Selasa, 14 Februari 2017

Pernahkah kita membaca atau menonton sejarah keberadaan atau asal usul penduduk asli amerika.
Jika dulu ada film western cowboys pasti musuhnya orang indian. Rasanya lucu kalasu dipiki penduduk asli kok malahan dijadikan musuh. Jadi siapa pendatang? siapa penduduk pribumi?, mana musuh mana yang bukan musuh. Jika belum tahu sejarah suku indian amerika silahkan baca diblog saya yang ini Begitulah jika warga pribumi tidak lagi jadi tuan dinegerinya sendiri, jadilah seperti suku indian amerika.


Belajarlah dari warga pribumi yang hampir musnah dibanyak negara lain, akankah indonesia menjadi seperti mereka. Pribumi yang hidup dari alamnya sendiri, yang menggunakan kekayaan alamnya seperlunya, yang  serakah justru bangsa pendatang. Lihat keberadaan suku indians amerika, suku asli aborigin Australia, dan tetangga negeri ini dan negeri lain.


Lihat papua hingga saat ini, gimana nasib alam dan kehidupan mereka. Juga lihat pulau pulau lain yang diekplor habis habisan seeperti batubara, minyak, perkebunan dan lain lain. Jika ada hukum alternatif, rasanya hukum adat  benar benar berpihak  dan menghargai alam dan bumi ini walau tidak tertulis.


Cukuplah penjajah yang sudah hampir memusnahkan peradaban warga pribumi, belanda dan penjajah lainnya di bumi ini. Masih kurangkah pengalaman masa lampau bangsa ini, betapa bumi ini sudah dirusak demi kemakmuran bangsa pendatang.

Dinegeri ini ada banyak suku, seperti suku dayak kalimantan, suku anak dalam, suku badui, suku asmat papua dan suku suku lain yang tidak pernah tersentuh dan di berdayakan dan perhatikan. Mereka tidak pernah merusak alam, mereka tidak memainkan hukum tertulis, hukum bagi mereka adalah hukum ada, tidak menggunakan hukum alternatif. Tapi mereka selalu taat dengan hukum mereka sendiri.

Ini hanya opini dan pendapat pribadi. Sebagai renungan buat generasi muda negeri ini.  Pelihara dan lestarikan keberagaman suku, adat istiadat, dan kekayaan alam negeri ini dari tangan tangan setan perusak alam dan bumi ini.Ingat dan berkacalah kita pada suku indian amerika ( Native Indians American ) bagaimana nasibnya kini.


Follow by Email

Blog Archive

Site Info