Kamis, 28 Juni 2012

Mata kucing merupakan salah satu bukti kesempurnaan Allah dalam penciptaan. Allah telah menciptakan mata kucing dengan pengaturan dan letak yang sesuai dengan makhluknya. Di salah satu ayat, Allah berfirman tentang kesempurnaan ciptaannya ;

Dia – lah Allah yang menciptakan, yang mengadakan, yang membentuk rupa, Dia memiliki nama – nama yang indah, apa yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepada – Nya. Dan Dialah yang Maha perkasa lagi Maha bijaksana. ( QS. Al – Hasyr 24 )
Penglihatan malam kucing sangat kuat

Kucing dapat dengan mudah membedakan warna hijau, biru dan merah. Walaupun begitu, kelebihan sebenarnya dari mata kucing adalah agar dapat melihat di malam hari. Kelopak mata kucing terbuka di malam hari, ketika terkena sedikit cahaya, lapisan mata yang disebut iris membuat pupil mata membesar ( hamper 90% mata ) sehingga mereka lebih mudah melihat cahaya. Di saat mendapat cahaya yang lebih terang, system bekerja berlawanan untuk melindungi retina, pupil mengecil dan berubah menjadi garis tipis.


rahasia-mata-kucing

Ada sebuah lapisan yang tidak terdapat pada mata manusia. Lapisan ini berada di belakang retina, berfungsi sebagai penerima cahaya. Ketika cahaya jatuh di lapisan ini langsung di pantulkan kembali, cahaya lewat dua kali melalui retina. Oleh karena itu, kucing dapat melihat dengan mudah di saat cahaya hanya sedikit. Bahkan di saat gelap, di saat mata manusia tidak dapat melihat.

Lapisan ini juga lah yang menyebabkan kenapa mata kucing bersinar di malam hari. Lapisan ini disebut Kristal tapetum lucidum yang dapat memantulkan cahaya. Berkat kistal ini, cahaya yang jatuh di belakang mata di pantulkan kembali ke retina. Beberapa cahaya yang di pantulkan kembali ke lensa, sehingga mata bersinar. Berkat struktur ini, jumlah cahaya yang diterima mata meningkat sehingga bisa melihat dalam kegelapan. Oleh Karena itu, kucing bias melihat lebih baik dalam gelap.  Ini bukanlah bentuk dari bio-luminescence, sebab binatang tidak menghasilkan cahanya, melainkan hasil dari pemantulan.

Alasan lain kenapa kucing bisa melihat dalam gelap juga karena adanya sel – sel batang yang lebih banyak di bandingkang sel – sel kerucut di retina mereka. Sebagaimana kita ketahui, sel – sel batang hanya sensitive pada cahaya. Mereka membentuk bayangan hitam atau putih tergantung dari cahaya yang datang dari objek, tetapi mereka sangat sensitive walau hanya dengan sedikit cahaya.

Berkat sel – sel batang ini, kucing dapat berburu dengan mudah di malam hari. Seperti kita lihat, Allah menciptakan struktur mata yang sesuai dengan kondisi dan nutrisi yang mereka butuhkan. Mata kucing memiliki struktur dan karakteristik yang berbeda sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini adalah salah satu contoh dari hasil ciptaan Allah. Hasil ciptaan Allah yang unik ini terbukti dalam salah satu ayat ;

Pencipta langit dan bumi, ketika Dia ingin menciptakan sesuatu, maka Dia hanya berkata “jadilah”, maka jadilah ia. ( QS. Al – Baqara 117 )
Bola mata kucing lebih besar

Selain kemampuan melihat di malam hari, bola mata kucing juga lebih besar di bandingkan yang dimiliki manusia. Jika bidang penglihatan manusia hanya sampai 160 derajat, kucing dapat dengan mudah hingga 187 derajat. Dengan karakteristik ini, mereka dapat dengan mudah melihat ancaman yang ada. Ini adalah contoh karakteistik lain dari hasil ciptaan Allah dengan bentuk yang berbeda. Sebagaimana di katakana di dalam Al – Qur’an, kaakteristik ini adalah pelajaran bagi orang – orang yang beriman ;

Dan sungguh, pada hewan ternak itu terdapat pelajaran bagimu…( QS. An – Nahl 66 )
Struktur mata kucing berbeda dengan manusia

Pada mata kucing, terdapat membran ketiga yang disebut “nictitating  membrane”. Membran ini transparan, dan bergerak dari satu bagian mata ke bagian yang lainnya. Sebagai contoh, kucing dapat mengedipkan mata mereka tanpa harus menutup semuanya. Membran ketiga ini memungkinkan mata kucing terlindungi ketika berburu.

Selain itu, benda – benda lain seperti debu tidak mengenai mata mereka, sehingga mata mereka tetap bersih dan lembab; sehingga kucing tidak perlu sering mengedipkan matanya seperti manusia. Jika kucing mengedipkan mata mereka sepanjang waktu seperti manusia agar matanya tetap bersih dan lembab, hal ini akan menimbulkan kesulitan bagi mereka di saat berburu. Tidak mengedipkan mata merupakan salah satu kesempurnaan ciptaan Allah untuk makhluk ini.

Apakah mata kucing sensitive pada gerakan?

Kucing tidak dapat melihat dalam jarak dekat dengan baik sebagaimana halnya manusia dan tidak bisa focus pada objek yang dekat dengan mereka. Tetapi Allah telah menciptakan rambut sensoris dengan mekanisme sensoris yang kuat buat kucing. Berkat penciuman dan rambut sensoris, kucing dapat dengan mudah mendeteksi dalam jarak dekat. Walau makhluk indah ini sulit melihat dalam jarak dekat, mereka dapat dengan mudah merasakan dengan jarak dua sampai enam meter. Jarak ini cukup bagi kucing agar dapat berburu.

Karakteristik lain pada mata kucing adalah mereka sensitive pada gerakan, keindahan dan yang sesuai dengan jarak penglihatan mereka. Mata kucing dan otaknya memisahkan setiap gerakan bingkai demi bingkai. Otak kucing bisa merasakan lebih banyak gambar daripada kita. Sebagai contoh, mereka dapat dengan mudah melihat tanda – tanda elektronika pada layar televise di bandingkan manusia. Ini adalah bakat khusus yang di berikan oleh Allah yang Mahakuasa kepada semua kucing. Hal ini dikarenakan  kucing menangkap mangsa mereka berdasarkan objek yang bergerak.

Detil dan ragam yang mengagumkan di ciptakan Allah bagi kucing

Mata kucing di ciptakan dengan kaakteristik luar biasa seperti makhluk lainnya. Ketika struktur dan karakteristik mata di uji secara individual, maka akan di lihat fungsi yang berbeda dan ini merupakan bukti dari beragamnya hasil penciptaan Allah. Variasi ini tidak dapat di katakana sebagai hasil dari mutasi ataupun seleksi alam. Allah telah memberikan mata yang sesuai dengan kebutuhan hidup dan nutrisi makhluknya.

Memiliki pengetahuan tentang system yang menakjubkan ini merupakan kesempatan bagi setiap orang untuk melihat kekuasaan dan pengetahuan Allah yang telah menciptakan makhluknya. Kita harus berterima kasih kepada Allah yang telah menciptakan alam semesta ini. Adapun bagi orang – orang yang yang menolak ayat – Nya, Allah menjulukinya “pendusta”, seperti di dalam ayat ;

Siapakah yang lebih zhalim daripada orang – orang yang telah di peringatkan dengan ayat – ayat Tuhannya, lalu dia berpaling darinya dan melupakan apa yang telah di kerjakan oleh kedua tangannya? ( QS. Al – Kahfi 57 )

Kucing di ciptakan dalam bentuk yang ideal sesuai dengan lingkungan mereka, mereka perlu bernafas, makan, berburu dan mempertahankan diri agar tetap hidup. Oleh karena itu, mereka harus mengenal dunia mereka, dan membedakan antara musuh dan mangsa mereka. Dengan demikian, mereka memerlukan penglihatan khusus untuk melihat lingkungan mereka.

Bagaimanapun, Allah yang Mahakuasa, Tuhan dari semua dunia, telah memberikan karakteristik yang mengagumkan seperti mata yang memiliki struktur khusus, bentuk dan ketajaman penglihatan untuk kucing. Penciptaan mata yang memiliki kekhususan bagi kucing merupakan pelajaran bagi orang – orang yang beriman sebagaimana di sebutkan di dalam Al – Qur’an ;

Dan disana terdapat pelajaran bagimu…( QS. Al – Mu’miniin 21 )

Karakteristik mata kucing berfungsi sesuai dengan hukum yang di tetapkan Allah. Allah menciptakan mata ini dan setiap detilnya tanpa contoh sama sekali. Hal ini terungkap dalam ayat – ayat bahwa Allah adalah pencipta semuanya ;

Allah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian lagi berjalan dengan dua kaki, sedang sebagian berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu. ( QS. An – Nuur 45 )

Rabu, 27 Juni 2012

Addthis Share Button adalah tools yang banyak dipakai blogger untuk mempromosikan postingan / artikel ke jejaring sosial. melalui tools ini pengguna dan pengunjung akan lebih mudah mensharing postingan / artikel yang disukai kesesama teman tanpa harus pergi ke jejaring sosial dan memasang link tersebut.

addthis-share-button-valid-w3c

Tapi disisi lain tools sharing ini mengandung error yang lumayan banyak jika kita memcoba memvalidasi blog kita pada validator.w3.org. Berikut kode defaultnya addthis share button dan kode yang berwarna biru adalah kode yang dianggap error hasil validasi melalui validator.w3.org

<!-- AddThis Button BEGIN -->
<div class="addthis_toolbox addthis_default_style ">
<a class="addthis_button_facebook_like" fb:like:layout="button_count"></a>
<a class="addthis_button_tweet"></a>
<a class="addthis_button_google_plusone" g:plusone:size="medium"></a>
<a class="addthis_counter addthis_pill_style"></a>
</div>
<script type="text/javascript" src="http://s7.addthis.com/js/250/addthis_widget.js#pubid=ra-

4d69cd7d0c7599fa"></script>
<!-- AddThis Button END -->

Untuk memperbaikinya agar valid dengan validator.w3.org, delete semua kode diatas ( default ) dan ganti
dengan kode dibawah ini :

 <!-- AddThis Button Begin Valid w3c -->
<div class='addthis_toolbox addthis_default_style '>
<a class='addthis_button_facebook_like'/>
<a class='addthis_button_tweet'/>
<a class='addthis_button_google_plusone'/>
<a class='addthis_counter addthis_pill_style'/>
</div>
<script src='http://s7.addthis.com/js/250/addthis_widget.js#pubid=ra-4d69cd7d0c7599fa'

type='text/javascript'/>
<!-- AddThis Button END -->
 
Jangan lupa mengganti pubid=xxxx dengan kode pubid=xxxxx milik anda.
Semoga berhasil dan bermanfaat.

