Selasa, 27 Agustus 2013

Untuk mengetahui apa itu vertigo, gejala dan penyebab vertigo silahkan baca postingan terdahulu tentang Vertigo. baca disini.  Vertigo bukan penyakit melainkan gejala awal dari suatu penyakit. Sekurang-kurangnya ada sepuluh penyakit yang disertai gejala vertigo. Bisa enteng, mungkin juga berat. Ada yang menyembuh sendiri, ada pula yang perlu operasi. Bumi dan tubuh rasanya seperti berputar hebat, tubuh rasanya bergulingan dan mau jatuh. Perasaan mual. mau muntah dan pusing yang hebat. Seperti itu yang banyak dialami orang yang belum tahu vertigo sebelumnya. Sudah kerokan dan tetap saja tidak mau hilang, vertigo memang mirip masuk angin dan kurang darah, tubuh seperti melayang.

Tubuh bisa tegak dan seimbang karena adanya alat kontrol organ keseimbangan di dalam ruang telinga tengah. Organ keseimbangan bekerja sebagai sebuah sistem. Ada tiga gelung pipa (semicircular canal) berisi cairan yang ketiganya bermuara ke ruang vestibule.Di setiap ujung gelung pipa terdapat ujung-ujung saraf cupula yang berada dalam ruang ampula. Cupula ini bersifat peka rangsangan jika tersentuh oleh aliran cairan dalam gelung pipa yang mengalir hilir mudik, sesuai posisi dan gerakan kepala. Dalam posisi kepala tertentu kadang aliran dalam gelung menyentuh cupula, kadang pula tidak.Ada tidaknya sentuhan aliran cairan dalam masing-masing gelung pipa terhadap masing-masing cupula yang akan memberi informasi ke otak lewat saraf keseimbangan (vestibular nerve). Informasi ini yang mengabarkan ke otak sedang dalam posisi apa tubuh berada dari saat ke saat. Lalu otak menata psosisi seimbang dengan memerintahkan kepala dan postur tubuh jika ternyata tidak berada dalam posisi tidak, atau kurang seimbang, sehingga tubuh senantiasa terpelihara dalam posisi tegak seimbang. Untuk itu, perlu koordinasi dengan mata juga.Keluhan serangan vertigo muncul jika kerja organ keseimbangan ini mengalami gangguan. Gangguan bisa terjadi di komponen mana saja. Bisa di organ keseimbangan, bisa juga di tingkat pusat atau otak. Karena itu untuk melacak penyebab vertigo-nya perlu dilakukan beberapa tes dan pemeriksaan di bagian mana organ keseimbangan mengalami gangguan. Untuk itu diperlukan tes, termasuk tes pendengaran, tes fungsi vestibule, foto tengkorak, pemeriksaan cairan otak, rekam otak EEG, scan kepala, dan pemeriksaan pembuluh darah leher serta kepala.

Penyakit telinga sendiri lebih dari sepuluh jenis. Gangguan telingan bisa menjadi sumber penyebab vertigo, termasuk infeksi radang, dan tumor di dalam ruang telinga tengah, tempat organ keseimbangan berada. Infeksi dan tumor juga bisa mengenai saraf dan inti saraf di dalam otak, selain jika terjadi kelainan bola mata , gangguan aliran darah leher, penyakit saraf, atau tumor otak. Vertigo umumnya bersifat ringan, biasanya disebabkan oleh gangguan organ keseimbangan. Vertigo jenis ini biasanya mereda setelah beberapa hari. Namun jika vertigo disertai gangguan pendengaran, tuli sesaat, mendengar bunyi mendesis, kemungkinan ada gangguan di saraf pendengaran juga, selain di organ keseimbangan. Jika ada infeksi di gelung pipa organ kesimbangan, gejala vertigo-nya biasanya berat. Jika keluhan vertigonya menetap untuk waktu lama, dan disertai gerakan bolamata abnormal, diikuti pula dengan gangguan melangkah, kemungkinan gangguannya terletak di otak. Vertigo pada peradangan vestibule di organ keseimbangan bisa menetap beberapa hari sampai beberapa minggu.

Orang yang mengidap darah rendah sering mengeluh pusing saban kali bangkit dari posisi berbaring (postural hypotension). Pada kasus ini bisa vertigo juga. Termasuk pada orang yang keracunan obat , seperti obat anti TBC, golongan streptomycine, alkohol, dan opium.Vertigo tergolong ringan jika penyebabnya bukan di otak melainkan di organ keseimbangan. Selain lebih lekas mereda, vertigonya bangkit hanya jika kepala berputar ke arah tertentu. Jika vertigonya disebabkan gangguan di otak, selain lama meredanya, bangkitan vertigo muncul pada setiap perubahan posisi kepala.Vertigo yang bersumber di otak dapat muncul sehabis gegar otak. Kemungkinan saraf vestibule lumpuh sesisi atau kedua sisi. Vertigonya disertai mual dan muntah, yang berlangsung terus menerus dan disertai gerakan bola mata yang abnormal. Dengan obat-obatan keluhan vertigo umumnya sembuh dalam 1 sd 3 bulan. Adakalanya setelah vertigo sehabis trauma kepala mereda, disusul vertigo yang bangkit jika kepala dalam posisi tertentu. Vertigo jenis ini hilang timbul, mungkin sepanjang hidup akibat ada kerusakan menetap pada saraf keseimbangan atau kerusakan di ruang vestibule. Vertigo akibat keracunan obat bisa menggangu pendengaran. Umumnya setelah obat dihentikan, keluhan akan pulih dalam waktu 6 bulan sampai setahun. Selain vertigo dan tuli, mungkin juga disertai keluhan berisik di telinga (tinnitus). Sindroma keracunan obat umumnya muncul dengan keluhan mual, pusing dan sempoyongan.

Vertigo yang paling sering dan banyak dialami orang adalah vertigo ringan. Umumnya bangkit oleh perubahan posisi (Benign Paroxysmal Positional Vertigo). Keluhan biasanya bangkit sehabis dari posisi berbaring. Setiap kepala bergeser terasa pusing, mungkin disertai mual dan muntah, tanpa disertai gangguan pendengaran. Selain sebab trauma, jenis vertigo ini bagian dari proses menua juga.Pada kasus ini ada sejenis kristal kapur (calcium carbonate) yang berada dalam cairan gelung pipa organ keseimbangan. Pada orang-orang tertentu, kristal ini tersangkut di ujung-ujung saraf cupula, sehingga secara berkala keluhan vertigo bangkit. Keluhan biasanya muncul jika kepala bergoyang. Keluhan juga terasakan jika duduk, dan enak jika berbaring miring.

Pada kasus vertigo beneran, penderita tidak berani menggerakkan kepala maupun membuka mata. Untuk itu perlu penyangga leher agar posisi kepala tetap tegak lurus.

Vertigo juga bisa merupakan bagian dari tumor otak. Ada beberapa jenis tumor di dasar otak, selain tumor otak kecil, yang gejalanya disertai vertigo. Tumor pada saraf pendengaran umumnya diawali dengan tuli dadakan yang makin hari makin memburuk. Kemudian disusul keluhan vertigo. Kalau berjalan suka sempoyongan. Jika tumornya sudah menjalar muncul kelumpuhan wajah separuh, dan vertigonya kian memburuk. Pada jenis tumor otak lain disertai dengan gejala gangguan fungsi otak lain, sesuai peta fungsi otak yang diembannya.

Jika gejalan vertigo muncul dari proses yang progresif semakin hari vertigonya semakin berat dan disusul keluhan-keluhan lain. Vertigo yang ringan dan bukan gejala dari penyakit berat, biasanya tidak bertambah berat, dan muncul sesekali saja. Sebagian keluhan vertigo bahkan bisa menyembuh sendiri.

Nah jika diantara sobat ada yang mengalami gejala seperti yang diuraikan postingan tersebut, bisa jadi sobat
terkena penyakit vertigo. Untuk pastinya ada baiknya sobat cek ke dokter dahulu. Karena saya sendiri pernah mengalami vertigo, obat vertigo yang murah, mudah didapat dan manjur mengatasi penyakit vertigo adalah MERTIGO tablet. Memang sebenernya ada juga obat vertigo lainnya, tapi admin Cybermales hanya mencoba meminum obat vertigo merek Mertigo Buatan Dexa Medica ( bukan promosi ). Ada baiknya diminum setelah makan sebelum berangkat bekerja dan sebelum tidur. Hentikan mengkonsumsi Mertigo obat vertigo tadi, jika gejala vertigo sudah tidak keluar lagi atau kumat. Dan tetap siapkan dan selalu bawa dalam dompet untuk jaga jaga jika terjadi kumat mendadak dijalan.

obat antivertigo

Komposisi obat vertigo merek Mertigo adalah sebagai berikut :
Tiap tablet mengandung: Betahistine mesylate 6 mg
Indikasi mertigo obat vertigo :
  • Mengurangi gejala vertigo, berupa pusing, mual, mau muntah yang berhubungan dengan gangguan keseimbangan yang terjadi akibat gangguan sirkulasi darah atau sindrom Meniere, penyakit Meniere dan vertigo perifer.
Kontraindikasi obat vertigo merek mertigo tablet: Pasien yang menderita feokromositoma.
Dosis dan cara menggunakan obat vertigo ( mertigo ):
Dewasa : 1 sd 2 tablet 3 kali sehari. ( admin Cybermales memakannya 2x1 sehari )
Peringatan dan Perhatian : Konsultasikan ke dokter jika ada riwayat:
  • Ulkus saluran cerna atau riwayat ulkus saluran cerna, urtikaria dan rash.
  • Asma bronkial.
  • Wanita hamil.

Efek samping obat vertigo merek mertigo: Mual, muntah atau gangguan saluran cerna, ruam kulit.
Jika anda termasuk usia lanjut ada baiknya konsultasi ke dokter.
Jika sobat ingin mencoba obat tradisional untuk vertigo berbahan dasar herbal atau obat alami untuk vertigo yang dibuat sendiri dari tumbuh tumbuhan obat, silahkan dicoba sendiri cara membuat obat alami untuk vertigo, murah dan tidak berefek samping.
Ramuan obat alami untuk vertigo :
  • Sawo mentah ukuran sedang sebanyak 3 buah.
  • Bawang putih lanang sedang 3 buah.
  • Akar alang alang yang masih seger ( jika beli dari supermaker gunakan 2 atau 3 ikat ).
  • Pohon meniran 10 batang.
  • Biji cengkeh sebanyak 7 buah.
  • Kunir muda sebesar ibu jari.
  • Kencur sebesar ibu jari.

