapi banyak kasus belakang ini, ada beberapa bayi lahir yang pada punggung bagian belakang terdapat benjolan bahkan tampak atau berbentuk "ekor". Salah satu contohnya anak yang baru dilahirkan di provinsi Hunan Cina. Pada bagian bawah dekat daerah ( maaf ) pantat terdapat ekor kecil sepanjang kurang lebih 5 cm atau sebesar jari orang dewasa. Ekor yang tumbuh didaerah pantat tersebut dalam bahasa medis disebut "Tethered cord syndrome" atau sindrom sumsum tulang belakang yang dikategorikan sebagai gangguan neurologis.

bayi berekor

Sindrom sumsum tulang belakang ditambatkan adalah gangguan neurologis yang disebabkan oleh lampiran jaringan yang membatasi  pergerakan dari sumsum tulang belakang dalam kolom tulang belakang. Lampiran dapat terjadi kongenital di dasar sumsum tulang belakang (konus medularis) atau mereka dapat mengembangkan dekat lokasi cedera sumsum tulang belakang.

Tethered Cord Syndrome

Lampiran ini menyebabkan abnormal peregangan dari sumsum tulang belakang. Jalannya gangguan yang progresif. Pada anak-anak, gejala  mungkin termasuk lesi, patch berbulu, lesung, atau tumor lemak pada punggung bawah; kaki dan deformitas tulang belakang; kelemahan di kaki; nyeri pinggang; scoliosis; dan inkontinensia. Jenis sindrom sumsum tulang belakang ditambatkan tampaknya merupakan hasil dari pertumbuhan yang tidak benar dari tabung saraf selama perkembangan janin, dan berhubungan erat dengan spina bifida. Sindrom sumsum tulang belakang ditambatkan mungkin tidak terdiagnosis sampai dewasa, ketika rasa sakit, masalah sensorik dan motorik, dan hilangnya kontrol usus dan kandung kemih muncul. Ini presentasi tertunda gejala berkaitan dengan tingkat ketegangan ditempatkan pada sumsum tulang belakang dari waktu ke waktu dan dapat diperburuk selama olahraga atau kehamilan, atau mungkin karena penyempitan tulang belakang (stenosis) dengan usia.

gambar manusia berekor

Tethering juga dapat berkembang setelah cedera tulang belakang dan jaringan parut bisa menghalangi aliran cairan di sekitar sumsum tulang belakang. Tekanan fluida dapat menyebabkan kista terbentuk di sumsum tulang belakang, suatu kondisi yang disebut syringomyelia. Hal ini dapat mengakibatkan kerugian tambahan gerakan, perasaan atau timbulnya rasa sakit atau gejala otonom.

Rasanya tersentak hati jika hal tersebut pada balita, penyakit yang terkadang buat siapa saja sulit untuk menerima apalagi mengalaminya. Bayi yang harusnya tumbuh normal layaknya kebanyakan bayi bayi sehat lainnya diseluruh dunia. Yang terjadi dalam hidup terkadang diluar dari apa yang direncanakan manusia, cobaan akan menimpa siapa saja, ujian dalam hidup terkadang membuat banyak manusia putus asa, tapi sadarilah, bayi atau anak anak yang terlahir cacat sama sekali tidak ingin menerimanya, semua itu ujian buat siapa saja yang berada didekatnya, semakin sulit tingkat ujian akan semakin tinggi derajatnya manusia dihadapan Tuhan nya. Anak hanya titipan yang harus diterima apapun kenyataannya.

Minggu, 06 April 2014


Untukmu yang duduk sambil diskusi
Untukmu yang biasa bersafari
Di sana, di gedung DPR

Wakil rakyat kumpulan orang hebat
Bukan kumpulan teman teman dekat
Apalagi sanak famili

Di hati dan lidahmu kami berharap
Suara kami tolong dengar lalu sampaikan
Jangan ragu jangan takut karang menghadang
Bicaralah yang lantang jangan hanya diam

Di kantong safarimu kami titipkan
Masa depan kami dan negeri ini
Dari Sabang sampai Merauke

Saudara dipilih bukan dilotre
Meski kami tak kenal siapa saudara
Kami tak sudi memilih para juara
Juara diam, juara he'eh, juara ha ha ha......

Untukmu yang duduk sambil diskusi
Untukmu yang biasa bersafari
Di sana, di gedung DPR
Di hati dan lidahmu kami berharap
Suara kami tolong dengar lalu sampaikan
Jangan ragu jangan takut karang menghadang
Bicaralah yang lantang jangan hanya diam

Wakil rakyat seharusnya merakyat
Jangan tidur waktu sidang soal rakyat
Wakil rakyat bukan paduan suara
Hanya tahu nyanyian lagu "setuju.

Credit Lagu : Iwan Fals
Link Download Lagu "Surat Buat Wakil Rakyat, 

Klik Disini
atau
Klik Disini

Follow by Email

Blog Archive

Site Info