Inidia mainan lawas waktu kecil yang ( Jadul ) yang mulai langka dan jarang ada dipasaran, banyak kenangan waktu kecil dengan mainan mainan ini, sedikit mengingat masa kecil yang mulai terkoyak zaman  :

1. Ular Tangga


Mainan yang sangat simpel dan menyenangkan. Tujuannya adalah jalanin koin/pion kamu dari kotak nomer 1 sampe ke kotak nomer 100. Kalo ketemu tangga, kamu bisa langsung skip ke kotak ujung tangganya. Tapi kalo kamu kena kepala uler, berarti kamu musti turun ke kotak ekor uler. Simpel kan? Tapi pas dimainin sih seru, soalnya bisa aja temen kamu udah unggul jauh, tiba-tiba kena uler gede dan mundur jauh, sementara kamu ngebut karena dapet tangga terus.

2. Damdas ( Checkers )

Ini mainan kalo sama bule sih disebutnya Checkers, tapi kalo bahasa Indonesianya (kalo gak salah) Damdas. Cara mainnya mirip-mirip sama catur, yaitu bikin lawan kalah karena gak bisa gerak lagi, atau semua pionnya udah abis kamu makan. Cara jalanin pionnya adalah diagonal, ngikutin kotak yang waranya sama, atau bisa juga kamu sambil “ngelompatin” pion lawan dan sekalian makan pionnya itu. Kalo jago, kamu bisa “ngelompatin” beberapa pion lawan dalam satu giliran.

3. Halma


Kalo halma, tujuannya adalah mindahin semua pion kamu ke kandang yang satunya lagi. Misalnya pion kamu merah, kamu musti mindahin semua pion dari kandang merah tempat kamu mulai, ke merah yang ada di seberang kamu. Siapa yang bisa duluan mindahin semua pionnya, dia yang menang. Setiap giliran, kamu boleh majuin satu pion satu langkah. Waktu awal-awal emang gak seru sih, cuma maju dikit-dikit, tapi kalo pion-pionnya udah banyak yang keluar, kamu bisa loncat-loncat juga, kayak main damdas. Tapi disini bedanya gak ada makan pion lawan.

4. Ludo

 

Ludo juga tujuan mainnya mirip sama halma, yaitu kamu musti mindahin pion kamu ke kandangnya. Tapi ludo mainnya pake dadu dan peraturannya lebih rumit. Untuk ngeluarin satu pion ke arena, kamu musti ngeluarin angka 6 dulu di dadu. Terus misalnya kalo pion lawan jalan dan berenti di kotak yang ada pion kamu, berarti pion kamu musti balik kotak awal. Waktu buat main ludo ini lumayan lama dibandingin board game yang lainnya, tapi emang lebih seru sih.

5. Congklak


Nah, kalo yang ini, mungkin kamu sendiri gak kenal nih! Hayo ngaku, siapa yang gak pernah main congklak waktu kecil!

Inti dari permainan ini adalah mindahin butir-butirnya itu ke lobang yang ada di samping itu. Kamu sama lawan kamu banyak-banyakan buat menang. Setiap lobang, kecuali dua yang di samping bakal diisi 7 butir, terus kamu mulai giliran kamu dengan milih lobang mana yang mau kamu kosongin, dengan ngambil semua isinya dan masukin ke lobang-lobang sebelahnya satu persatu sesuai dengan arah jarum jam. Kalo kamu berenti di lobang yg kosong, giliran kamu berenti. Kalo ada isinya, lanjut lagi dengan ngambil semua butir di lobang itu.

6. Perahu Kaleng

mainan-jadul 

Mainan jadul perahu kaleng yang memiliki bunyi khas seperti suara mengelotok ketika sedang dimainkan. Mainan yang tergolong jadul, sudah ada sejak saya masih kecil.Dengan harga Rp5000 kita sudah bisa membawa pulang mainan perahu kaleng ini. Tidak memakai baterai untuk menjalankan perahu kaleng mainan ini, melainkan dengan api yang diberi sedikit minyak goreng dan air, perahu kaleng sudah bisa dimainkan. Cukup di dalam baskom air, perahu kaleng sudah bisa dimainkan, dengan bunyi mengelotok yang khas menjadi daya tarik tersendiri dari mainan ini. Mainan yang cukup murah meriah dan merakyat menurut Cybermales
Ada satu lagi jajanan yang sudah sangat jarang ditemui saat ini di manapun di Indonesia, Es Goyang itulah panggilannya waktu kecil. Jajanan jaman dulu semenjak dari saya kecil. Dulu saya biasa beli di sekolah ketika masih kecil.



 
 
Es goyang biasa orang-orang menyebutnya, dijajakan berkeliling dengan gerobak. Disebut begitu karena memang untuk membuat es ini, abangnya harus menggoyang-goyangkan gerobaknya agar bahan es bisa membeku menjadi es goyang. Ada berbagai macam rasa yang tersedia, ada kacang hijau, ketan hitam, kelapa kopyor, dan alpukat. Saya sendiri memilih es rasa kacang hijau. Sebelum dimakan, es goyangnya dicelupkan dulu kedalam coklat cair, dan lama kelamaan coklatnya akan mengeras karena dingin es. Harganya juga cukup murah, hanya Rp1000 untuk sepotong es goyang ini.

Selasa, 26 Juni 2012

Tidak ada satupun ayat didalam Al-Quran yang menyatakan bahwa aborsi boleh dilakukan oleh umat Islam. Sebaliknya, banyak sekali ayat-ayat yang menyatakan bahwa janin dalam kandungan sangat mulia. Dan banyak ayat-ayat yang menyatakan bahwa hukuman bagi orang-orang yang membunuh sesama manusia adalah sangat mengerikan.

aborsi

Pertama: Manusia  berapapun kecilnya  adalah ciptaan Allah yang mulia.

Agama Islam sangat menjunjung tinggi kesucian kehidupan. Banyak sekali ayat-ayat dalam Al-Quran yang bersaksi akan hal ini. Salah satunya, Allah berfirman: “Dan sesungguhnya Kami telah memuliakan umat manusia.”(QS 17:70)

Kedua: Membunuh satu nyawa sama artinya dengan membunuh semua orang.
Menyelamatkan satu nyawa sama artinya dengan menyelamatkan semua orang. Didalam agama Islam, setiap tingkah laku kita terhadap nyawa orang lain, memiliki dampak yang sangat besar. Firman Allah: “Barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena sebab-sebab yang mewajibkan hukum qishash, atau bukan karena kerusuhan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barang siapa yang memelihara keselamatan nyawa seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara keselamatan nyawa manusia semuanya.” (QS 5:32)

Ketiga: Umat Islam dilarang melakukan aborsi dengan alasan tidak memiliki uang yang cukup atau takut akan kekurangan uang.

Banyak calon ibu yang masih muda beralasan bahwa karena penghasilannya masih belum stabil atau tabungannya belum memadai, kemudian ia merencanakan untuk menggugurkan kandungannya. Alangkah salah pemikirannya. Ayat Al-Quran mengingatkan akan firman Allah yang bunyinya: “Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut melarat. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu juga. Sesungguhnya membunuh mereka adalah dosa yang besar.” (QS 17:31)

Keempat: Aborsi adalah membunuh. Membunuh berarti melawan terhadap perintah Allah.

Membunuh berarti melakukan tindakan kriminal. Jenis aborsi yang dilakukan dengan tujuan menghentikan kehidupan bayi dalam kandungan tanpa alasan medis dikenal dengan istilah “abortus provokatus kriminalis” yang merupakan tindakan kriminal – tindakan yang melawan Allah. Al-Quran menyatakan: “Adapun hukuman terhadap orang-orang yang berbuat keonaran terhadap Allah dan RasulNya dan membuat bencana kerusuhan di muka bumi ialah: dihukum mati, atau disalib, atau dipotong tangan dan kakinya secara bersilang, atau diasingkan dari masyarakatnya. Hukuman yang demikian itu sebagai suatu penghinaan untuk mereka di dunia dan di akhirat mereka mendapat siksaan yang pedih.” (QS 5:36)

Kelima: Sejak kita masih berupa janin, Allah sudah mengenal kita.

Sejak kita masih sangat kecil dalam kandungan ibu, Allah sudah mengenal kita. Al-Quran menyatakan:”Dia lebih mengetahui keadaanmu, sejak mulai diciptakaNya unsur tanah dan sejak kamu masih dalam kandungan ibumu.”(QS: 53:32) Jadi, setiap janin telah dikenal Allah, dan janin yang dikenal Allah itulah yang dibunuh dalam proses aborsi.

Keenam: Tidak ada kehamilan yang merupakan “kecelakaan” atau kebetulan.

Setiap janin yang terbentuk adalah merupakan rencana Allah. Allah menciptakan manusia dari tanah, kemudian menjadi segumpal darah dan menjadi janin. Semua ini tidak terjadi secara kebetulan. Al-Quran mencatat firman Allah: “Selanjutnya Kami dudukan janin itu dalam rahim menurut kehendak Kami selama umur kandungan. Kemudian kami keluarkan kamu dari rahim ibumu sebagai bayi.” (QS 22:5) Dalam ayat ini malah ditekankan akan pentingnya janin dibiarkan hidup “selama umur kandungan”. Tidak ada ayat yang mengatakan untuk mengeluarkan janin sebelum umur kandungan apalagi membunuh janin secara paksa!

Ketujuh: Nabi Muhammad SAW tidak pernah menganjurkan aborsi.