Cara Membuatnya :
  • Cuci bersih semua bahan obat, penyetkan bahan yang sifatnya keras atau potong kecil kecil.
  • Rebus dengan 3 liter air hingga menjadi 1 liter.
  • Minum 2x sehari hingga habis.
  • Buatlah beberapa kali hingga gejala vertigo berkurang.
Terapi fisik ringan jika anda pernah mengalami vertigo.
  • Cobalah berdiri tegak dengan membuka dan menutup mata secara teratur.
  • Gerakkan kepala secara perlahan, misalnya gerakan memutar, menaik turunkan kepala, atau memiringkan kepala kekanan dan kekiri dengan mata tertutup dan gantian dengan mata terbuka.
  • Cobalah untuk duduk dan berdiri secara bergantian.
  • Cobalah berjalan pagi hari dengan mata dibuka dan ditutup secata bergantian.
  • Cobalah untuk melirikkan mata secara vertikal dan horizontal mengikuti objek yang bergerak.
Tips ampuh ketika vertigo menyerang :
  • Pejamkan mata, tenang dan tarik napas dalam dalam dan lepaskan, dan berusaha mencari posisi yang memungkinkan Anda berbaring sambil mata terpejam.
  • Jika dirasa tidak memungkinkan seperti dijalan, maka segeralah untuk duduk dan berpegang pada sesuatu disekitar sambil mata dipejamkan.
  • Jika ada orang dekat anda mintalah untuk memegang tangan anda ( mata tetap terpejam )
  • Tunggu beberapa menit untuk memastikan apakah serangan vertigo berkurang atau tidak, baru cobalah untuk membuka mata perlahan.
  • Jika dirasa anda merasa mual dan ingin muntah, muntahkan saja sesegera mungkin, karena setelah muntah serangan vertigo akan berkurang.
  • Ketika vertigo menyerang disaat anda berbaring dan ingin berdiri, tetaplah berbaring dan pejamkan mata, pertahankan terus posisi tersebut sampai serangan vertigo berkurang, atau hilang.
  • Jika dirasa perasaan berputar, mual dan mau muntah berkurang, cobalah buka mata pelan-pelan, lalu coba miringkan badan,
  • atau kepala ke kiri dan ke kanan. Jika dengan cara ini serangan vertigo datang kembali, maka segeralah pejamkan mata anda, atau kembali ke posisi semula.
  • Segeralah konsultasi ke dokter syaraf jika anda merasa baikkan.
  • Selalu sediakan obat antivertigo dirumah semacam MERTIGO, dan segera minum obat antivertigo tersebut.
 Berdasar pengalaman pribadi admin blog Cybermales dan dikutip dari berbagai sumber.

1. Daerah Istimewa Aceh.



  • Museum Negeri Banda Aceh.
  • Gunongan, sebuah bangunan yang merupakan gunung buatan.
  • Makam Sultan Iskandar Muda.
  • Perpustakaan Islam Tanah Abee, khusus menyimpan buku-buku Islam.
  • Danau Laut Tawar.
  • Pemandian air panas Simpang Balek.
  • Taman Nasional Gunung Leuser.
2. Bali.

  • Museum Bali, dahulunya bernama Gedong Arca.
  • Pantai Sanur, pemandangan pantai yang indah permai.
  • Pura Bukit Sari Sangeh, dengan kera-kera jinaknya.
  • Pantai Nusa Dua.
  • Pantai Kuta.
  • Istana Tampaksiring.
  • Danau Batur, di lereng gunung Batur yang masih aktif.
  • Pura Tanah Lot, pura di pantai yang terpisah.
  • Pura Besakih, pura yang terbesar di Bali.
  • Danau Bedugul, yang disebut juga dengan Danau Beratan.
  • Air panas Banjar, dikelilingi alam pedesaan yang unik, dekat biara Budha.
3. Banten.

  • Keraton Surosowan di Banten.
  • Benteng Speelwijck di Banten.
  • Pelabuhan Ratu, pemandangan pantai.
  • Ujung Kulon, cagar alam yang indah.
4. Bengkulu.

  • Danau Dendam Tak Sudah.
  • Benteng Marlborough.
  • Hutan Wisata Bukit Daun, diantara Bengkulu dengan Curup.
  • Air terjun Kepala Curup, dengan ketinggian 100 meter.
5. DKI Jakarta.

  • Museum Pusat, lebih dikenal dengan Museum Gajah.
  • Monumen Nasional (Monas).
  • Museum Wayang, yang menyimpan koleksi wayang dari daerah-daerah bahkan Asia Tenggara.
  • Taman Impian Jaya Ancol, rekreasi laut.
  • Palau Seribu.
  • Kebun Binatang Ragunan.
  • Taman Ismail Marzuki, dengan Gedung Planetariumnya.
  • Monumen Proklamator.
  • Taman Mini Indonesia Indah.
  • Monumen Pahlawan Lubang Buaya.
6. Jambi.

  • Taman Mayang Mangurai, di dalamnya terdapat museum rumah adat Jambi.
  • Taman Anggrek.
  • Air terjun Rantau Randai, air terjun bertingkat dua.
  • Batu bertulis Karang Birahi, terdapat telapak kaki zaman dahulu.
  • Danau Kerinci.
7. Jawa Barat.

  • Monumen Bandung Lautan Api.
  • Taman Hutan Raya Ir. Juanda.
  • Kawah Tangkuban Perahu.
  • Air panas Ciater.
  • Istana Kepresidenan di Bogor.
  • Kebun Raya Bogor.
  • Taman Safari Indonesia, terletak di daerah Cisarua.
  • Keraton Kasepuhan/Kanoman di Cirebon.
8. Jawa Barat.

  • Museum Batik di Pekalongan.
  • Masjid Agung Demak, yang dibangun oleh para Walisongo.
  • Museum kereta api Plagan di Ambarawa.
  • Kompleks Candi Gedong Songo, yang berjumlah 9 buah candi.
  • Candi Borobudur/Mendut di Magelang, candi Budha terbesar di Indonesia.
  • Makam RA Kartini di Rembang, pelopor pergerakan wanita Indonesia.
  • Loka wisata Baturaden.
  • Taman wisata Dieng, sebuah dataran tinggi yang sangat menarik.
  • Goa Jatijajar, di kebumen.
  • Pantai Logending.
  • Istana Mangkunegaran/Kasunanan di Surakarta.
  • Waduk Gajahmungkur di Wonogiri.
  • Air terjun Tawangmangu, di Karanganyar, di lereng Gunung Lawu.
  • Taman Margaraya Tinjomoyo di Semarang.
  • Museum Ronggowarsito di Semarang.
9. Jawa Timur.


  • Museum Trowulan, bekas ibukota Kerajaan Majapahit.
  • Karapan Sapi di Pamekasan, Madura.
  • Candi Penataran.
  • Makam Proklamator Ir Soekarno di Blitar.
  • Air Terjun Sedudo.
  • Tempat peristirahatan Tretes, di kaki Gunung Welirang.
  • Gung Bromo, dengan dataran tinggi Tengger dan Upacara adat.
  • Pantai Pasir Putih.
  • Pemandian Selecta.
10. Kalimantan Barat.


  • Keraton Sambas, bekas peninggalan Kerajaaan Sambas.
  • Keraton Mempawah, bekas Kerajaan Mempawah yang masih terawat dengan baik.
  • Monumen Mandor.
  • Rumah Panjang, rumah tadisional.
11. Kalimantan Selatan.


  • Sungai Barito, yang berfungsi sebagai jalur perhubungan.
  • Air Terjun Batu Kura Bajumi.
  • Museum Banjar Lambung Mangkurat.
  • Goa Beramban, terdapat stalagtif dan stalagmit serta panorama legenda.
  • Upacara Mapanre Tasi di Pantai Pegatan, sebuah upacara adat nelayan.
12. Kalimantan Tengah.

  • Museum Kalimantan Tengah di Palangkaraya.
  • Bukit Rawi, terdapat Sandung Sepudu yang merupakan patung manusia.
  • Pantai Kubu, pantai melengkung dan landai di Teluk Kubu.
13. Kalimantan Timur.


  • Tenggarong, bekas Kerajaan Kutai Kertanegara.
  • Tanjung Isuy, terdapat rumah panjang Suku DAYAK yang masih asli.
  • Tanah Grogot, bekas Kerajaan Pasir Balengkong.
14. Lampung.

  • Pantai Merak Belantung.
  • Krakatau.
  • Taman Purbakala Pugung Raharjo.
  • Air terjun Way Lalaan.
  • Suakan Alam Way Kambas.
15. Maluku.

  • Benteng, Masjid, Gereja, Museum Siwa Lima, dan Tugu Martha Christina Tiahahu di Pulau Ambon.
  • Taman Laut, di sekitar Pulau Pombo dan Pantai Hunimoa di Ambon.
  • Peninggalan sejarah Kesultanan Jailolo.
  • Taman-Taman laut yang indah di Pulau Banda.
  • Sumber air panas di kaki Gunung Mamuya dekat Tobelo.
16. Maluku Utara.
  • Bangunan Kesultanan Ternate.
  • Bangunan Kesultanan Tidore.
17. Nusa Tenggara Barat.

  • Pura Meru, peninggalan kerajaan Singosari sekitar tahun 1720.
  • Taman Narmanda, dibangun oleh Ngurah Karangasem pada tahun 1729.
  • Batu Bolong, di pantai terdapat karang besar dan berlubang.
  • Gunung Pengsong, dengan kera-kera jinak.
  • Pulau Moyo, terdapat berbagai satwa, kunjungan bulan Juni-Agustus.
  • Lunyuk, tempat penyu naik ke darat untuk bertelur.
  • Isatana Sultan Bima.
18. Nusa Tenggara Timur.

  • Desa Tradisional Mantagi dari keturunan Raja Taebanu.
  • Museum Ledalero, di pinggir kota Maumere.
  • Rumah pembuangan Bung Karno di Ende, semasa revolusi fisik.
  • Liang Bua, gua arkeologis.
  • Taman Nasional Pulau Komodo.
  • Perburuan ikan Paus, pada bulan Mei-September.
19. Papua.
  • Pantai Klimpang, di wilayah Deprape.
  • Sky Line, suatu dataran tinggi.
  • Danau Sentani.
  • Gua Binsar, gua Jepang, di desa Ambroben.
  • Taman/hutan wisata Pulau Supiori.
  • Tanjung Kasuari, pantai dengan pasir putih dekat Sorong.
20. Riau.

  • Candi Muara Takus.
  • Pulau Terkulai dan Pulau Soreh.
  • Prasasti Pasir Panjang, di Pulau Karimun.
  • Taman laut, di sekitar Pulau Mapor, Pompong, Galang dan Tanjung Berakit.
  • Makan Sultan Mahmud Syah, sultan Malaka yang terakhir.
  • Suaka alam Kerumutan.
21. Sulawesi Selatan.
  • Makam pahlawan Sultan Hasanuddin.
  • Taman Purbakalan Batupake, terletak di kabupaten Sinjai.
  • Tanjung Bira/Bulukumba, daerah rekreasi pantai, tempat pembuatan perahu tradisional Pinisi.
  • Tanah Toraja, dataran tinggi dengan kebudayaan yang unik.
  • Tangkona, serambi mayat/kuburan di atas tebing, di kabupaten Enrekang.
22. Sulawesi Tengah.
  • Tentana, beksa kerajaan tua di lembah Poso.
  • Sumber air panas Bora, melalui perkampungan dengan struktur asli.
  • Air terjun Wena, yang bersifat alamiah.
23. Sulawesi Tenggara.
  • Pemandian laut Mayaria Kasilampe.
  • Air terjun di Kolaka.
  • Cagar alam kayu kuku di Kolaka.
  • Pemandangan alam di Sampolawa, Button.
  • Pemandangan alam dan pemandian laut Motonu No di Napabale.
24. Sulawesi Utara.
  • Museum Provinsi Sulawesi Utara di Manado.
  • Klenteng Ban Hinag Kiong, klenteng tertua di Indonesia Timur.
  • Makam Kyai Maja, seornag Pahlawan Nasional dalam perang Diponegoro.
  • Benteng Otanaha, tempat perlindungan dan pertahanan raja-raja Gorontalo.
  • Pantai Kema (batu Nona).
  • Taman laut Bunaken, Mado Tua, dan Siladen, di Pulau Bunaken.
25. Sumatra Barat.
  • Museum Adityawarman, menyimpan karya budaya.
  • Pantai Air Manis, perkampungan nelayan dengan panorama pantai yang indah.
  • Jam Gadang, di Bukit Tinggi.
  • Benteng Fort De Kock, di atas bukit di Bukit Tinggi.
  • Ngarai Sianok, lembah dengan tebing curam antara 100-120 meter.
  • Lembah Anai, sebuah lembah antara dua buah gunung yang indah, di Kabupaten Tanah Datar.
  • Danau Maninjau.
  • Tugu Khatulistiwa Bonjol.
26. Sumatra Selatan.


bukit jempol
Bukit Jempol  Di Kabupaten Lahat
  • Kawah Tengkurep, komplek makam Sultan Machmud Badaruddin I.
  • Pusat tenun Songket, di Palembang.
  • Taman Purbakala I Gede ing Suro
  • Bukit telunjuk lahat
  • Benteng kuto besak
  • Jembatan ampera palembang
  • Pulau kemarau.
  • Bukit Sulap Lubuk linggau
  • Sabo kingking
  • Arca si pahit lidah
  • Museum Negeri.
  • Danau Ranau.
  • Air terjun, dengan ketinggian 65 meter.
  • Museum Timah, tersimpan mobil tua Presiden Soekarno di masa revolusi.
27. Sumatra Utara.
  • Istana Maimun/Istana Deli, terletak di dalam kota Medan.
  • Masjid Raya Medan, yang dibangun pada tahun 1906 oleh Sultan Makmun Alrasjid.
  • Pantai Cermin, keindahan alam pantai.
  • Prapat dengan Danau Tobanya, serta Pulau Samosir di tengah-tengahnya.
  • Pulau Nias, kehidupan tradisional suku Nias.
  • Brastagi, panorama alam yang indah.
  • Barusjahe/Lingga, rumah-rumah adata yang telah berumur 250 tahun lebih.
  • Taman wisata Sikundur, merupakan hutan wisata yang kaya akan flora.
28. D.I Yogyakarta.