Bahkan dalam kasus hamil diluar nikah sekalipun, Nabi sangat menjunjung tinggi kehidupan. Hamil diluar nikah berarti hasil perbuatan zinah. Hukum Islam sangat tegas terhadap para pelaku zinah. Akan tetapi Nabi Muhammad SAW – seperti dikisahkan dalam Kitab Al-Hudud – tidak memerintahkan seorang wanita yang hamil diluar nikah untuk menggugurkan kandungannya:

Datanglah kepadanya (Nabi yang suci) seorang wanita dari Ghamid dan berkata,”Utusan Allah, aku telah berzina, sucikanlah aku.”. Dia (Nabi yang suci) menampiknya. Esok harinya dia berkata,”Utusan Allah, mengapa engkau menampikku? Mungkin engkau menampikku seperti engkau menampik Ma’is. Demi Allah, aku telah hamil.” Nabi berkata,”Baiklah jika kamu bersikeras, maka pergilah sampai anak itu lahir.” Ketika wanita itu melahirkan datang bersama anaknya (terbungkus) kain buruk dan berkata,”Inilah anak yang kulahirkan.”

Jadi, hadist ini menceritakan bahwa walaupun kehamilan itu terjadi karena zina (diluar nikah) tetap janin itu harus dipertahankan sampai waktunya tiba. Bukan dibunuh secara keji.

Coba Pikirkan lagi jika ingin ABORSI dengan menyimak secara medis keberadaan jabang bayi beriut ini :

1. Pada kehamilan muda (dibawah 1 bulan)

Pada kehamilan muda, dimana usia janin masih sangat kecil, aborsi dilakukan dengan cara menggunakan alat penghisap (suction). Sang anak yang masih sangat lembut langsung terhisap dan hancur berantakan. Saat dikeluarkan, dapat dilihat cairan merah berupa gumpalan-gumpalan darah dari janin yang baru dibunuh tersebut.

2. Pada kehamilan lebih lanjut (1-3 bulan)

Pada tahap ini, dimana janin baru berusia sekitar beberapa minggu, bagian-bag ian tubuhnya mulai terbentuk. Aborsi dilakukan dengan cara menusuk anak tersebut kemudian bagian-bagian tubuhnya dipotong-potong dengan menggunakan semacam tang khusus untuk aborsi (cunam abortus). Anak dalam kandungan itu diraih dengan menggunakan tang tersebut, dengan cara menusuk bagian manapun yang bisa tercapai. Bisa lambung, pinggang, bahu atau leher. Kemudian setelah ditusuk, dihancurkan bagian-bagian tubuhnya. Tulang-tulangnya di remukkan dan seluruh bag ian tubuhnya disobek-sobek menjadi bagian kecil-kecil agar mudah dikeluarkan dari kandungan.

Dalam klinik aborsi, bisa dilihat potongan-potongan bayi yang dihancurkan ini. Ada potongan tangan, potongan kaki, potongan kepala dan bagian-bag ian tubuh lain yang mungil. Anak tak berdosa yang masih sedemikian kecil telah dibunuh dengan cara yang paling mengerikan.

3. Aborsi pada kehamilan lanjutan (3 sampai 6 bulan)

Pada tahap ini, bayi sudah semakin besar dan bagian-bag ian tubuhnya sudah terlihat jelas. Jantungnya sudah berdetak, tangannya sudah bisa menggenggam. Tubuhnya sudah bisa merasakan sakit, karena jaringan syarafnya sudah terbentuk dengan baik.

Aborsi dilakukan dengan terlebih dahulu membunuh bayi ini sebelum dikeluarkan. Pertama, diberikan suntikan maut (saline) yang langsung dimasukkan kedalam ketuban bayi. Cairan ini akan membakar kulit bayi tersebut secara perlahan-lahan, menyesakkan pernafasannya dan akhirnya setelah menderita selama berjam-jam sampai satu hari bayi itu akhirnya meninggal. Selama proses ini dilakukan, bayi akan berontak, mencoba berteriak dan jantungnya berdetak keras. Aborsi bukan saja merupakan pembunuhan, tetapi pembunuhan secara amat keji. Setiap wanita harus sadar mengenai hal ini.

4. Aborsi pada kehamilan besar (6 sampai 9 bulan)

Pada tahap ini, bayi sudah sangat jelas terbentuk. Wajahnya sudah kelihatan, termasuk mata, hidung, bibir dan telinganya yang mungil. Jari-jarinya juga sudah menjadi lebih jelas dan otaknya sudah berfungsi baik. Untuk kasus seperti ini, proses aborsi dilakukan dengan cara mengeluarkan bayi tersebut hidup-hidup, kemudian dibunuh. Cara membunuhnya mudah saja, biasanya langsung dilemparkan ke tempat sampah, ditenggelamkan kedalam air atau dipukul kepalanya hingga pecah. Sehingga tangisannya berhenti dan pekerjaan aborsi itu selesai. 

Selesai dengan tuntas hanya saja darah bayi itu yang akan mengingatkan orang-orang yang terlibat didalam aborsi ini bahwa pembunuhan keji telah terjadi. Semua proses ini sering kali tidak disadari oleh para wanita calon ibu yang melakukan aborsi. Mereka merasa bahwa aborsi itu cepat dan tidak sakit, mereka tidak sadar karena dibawah pengaruh obat bius. Mereka bisa segera pulang tidak lama setelah aborsi dilakukan.
Benar, bagi sang wanita, proses aborsi cepat dan tidak sakit. Tapi bagi bayi, itu adalah proses yang sangat mengerikan, menyakitkan, dan benar-benar tidak manusiawi. Kematian bayi yang tidak berdosa itu tidak disaksikan oleh sang calon ibu. Seorang wanita yang kelak menjadi ibu yang seharusnya memeluk dan menggendong bayinya, telah menjadi algojo bagi anaknya sendiri.

Jadi pikirkan lagi jika anda ingin melakukan aborsi.

Senin, 25 Juni 2012

Mengapa  seseorang menjadi sangat mudah emosi atau agersif ketika lapar. Dalam kondisi perut kosong, produksi asam amino esensial  menurun. Padahal, asam amino yang berasal dari makan an inilah yang  diperlukan tubuh untuk menghasilkan serotonin.

Jika seseorang memiliki kadar serotonin rendah cenderung ingin menyisihkan atau mengalahkan yang lain, bahkan saat tersudut  sekalipun.  Serotonin (bahasa Inggris: 5-hydroxytryptamine, 5-HT) adalah suatu neurotransmiter monoamino yang disintesiskan pada neuron- neuron serotonergis dalam sistem saraf pusat dan sel-sel enterokromafin dalam saluran pencernaan. Hormon ini dipercaya  sebagai pemberi perasaan nyaman dan senang.


alasan seseorang mudah emosi disaat perut lapar

Sistem serotoninergic dikenal untuk memodulasi suasana hati, emosi, tidur dan nafsu makan dan dengan demikian terlibat dalam  kontrol fungsi perilaku dan fisiologis banyak. Neurotransmisi serotoninergic Penurunan telah diusulkan untuk memainkan peran  kunci dalam etiologi depresi. Konsentrasi serotonin sinaptik dikendalikan langsung oleh reuptake ke dalam terminal pra- sinaptik dan, dengan demikian, obat memblokir transportasi serotonin telah berhasil digunakan untuk pengobatan depresi. Serotonin berkaitan dengan pikiran dan perilaku tenang, misalnya rasa nyaman, relaks, optimis dan sebagainya. Sedangkan dopamin-norepinefrin banyak berkaitan dengan pikiran dan perilaku aktif, seperti siaga, reaktif, gembira, dan sebagainya.

Makanan hijau, kacang-kacangan dan buah segar mampu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh, sedangkan daging-dagingan, serta makanan yang tinggi lemak dengan cepat akan meningkatkan kadar dopamin-norepinefrin. Meningkatkan memori

Ikan laut seperti tuna dan salmon baik dikonsumsi karena mengandung senyawa untuk meningkatkan proses belajar dan memori  jangka pendek dan panjang.

Ginko biloba, wortel, tomat, bluberi, bayam, selada, kembang kol dan kacang-kacangan (biji bunga matahari dan kacang tanah)  juga sebaiknya sering Anda konsumsi untuk mengusir penyakit mudah lupa. Selain stamina lebih terjaga, konon makanan mampu membuat Anda dan pasangan lebih cepat mencapai kepuasan tak terkira saat  bercinta.

Tiram, pisang, alpukat, asparagus, wortel, kacang almond, mangga, strawberri, cokelat, hati, adalah jenis-jenis makanan yang  dipercaya efektif untuk meningkatkan libido.

Bete, sedih, mudah marah  tanpa sebab yang jelas itu tandanya tubuh anda kekurangan kadar serotonin, maka perbanyak makanan  yang mengandung serotonin, seperti sayur dan buah segar. Paling tidak, setiap hari Anda mengkonsumsi dua macam warna sayuran  dan dua jenis buah.

Saat stres, jauhi makanan yang kaya lemak dan gula karena hanya sejenak menghilangkan stres, selanjutnya malah memperparah.  Jauhi pula gorengan. Dalam kondisi stres, tubuh memproduksi hormon kortisol yang menguras habis mineral dan vitamin B dalam tubuh. Ini berarti  perlindungan yang lebih sedikit untuk sel otak, kekebalan tubuh pun melemah.
1. Stroberi


bahan pemutih gigi 

Buah cantik ini memproduksi enzim malic acid yang membantu memutihkan gigi. Selain dengan langsung memakannya, stroberi bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi dengan cara dihaluskan, digosokkan ke gigi, diamkan selama lima menit lalu bilas dan gosok gigi seperti biasa.


2. Buah-buahan dan sayuran yang renyah
Contoh terbaik adalah apel, seledri, dan wortel. Menggigit dan mengunyah buah dan sayuran seperti ini akan membantu membersihkan plak, “menggosok” gigi agar lebih putih bersinar, dan meningkatkan produksi air liur yang baik bagi kesehatan mulut.

3. Keju

keju-pemutih-gigi
 
Keju dan bahan olahan susu lainnya seperti yoghurt mengandung lactic acid yang berfungsi melindungi gigi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi yoghurt empat kali seminggu lebih terlindung dari pembusukan gigi dibanding anak-anak yang tak minum yoghurt. Sedangkan untuk memutihkan gigi, keju adalah pilihan yang baik karena selain melindungi gigi dari kebusukan, keju juga mengandung kalsium dan fosfor yang berguna dalam pembentukan enamel gigi.

4. Jeruk dan nanas


bahan alami pemutih gigi 

Saat mengonsumsi jeruk, nanas, dan buah-buahan asam lainnya, mulut memproduksi air liur lebih banyak, yang membantu membersihkan gigi secara alami.