  • Keraton Yogyakarta.
  • Sasana Wiratama, monumen Pangeran Diponegoro.
  • Pantai Parang Tritis.
  • Museum Sono Budoyo.
  • Kebun Binatang dan kebun raya Gembira Loka.
  • Candi Prambanan.
  • Museum Yogya Kembali.
  • Benteng Vanderbrourgh.
  • Kaliurang.
  • Pantai Baron Kukup.
  • Candi Kalasan.
  • Malioboro.
Itu beberapa objek wisata yang ada di Indonesia, mohon maaf jika ada beberapa lokasi wisata yang tidak tercantum..dan tercatat.

Senin, 26 Agustus 2013

tempe amerika
Tempe merupakan makanan yang berasal dari Indonesia. Makanan tradisional ini sudah dikenal sejak berabad-abad lalu, terutama dalam budaya masyarakat Jawa, khususnya Yogyakarta dan Surakarta. Pada awalnya, tempe diproduksi dari kedelai hitam yang berasal dari masyarakat pedesaan tradisional Jawa dan dikembangkan di daerah Mataram, Jawa Tengah, serta berkembang sebelum abad ke-16. Kata tempe diduga berasal dari bahasa Jawa Kuno. Pada zaman Jawa Kuno, terdapat makanan yang berwarna putih yang terbuat dari tepung sagu yang disebut dengan Tumpi. Tempe segar yang juga berwarna putih terlihat memiliki kesamaan dengan makanan Tumpi tersebut. Selain itu, terdapat pula rujukan mengenai tempe dari tahun 1875 dalam sebuah Kamus Bahasa Jawa-Belanda.

Menurut sumber lain bahwa pembuatan tempe diawali semasa era tanam paksa di Jawa. Pada saat itu, masyarakat Jawa terpaksa menggunakan hasil perkebunan seperti singkong, ubi dan kedelai sebagai sumber pangan. Selain itu, ada pula pendapat yang mengatakan bahwa tempe mungkin diperkenalkan oleh orang-orang Tiong Hoa yang memproduksi makanan sejenis, yaitu Yaitu koji kedelai yang difermentasikan. Selanjutnya, teknik pembuatan tempe menyebar ke seluruh Indonesia, sejalan dengan penyebaran masyarakat Jawa yang bermigrasi ke seluruh penjuru tanah air di Indonesia.

Kedelai, atau kacang kedelai, adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kecap, tahu, dan tempe. Berdasarkan peninggalan arkeologi, tanaman ini telah dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu di Asia Timur. Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia adalah Amerika Serikat meskipun kedelai praktis baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah 1910.

Kedelai yang dibudidayakan adalah Glycine max yang merupakan keturunan domestikasi dari spesies moyang, Glycine soja. Dengan versi ini, G. max juga dapat disebut sebagai G. soja subsp. max. Kedelai merupakan tanaman budidaya daerah Asia subtropik seperti Cina dan Jepang. Sebaran G. soja sendiri lebih luas, hingga ke kawasan Asia tropik. Kedelai adalah tumbuhan yang peka terhadap pencahayaan. Dalam pencahayaan agak rendah batangnya akan mengalami pertumbuhan memanjang sehingga berwujud seperti tanaman merambat.

Beberapa kultivar kedelai putih budidaya di Indonesia, di antaranya adalah 'Ringgit', 'Orba', 'Lokon', 'Davros', dan 'Wilis'. 'Edamame' adalah kultivar kedelai berbiji besar berwarna hijau yang belum lama dikenal di Indonesia dan berasal dari Jepang.

Kedelai dibudidayakan di lahan sawah maupun lahan kering (ladang). Penanaman biasanya dilakukan pada akhir musim penghujan, setelah panen padi. Pengerjaan tanah biasanya minimal. Biji dimasukkan langsung pada lubang-lubang yang dibuat. Biasanya berjarak 20-30cm. Pemupukan dasar nitrogen dan fosfat diperlukan, namun setelah tanaman tumbuh penambahan nitrogen tidak memberikan keuntungan apa pun. Lahan yang belum pernah ditanami kedelai dianjurkan diberi "starter" bakteri pengikat nitrogen Bradyrhizobium japonicum untuk membantu pertumbuhan tanaman. Penugalan tanah dilakukan pada saat tanaman remaja (fase vegetatif awal), sekaligus sebagai pembersihan dari gulma dan tahap pemupukan fosfat kedua. Menjelang berbunga pemupukan kalium dianjurkan walaupun banyak petani yang mengabaikan untuk menghemat biaya.

Kedelai dikenal dengan berbagai nama: sojaboon (bahasa Belanda), soja, soja bohne (bahasa Jerman), soybean (bahasa Inggris), kedele (bahasa Indonesia sehari-hari, bahasa Jawa), kacang ramang, kacang bulu, kacang gimbol, retak mejong, kaceng bulu, kacang jepun, dekenana, demekun, dele, kadele, kadang jepun, lebui bawak, lawui, sarupapa tiak, dole, kadule, puwe mon, kacang kuning (Sumatera bagian utara) dan gadelei. Berbagai nama ini menunjukkan bahwa kedelai telah lama dikenal di Indonesia.

Kedelai merupakan terna dikotil semusim dengan percabangan sedikit, sistem perakaran akar tunggang, dan batang berkambium. Kedelai dapat berubah penampilan menjadi tumbuhan setengah merambat dalam keadaan pencahayaan rendah. Kedelai, khususnya kedelai putih dari daerah subtropik, juga merupakan tanaman hari-pendek dengan waktu kritis rata-rata 13 jam. Ia akan segera berbunga apabila pada masa siap berbunga panjang hari kurang dari 13 jam. Ini menjelaskan rendahnya produksi di daerah tropika, karena tanaman terlalu dini berbunga.

Biji kedelai berkeping dua, terbungkus kulit biji dan tidak mengandung jaringan endosperma. Embrio terletak di antara keping biji. Warna kulit biji kuning, hitam, hijau, coklat. Pusar biji (hilum) adalah jaringan bekas biji melekat pada dinding buah. Bentuk biji kedelai umumnya bulat lonjong tetapi ada pula yang bundar atau bulat agak pipih.

Biji kedelai yang kering akan berkecambah bila memperoleh air yang cukup. Kecambah kedelai tergolong epigeous, yaitu keping biji muncul diatas tanah. Warna hipokotil, yaitu bagian batang kecambah di bawah daun kecambah (kotiledon), ungu atau hijau yang terpaut dengan warna bunga. Kedelai yang berhipokotil ungu berbunga ungu, sedang yang berhipokotil hijau berbunga putih. Kecambah kedelai dapat digunakan sebagai sayuran (tauge).

Tanaman kedelai mempunyai akar tunggang yang membentuk akar-akar cabang yang tumbuh menyamping (horizontal) tidak jauh dari permukaan tanah. Jika kelembapan tanah turun, akar akan berkembang lebih ke dalam agar dapat menyerap unsur hara dan air. Pertumbuhan ke samping dapat mencapai jarak 40 cm, dengan kedalaman hingga 120 cm. Selain berfungsi sebagai tempat bertumpunya tanaman dan alat pengangkut air maupun unsur hara, akar tanaman kedelai juga merupakan tempat terbentuknya bintil-bintil akar. Bintil akar tersebut berupa koloni dari bakteri pengikat nitrogen Bradyrhizobium japonicum yang bersimbiosis secara mutualis dengan kedelai. Pada tanah yang telah mengandung bakteri ini, bintil akar mulai terbentuk sekitar 15 – 20 hari setelah tanam. Bakteri bintil akar dapat mengikat nitrogen langsung dari udara dalam bentuk gas N2 (nitrogen) yang kemudian dapat digunakan oleh kedelai setelah dioksidasi menjadi nitrat (NO3+).

Kedelai berbatang memiliki tinggi 30–100 cm. Batang dapat membentuk 3 – 6 cabang, tetapi bila jarak antar tanaman rapat, cabang menjadi berkurang, atau tidak bercabang sama sekali. Tipe pertumbuhan batang dapat dibedakan menjadi terbatas (determinate), tidak terbatas (indeterminate), dan setengah terbatas (semi-indeterminate). Tipe terbatas memiliki ciri khas berbunga serentak dan mengakhiri pertumbuhan meninggi. Tanaman pendek sampai sedang, ujung batang hampir sama besar dengan batang bagian tengah, daun teratas sama besar dengan daun batang tengah. Tipe tidak terbatas memiliki ciri berbunga secara bertahap dari bawah ke atas dan tumbuhan terus tumbuh. Tanaman berpostur sedang sampai tinggi, ujung batang lebih kecil dari bagian tengah. Tipe setengah terbatas memiliki karakteristik antara kedua tipe lainnya.

Bunga kedelai termasuk bunga sempurna yaitu setiap bunga mempunyai alat jantan dan alat betina. Penyerbukan terjadi pada saat mahkota bunga masih menutup sehingga kemungkinan kawin silang alami amat kecil. Bunga terletak pada ruas-ruas batang, berwarna ungu atau putih. Tidak semua bunga dapat menjadi polong walaupun telah terjadi penyerbukan secara sempurna. Sekitar 60% bunga rontok sebelum membentuk polong.

Buah kedelai berbentuk polong. Setiap tanaman mampu menghasilkan 100 – 250 polong. Polong kedelai berbulu dan berwarna kuning kecoklatan atau abu-abu. Selama proses pematangan buah, polong yang mula-mula berwarna hijau akan berubah menjadi kehitaman.

Pada buku (nodus) pertama tanaman yang tumbuh dari biji terbentuk sepasang daun tunggal. Selanjutnya, pada semua buku di atasnya terbentuk daun majemuk selalu dengan tiga helai. Helai daun tunggal memiliki tangkai pendek dan daun bertiga mempunyai tangkai agak panjang. Masing-masing daun berbentuk oval, tipis, dan berwarna hijau. Permukaan daun berbulu halus (trichoma) pada kedua sisi. Tunas atau bunga akan muncul pada ketiak tangkai daun majemuk. Setelah tua, daun menguning dan gugur, mulai dari daun yang menempel di bagian bawah batang.

Kini Indonesia kesulitan kedelai akibat tidak bisa swasembada kedelai, dikarenakan selama ini kedelai di import dari amerika serikat. Fakta miris sebagai negara agraris menurut admin Cybermales, kita yang harus ngemis kedelai (kedele) dari negara lain. Jangan cuma bangga tempe makanan asli Indonesia jika bahan baku untuk membuat tempe selama ini ternyata dari amerika, artinya selama ini tempe yang dijual dipasar tradisional adalah tempe amerika. Entah harus bangga atau malu jika makan tempe saat ini.

Kapan negeri ini bisa berbenah dan bisa mandiri klo semua serba import, beras import, kedelai import, bawang import, gula import, solar import, premium import, padahal negeri ini gudang segala macem barang yang ada dan dibutuhkan banyak orang, sampe kempot gonta ganti pemimpin cuma repot ngurusi pekerjaan mak erot sampe tukang plorot duit rakyat. Yah selamat melarat, gak perlu sewot apalagi kebakaran jenggot, jika ingin makan tempe kita harus makan tempe amerika padahal tempe adalah makanan paling murah kebanyakan orang indonesia raya.

Rabu, 21 Agustus 2013

foto payudara cewek terbuka

Waduh dek segitunya...!!  dilihat boleh dipegang jangan..!!


Selasa, 20 Agustus 2013

Waktu kecil suka banget nonton film polisi penegak kebenaran, kisah kisah superhero penumpas kejahatan, penegak keadilan, pembela dan pelindung disaat dibutuhkan. Aksi simpatik para penegak keadilan seperti film Hunter yang kesehariannya melawan tindak kejahatan seperti kriminal dan lain lain, tidak mempan disogok apalagi menjadi backing tempat maksiat, bandar narkoba apalagi, memeras, mengintimidasi, sosok yang menjunjung tinggi hukum sebagai panduan bekerja, ibarat klo di Indonesia adalah satuan reserse, mantep banget aksi dan tindakannya dalam memberantas dan menumpas aksi kejahatan ada juga kisah seperti dalam film Chips, polisi jalan raya yang bertugas sebagai highway patrol atau patroli jalan raya, klo di Indonesia adalah satlantas atau satuan lalu lintas, kedua orang anggota Chips ini selalu berbuat sesuai prosedur pekerjaannya tanpa rasa lelah dan penuh tanggung jawab, walau terkadang nyawa taruhannya ketika beradapan dengan musuh yang bersenjata api, etika polisi dan prosedur selalu diutamakan karena memang mereka bertugas sebagai pelayan masyarakatt, tidak pernah memikirkan kepertingan perut sendiri waktu bertugas. Menindak pelanggaran lalulintas dengan prosedur, tiada pernah menganggap sebuah pelanggaran lalu lintas adalah mangsa empuk, ibarat srigala yang mengincar domba, lalu mengejar dan memangsanya. Semua mereka dedikasikan dalam tugas. Atau sosok polisi masa depan, polisi Cyber seperti yang digambarkan seperti Robocop, walau menjadi korban tindak kejahatan dan walau sering ditembaki oleh penjahat, tetap berbuat dan bertindak sesuai prosedur hukum, walau polisi super robocop tetap taat hukum, dan selalu melindungi yang lemah.

polisi super

Itu gambaran yang sering mengilhami anak anak dimasa kecil, ketika menilai seorang sosok dan tugas seorang polisi. Jika ditanya klo besar mau jadi apa? jadi polisi, karena ada kebanggaan dan impian, kenapa itu jawaban tulus karena otak belum mengenal duit. Coba deh ditanya anak anak kecil sekarang cita citanya, klo besar mau jadi apa? !?!?@????? ( bingung ). Apalagi klo ngeliat berita sekarang, polisi jadi sasaran tembak penjahat, banyak pos polisi kosong, jika ada pos polisi terkadang cuma ada topinya saja, orangnya kemana gak tau.!

Toh tidak semua polisi tidak menyenangkan, banyak kok polisi polisi yang santun, bener bener mengabdi, tidak seperti harimau dijalanan, tidak menyalahkan juga, jika banyak oknum polisi yang arogan, mulutnya kasar kepada masyarakat, tempramen, suka menindas, bahkan mau menang sendiri, melotot jika ada masyarakat yang mengutarakan argumen. Jadi seperti cowboy jalanan. Agak sulit menemukan polisi yang ramah, polisi yang santun dijalanan, bagi beberapa oknum polisi kesalahan tidak ada toleransi.

Harusnya dengan adanya polisi dijalan membuat masyarakat lebih merasa aman dan nyaman, bukan merasa seperti tahanan, penjahat, bahkan sasaran buruan. Rasa takut masyarakat dijalan ibarat rasa takut polisi sekarang jika harus dijalanan, Banyak polisi yang baik malah jadi sasaran tembakan senjara api orang tidak dikenal. Menjelang pemilu 2014 banyak hal bisa terjadi, polisi ujung tombak pengendali keamanan dikota, jika polisi resah akan timbul rasa tidak aman, rasa tidak aman inilah yang akan dimanfaatkan oleh orang orang tertentu yang punya agenda tertentu. lihat saja Rusuh penghuni LAPAS, sepertinya ada kesan tertentu, LAPAS jika diarikan dalam bahasa palembang berarti "sudah penuh" atau sudah cukup, mungkin kapasitas LAPAS sudah tidak memadai lagi sebagai lembaga permasyarakat yang harusnya tempat membina para tahanan, selama ini mungkin apa yang terjadi di LAPAS masih kurang pengawasan dari kepolisian, makanya jika ada duit mungkin di LAPAS bisa pesen kamar, dapet prioritas, tidak jarang didalam LAPAS peredaran Narkoba masih tetap berjalan.

polisi inggris
Polisi Inggris

Peran dan sikap polisi mungkin harus berubah, saat ini mungkin banyak masyarakat tidak simpati dengan polisi, kecuali simpati kepada Polwan Polwan cantik Polisi saja. Polisi kedepan harus jadi sahabat masyarakat, pemberi rasa aman dijalan dan lingkungan. Jadilah polisi "super" atau polisi Supel, pengertian dan pengayon rakyat dijalan dan lingkungan. Mungkin polisi di Inggris bisa dijadikan contoh karena polisi inggris termasuk polisi paling santun didunia.

Minggu, 18 Agustus 2013

Entah apa maksudnya provider selular pemilik tower telekomunikasi ini, tower ini termasuk nyeleneh, bisa dikatakan tower unik, atau boleh dikata tower seluler nyeleneh. Kenapa dibilang tower ini unik karena mungkin tidak seperti lazimnya tower telekomunikasi lainnya, base transceiver station (BTS) atau tower selular berfungsi sebagai penguat signal. Base transceiver station (BTS) atau cell site adalah sebuah peralatan yang memfasilitasi nirkabel komunikasi antara pengguna peralatan (UE) dan jaringan. BTS juga disebut sebagai radio base station (RBS), node B (di Jaringan 3G) atau, cukup, base station (BS).

tower BTS nyeleneh

Antena pada tower BTS operator selular disebut antenna sektoral. Karakteristik antenna ini memiliki radiasi yang lebih lebar yang berguna untuk menangkap sinyal dari handphone di sekitar tower BTS. Antenna jenis ini yang dipakai oleh perangkat yang disebut sebagai BTS (2G), NodeB (3G)  maupun eNodeB (LTE). Jadi dengan antenna sektoral yang memilik bandwidth 120 derajat, maka dengan 3 sektor akan tercover area disekitar tower BTS.

Base Transceiver Station (BTS) adalah bagian dari network element GSM yang berhubungan langsung dengan Mobile Station (MS). BTS berhubungan dengan MS melalui air interface dan berhubungan dengan BSC dengan menggunakan A-bis interface. BTS berfungsi sebagai pengirim dan penerima (transciver) sinyal komunikasi dari/ke MS serta menghubungkan MS dengan network element lain dalam jaringan GSM (BSC, MSC, SMS, IN, dsb) dengan menggunakan radio interface. Menara BTS memang menuai pro kontra, mulai dari izin dan masalah dengan masyarakat sekitar daerah dekat menara BTS.

tower BTS unik
Nah klo tower BTS atau Menara BTS seperti gambar yang admin Cybermales posting ini masuk kategori monople. Tapi lazim tidak sebuah tower BTS dibuat mirip pohon panjang pinang? Dibilang tower BTS sarang burung juga bisa, Tower BTS ramah lingkungan bisa jadi karena disekitar antena dan tiang menara dipasang dan dihiasi pohon atau bunga plastik. Atau bisa juga termasuk Tower BTS tipu tipu, lebih keren disebut menara BTS undercover karena terkesan disamarkan. Entah karena tidak ada izin atau biar lewat dari razia tower liar. Pastinya operator mana yang punya belum tahu, Indosat rasanya bukan, operator 3, Tower telkomsel atau operator mana juga belum jelas, karena sekarang tower BTS sudah dibatasi, jika harus itupun tower BTS atau Menara BTS bersama. Jika ingin melihat tower BTS unik atau menara BTS myeleneh banyak kok di kota Palembang.

Credit image : Gubito ( bro Admin Cybermales )

Sabtu, 17 Agustus 2013

Pada hari ini tanggal 17 Agustus 1945, 68 tahun yang lalu negara ini terlepas dari belenggu tirani perampas hak dan harta bumi ini. Sekarang Negara ini telah berusia 68 tahun, cukup dewasa dan matang untuk ukuran umur manusia, tapi masih muda umur sebuah negara. Masih muda dan masih banyak yang harus diperjuangkan untuk kehidupan masa depan negeri ini. Bumi dan tanah air Indonesia, rumah tempat kita para penduduk negeri, syurga alam katulistiwa, gudang peradaban dan budaya, semua ada di negeri ini. Mempertahankan kemerdekaan yang tersulit saat ini adalah melawan penjajah gaya baru, penjajah rakus dan lebih rakus dari Belanda dan Jepang, Hari ini mungkin kita WNI ( warga negara Indonesia ) dan penduduk pribumi bisa hidup tengah kota, bisa jadi 10 atau 20 tahun yang akan datang kita penduduk pribumi hanya bisa tinggal ditempat kumuh bantaran sungai, karena lahan hidup sudah dikuasai WNA. Sadar atau tidak sadar, ekonomi sudah dikuasai warga WNA. WNA yang jadi raja dan berkuasa atas negeri ini, yang menguasai sebagian besa tanah dan bumi Indonesia ini.

Dirgahayu Indonesiaku
Sedih mungkin para suhada yang telah berkurban jiwa dan raga demi kemerdekaan, cita cita pejuang yang ingin memakmurkan anak cucunya ketika merdeka, justru kita sekarang dijajah bangsa sendiri. Banyak WNA yang lahir disini tapi tidak punya rasa nasionalisme. Mereka hanya mengejar kekayaan demi diri sendiri, keluarga bahkan etnisnya sendiri. Kita yang pribumi hanya tetap jadi pengemis di negeri sendiri.
Pengemis pekerjaan, pengemis proyek, coba kita perhatikan dari sabang sampa merauke, siapa yang menguasai kehidupan penduduk negeri ini? Siapa yang menguasai dari perkotaan, siapa yang menguasai pedesaan bahkan siapa yang menguasai hutan?

Kita para pribumi cuma pekerja, siapa yang salah? apa bedanya dengan saat kita dijajah belanda atau jepang? Melawan penjajah Belanda dan Jepang mungkin jelas di medan pertempuran, tapi melawan penjajah bangsa sendiri akan jauh lebih sulit. Sekali merdeka tetap merdeka, tapi Merdekakah kita sekarang para pribumi? siapa yang merdeka sekali setelah kita merdeka?

Wahai generasi muda perjuangan belum berakhir, musuh kita saat ini adalah kebodohan, wahai pembuat kebijakan, perhatikan anak bangsa ini. BUka mata lebar lebar, pikirlah walau sesaat, renungkan apa terjadi, lalu pikirkan apa yang harus diperbuat untuk memperbaiki keadaan. Jadikan momentum peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-68 tahun tahun ini sebagai titik awal demi kebaikan bangsa ini
dikemudian hari, Dirgahayu Indonesiaku yang ke-68. 