5. Baking soda

Sebuah penelitian tahun 2008 menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda berfungsi lebih baik dalam membersihkan plak. Anda bisa saja menggunakan baking soda langsung untuk membersihkan gigi, namun para dokter menyarankan agar hal ini tak dilakukan terlalu sering karena bisa mengikis enamel gigi. Pilihan paling aman adalah menggunakan pasta gigi yang mengandung baking soda.

6. Permen karet yang mengandung xylitol

Xylitol adalah pemanis alami yang dapat mencegah plak. Xylitol juga menetralkan tingkat keasaman di dalam mulut dan meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan gigi.

Minggu, 24 Juni 2012

Hal yang paling menakutkan dan ditakuti banyak orang di dunia adalah gigitan Ular beracun yang berbisa.
Untuk ular beracun dinegeri ini terbilang sangat banyak dan mudah ditemui di lingkungan disekitar pemukimam penduduk. Macam macam ular berbisa di Indonesia, yang paling bahaya adalah  ular tanah ( weling ) ular cobra ( ular sendok ).  Racun ular atau bisa ular terdiri atas bahan kimia dan enzim yang kandungannya 90% terdiri dari protein.


Jenis Racun Pada Ular Berbisa

Bisa atau Racun  Pada Ular Berbisa  dibagi dalam dua kelompok :

1. Neurotoksin : Dapat melumpuhkan sistim saraf pusat, melumpuhkan jantung dan sarah pernafasan. Racun jenis ini dimiliki oleh ular Kobra, ular Mamba, ular Laut, Krait, Ular Karang.

2. Hemotoksin: Dapat menyerang sistim sirkulasi darah dan sistim otot dan dapat menyebabkan kerusakan jaringan, gangrene, kelumpuhan permanen kemapuan bergerak otot. Racun jenis ini dihasilkan oleh keluarga ular Viperidae misalnya Rattle Snake, Coppe head, dan Cotton mouth.

Beberapa jenis ular memiliki Neurotoksin ataupun Hemotoksin.

Sampai saat ini dikenal sekitar 20 jenis enzim yang beracun. Umumnya ular berbisa memiliki 6 sampai 12 jenis enzim dalam bisa nya. Masing masing berfungsi khusus, misalnya untuk mencerna mangsa, sedangkan enzim yang lain untuk melumpuhkan mangsa.

Beberapa Jenis enzim yang dimiliki ular berbisa:

1. Cholinesterase : Neurotoksin dan dapat melumpuhkan mangsa

2. Amino Acid Oxidase : Berfungsi mencerna mangsa dan memicu peran enzim lainnya.

3. Hyaluronidase : Berfungsi untuk mempermudah penyerapan enzim lain kejaringan korban.

4. Proteinase: Berfungsi untuk mencerna, mengahancurkan jaringan tubuh korban.

5. Adenosin Triphospatase : Diduga neurotoksin yang bekerja sentral dan menyebabkan korban mengalami syok dan melumpuhkan mangsa.

6. Phospodiesterase : Bekerja dengan cara mengganggu fungsi jantung dan menurunkan tekanan darah dengan cepat.

Racun ular sangat berbahaya,memicu manusia untuk membuat penangkalnya. Penangkal racun ular yang disebut dengan antiracun atau antivenin dihasilkan dengan metode ‘Horse Serum (Serum Kuda)’.

Horse Serum : Racun ular disuntikkan kedalam tubuh kuda, secara berlahan akan terbentuk anti bodi terhadap racun ular tersebut. Serum dipisahkan dari darah kuda.

Namun sepertiga penerima serum kuda mengalami reaksi alergi.Oleh karena itu perlu prosedur standard untuk menguji kepekaan serum sebelum diberikan kepada penderita gigitan ular.

Selain untuk memproduksi antivenin, bisa ular ternyata dapat digunakan untuk bidang kesehatan dan kedokteran lain, seperti :

1.Racun Ular Copperhead : Mengobati penderita kanker payudara

2. Racun Malayan Pit Viper: Dimanfaatka untuk mencegah pembekuan darah, mungkin bermanfaat untuk penderita sroke

3. Enzim racun Kobra: sedang diteliti untuk mencegar penyakit Parkinzon, Alzeimer, serta leukemia dan kanker.

4. Racun Ular Viper: Diduga dapat mengatasi osteoporosis dan memperkecil tumor tertentu

5. Beberapa jenis ekstrak bisa ular digunakan untuk antikoagulan, penyakit, mengobati penyakit jantung atau darah tinggi.

Tindakan darurat jika digigit Ular :

1. Cuci luka gigitan ular dengan air bersih atau dengan larutan kalium permanganat untuk menghilangkan atau menetralisir bisa ular.

2. Jangan dihisap luka gigitan ular dengan mulut walau untuk mengeluarkan racun tapi cukup mengikat area luka gigitan ular untuk menghambat penyebaran racun.

3. Bila mungkin anggota badan yang digigit didinginkan dengan es batu.

4. Usahakan jangan banyak bergerak jika digigit ular tetap tenang dan berpikir positif.

5. Jika kondisi jauh dari rumah sakit luka bekas gigitan ular diusahakan dengan mencari pohon pisang yang masih muda sekitar 6. meter potong sekitar 30 cm dari pangkal daun dan ujung potongan pohon pisang ditempelkan pada luka gigitan ular yang area nya telah diikat dengan tali atau bahan apapun untuk menghambat racun ular masuk dan mengalir melalui pembuluh darah.

7. Penderita secepatnya harus dibawa ke dokter atau rumah sakit yang terdekat untuk menerima perawatan selanjutnya.

8. Ada sebagian cara penduduk pedalaman meminum air jahe dan membalur luka gigitan ular dengan kunyit terus menerus sampai menunggu pertolongan dokter.

Demikianlah beberapa tips menghadapi situasi jika terkena gigitan ular berbisa yang mematikan. Jika ada pengalaman lain bolehlah dibagi disini untuk sesama.

Jumat, 22 Juni 2012

Fokker-27 ibarat burung besi tua yang sudah layaknya pensiun, kecelakaan yang menimpa fokker-27 milik
TNI-AU rasanya cukup memperihatinkan, bagaimana tidak burung besi tua fokker-27 sudah harusnya dikandangkan ini masih dioperasikan, pesawat terbang jenis Fokker-27 yang dimiliki TNI-AU ini terbilang sudah sangat tua. Yang namanya mekanik dan sistem elektriknya sudah pasti uzur, belum lagi pesawat yang masih menggunakan baling baling ini hanya mengandalkan sistem kerja dari motor baling balingnya.

Untuk ukuran darat fungsi motor penggerak baling baling yang paling simpel adalah cara kerja kipas angin, Nah seandainya ada trouble itidak bergerak karena terbakar ataupun kelebihan gaya kerjanya, coba bayangkan sebuah alat penggerak seperti baling baling pesawat udara yang harus berada diudara seperti fokker-27 tiba tiba mati mendadak diatas udara?


sejarah kelam fokker-27

Musibah memang adalah takdir yang tidak terelakkan dimanapun jika memang harus terjadi ya terjadi.
lagi tidurpun orang bisa saja meninggal, tapi untuk masalah tehnis yang menyangkut fungsi kerja suatu alat sudah harusnya dipikirkan lagi. apalagi buat alat alat angkutan yang harus berada diudara seperti pesawat terbang.

Sedih terkadang melihat bangsa ini yang dulunya pernah berjaya diudara dikarenakan kekuatan udaranya yang terkenal didunia  dan disegani masih harus menggunakan alat alat tua yang cukup diservis dan dicat ulang seperti peralatan tempur lainnya. jadi lama digudang jarang digunakan, seandainya masih baguspun itu paling banter urusan kulit luarnnya seperti catnya doang.

fokker-tni-au


Sudah harusnya bangsa ini meremajakan peralatan pertahanannya, semakin lamapun semakin tua, kuat tidak sebuah negara adalah kuat tidak sistem pertahanannya, Alutsita yang uzur sudah harus diganti..hal yang menjadi berat urusan ini adalah anggaran negara, padahal harta bangsa bangsa ini yang dimakan koriptor sangat besar entah itu koruptor yang sudah ketangkep maupun yang masih asik belum ketangkep.

Sekarang memang bukan zaman perang tapi kita tidak tahu sampe kapan tidak akan ada perang, tapi memiliki sistem pertahanan yang kuat dan alat pertahanan yang baru adalah harus agar tidak akan terulang lagi musibah yang memang dikarenakan
fungsi alat.

Kembali ke masalah Fokker-27, ini berikut daftar kecelakaan yang pernah menimpa fokker-27 di seluruh dunia :

1. Tanggal 10 Juni 1960, pesawat Fokker F-27 milik Trans Australia Airlines
mengalami kecelakaan di Queensland, Australia, dan menyebabkan 29 korban.

2. Tanggal 6 Agustus 1970, pesawat Fokker F-27 turboprop milik Pakistan International Airlines mengalami kecelakaan ketika bersiap lepas landas dari  Islamabad, menyebabkan 30 penumpangnya meninggal dunia.

3. Tanggal 8 Desember 1972, pesawat Fokker F-27 milik Pakistan International  Airlines mengalami kecelakaan di Gilgit, Pakistan, menyebabkan 26 korban.

4. Tanggal 15 September 1978, pesawat F-27 milik Angkatan Udara Filipina jatuh, 15 dari 24 penumpangnya meninggal dunia, juga 17 orang yang ada di darat.

5. Tanggal 29 Maret 1979, pesawat Fokker F-27 milik Quebecair kecelakaan setelah  lepas landas dari Jean Lesage International Airport, Quebec City. Kecelakaan  menyebabkan 17 orang meninggal dunia dan tujuh orang terluka.

6. Tanggal 26 Mei 1980, pesawat Fokker F-27 milik Angkatan Udara Nigeria jatuh  karena badai, menyebabkan 30 penumpangnya meninggal dunia.

7. Tanggal 4 Agustus 1984, pesawat Fokker F-27 milik Biman Bangladesh Airlines  yang terbang dari Chittagong jatuh di rawa-rawa dekat Shahjalal International  Airport. Seluruh penumpang yang jumlahnya 45 orang dan empat awak pesawat meninggal dunia.

8. Tanggal 23 Oktober 1986, pesawat Fokker F-27 milik Pakistan International  Airport kecelakaan saat mau mendarat di dekat Peshawar, menyebabkan 13 dari 54  penumpang pesawat meninggal dunia.

9. Tanggal 8 Desember 1987, pesawat Fokker F-27 milik Angkatan Laut juga kecelakaan di Lima, Peru, menyebabkan seluruh anggota kesebelasan klub Alianza Lima yang menumpanginya meninggal dunia.

10.Tanggal 19 Oktober 1988, sebanyak 32 orang tewas akibat kecelakaan pesawat  Fokker F-27 di dekat Guwahati, India.

11. Tanggal 25 Agustus 1989, Fokker F-27 milik Pakistan International Airlines  yang membawa 54 orang hilang dan puing-puingnya tak ditemukan.

12. Tanggal 12 Februari 1990, Fokker F-27 milik TAM Airlines yang terbang dari São Paulo-Congonhas ke Bauru, gagal mendarat di landasan hingga menabrak mobil yang melintas, satu awak dan dua penumpang mobil meninggal dunia.

13. Tanggal 8 November 1995, pesawat Fokker F-27 milik Argentine Air Force yang  terbang dari Comodoro Rivadavia ke Córdoba menabrak gunung Champaquí di Córdoba, menyebabkan 52 meninggal dunia.

14. Tanggal 11 November 2002, pesawat Fokker F-27 milik Laoag International  Airlines kecelakaan di pantai Pantai Manila, menyebabkan 19 dari 34 penumpang meninggal dunia.

15. Tanggal 20 Februari tahun 2003, pesawat Fokker F-27 milik militer Pakistan kecelakaan di baratlaut Pakistan, menyebabkan pemimpin Angkatan Udara Pakistan, Air Chief Marshal Mushaf Ali Mir, isterinya dan 15 penumpang lain meninggal dunia.

16. Tanggal 10 Juli 2006, pesawat F-27 milik Pakistan International Airlines yang  membawa 45 orang tak lama setelah lepas landas dari bandara Multan airport, tak ada yang selamat.

17. Tanggal 6 April 2009, pesawat F-27 milik Angkatan Udara Indonesia jatuh di  Bandung, menyebabkan 24 penumpang. Hujan deras diperkirakan menjadi penyebab  pesawat itu menerjang hanggar saat melakukan pendaratan.

18. Tanggal 21 Juni 2012, pesawat Fokker F-27 milik Angkatan Udara Indonesia

Sumber : dikutip dari google internet
Credit gambar
http://www.tribunnews.com/2012/06/21/foto-pesawat-fokker-f-27-jatuh-di-halim
http://www.fokker-aircraft.info/f27general.htm

Selasa, 19 Juni 2012


Cara Membaca sifat Seseorang Dari bentuk Wajahnya Dengan Ilmu Fisiognomi 

FISIOGNOMI adalah ilmu firasat wajah atau ilmu membaca karakter seseorang lewat wajah. Dalam ilmu fisiognomi Wajah dipakai sebagai pedoman di fisiognomi karena wajah merupakan organ tubuh yang biasanya tidak tertutup. Selain itu untuk melihat wajah  seseorang, kita tidak perlu meminta izin kepada yang bersangkutan. Secara sederhana wajah bisa dilihat dari foto atau  berhadapan secara langsung.


Penguasaan ilmu fisiognomi akan memberikan manfaat yang besar sekali dan dapat meluaskan cakrawala serta pengetahuan terutama  yang berhubungan antar manusia.Seandainya kita kaitkan dengan dunia teknologi modern sekarang, masih sangat relevan, misalnya  menyangkut hubungan bisnis dan kemitraan, persahabatan, percintaan serta perjodohan.

Manfaat memperlajari rahasia wajah dengan fisiognomi adalah :

1. Dapat mengenal lebih baik diri sendiri.
2. Lebih memahami secara mendalam kepribadian orang lain.
3, Sangat menghargai makna kehidupan, persaudaraan, dan persahabatan.
4. Dapat menganalisis bermacam watak dan sifat orang lain yang kita ajak bicara.
5. Bisa berguna untuk memprediksi kejadian masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang.

Konsep analisis raut wajah dalam ilmu fisiognomi meliputi:

1.  Anatomi dan struktur tengkorak kepala.
2.  Bentuk dan susunan rambut.
3.  Anatomi dan bentuk dahi.
4.  Anatomi dan bentuk tulang pipi.
5.  Anatomi dan bentuk tulang rahang.
6.  Letak dan bentuk telinga.
7.  Letak dan bentuk alis.
8.  Letak dan bentuk mata.
9.  Letak dan bentuk hidung.
10. Letak dan bentuk mulut.
11. Letak dan bentuk dagu.
12. Ciri dan tanda khusus lainnya seperti luka dan tahi lalat.


Berikut bentuk wajah seseorang dan rahasianya menurut ilmu fisiognomi :

1. Bentuk wajah bulat

Bentuk wajah ini umumnya memiliki struktur tulang yang sangat kuat. Itu menunjukkan watak, aktivitas mental yang sangat kuat,  tahan terhadap penyakit dan rasa percaya diri yang tinggi. Hampir semua Kaisar Cina memiliki wajah bulat. Pemilik wajah ini  pada umumnya cerdas dan dapat beradaptasi dengan situasi macam apapun. Mereka dikaruniai otak jempolan. Meski cenderung  sedikit malas, tapi orang dengan bentuk wajah bulat umumnya panjang umur. Orang Timur mengatakan mereka seakan tidak terburu -buru untuk mati. Wajah bulat dengan leher panjang memiliki daya tahan terhadap penyakit. Dalam bercinta mereka jujur meski  terkadang keinginan erotik menjebloskan mereka dalam ketidaksetiaan.

2. Bentuk wajah Berlian

Wajah berlian memiliki dahi yang sempit, tulang pipi yang menonjol dan berdagu lancip. Itu artinya mereka hangat dan  diberkahi kemauan kuat serta keberuntungan dalam karir. Sayangnya orang tipe ini cenderung egois dan kurang peduli pada  moral. Wajah berlian banyak dimiliki banyak artis panggung wanita terkenal dan prajurit pemberani.

Orang Cina merasa sangat beruntung jika meninggalkan rumah untuk keperluan bisnis, bertemu dengan wanita atau pria yang  memiliki wajah berlian. Jika wanita, mereka ditafsirkan bisnis akan sukses tapi nanti, dan pria, ditafsirkan bisnis akan  sukses tapi segera. Orang dengan bentuk wajah seperti ini umumnya juga beruntung dalam cinta. Dikenal mempunyai daya tahan  tubuh yang menakjubkan terhadap penyakit. Mereka juga ambisius tapi juga memiliki rasa humor yang baik.

Menurut penelitian, banyak pemilik wajah berlian tidak puas dengan masa kanak-kanak dan remajanya, dan hanya menemukan  kebahagiaan pada paruh kedua usia mereka. Sampai akhir hayat, mereka selalu ingat kesulitan-kesulitan yang pernah dihadapi  dan diatasi.

3, Bentuk waqjah persegi panjang

Wajah ini menunjukkan kreativitas, kepandaian dan penguasaan diri, tapi juga menunjukkan ketidaksetiaan. Orang Cina menyebut  bentuk wajah ini seperti pohon, karena mirip dengan batang pohon. Pemiliknya umumnya orang yang suka pada introspeksi diri  yang menakjubkan dan dapat mengendalikan perasaan untuk mengatasi hal atau masalah. Mereka juga kreatif dan beruntung dalam  hidup. Menurut imajinasi Cina, hal ini secara simbolik diwakili oleh pohon yang pada musim semi berdaun kembali. Banyak orang dari kalangan ini mencapai sukses namun sangat terikat pada pekerjaan yang dianggap nomor satu dalam hidup,  sehingga terkadang menjadi masalah di dalam kehidupan rumah tangga mereka.


4. Bentuk wajah persegi

Pemilik wajah ini umumnya punya karakter stabil, jujur dan seimbang. Mereka adalah orang-orang yang biasa membuat kepuasan.  Bisa menikah lebih dari sekali dan pecinta yang berapi-api. Wajah persegi menandakan pribadi yang peka pada persoalan umum, rasa implusif dan terkadang keras kepala. Kalau pria, biasanya kukuh pada pendirian, mereka juga dikenal sebagai orang yang bergairah, hanya repotnya tidak setia dalam bercinta  karena mudah dirayu. Murah hati juga ciri yang paling nyata. Mereka selalu menjadi teman yang baik dan setia. Mereka selalu  menempatkan teman-temannya nomor satu dalam hidup, imbalannya meminta dari mereka kejujuran dan kepatuhan.


5. Bentuk wajah rahang sempi berdagi lebar

Orang Cina menghubungkan wajah ini dengan unsur bumi, karena bentuknya yang bagus dan hanya berubah sedikit oleh usia. Mereka  cenderung agresif dan keras kepala. Kalau memutuskan mereka harus melihat hasilnya secepat mungkin. Mereka pun siap bertempur  sampai titik darah penghabisan demi tercapainya kehendak, terutama untuk kehidupan emosional mereka.  Kalau pria, sulit menjadi ayah yang sempurna karena tidak mampu bergaul dengan anak-anaknya dan cenderung  tidak mengikuti pertumbuhan anaknya.


6. Bentuk wajah segitiga

Wajah ini mengungkapkan semangat yang tak kenal lelah, ditambah meluap, otak cerdas dan sensual. Mereka biasanya ambisius dan  cenderung menonjolkan diri. Banyak penggoda hebat dalam sejarah seperti Mary Tudor dan Elizabeth dari Austria termasuk  golongan ini, juga artis Merlene Dietrich, Pier Angeli dan Elizabeth Taylor. Umumnya tipe ini sering tidak bahagia dalam  kehidupan cinta.

Mereka cenderung meninggalkan keluarga untuk menuruti dorongan hati. Dalam beberapa kasus, konflik jiwa kerap mempengaruhi  perilaku mereka. Saat tertarik pada pengalaman baru dan terpesona oleh hubungan mesra pada lawan jenis, mereka dapat  menentang keputusan mereka untuk melakukan perjalanan, pindah kerja atau lari dari rutinitas keseharian yang dianggap sebagai pengganggu.

7. Bentuk wajah dahi lebar dengan dagu persegi

Mereka umumnya memiliki daya hidup yang kuat, gigih, tapi sulit berpikir positif. Suka mencari perhatian dan meraih  keuntungan dari setiap kesempatan yang diberikan oleh hidup. Hidup mereka dipenuhi kegiatan dan penantian. Ramah, tapi sulit  dijadikan teman. Selalu tegang dan kurang spontanitas. Sangat hebat dalam bercinta, tapi mau enak sendiri. Karena itu mereka  tidak ragu-ragu memutuskan hubungan, jika dianggap mengganggu karir atau posisi sosial.