Kamis, 15 Agustus 2013

Mesir negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945, Pada bulan 22 Maret 1946, negara Mesir mengakui secara de facto Kemerdekaan Indonesia dengan mengakhiri kepengurusan WNI dari kedutaan Belanda di Mesir. Pengakuan de Jure pada tanggal 10 Juni 1947 di tandatangi secara resmi Perjanjian Persahabatan RI Mesir dan sekaligus mendirikan Kedutaan RI pertama di
luar negeri. mesir yang selama ini negara paling damai di negeri arab, mesir negara Islam yang paling dipandang banyak oleh negara Islam lainnya, mesir kini telah porak poranda, mesir kini hancur berantakan, mesir kini tinggal puing puing kehancuran, tiada lagi negeri Islam di dataran arab yang bisa dijadikan contoh.
Irak, Iran, Palestina, Mesir, Syiria, kini jadi belantara petualang demokrasi, negeri arab negeri asal muasal agama. Kini telah terpecah belah dan diadu domba, semua karena politik, manusia manusia yang rakus kekuasaan, manusia manusia yang bertopeng kebajikan akan demokeasi dan kebebasan.
Kebebasan yang kebablasan.

Dalang dalang bule lebih hebat daripada dalang wayang kulit atau wayang golek, dalang yang menganggap kematian, kenacuran hanya sebuah permainan. Diiringi tabuan gending kebebasan, gending demokrasi, gending Dajjal. Ditambah asap asap kemenyan mesiu yang semakin membuat pertunjukan semakin
menegangkan.

Ini foto foto kehancuran yang terjadi dimesir saat ini 2013, yang bisa kita renungkan saat kita memperingati hari kemerdekaan RI ke-68 tahun 2013.  Semoga tidak menimpa negeri kita :




kerusuhan mesir

rakyat mesir

korban revolusi mesir


mayat gosong

revolusi mesir

Bentar lagi kita akan merayakan ceremony, perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke-68 tahun.
Merdeka..merdeka..merdeka, sebuah kata yang menjadi semangat dimasa perjuangan melawan penjajah, sebuah kata yang bisa menyatukan keinginan akan kebebasan memiliki negeri sendiri, bisa mengatur kehidupan sendiri, bisa memakmurkan rakyatnya sendiri. Negeri kaya yang terlalu lama dikuras kekayaannya oleh negara lain. Belanda paling banyak hutangnya dengan Rakyat Indonesia, hutang harta dan nyawa.

Seandainya negeri ini tidak dijajah mungkin Indonesia menjadi negara yang lebih makmur dan besar dari negara lain termasuk amerika. Sekarang tinggal Indonesia negeri Islam terbesar di dunia, bersama malaysia, brunei darussalam dikawasan asia. Apakah mungkin sekarang kita akan dijadikan seperti Irak, mesir, Syiria, atau negara Islam lainnya. Lihat saja sekarang kita tanpa sadar telah dipecah belah. Rasisme, sukuisme, agamisme, kelompoknisme, kampungisme, tetanggaisme, banyak cakar cakar beracun demokrasi yang ditanjapkan dinegeri ini. Politik adalah kendaraan yang memuluskan cakar cakar Dajjal, Media ibarat BBM yang memainkan fungsi penggerak kendaraan politik. Anak anak setan, kaki tangan Dajjal, manusia manusia bermuka dua, wah rasanya miris banget kalau perayaan peringatan hari kemerdekaan RI yang ke-68 cuma sekedar rutinitas tahunan.

Mungkin Kebanyakan warga negara Indonesia saat ini jika tiap tanggal 17 Agustus, Cuma inget panjang minang, permainan bocah, lomba gaple, lomba catur antar kampung, antar warga, antar RT. Siapa yang ingat sulitnya untuk merdeka? cuma veteran pejuang kemerdekaan yang masih inget bela negara, masih memiliki jiwa patriotisme. Kebanggan jika melihat bendera Merah putih berkibar.

Terkadang banyak sisa veteran pejuang yang tidak tercatat dalam sejarah, tidak memiliki tempat tinggal yang layak. Mereka dilupakan, mereka ditinggalkan. Untuk itu admin Cybermales mengajak sesama generasi pemuda negeri ini, siapa saja. Ingat apa yang terjadi dibanyak negara, yang selama ini damai dan sekarang harus hancur berantakan. Admin Cybermales mencontohkan yang terjadi di mesir salah satunya, agar kita ingat persatuan, kesatuan itu sangat penting, kita negara yang lebih berbudaya dari negara lain, kita memiliki adat istiadat yang lebih baik ketimbang amerika atau negara besar lainnya.

Kita bangsa yang besar, siapa lagi yang akan menjaganya, ingatlah jasa para pahlawan yang gugur demi kemerdekaan kita hari ini. Silahkan dilihat foto  foto kehancuran negara Mesir, negara pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia, negara yang lagi dipecah belah oleh simbol demokrasi, negara yang penduduknya sudah diracuni oleh isme isme negara Dajjal dunia. Semoga Perayaan 17 agustus 2013 kali ini kita lebih waspada dengan badut politik dunia yang ada di Indonesia.

Merdeka, merdeka, merdeka "DIRGAHAYU NEGARA REPUBLIK INDONESIA KE 68", tanggal 17 Agustus 2013.

Senin, 12 Agustus 2013

إن الله اصطفى آدم ونوحا وآل إبراهيم وآل عمران على العالمين

“Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing),”

ذرية بعضها من بعض والله سميع عليم

“(sebagai) satu keturunan yang sebagiannya (keturunan) dari yang lain. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

إذ قالت امرأة عمران رب إني نذرت لك ما في بطني محررا فتقبل مني إنك أنت السميع العليم

(Ingatlah), ketika istri Imran berkata: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang shaleh dan berkhidmat (di Baitulmakdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

فلما وضعتها قالت رب إني وضعتها أنثى والله أعلم بما وضعت وليس الذكر كالأنثى وإني سميتها مريم وإني أعيذها بك وذريتها من الشيطان الرجيم

Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk.”

فتقبلها ربها بقبول حسن وأنبتها نباتا حسنا وكفلها زكريا كلما دخل عليها زكريا المحراب وجد عندها رزقا قال يا مريم أنى لك هذا قالت هو من عند الله إن الله يرزق من يشاء بغير حساب

Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakaria pemeliharanya. Setiap Zakaria masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakaria berkata: “Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?” Maryam menjawab: “Makanan itu dari sisi Allah”. Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab.

هنالك دعا زكريا ربه قال رب هب لي من لدنك ذرية طيبة إنك سميع الدعاء

Di sanalah Zakaria mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”.

فنادته الملآئكة وهو قائم يصلي في المحراب أن الله يبشرك بيحيى مصدقا بكلمة من الله وسيدا

Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakaria, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab (katanya): “Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang putramu) Yahya, yang membenarkan kalimat (yang datang) dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri (dari hawa nafsu) dan seorang Nabi termasuk keturunan orang-orang shaleh.”

قال رب أنى يكون لي غلام وقد بلغني الكبر وامرأتي عاقر قال كذلك الله يفعل ما يشاء

Zakaria berkata: “Ya Tuhanku, bagaimana aku bisa mendapat anak sedang aku telah sangat tua dan istriku pun seorang yang mandul?” Berfirman Allah: “Demikianlah, Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya”.

قال رب اجعل لي آية قال آيتك ألا تكلم الناس ثلاثة أيام إلا رمزا واذكر ربك كثيرا وسبح بالعشي والإبكار

Berkata Zakaria: “Berilah aku suatu tanda (bahwa istriku telah mengandung)”. Allah berfirman: “Tandanya bagimu, kamu tidak dapat berkata-kata dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari”.

وإذ قالت الملائكة يا مريم إن الله اصطفاك وطهرك واصطفاك على نساء العالمين

Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, menyucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu).

يا مريم اقنتي لربك واسجدي واركعي مع الراكعين

Hai Maryam, taatlah kepada Tuhanmu, sujud dan rukuklah bersama orang-orang yang rukuk.

ذلك من أنباء الغيب نوحيه إليك وما كنت لديهم إذ يلقون أقلامهم أيهم يكفل مريم وما كنت لديهم إذ يختصمون

Yang demikian itu adalah sebagian dari berita-berita gaib yang Kami wahyukan kepada kamu (ya Muhammad); padahal kamu tidak hadir beserta mereka, ketika mereka melemparkan anak-anak panah mereka (untuk mengundi) siapa di antara mereka yang akan memelihara Maryam. Dan kamu tidak hadir di sisi mereka ketika mereka bersengketa.

إذ قالت الملآئكة يا مريم إن الله يبشرك بكلمة منه اسمه المسيح عيسى ابن مريم وجيها في الدنيا والآخرة ومن المقربين

(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),

ويكلم الناس في المهد وكهلا ومن الصالحين

dan dia berbicara dengan manusia dalam buaian dan ketika sudah dewasa,dan dia termasuk di antara orang-orang yang shaleh.”

قالت رب أنى يكون لي ولد ولم يمسسني بشر قال كذلك الله يخلق ما يشاء إذا قضى أمرا فإنما يقول له كن فيكون

Maryam berkata: “Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-laki pun.” Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): “Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: “Jadilah”, lalu jadilah dia.

ويعلمه الكتاب والحكمة والتوراة والإنجيل

Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil.

فحملته فانتبذت به مكانا قصيا

Maka Maryam mengandungnya, lalu ia menyisihkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh.

فأجاءها المخاض إلى جذع النخلة قالت يا ليتني مت قبل هذا وكنت نسيا منسيا

Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, ia berkata: “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi sesuatu yang tidak berarti, lagi dilupakan”.

فناداها من تحتها ألا تحزني قد جعل ربك تحتك سريا

Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu.

وهزي إليك بجذع النخلة تساقط عليك رطبا جنيا

Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.

فكلي واشربي وقري عينا فإما ترين من البشر أحدا فقولي إني نذرت للرحمن صوما فلن أكلم اليوم إنسيا

Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang Manusia pun pada hari ini”.

فأتت به قومها تحمله قالوا يا مريم لقد جئت شيئا فريا

Maka Maryam membawa anak itu kepada kaumnya dengan menggendongnya. Kaumnya berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya kamu telah melakukan sesuatu yang amat mungkar.

يا أخت هارون ما كان أبوك امرأ سوء وما كانت أمك بغيا

Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina”,

فأشارت إليه قالوا كيف نكلم من كان في المهد صبيا

maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata: “Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih dalam ayunan?”

قال إني عبد الله آتاني الكتاب وجعلني نبيا

Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi.

وجعلني مباركا أين ما كنت وأوصاني بالصلاة والزكاة ما دمت حيا

dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;

وبرا بوالدتي ولم يجعلني جبارا شقيا

dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.

والسلام علي يوم ولدت ويوم أموت ويوم أبعث حيا

Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali”.

ذلك عيسى ابن مريم قول الحق الذي فيه يمترون

Itulah Isa putra Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya.

ما كان لله أن يتخذ من ولد سبحانه إذا قضى أمرا فإنما يقول له كن فيكون

Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah ia.

وإن الله ربي وربكم فاعبدوه هذا صراط مستقيم

Sesungguhnya Allah adalah Tuhanku dan Tuhanmu, maka sembahlah Dia oleh kamu sekalian. Ini adalah jalan yang lurus. 

satu kata untuk dua nama

Orang Islam menyebutnya Maryam ( Siti Maryam ), orang kristen menyebutnya Maria ( Mary ). Kata Siti merupakan ungkapam awalan nama untuk menghormati dan menyayangi. Mungkin banyak umat Islam tak sadar mereka menghormati sosok siti Maryam atau Maria. Begitu juga Banyak umat Kristen tak mengetahui betapa kaum muslim mensucikan Maryam atau Maria. Hanya orang Yahudi saja yang mencelanya dan menganggap Maryam atau Maria adalah wanita tercelah sebagai perempuan penzinah.