Punya perhatian besar pada prestasi fisik. Banyak penerjun dan pembalap punya wajah tipe ini. Karena tidak suka buang waktu  untuk tujuan sepele, akibatnya mereka sering tampak tidak tertarik pada sesuatu.
Mereka umumnya dikaruniai umur panjang, seakan-akan mereka menjaga energi untuk tujuan-tujuan penting. Mereka pandai  berbicara, tenang namun bisa berubah keras kepala.

8. Bentuk wajah dengan tonjolan tulang pipi

Mutu utama pemilik wajah dengan tulang pipi menonjol adalah watak yang kuat, tekun, energi mental serta kemampuan bangkit dari kejatuhan. Kesalahan mereka biasanya berasal dari diri sendiri. Orang dengan tipe wajah ini sering menjadi pemimpin,  namun kerap juga muncul di kalangan petualang-petualang yang kurang baik atau seperti penjahat dan mata-mata.

Mereka dikenal tidak stabil dan gelisah. Jika pria punya bentuk wajah seperti ini biasanya tidak mampu menjadi suami yang  setia dan dipercaya. Wanita pun begitu, tidak stabil dalam kehidupan cintanya, cenderung menguasai pasangan dan sangat senang  dirayu. Untuk hidup bahagia dengan mereka diperlukan kemampuan untuk mendukung kecenderungan mereka dan memberikan  pertimbangan.


Semoga bermanfaat dan tidak disalahgunakan.

Jumat, 15 Juni 2012

Tikus hewan pengerat yang jorok dan kotor biasa tinggal di got kotor dan gudang gudang yang pengap. Tikus termasuk hewan yang mudah berkembang biak, dinegara tertentu tikus berkembang biak sangat cepat dan populasinya sangat banyak, seperti di vietnam, Peru, Bolivia dan Ekuador. Karena besarnya populasi tikus tersebut maka untuk penduduk setempat dijadikan usaha buat menambah pendapatan keluarga.

Dari tikus tadi dijual sebagai makanan, yaitu tikus panggang mirip disini di indonesia seperti ayam panggang, bebek panggang, sate kambing, Buat mereka rasa tikus panggang sama saja seperti hewan lain, buat kita yang jarang melihatnya pasti mual, tapi begitulah kenyataannya, tikus menyelamatkan banyak keluarga miskin di negara miskin.


daging-tikus

makan-tikus

makanan-aneh

penjual-tikus

Beruntunglah kita yang tinggal dibumi ini bumi yang kaya akan bahan makanan dan sumber alam. Apapun bisa kita makan disini, tidak seperti negara di belahan dunia lain yang terbatas akan sumber makanan. Bersyukur kita kepada Yang Maha Kuasa yang memberi kita hidup dan bekal hidup yang tiada kekurangan. beruntung kita yang dilahirkan di bumi ini dan bukan dibelahan bumi lain. Janganlah kita berbisnis makanan dengan cara kotor yang mengoplos tikus dengan ayam goreng ataupun makanan lain karena bumi ini bumi yang kaya.


tikus dendeng

hikmah-tikus-panggang

tikus panggang

tikus

Kita tidak boleh memandang hina usaha dan cara hidup orang lain lantaran beda apa yang kita makan. Jangan membenci karena ketidaktahuan kita dan keterbatasan mereka,jangan menghina karena merasa jijik dan menganggap kita selalu bersih, kotornya daging tikus panggang akan lebih baik daripada kotornya hati karena kedengkian, merasa benar dan mengolok olok rasanya bukan sifat hamba Tuhan yang taat, kita hidup hanya ingin beroleh berkah dan Ridho dari Yang Maha bukan menjadi tikus panggang nantinya karena kesombongan kita.
1. Login to Blogger dashboard
2. Go to Design Section
3. Then select Edit HTML tab
4. Dont forget to backup your template
4. Find ]]></b:skin>  tag ( ctrl F ) keyboard
5. Replace it with Bellow Code of section


.codeview {
margin : 15px 15px 15px 35px;
padding : 10px;
clear : both;
font-size:normal;
list-style-type : none;
font-family : "Courier New", "MS Sans Serif", sans-serif, serif;
background: url("http://1.bp.blogspot.com/-Ki_3OOm2fok/TzhrohORfaI/AAAAAAAAHCk/TJgd3WqHdBc/s1600/codeicon.gif") no-repeat scroll bottom right #EFFBF5;
border-top : 1px solid #eeeeee;
border-right : 2px solid #cccccc;
border-bottom : 2px solid #cccccc;
border-left : 1px solid #eeeeee;
}
.codeview li {
font-size : 13px;
line-height : 24px;
color : #333333;
font-weight : normal;
margin : 0;
padding : 0;
}
]]></b:skin>
Simpan Template kamu.

Tambahan :
Untuk Posting kode html pada postingan blog berikutnya, sobat tinggal memasukan kode html yang  mau diposting diantara kode dibawah ini :  yang bertulis kode html kamu  yang berwarna merah.

<div class="codeview">
<!-- Kode html kamu -->
</div>
Semoga bermanfaat.

Sumber :  http://palingkomplet.blogspot.com/2012/03/cara-mudah-posting-kode-html-di.html

Selasa, 12 Juni 2012

Hal yang paling dianggep ribet dan repot oleh pemilik kendaraan bermotor baik roda dua dan roda empat adalah
disaat pajak kendaraan mau habis atau mau membayar pajak kendaraan bermotor. Buat yang sudah terbiasa mungkin tidak ada masalah tapi buat yang baru mencoba membayar kendaraan bermotor sendiri pasti berpikir, apa yang harus dibawa, gimana urutan dan caranya.? apalagi Membayangkan orang yang padat pada kantor SAMSAT atau juga SAMSAT Corner yang biasa tersedia di MAll di tiap kota.

Tidak usah bingung membayar pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan sendiri dan caranya juga mudah kok. Hal pertama yang harus kita lakukan jika ingin membayar pajak kendaraan bermotor ialah melengkapai syarat-syarat yang diperlukan seperti :


cara membayar pajak kendaraan bermotor sendiri

1. KTP asli ( Kartu Tanda Penduduk ) dan masih berlaku yang sesuai dengan data pemilik motor di STNK.
2. Buku BPKB ( Bukti Kepemilikan Kendaraan bermotor )
3. STNKA asli.
4. foto copy semua masing masing 2 lembar dan dijadikan satu ( usahakan sebelum anda ke kantor SAMSAT )
5. Jika semuanya sudah lengkap, maka pertama-tama anda mengambil formulir dulu.
6. Setelah anda mendapatkan formulir anda isi sesuai contoh yang ada disana.
7. Jika selesai anda harus membeli map khusus yang dipakai untuk memasukkan berkas atau syarat tersebut, biasanya sudah    ada dikantor SAMSAT setempat.
8. Setelah semuanya selesai anda mengambil nomor antrian yang berada di dekat pintu masuk, tunggu hingga nomor antrian anda di panggil.
9. Jika nomor antrian anda dipanggil, serahkan berkas yang di sudah disiapkan dalam map tersebut.
10.Duduk untuk menunggu nama anda (yang sesuai KTP) dipanggil untuk membayar biayanya.
11. Setelah membayar maka anda akan diberikan bukti pembayaran yang berfungsi untuk mengambil STNK yang sudah di perbaharui.
12. Duduk lagi dan tunggu sampai  nama anda dipanggil kembali.
13. Tunggu panggilan dan berikan bukti pemyaran dan STNK yang baru bisa diambil tadi.
14. Selesai

Mudah bukan?

Senin, 11 Juni 2012

cara mereset printer canon mp287


Indikasi Kerusakan Printer Canon MP287 yaitu ketika printer MP287 dihidupkan dengan menekan tombol power  maka akan langsung muncul pada panel LCD kode Error E08. Dan ketika kita melakukan perintah cetak, maka layar printer tidak bisa mencetak dan akan ada pesan  monitor akan menampilkan Tulisan "Waste Ink Absorber Full". sebelumnya download dulu Service tools MP287 atau software untuk mereset printer canon MP287 : Here

Lalu ikuti langkah dan  Cara Reset Printer Canon MP287 Kode error E08

1. Canon MP287 printer harus dalam keadaan SERVICE MODE.

2. Matikan Printer Canon MP287 dengan posisi kabel power tetap terpasang di sumber arus listrik.

3. Tekan dan Tahan tombol STOP / RESET
4. Tekan dan tahan Tombol Power.
5. Lepas tombol STOP / RESET ( Tombol power tetap ditahan.)
6. Dalam keadaan tombol Power masih tertekan, tekan tombol STOP / RESET 6x (6 kali.)
7. Kemudian lepaskan kedua tombol secara bersamaan.
8. Kemudian MP287 Canon akan  berada dalam kondisi Layanan Mode.
9. Panel pada LCD MP287 akan kosong / gelap.
10. Ekstrak software Resetter Printer Canon MP287 yang kamu download.
11. Jalankan software tools resetter printer canon mp287.
12. Klik Main --> Patern, maka printer akan  mencetak satu halaman dengan tulisan "D = 000.0"
12. Klik "EEPROM Clear".
13. Kemudian klik "EEPROM", dan printer akan mencetak hasil Resetter MP258.     sebagai berikut :
     "TPage (COPY TTL = 00 000 = 00 000)"
15. Matikan printer Canon MP287 anda dengan menekan tombol power.
16. Lalu nyalahkan printer Canon MP287 anda, kode error E08 akan hilang dan printer canon anda kembali normal.


Selamat mencoba.

UPDATE :  24 Oktober 2013

Tools resetter Canon Mp287 Error P07 bisa di download  ..Download Here..
Mata adalah jendela dunia dan mata adalah karunia Sang pecipta yang tiada ternilai harganya. Di dalam mata terdapat lensa kristalin yang terbuat dari bahan bening, berserat, dan kenyal. Lensa kristalin atau lensa mata berfungsi mengatur pembiasan yang disebabkan oleh cairan di depan lensa. Cairan ini dinamakan aqueous humor. Intensitas cahaya yang masuk ke mata diatur oleh pupil.

masalah seputar mata

Cahaya yang masuk ke mata difokuskan oleh lensa mata ke bagian belakang mata yang disebut retina. Bentuk bayangan benda yang jatuh di retina seolah-olah direkam dan disampaikan ke otak melalui saraf optik. Bayangan inilah yang sampai ke otak dan memberikan kesan melihat benda kepada mata. Jadi, mata dapat melihat objek dengan jelas apabila bayangan benda (bayangan nyata) terbentuk tepat di retina.