Siti Maryam atau Maria atau Mary adalah orang yang sama. Dia adalah seorang perempuan paling mulia dimuka bumi. Jika umat kristen memujanya dengan penuh penghormatan. Begitu juga Umat muslim ( Islam ) menghormatinya dengan penuh kesucian. Bisa jadi Siti Maryam atau Bunda Maria adalah sosok seorang tokoh yang menyatukan dua agama besar dunia, Antara Islam dan Kristen. Dengan rasa yakin tiap pemeluk Islam dan Kriten bersatu bila menyebut nama siti Maryam atau Maria. Akan sepaham, sependapat tentang Maryam atau Maria. Tanpa ada perbedaan dan perselisihan pada kebenaran akan keberadaan dan kejadian yang terjadi pada dirinya.

Dalam Ajaran Islam dan dalam kitab suci Al-Quran, ada sebuah sebuah surat yang menyebut nama Maryam. Yaitu surah ke-19 dalam al-Qur'an. Surah yang menceritakan kelahiran yang ajaib, dimana Maryam melahirkan Nabi Isa AS sedang ia belum pernah digauli oleh seorang laki-laki. Kelahiran Isa AS tanpa ayah, merupakan suatu bukti kekuasaan Allah SWT. Dari 114 surat dalam Al Quran, ada Surat Yunus (Jonah bagi kristen ), Yusuf (Joseph bagi kristen), Hud (Hud juga bagi kristen) Ada Surat Ibrahim (Abraham bagi kristen), Luqman, Rum (Romawi bagi kristen) dan Surat Muhammad Tapi ada satu-satunya surat dengan nama wanita dalam Quran, Surat Maryam kenapa bukan surat siti Hawa (ibu dari semua manusia didunia)?

Artinya dalam ajaran Islam, Maryam diabadikan penuh kesucian. Mungkin tidak ada bab atau kitab bernama Maria atau Maryam dalam kitab suci lainnya. Artinya agama Islam sangat menghargai dan memuliakan wanita, tidak seperti anggapan banyak orang diluar Islam yang menganggap Islam membatasi, menindas wanita dan memperlakukan wanita semena mena sebagai budak nafsu. Dalam Islam Wanita adalah Ibu, yang  sangat dimuliakan dan dihormati begitu Maryam atau Maria Adalah wanita. 

Maryam atau Maria adalah perempuan pilihan dan suci, terdapat dalam surat ke-3 ayat 42 dalam Al Quran. Maryan atau Maria adalah perempuan terpercaya, seperti dalam surat ke-5 ayat 57 dalam Al Quran. Jadi Maryam atau Maria adalah perempuan paling agung diseluruh jagat sesemesta. Dalam ajaran agama Islam dan juga Kristen, Maryam atau Maria adalah simbol kesucian. Ingat pada hari ketika Malaikat Jibril membisikan kepada Maryan atau Maria bahwa dia akan mengandung bayi yang kelak bernama Isa al Masih atau Jesus Kristus ( bagi kristen ). Sebuah kelahiran anak manusia kebumi tanpa ayah yang menandakan dan menunjukan tanda kebesaran Allah SWT Tuhan penguasa alam semesta. Umat Islam mempercayai kelahiran suci Maryam. Sebuah pandangan yang sama seperti keimanan umat kristen.

Jangan dirusak negeri oleh tangan tangan asing dengan tulisan dan opini yang merusak kedamaian negeri ini. Opini racun dari penilaian yang tidak mendasar, opini yang dibuat dan disebar diluar Indonesia oleh orang yang tidak pernah merasakan kedamaian tinggal di bumi ini, ini Indonesia bukan negeri arab yang mudah dipecah belah, ini bumi melayu dengan masyarakat yang lebih beradab, manusia yang memiliki leluhur dengan beragam adat istiadat dan keyakinan. Masyarakat yang biasa hidup harmonis, selaras, rukun, tanpa blok dan jarak. Bumi dengan beribu bahasa, kebiasaan, pulau, suku tapi tetap bisa bersatu seperti keluarga.

Jika Maryan atau Maria ( Mary ) adalah simbol ibu suci dari pemeluk dua agama, maka Bumi Nusantara ini adalah ibu pertiwi yang harus tetap dipandang sebagai satu kesatuan walau beragam perbedaan. Hanya dibumi ini masyarakatnya yang bisa berbaur banyak agama dan kenyakinannya, hanya dibumi ini orang berlainan keyakinan bisa main bersama, urusan demokrasi mungkin hanya Indonesia yang lebih maju ketimbang Amerika, Australia, Inggris, Cina atau negeri arab. Kenapa kita mesti jadi bangsa yang mundur dan mudah dipecah belah? cukuplah negeri arab, atau negeri lain yang sudah hancur. Kita satu dalam pangkuan ibu pertiwi. Cukuplah 17 Agustus 1945 kita merdeka, Tetap Perawan Walau sudah Melahirkan Seperti Maryam, Maria dan jangan ada 17 Agustus lainnya, biarlah tetep perawan kemerdekaan ini. Jangan kalah karena penjajah Cyber, penjajah ekonomi, penjajah keyakinan, penjajah kekayaan bumi pertiwi.

Merdeka dan tetap merdeka dalam perbedaan, dengan kemerdekaan kita merdeka dan tetap merdeka tanpa dijajah dari luar. Harusnya Indonesia Jadi Ibu negara bagi semua negara didunia karena banyak yang ada di Indonesia lebih baik ketimbang dinegara lain. Cukuplah seperti satu kata dua nama, cara pandang kita kepada Maryam, Maria atau Mary, harusnya begitu juga kita memandang negeri ini, walau beda suku, beda keyajinan, beda warna kulit, beda adat istiadat, beda pulau, nenek moyang. Bukan maksud admin Cybermales sok pinter, sok ngerti agama, sok ngerti politik dan sok tau, membuat postingan ini. Jika ada kesalahan mohon dikoreksi, kepada Allah SWT admin Cybermales mohon Ampun.




Minggu, 11 Agustus 2013

penjepit jemuran batman
Ini penjepit jemuran mirip kelelawar, penjepit jemuran unik ini namanya penjepit jemuran batman ( Spooky Bat Peg Clip), mau tahu harganya silahkan cek link dibawah ini :
http://www.amazon.com/Suck-UK-Spooky-Bat-Clip/dp/B009KZZSSA.

Rabu, 07 Agustus 2013

Kepada Semua sahabat, pengunjug blog yang telah menjadi sahabat maupun pengunjung yang baru yang selalu setia berkunjung ke blog ini, Izinkan admin dan Keluarga Besar Blogger Cybermales memohon maaf sebesar besarnya, jika selama blog ini berdiri hingga idul fitri 2013 ini ada artikel, tulisan, postingan, gambar gambar dalam blog ini, maupun keterlambatan admin membalas komentar dan mengupdate artikel terbaru, sudihlah kiranya memberi maaf atas kealpaan yang tanpa sengaja maupun sengaja yang sebesat besarnya, semoga dikemudian hari kita tetap menjalin persahabatan yang erat sesama blogger Indonesia, walau terpisah jarak dan waktu, walau tidak sempat bertemu dan berjabat tangan, begitu juga buat sahabat dari negara lain yang selalu setia berkunjung, kiranya melalui tulisan ini bisa mewakili semuanya.

selamat hari raya idul fitri 1434H

Sekali lagi Keluarga Besar Cybermales Mengucapkan :

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434H
Minal Aidzin Walfaidzin
Mohon Maaf Lahir Dan Bathin


Selasa, 06 Agustus 2013

Buat para rekan pemudik yang sedang melakukan perjalanan mudik lebaran  ke kampung halamannya dan  juga buat sahabat yang membutuhkan peta jalur mudik sumatera jawa dan bali  2013, Silahkan diklik pada gambar untuk mendapat ukuran gambar lebih detail atau bisa juga klik kanan save image as untuk mendownload peta mudik sumatera-jawa-bali 2013.

peta jalur mudik sumatera 2013
 Peta Jalur Mudik Sumatera 2013

peta jalur mudik jawa dan bali 2013
Peta Jalur Mudik Jawa dan Bali 2013

Admin Cybermales mengucapakan "Selamat melakukan perjalanan mudik lebaran ke kampung halaman, selalu mengutamakan keselamatan agar bisa tiba dikampung halaman dengan selamat, dan merayakan hari raya Idul Fitri 2013 bersama keluarga, sanak famili, teman sahabat dan kerabat".

Semoga bermanfaat.

Bahan untuk membuat ketupat lebaran :
  1. Janur yang sudah dianyam
  2. 1 kg beras atau secukupnya
  3. Air kapur sirih, sedikit saja (opsional bila suka)
  4. Air secukupnya
Cara Membuat Ketupat lebaran :

1. Siapakan kulit ketupat dari janur, lalu cuci bersih dan tiriskan.
2. Cuci bersih beras, rendam dalam air dingin dan tambahkan air kapur sirih selama kurang lebih 3 jam. Tiriskan. ( bisa digunakan bisa tidak )
3. Isi janur ketupat atau kulit ketupat dengan beras hingga 2/3 bagian kulit ketupat terisi beras.
4. Rebus air dalam panci besar sampai mendidih.
5. Masukan dan susun ketupat di dalam panci atau dandang yang telah airnya mendidih.
6. Masak selama  4 sd 5 jam atau hingga ketupat padat.
7. Tambah air jika air berkurang dan ketupat belum masak hingga ketupat masak..
8. Angkat ketupat dan tiriskan. Kemudian gantung di tempat yang berangin hingga ketupat dingin.

cara membuat lontong dan ketupat lebaran

Jika ingin ketupat lebaran tidak cepat basi dan jamuran serta tetap kenyal karena jumlahnya banyak cobalah tips berikut :

1. Sebaiknya gunakan beras yang menghasilkan nasi pulen. Misalnya beras rojolele, pandan wangi, mentik spesial, atau sesuai selera anda.

2. Usahakan ukuran kulit ketupat berukuran sama agar saat matangnya bisa bersamaan.

3. Pilihlah janur atau kulit ketupat dari daun kelapa yang berwarna kuning muda kehijauan atau yang tampak segar agar hasil jadi ketupat lebih bersih dan putih.

4. Tambahkan sedikit air kapur sirih pada beras yang sudah dicuci sebelum dimasukkan ke dalam janur kulit ketupat. Fungsii air kapur sirih juga bisa membuat ketupat lebih awet dan tidak cepat basi.  Dan supaya rasanya lebih gurih, sobat cybermales bisa menambahkan sedikit garam pada beras jika suka.

5. Pada waktu merebus ketupat lebaran, jika air rebusan ketupat mulai berkurang, tambahkan lagi air hingga melebih batas tinggi ketupat. Tujuannya agar ketupat tetap bersih dan tidak terlihat kotor saat sudah matang.

6. Agar ketupat menjadi lebih awet dan tidak cepat basi dan berjamur, sobat bisa memasukkan sisa ketupat ke dalam lemari es.  Dan dinginkan hingga dinginnya berkurang lalu rebus lagi dalam air panas lebih kurang 30 menit, baru dihidangkan.


Nah klo yang ini resep dan cara membuat Lontong.