Lensa mata merupakan lensa yang kenyal dan fleksibel yang dapat menyesuaikan dengan objek yang dilihat. Karena bayangan benda harus selalu difokuskan tepat di retina, lensa mata selalu berubah-ubah untuk menyesuaikan objek yang dilihat. Kemampuan mata untuk menyesuaikan diri terhadap objek yang dilihat dinamakan daya akomodasi mata.



Saat mata melihat objek yang dekat, lensa mata akan berakomodasi menjadi lebih cembung agar bayangan yang terbentuk jatuh tepat di retina. Sebaliknya, saat melihat objek yang jauh, lensa mata akan menjadi lebih pipih untuk memfokuskan bayangan tepat di retina.

Titik terdekat yang mampu dilihat oleh mata dengan jelas disebut titik dekat mata (punctum proximum/PP). Pada saat melihat benda yang berada di titik dekatnya, mata dikatakan berakomodasi maksimum. Titik dekat mata disebut juga dengan jarak baca normal karena jarak yang lebih dekat dari jarak ini tidak nyaman digunakan untuk membaca dan mata akan terasa lelah. Jarak baca normal atau titik dekat mata adalah sekitar 25 cm.

Adapun, titik terjauh yang dapat dilihat oleh mata dengan jelas disebut titik jauh mata (punctum remotum/PR). Pada saat melihat benda yang berada di titik jauhnya, mata berada dalam kondisi tidak berakomodasi. Jarak titik jauh mata normal adalah di titik tak hingga (~).


A. Rabun Jauh

Orang yang menderita rabun jauh atau miopi tidak mampu melihat dengan jelas objek yang jauh tapi tetap mampu melihat dengan jelas objek di titik dekatnya (pada jarak 25 cm). titik jauh mata orang yang menderita rabun jauh berada pada jarak tertentu (mata normal memiliki titik jauh tak berhingga).

Rabun jauh dapat diperbaiki dengan menggunakan lensa divergen yang bersifat menyebarkan (memencarkan) sinar. Lensa divergen atau lensa cekung atau lensa negatif dapat membantu lensa mata agar dapat memfokuskan bayangan tepat di retina. miopi dikoreksi menggunakan lensa negatif

Jarak fokus lensa dan kuat lensa yang digunakan untuk memperbaiki mata yang mengalami rabun jauh dapat ditentukan berdasarkan persamaan lensa tipis dan rumus kuat lensa.

Di sini jarak s adalah jarak tak hingga (titik jauh mata normal), dan s’ adalah titik jauh mata (PR). Prinsip dasarnya adalah lensa negatif digunakan untuk memindahkan (memajukan) objek pada jarak tak hingga agar menjadi bayangan di titik jauh mata tersebut sehingga mata dapat melihat objek dengan jelas.


B. Rabun Dekat

Orang yang menderita rabun dekat atau hipermetropi tidak mampu melihat dengan jelas objek yang terletak di titik dekatnya tapi tetap mampu melihat dengan jelas objek yang jauh (tak hingga). Titik dekat mata orang yang menderita rabun dekat lebih jauh dari jarak baca normal (PP > 25 cm).

Cacat mata hipermetropi dapat diperbaiki dengan menggunakan lensa konvergen yang bersifat mengumpulkan sinar. Lensa konvergen atau lensa cembung atau lensa positif dapat membantu lensa mata agar dapat memfokuskan bayangan tepat di retina. hipermetropi dikoreksi menggunakan lensa positif

Jarak fokus lensa dan kuat lensa yang digunakan untuk memperbaiki mata yang mengalami hipermetropi dapat ditentukan berdasarkan persamaan lensa tipis dan rumus kuat lensa.

Di sini jarak s adalah jarak titik dekat mata normal (25 cm), dan s’ adalah titik dekat mata (PP). Prinsip dasarnya adalah lensa positif digunakan untuk memindahkan (memundurkan) objek pada jarak baca normal menjadi bayangan di titik dekat mata tersebut sehingga mata dapat melihat objek dengan jelas.

C. Mata tua (presbiopi)

Mata tua tidak dapat melihat dengan jelas benda-benda yang sangat jauh dan benda-benda pada jarak baca normal, disebabkan daya akomodasi telah berkurang akibat lanjut usia (tua). Pada mata tua titik dekat dan titik jauh keduanya telah bergeser. Mata tua diatasi atau ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa rangkap (cembung dan cekung). Pada kacamata dengan lensa rangkap, lensa negatif bekerja seperti lensa pada kaca mata miopi, sedangkan lensa positif bekerja seperti halnya pada kacamata hipermetropi.

Astigmatisma (mata silindris)

Astigmatisma disebabkan karena kornea mata tidak berbentuk sferik (irisan bola), melainkan lebih melengkung pada satu bidang dari pada bidang lainnya. Akibatnya benda yang berupa titik difokuskan sebagai garis. Mata astigmatisma juga memfokuskan sinar-sinar pada bidang vertikal lebih pendek dari sinar-sinar pada bidang horisontal.Astigmatisma ditolong/dibantu dengan kacamata silindris.

Mata adalah organ tubuh yang sangat vital. Menjaga kesehatannya dengan baik tentu merupakah sebuah keharusan. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata kita.


Berikut tips agar mata tetap sehat :

  • Gunakan kaca mata jika bepergian dan hindari debu dan tempat ramai.
  • Gunakan Helm berpenutup atau berkaca untuk menghindari debu menerjang ke arah mata secara langsung.
  • Kedipkan mata secara berkala untuk mengurangi beban konsentrasi dan mencegah mata kering.
  • Usahakan cukup tidur dan istirahat serta relaksasi saat bekerja di depan komputer. Sesekali ubah pandangan dari arah monitor ke arah objek benda yang jauh.
  • Minum dan makan yang bergizi seperti jus, sayuran serta mineral yang cukup untuk menjaga kesehatan mata.
  • Untuk mata kering konsultasikan dahulu sebelum menco-ba tetes air mata buatan
  • Jika kebetulan Anda pemakai lensa kontak, pilih lensa yang kandungan airnya cukup
  • Jangan menggaruk atau mengucek langsung gunakan kain halus atau tisu yang steril
  • Bila sakit mata, hindari kontak langsung dengan AC, ultraviolet dan rokok di mal, perkantoran atau bioskop
  • Penerangan saat membaca harus cukup dan hindari membaca sambil tiduran.
Yang Unik Dari UERO 2012 

Berikut Hal Yang Unik Seputar EURO 2012 :


1. Hanya Robbie Keane (LA Galaxy, MLS) dan Christian Wilhelmsson (Al-Hilal, Saudi Pro Liga) yang bermain untuk klub diluar Eropa.

2. Pemain tertua di turnamen ini adalah Kostas Chalkias (Yunani-38 tahun). Yang termuda adalah Jetro Willems (Belanda-18 tahun).

3. Ada 3 pelatih yang bukan melatih negara asalnya: Fernando Santos [Portugal] melatih Yunani, Dick Advocaat [Belanda] melatih Rusia, Giovanni Trapattoni [Italia] melatih Irlandia.

4. Dari semua pemain yang akan tampil di Piala Eropa ini, Miroslav Klose (Jerman) adalah pencetak gol terbanyak untuk negaranya dengan raihan 63 gol. Sementara Iker Casillas berhasil mencatatkan diri sebagai pemain yang memiliki caps paling banyak untuk negaranya dibanding pemain lain sebanyak 129 kali.

5. Peringkat paling buncit FIFA dalam Piala Eropa 2012 ini dipegang oleh Polandia (65). Dan yang teratas adalah Spanyol (1).

6. Ini adalah pertama kalinya Ukraina ikut serta dalam Piala Eropa.

7. Slavek dan Slavko adalah nama dari maskot resmi Piala Eropa 2012.

8. Sebelum Piala Eropa dimulai, Jerman, Italia, dan Inggris mengunjungi kamp konsenstrasi Nazi di Auschwitz, Polandia.

9. Pelatih Kroasia, Slaven Bilic, akan mengundurkan diri sebagai pelatih tim Kroasia setelah Piala Eropa 2012 selesai dan menjadi pelatih Lokomotiv Moskow.

10.Morten Olsen telah menjadi pelatih Denmark sejak tahun 2000.

11.Jika di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan ada alat tiup tradisional bernama "Vuvuzela", maka di Piala Eropa 2012 ini Ukraina juga mempunyai alat tiup tradisionalnya yang bernama "Zozulica".

12. Pelatih tertua adalah pelatih Irlandia, Giovanni Trapattoni, yang berusia 73 tahun. Yang termuda adalah Paulo Bento, pelatih Portugal, 42 tahun.

13. Markus Rosenberg [Swedia] dan Paul Green [Irlandia] adalah dua pemain yang statusnya saat ini bebas klub atau belum memiliki klub resmi.

14. Seluruh stadion milik tuan rumah Piala Eropa 2012 disewa oleh UEFA.

15. Piala Eropa 2012 adalah Piala Eropa terakhir yang diikuti oleh 16 peserta. Mulai Piala Eropa 2016 dimana Prancis menjadi tuan rumah, sebanyak 24 negara akan ikut serta.

16. Slogan turnamen ini "Creating History Together".

17. Jika Spanyol menang, mereka akan menjadi tim pertama yang memenangkan Piala Eropa dua kali berturut-turut.

18. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Eropa tuan rumahnya berasal dari Eropa Timur.

19. Total 59 pemain yang terpaksa batal ikut Piala Eropa 2012 karena cedera. Jumlah ini adalah yang paling banyak sepanjang sejarah Piala Eropa.

20. Piala Henri Delaunay yang menjadi trofi untuk pemenang berharga 20 ribu euro atau sekitar Rp 237 juta. Tinggnyai 60 cm dan berat 8 kg.

Sumber : Internet

Minggu, 10 Juni 2012

Wanita yang baru saja berovulasi lebih baik dalam mendeteksi ular dibandingkan dengan pada waktu lain dalam siklus menstruasi. Temuan ini merupakan kesimpulan yang didapat dari sebuah studi yang dilakukan oleh Nabuo Masataka, peneliti dari Kyoto University, Jepang, terhadap 60 orang wanita sehat di usia produktif, pada tiga fase yang berbeda dalam siklus mereka.