Bahan untuk membuat lontong dari daun pisang atau lontong dari bungkus plastik :
  1. Beras, cuci bersih dan tiriskan
  2. Air secukupnyaDaun pisang untuk membungkus lontong
  3. Plastik  kemasan standar 1/2 kg atau 1kg yang biasa untuk membuat es batu.
1. Cara membuat lontong dari daun pisang :
  • Siapkan dan potong potong daun pisang menjadi lembaran lembaran, lalu hangatkan diatas api kompor hingga layu atau bisa juga dengan mencelupkannya daun pisang kedalam air mendidih hingga layu agar tidak mudah pecah saat disemat,
  • Buat selongsong atau gulung gulung lembaran daun pisang, buat garis tengah kira kira 3-4 cm atau sesuaikan selera. Kemudian salah satu ujungnya disemat dengan lidi.
  • Masukkan beras ke dalam selongsong tersebut, namun cukup sampai setengahnya saja. Kemudian semat kembali sisi yang lain.
  • Masukan dalam panci besare dan rebus hingga matang dan lontong terasa padat. Gulungan lontong harus tergenang air, tambahkan air panas jika tidak terendam. 
  • Setelah diangkat, lalu tiriskan dengan posisi miring atau berdiri supaya airnya benar benar keirng sisa air rebusannya.
2.  Cara membuat lontong dengan bungkus plastik
  • Setelah beras yang sudah dicuci bersih sebaiknya direndam selama 3 jam. 
  • Tiriskan ( campur dengan sedikit kapur sirih untuk membantu proses pemadatan Jika perlu ). 
  • Masukkan beras ke dalam bungkus 1/3 isi plastik lalu ikat dengan karet gelang atau staples ujung atasnya. Lubangi masing masing dengan tusuk gigi sekitar 15 lubang secara merata.
  • Masukkan dalam panci dan rebus dengan api sedang hingga matang selama 2 jam dan pastikan selalu terendam. Tambahkan lagi air, jika lontong tidak terendam air rebusan.
  • Angkat dan dinginkan lontong dengan cara dibiarkan terkena angin dalam wadah terbuka.
Ketupat dan lontong paling sip jika dihidangan dengan Opor ayam, jika ingin resep opor ayam dan cara membuat opor ayam silahkan baca postingan berikut atau klik disini

Semoga berguna.
cara sholat ied

Hukum shalat ‘ied adalah wajib bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan. Dalil dari hal ini adalah hadits dari Ummu ‘Athiyah, beliau berkata,

أَمَرَنَا – تَعْنِى النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- – أَنْ نُخْرِجَ فِى الْعِيدَيْنِ الْعَوَاتِقَ وَذَوَاتِ الْخُدُورِ وَأَمَرَ الْحُيَّضَ أَنْ يَعْتَزِلْنَ مُصَلَّى الْمُسْلِمِينَ.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kepada kami pada saat shalat ‘ied (Idul Fithri ataupun Idul Adha) agar mengeluarkan para gadis (yang baru beanjak dewasa) dan wanita yang dipingit, begitu pula wanita yang sedang haidh. Namun beliau memerintahkan pada wanita yang sedang haidh untuk menjauhi tempat shalat.“

Di antara alasan wajibnya shalat ‘ied dikemukakan oleh Shidiq Hasan Khon (murid Asy Syaukani).


1. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terus menerus melakukannya.

2. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintah kaum muslimin untuk keluar rumah untuk menunaikan shalat ‘ied. Perintah untuk keluar rumah menunjukkan perintah untuk melaksanakan shalat ‘ied itu sendiri bagi orang yang tidak punya udzur. Di sini dikatakan wajib karena keluar rumah merupakan wasilah (jalan) menuju shalat. Jika wasilahnya saja diwajibkan, maka tujuannya (yaitu shalat) otomatis juga wajib.

3. Ada perintah dalam Al Qur’an yang menunjukkan wajibnya shalat ‘ied yaitu firman Allah Ta’ala,

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Dirikanlah shalat dan berqurbanlah (an nahr).” (QS. Al Kautsar: 2).

Maksud ayat ini adalah perintah untuk melaksanakan shalat ‘ied.

4.  Shalat jum’at menjadi gugur bagi orang yang telah melaksanakan shalat ‘ied jika kedua shalat tersebut bertemu pada hari ‘ied. Padahal sesuatu yang wajib hanya boleh digugurkan dengan yang wajib pula. Jika shalat jum’at itu wajib, demikian halnya dengan shalat ‘ied.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan, “Pendapat yang menyatakan bahwa hukum shalat ‘ied adalah wajib bagi setiap muslim lebih kuat daripada yang menyatakan bahwa hukumnya adalah fardhu kifayah (wajib bagi sebagian orang saja). Adapun pendapat yang mengatakan bahwa hukum shalat ‘ied adalah sunnah (dianjurkan, bukan wajib), ini adalah pendapat yang lemah. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri memerintahkan untuk melakukan shalat ini. Lalu beliau sendiri dan para khulafaur rosyidin (Abu Bakr, ‘Umar, ‘Utsman, dan ‘Ali, -pen), begitu pula kaum muslimin setelah mereka terus menerus melakukan shalat ‘ied. Dan tidak dikenal sama sekali kalau ada di satu negeri Islam ada yang meninggalkan shalat ‘ied. Shalat ‘ied adalah salah satu syi’ar Islam yang terbesar. … Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memberi keringanan bagi wanita untuk meninggalkan shalat ‘ied, lantas bagaimana lagi dengan kaum pria?”

Waktu Pelaksanaan Shalat ‘Ied

Menurut mayoritas ulama –ulama Hanafiyah, Malikiyah dan Hambali-, waktu shalat ‘ied dimulai dari matahari setinggi tombak sampai waktu zawal  (matahari bergeser ke barat).

Ibnul Qayyim mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mengakhirkan shalat ‘Idul Fitri dan mempercepat pelaksanaan shalat ‘Idul Adha. Ibnu ‘Umar yang sangat dikenal mencontoh ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah keluar menuju lapangan kecuali hingga matahari meninggi.

Tujuan mengapa shalat ‘Idul Adha dikerjakan lebih awal adalah agar orang-orang dapat segera menyembelih qurbannya. Sedangkan shalat ‘Idul Fitri agak diundur bertujuan agar kaum muslimin masih punya kesempatan untuk menunaikan zakat fithri.

Tempat Pelaksanaan Shalat ‘Ied

Tempat pelaksanaan shalat ‘ied lebih utama (lebih afdhol) dilakukan di tanah lapang, kecuali jika ada udzur seperti hujan. Abu Sa’id Al Khudri mengatakan,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَالأَضْحَى إِلَى الْمُصَلَّى

“Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam biasa keluar pada hari raya ‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha menuju tanah lapang.]

An Nawawi mengatakan, “Hadits Abu Sa’id Al Khudri di atas adalah dalil bagi orang yang menganjurkan bahwa shalat ‘ied sebaiknya dilakukan di tanah lapang dan ini lebih afdhol (lebih utama) daripada melakukannya di masjid. Inilah yang dipraktekkan oleh kaum muslimin di berbagai negeri. Adapun penduduk Makkah, maka sejak masa silam shalat ‘ied mereka selalu dilakukan di Masjidil Haram.

Tuntunan Ketika Hendak Keluar Melaksanakan Shalat ‘Ied

1. Dianjurkan untuk mandi sebelum berangkat shalat. Ibnul Qayyim mengatakan, “Terdapat riwayat yang shahih yang menceritakan bahwa Ibnu ‘Umar yang dikenal sangat mencontoh ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mandi pada hari ‘ied sebelum berangkat shalat.

2. Berhias diri dan memakai pakaian yang terbaik. Ibnul Qayyim mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa keluar ketika shalat ‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha dengan pakaiannya yang terbaik.

3. Makan sebelum keluar menuju shalat ‘ied khusus untuk shalat ‘Idul Fithri.

Dari ‘Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, ia berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لاَ يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ وَلاَ يَأْكُلُ يَوْمَ الأَضْحَى حَتَّى يَرْجِعَ فَيَأْكُلَ مِنْ أُضْحِيَّتِهِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat shalat ‘ied pada hari Idul Fithri dan beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari shalat ‘ied baru beliau menyantap hasil qurbannya.

Hikmah dianjurkan makan sebelum berangkat shalat Idul Fithri adalah agar tidak disangka bahwa hari tersebut masih hari berpuasa. Sedangkan untuk shalat Idul Adha dianjurkan untuk tidak makan terlebih dahulu adalah agar daging qurban bisa segera disembelih dan dinikmati setelah shalat ‘ied.

4.  Bertakbir ketika keluar hendak shalat ‘ied. Dalam suatu riwayat disebutkan,

كَانَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ يَوْمَ الفِطْرِ فَيُكَبِّر حَتَّى يَأْتِيَ المُصَلَّى وَحَتَّى يَقْضِيَ الصَّلاَةَ فَإِذَا قَضَى الصَّلاَةَ ؛ قَطَعَ التَّكْبِيْر

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa keluar hendak shalat pada hari raya ‘Idul Fithri, lantas beliau bertakbir sampai di lapangan dan sampai shalat hendak dilaksanakan. Ketika shalat hendak dilaksanakan, beliau berhenti dari bertakbir.

Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berangkat shalat ‘ied (Idul Fithri dan Idul Adha) bersama Al Fadhl bin ‘Abbas, ‘Abdullah bin’Abbas, ‘Ali, Ja’far, Al Hasan, Al Husain, Usamah bin Zaid, Zaid bin Haritsah, dan Ayman bin Ummi Ayman, mereka mengangkat suara membaca tahlil (laa ilaha illallah) dan takbir (Allahu Akbar).

Tata cara takbir ketika berangkat shalat ‘ied ke lapangan:

[1] Disyari’atkan dilakukan oleh setiap orang dengan menjahrkan (mengeraskan) bacaan takbir. Ini berdasarkan kesepakatan empat ulama madzhab.

[2] Di antara lafazh takbir adalah,

اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ

“Allahu akbar, Allahu akbar, laa ilaaha illallah wallahu akbar, Allahu akbar wa lillahil hamd (Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar selain Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala pujian hanya untuk-Nya)” Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan bahwa lafazh ini dinukil dari banyak sahabat, bahkan ada riwayat yang menyatakan bahwa lafazh ini marfu’ yaitu sampai pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Syaikhul Islam juga menerangkan bahwa jika seseorang mengucapkan “Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar“, itu juga diperbolehkan.


5. Menyuruh wanita dan anak kecil untuk berangkat shalat ‘ied. Dalilnya sebagaimana disebutkan dalam hadits Ummu ‘Athiyah yang pernah kami sebutkan. Namun wanita tetap harus memperhatikan adab-adab ketika keluar rumah, yaitu tidak berhias diri dan tidak memakai harum-haruman.

Sedangkan dalil mengenai anak kecil, Ibnu ‘Abbas –yang ketika itu masih kecil- pernah ditanya, “Apakah engkau pernah menghadiri shalat ‘ied bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam?” Ia menjawab,

نَعَمْ ، وَلَوْلاَ مَكَانِى مِنَ الصِّغَرِ مَا شَهِدْتُهُ

“Iya, aku menghadirinya. Seandainya bukan karena kedudukanku yang termasuk sahabat-sahabat junior, tentu aku tidak akan menghadirinya.

6. Melewati jalan pergi dan pulang yang berbeda. Dari Jabir, beliau mengatakan,

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا كَانَ يَوْمُ عِيدٍ خَالَفَ الطَّرِيقَ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika shalat ‘ied, beliau lewat jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang.

7. Dianjurkan berjalan kaki sampai ke tempat shalat dan tidak memakai kendaraan kecuali jika ada hajat. Dari Ibnu ‘Umar, beliau mengatakan,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَخْرُجُ إِلَى الْعِيدِ مَاشِيًا وَيَرْجِعُ مَاشِيًا.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat shalat ‘ied dengan berjalan kaki, begitu pula ketika pulang dengan berjalan kaki.

Tidak Ada Shalat Sunnah Qobliyah ‘Ied dan Ba’diyah ‘Ied

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- خَرَجَ يَوْمَ أَضْحَى أَوْ فِطْرٍ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ لَمْ يُصَلِّ قَبْلَهَا وَلاَ بَعْدَهَا

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah keluar pada hari Idul Adha atau Idul Fithri, lalu beliau mengerjakan shalat ‘ied dua raka’at, namun beliau tidak mengerjakan shalat qobliyah maupun ba’diyah ‘ied.

Tidak Ada Adzan dan Iqomah Ketika Shalat ‘Ied

Dari Jabir bin Samuroh, ia berkata,

صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- الْعِيدَيْنِ غَيْرَ مَرَّةٍ وَلاَ مَرَّتَيْنِ بِغَيْرِ أَذَانٍ وَلاَ إِقَامَةٍ.