Temuan ini sekaligus membuka peluang untuk mempelajari kemampuan refleks manusia untuk mempertahankan diri. Dalam studi, responden ditunjukkan sembilan buah gambar, salah satunya adalah gambar yang mengandung ular yang berada di antara bunga-bungaan. Adapun gambar-gambar lainnya hanyalah gambar bunga-bungaan, tanpa ada ularnya. Responden diuji untuk diketahui seberapa cepat mereka mampu mendeteksi ular tersebut.

Ternyata, wanita lebih peka dan cepat mendeteksi ular saat mereka berada dalam fase yang disebut dengan luteal phase dalam siklus menstruasi mereka. Fase ini merupakan tahap sesaat setelah terjadinya ovulasi. Di antara para wanita, refleks ini tampaknya terpengaruh oleh level hormon pada masa-masa mereka bisa menjadi hamil dan juga lebih protektif terhadap embrio mereka.


saat menstruasi dan hamil wanita lebih peka terhadap ular


“Kemampuan ini bisa jadi berkontribusi terhadap kemampuan wanita untuk meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap stimulus ancaman terhadap diri mereka pada masa-masa yang memungkinkan mereka mengalami kehamilan,” kata Masataka.

Masataka yakin, hasil studi ini juga memperkuat teori bahwa kita memiliki apa yang disebut sebagai fear reflex atau sebuah respons bawaan terhadap sinyal-sinyal ancaman seperti ular yang berpotensi berbahaya tersebut.

Dalam studi-studi terdahulu, ditemukan bahwa kemampuan ini juga hadir pada anak bayi yang berusia hingga delapan bulan, serta pada primata lain, non manusia. Temuan Masataka ini sendiri dipublikasikan di jurnal Scientific Reports, Inggris.
Ikan cupang adalah ikan hias yang sangat dikenal oleh masyarakat khususnya anak-anak, karena ikan tersebut selain rupanya yang cantik juga dapat merupakan tentera yang menarik bila diadu. Ikan ini juga sering disebut ikan laga dan nama latinnya adalah Betta splendens, termasuk dalam famili Anabantidae (Labirynth Fisher). 

Cara Berkembang Biak Ikan ini berkembang dengan cara bertelur dan telurnya menempel pada substrat seperti akar tanaman, daun-daun atau serabut rapia. Langkah-langkah yang perlu diketahui : 

Pilihlah induk yang baik dan jantan yang cantik dan agresif. Pisahkan antara induk jantan dan induk betina dan diberi makan yang cukup selama 4 s.d. 5 hari. Masukkan induk jantan dan induk betina kedalaman tempat pemijahan (toples, aquarium, ember, baskom) yang telah diberi tanaman air (eceng gondok atau serabut rapia dengan kedalaman air ± 25 cm). 

 Setelah 2-3 hari akan terlihat telur menempel pada daun atau rapia. Pindahkan yang betina dan beri makan secukupnya. Selama 2-3 hari anak ikan tersebut tidak diberi makan karena masih ada persediaan kuning telur dalam tubuhnya. Selama 2-3 hari kemudian anak-anak ikan tersebut perlu diberi makan infosuria selama 3 hari kemudian diberi makan kutu air yang disaring selama 10 hari dan setelah itu dapat diberi kutu air tanpa disaring. 

Halfmoon (www.yourfishtankguru.com)




Crown tail (www.bettatalk.com)


Double tail (www.flippersandfins.net)


Halfmoon plakat (www.banleangbetta.com)


Cupang dragon (ebetta.com)


Cupang giant (www.bettas4all.nl)


Ikan Aduan

Saat menjadi ikan aduan, bentuk sirip cupang pendek dan warna tidak cerah. Dalam perkembangannya, cupang berevolusi menjadi ikan hias karena keindahan siripnya. Cupang hias dihasilkan melalui kawin silang dalam beberapa keturunan.

Yang berkembang tak hanya bentuk tubuh dan sirip, tetapi juga warna menjadi lebih cerah dibanding dengan cupang aduan. Merawat ikan cupang cukup susah. Pemeliharaannya harus benar-benar teliti. Tak sekadar memberi pakan, tetapi juga memperhatikan kualitas air tempat ikan dipelihara,

Jenis ikan cupang yang populer di Indonesia saat ini antara lain serit, halfmoon, double tail dan plakat. Ikan jenis halfmoon dan plakat, lebih banyak didatangkan dari Thailand. Sedangkan jenis serit, produk Indonesia paling unggul.Dalam setiap lomba, selalu muncul jenis baru yang memiliki keunggulan tersendiri. 

Salah satu jenis disebut ikan halfmoon karena ekor ikan itu hampir menutupi setengah badannya dan berbentuk seperti bulan setengah pada malam hari.Sementara di Indonesia, ikan cupang jenis serit menjadi andalan dalam berbagai kontes tingkat internasional. Sebab ikan itu lebih unggul dalam bentuk dan ukuran serta siripnya yang mirip sisir. "Ikan cupang yang baik itu dilihat dari kesempurnaan bentuk tubuh dan siripnya.

BETERNAK IKAN CUPANG



Beternak Ikan Cupang ini bisa dibilang gampang – gampang mudah. Sebenarnya ada hal yang harus diperhatikan sebelum mengawinkan ikan kesayangan anda. Kalau salah bisa – bisa ikan cupang kesayangan anda tidak jadi kawin dan menghasilkan terlur, tetapi malah mati.
Hal – hal tersebut adalah
MEMILIH INDUKAN IKAN CUPANG.
Kalau kita memilih ikan yang akan dikawinkan, sebaiknya pilih ikan yang bagus meskipun bukan ikan level1 yang biasanya di lombakan. Asalkan indukan itu bagus, maka kemungkinan anakan yang dihasilkan akan bagus pula. Karena anakan akan memiki sifat dari indukannya.
Untuk ikan jantan,


- Pilih ikan yang sering berenang di bawah ataupun melayang ditengah permukaan. Jangan pilih ikan yang sering berenang pada permukaan air. Hal itu menandakan bahwa ikan itu dalam kedaan tidak sehat.
- Pilihlah ikan yang memiliki warna cerah. Meskpun ikan itu berwarna gelap (hitam) pilihlah warna yang mengkilat. Karena itu merupakan ciri pejantan tangguh
- Ikan cupang jantan haruslah lincah. Jika ingin mengetahui lincah atau tidak ikan itu, coba dekatkan dengan cupang jantan lain. Maka akan terlihat nantinya.
Untuk ikan betina
- Ikan betina memiliki warna pudar dan gerakannya tidak lincah. Ikan ini cenderung lebih sering diam.
- Pilih ikan cupang betina yang memiliki matang telur. Betina yang matang telur dapat diketahui dari perutnya yang buncit dan dibagian perut bawahnya (dekat dengan sirip dasi ikan) ada semacam bintik bintik putih.
- Ikan ini haruslah sudah berumur diatas 4 bulan. Sebetulnya bisa mengawinkan dibawah umur 4 bulan, misalnya 3 bulan keatas. Namun..ikan ini akan menghasilkan telur yang tidak cukup banyak.
PAKAN
Sebelum ikan betina dimasukkan kedalam wadah pemijahan, sebaiknya 2-3 hari sebelumnya diberi makanan jentik nyamuk. Agar perutnya semakin buncit dan telur yang dihasilkan bisa semakin banyak.
KUALITAS AIR
Kondisi air ini sangat penting dalam proses pemijahan, malah untuk masa penetasan telur kondisi air akan sangat banyak dibutuhkan. Kondisi air yang baik, memiliki lebih kurang ph 7. Jika ph air terlalu asam ataupun terlalu basa, maka akan sangat berpengaruh terhadap keadaan ikan.
TEMPAT PEMIJAHAN
Tempat pemijahan ikan cupang sebetulnya tidaklah lebih besar jika dibandingkan dengan tempat pemeliharaannya. Cukup gunakan akuarium berukuran kecil ataupun toples – toples yang ada. Jika tempat terlalu besar, kemungkinan kawin ikan ini sangatlah kecil, karena saling jauh jarak antara ikan jantan dan ikan betina.
Tahap – tahap yang perlu dilakukan :


1. Pindahkan ikan jantan ke dalam wadah pemijahan dan biarkan dahulu selama satu hari. agar si jantan ini bisa beradaptasi dengan daerah barunya tersebut.
2. Dekatkan si jantan dan betina, PDKT istilahnya. Dengan cara menempatkan betina ke dalam tempat si jantan, namun si betina jangan dimasukkan terlebih dahulu. Gunakan gelas aqua ataupun plastik untuk cupang betina.
3. Biarkan kedaaan seperti diatas hingga 1-2 hari. Lihatlah, apabila pada permukaan tempat cupang jantan sudah banyak gelembung – gelembung yang dibuat, berarti cupang jantan itu sudah siap. Setelah itu langsung masukkan saja cupang 
betina ke dalamnya. Dan biarkan ke adaan ikan seperti itu.


4. Sekitar 1-2 hari lihatlah ikan tersebut. Jika berhasil, di permukaan akan ada banyak terlur berwarna putih yang menempel pada gelembung – gelembung yang sebelumnya pernah dibuat oleh cupang jantan.
5. Setelah tahu ada terlur, sebaiknya angkat dan pindahkan cupang betina ke dalam tempat lain. Karena kebanyakan cupang betina memakan telurnya sendiri. Berbalik dengan cupang jantan yang selalu menjaga telurnya dengan penuh siaga dan kasih sayang.
6. Jangan lupa beri makan secukupnya, baik cupang jantan maupun cupang betina. Karena setelah proses pemijahan itu selesai, kedua ikan akan sangat kelelahan dan butuh makanan untuk asupan energi. Terutama untuk cupang betina, beri ia waktu istirahat sebelum akan dikawainkan kembali. Sebaliknya, cupang jantan juga diberi makan agar tidak kelaparan dan memakan telur – telurnya sendiri.
7. Cukup butuh waktu 2 hari saja untuk menunggu telur itu menetas. Nanti akan terlihat meski sangat kecil, anakan berenang meski belum sempurna dan masih dibantu ikan jantan. Jika anakan jatuh ke dasar, maka akan diambil dan diletakkan kembali ke dalam gelembung – gelembungnya.
8. Berilah makanan anakan itu setelah 2-3 hari dari telur menetas. Biasanya anakan diberi makanan infusaria (anak kutu air) atau kalau tidak ada, bisa diberikan kutu air yang telah disaring.


Follow by Email

Blog Archive

Site Info