“Aku pernah melaksanakan shalat ‘ied (Idul Fithri dan Idul Adha) bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bukan hanya sekali atau dua kali, ketika itu tidak ada adzan maupun iqomah.

Ibnul Qayyim mengatakan, “Jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sampai ke tempat shalat, beliau pun mengerjakan shalat ‘ied tanpa ada adzan dan iqomah. Juga ketika itu untuk menyeru jama’ah tidak ada ucapan “Ash Sholaatul Jaam’iah.” Yang termasuk ajaran Nabi adalah tidak melakukan hal-hal semacam tadi.

Cara Sholat Idul Fitri Dan Idul Adha.

Shalat sunnah idul adha / Idul Fitri terdiri dari 2 (dua) rokaat.  Rokaat pertama diawali dengan takbirotul ihrom ditambah 7x takbir. Sedangkan rakaat kedua 5 (lima) kali takbir. Lebih detailnya sbb:




Niat Shalat Idul Fitri Dan Idul Adha.

Niat shalat Idul Adha sebagai imam sbb :   أصلي سنة عيد الأضحي ركعتين إماما للة تعالي
Untuk Idul Adha : Ushalli sunnatan li’idil adha rok'ataini imaman lillahi ta'ala
Untuk Idul Fitri : Ushalli sunnatan li’idil fitri rok'ataini imaman lillahi ta'ala
Artinya: Niat shalat sunnah Idul Adha / Fitri dua rakaat sebagai imam karena Allah.

Niat Shalat Idul Adha sebagai  makmum :   أصلي سنة عيد الأضحي ركعتين مأموما للة تعالي
Untuk Idul Adha : Ushalli sunnatan li’idil adha rok'ataini makmuman lillahi ta'ala
Untuk Idul Fitri : Ushalli sunnatan li'iidil fitri rok'ataini makmuman lillahi ta'ala
Artinya: Niat shalat sunnah Idul Fitri dua rakaat sebagai makmum karena Allah

Bacaan Rakaat pertama:  ( Setelah niat )
(a) Baca takbirotul ihram (takbir permulaan shalat) dengan niat shalat idul adha.
(b) Membaca doa iftitah
(c) Membaca takbir 7 (tujuh) kali (selain takbirotul ihram)
(d) Membaca Al-Fatihah
(d) Membaca surat Al-Quran

Bacaan Rakaat kedua:
(a) Membaca takbir 5 (lima) kali.
(b) Membaca Al-Fatihah
(c) Membaca surat Al-Quran.

Setelah sujud rakaat kedua, diikuti dengan tahiyat (tasyahud) akhir dan diakhiri dengan salam.
Proses selanjutnya adalah khutbah Idul  Fitri atau Idul Adha ( bagian ini khusus untuk para khatib ).
Karena khutbah bagian dari sholat idul fitri atau idul adha maka makmum wajib mendengarkan khutbah yang
disampaikan khotib layaknya khutbah sholat jum'at.

Bacaan Tiap Takbir Pada Shalat Idul fitri dan idul adha :

Setiap takbir saat shalat Idul fitri dan Idul adha baik rakaat pertama atau kedua disunnahkan membaca tasbih yaitu: 

  سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

Subhanallah walhamdulillah walailaha illallah wallahu Akbar
Artinya: Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah dan tiada Tuhan selain Allah dan Allah Mahabesar.


Jumlah raka’at shalat Idul Fithri dan Idul Adha adalah dua raka’at. Adapun tata caranya adalah sebagai berikut.

1. Memulai dengan takbiratul ihrom, sebagaimana shalat-shalat lainnya.

2. Kemudian bertakbir (takbir zawa-id/tambahan) sebanyak tujuh kali takbir -selain takbiratul ihrom- sebelum memulai membaca Al Fatihah. Boleh mengangkat tangan ketika takbir-takbir tersebut sebagaimana yang dicontohkan oleh Ibnu ‘Umar. Ibnul Qayyim mengatakan, “Ibnu ‘Umar yang dikenal sangat meneladani Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mengangkat tangannya dalam setiap takbir.

3.  Di antara takbir-takbir (takbir zawa-id) yang ada tadi tidak ada bacaan dzikir tertentu. Namun ada sebuah riwayat dari Ibnu Mas’ud, ia mengatakan, “Di antara tiap takbir, hendaklah menyanjung dan memuji Allah. Syaikhul Islam mengatakan bahwa sebagian salaf di antara tiap takbir membaca bacaan,

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي

“Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar. Allahummaghfirlii war hamnii (Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku).” Namun ingat sekali lagi, bacaannya tidak dibatasi dengan bacaan ini saja. Boleh juga membaca bacaan lainnya asalkan di dalamnya berisi pujian pada Allah Ta’ala.

4. Kemudian membaca Al Fatihah, dilanjutkan dengan membaca surat lainnya. Surat yang dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah surat Qaaf pada raka’at pertama dan surat Al Qomar pada raka’at kedua. Ada riwayat bahwa ‘Umar bin Al Khattab pernah menanyakan pada Waqid Al Laitsiy mengenai surat apa yang dibaca oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika shalat ‘Idul Adha dan ‘Idul Fithri. Ia pun menjawab,

كَانَ يَقْرَأُ فِيهِمَا بِ (ق وَالْقُرْآنِ الْمَجِيدِ) وَ (اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ)

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca “Qaaf, wal qur’anil majiid” (surat Qaaf) dan “Iqtarobatis saa’atu wan syaqqol qomar” (surat Al Qomar).

Boleh juga membaca surat Al A’laa pada raka’at pertama dan surat Al Ghosiyah pada raka’at kedua. Dan jika hari ‘ied jatuh pada hari Jum’at, dianjurkan pula membaca surat Al A’laa pada raka’at pertama dan surat Al Ghosiyah pada raka’at kedua, pada shalat ‘ied maupun shalat Jum’at. Dari An Nu’man bin Basyir, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقْرَأُ فِى الْعِيدَيْنِ وَفِى الْجُمُعَةِ بِ (سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الأَعْلَى) وَ (هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ) قَالَ وَإِذَا اجْتَمَعَ الْعِيدُ وَالْجُمُعَةُ فِى يَوْمٍ وَاحِدٍ يَقْرَأُ بِهِمَا أَيْضًا فِى الصَّلاَتَيْنِ.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca dalam shalat ‘ied maupun shalat Jum’at “Sabbihisma robbikal a’la” (surat Al A’laa) dan “Hal ataka haditsul ghosiyah” (surat Al Ghosiyah).” An Nu’man bin Basyir mengatakan begitu pula ketika hari ‘ied bertepatan dengan hari Jum’at, beliau membaca kedua surat tersebut di masing-masing shalat.

5. Setelah membaca surat, kemudian melakukan gerakan shalat seperti biasa (ruku, i’tidal, sujud, dst).

6. Bertakbir ketika bangkit untuk mengerjakan raka’at kedua.

7. Kemudian bertakbir (takbir zawa-id/tambahan) sebanyak lima kali takbir -selain takbir bangkit dari sujud- sebelum memulai membaca Al Fatihah.

8. Kemudian membaca surat Al Fatihah dan surat lainnya sebagaimana yang telah disebutkan di atas.

9. Mengerjakan gerakan lainnya hingga salam.

Atau lebih ringkasnya begini :

Khutbah Setelah Shalat ‘Ied

Dari Ibnu ‘Umar, ia mengatakan,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – وَأَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ – رضى الله عنهما – يُصَلُّونَ الْعِيدَيْنِ قَبْلَ الْخُطْبَةِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Abu Bakr, begitu pula ‘Umar biasa melaksanakan shalat ‘ied sebelum khutbah.


Setelah melaksanakan shalat ‘ied, imam berdiri untuk melaksanakan khutbah ‘ied dengan sekali khutbah (bukan dua kali seperti khutbah Jum’at). Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan khutbah di atas tanah dan tanpa memakai mimbar. Beliau pun memulai khutbah dengan “hamdalah” (ucapan alhamdulillah) sebagaimana khutbah-khutbah beliau yang lainnya.

Ibnul Qayyim mengatakan, “Dan tidak diketahui dalam satu hadits pun yang menyebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membuka khutbah ‘iednya dengan bacaan takbir. … Namun beliau memang sering mengucapkan takbir di tengah-tengah khutbah. Akan tetapi, hal ini tidak menunjukkan bahwa beliau selalu memulai khutbah ‘iednya dengan bacaan takbir.

Jama’ah boleh memilih mengikuti khutbah ‘ied ataukah tidak. Dari ‘Abdullah bin As Sa-ib, ia berkata bahwa ia pernah menghadiri shalat ‘ied bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tatkala beliau selesai menunaikan shalat, beliau bersabda,

إِنَّا نَخْطُبُ فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَجْلِسَ لِلْخُطْبَةِ فَلْيَجْلِسْ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَذْهَبَ فَلْيَذْهَبْ

“Aku saat ini akan berkhutbah. Siapa yang mau tetap duduk untuk mendengarkan khutbah, silakan ia duduk. Siapa yang ingin pergi, silakan ia pergi.

Ucapan Selamat Hari Raya

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menjelaskan, “Adapun tentang ucapan selamat (tah-niah) ketika hari ‘ied seperti sebagian orang mengatakan pada yang lainnya ketika berjumpa setelah shalat ‘ied,

 “Taqobbalallahu minna wa minkum wa ahaalallahu ‘alaika” dan semacamnya, maka seperti ini telah diriwayatkan oleh beberapa sahabat Nabi. Mereka biasa mengucapkan semacam itu dan para imam juga memberikan keringanan dalam melakukan hal ini sebagaimana Imam Ahmad dan lainnya. Akan tetapi, Imam Ahmad mengatakan, “Aku tidak mau mendahului mengucapkan selamat hari raya pada seorang pun. Namun kalau ada yang mengucapkan selamat padaku, aku akan membalasnya“. Imam Ahmad melakukan semacam ini karena menjawab ucapan selamat adalah wajib, sedangkan memulai mengucapkannya bukanlah sesuatu yang dianjurkan. Dan sebenarnya bukan hanya beliau yang tidak suka melakukan semacam ini. Intinya, barangsiapa yang ingin mengucapkan selamat, maka ia memiliki qudwah (contoh). Dan barangsiapa yang meninggalkannya, ia pun memiliki qudwah (contoh).”

Bagaimana jika Hari  Raya Idul Fitri dan Idul Adha Jatuh pada Hari Jum’at?

Jika hari raya idul fitri dan idul adha jatuh pada hari Jum’at, maka bagi orang yang telah melaksanakan shalat ‘ied, ia punya pilihan untuk menghadiri shalat Jum’at atau tidak. Namun imam masjid dianjurkan untuk tetap melaksanakan shalat Jum’at agar orang-orang yang punya keinginan menunaikan shalat Jum’at bisa hadir, begitu pula orang yang tidak shalat ‘ied bisa turut hadir. Pendapat ini dipilih oleh mayoritas ulama Hambali. Dan pendapat ini terdapat riwayat dari ‘Umar, ‘Utsman, ‘Ali, Ibnu ‘Umar, Ibnu ‘Abbas dan Ibnu Az Zubair.

Dalil dari hal ini adalah:

1. Diriwayatkan dari Iyas bin Abi Romlah Asy Syamiy, ia berkata, “Aku pernah menemani Mu’awiyah bin Abi Sufyan dan ia bertanya pada Zaid bin Arqom,

أَشَهِدْتَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عِيدَيْنِ اجْتَمَعَا فِى يَوْمٍ قَالَ نَعَمْ. قَالَ فَكَيْفَ صَنَعَ قَالَ صَلَّى الْعِيدَ ثُمَّ رَخَّصَ فِى الْجُمُعَةِ فَقَالَ « مَنْ شَاءَ أَنْ يُصَلِّىَ فَلْيُصَلِّ ».

Apakah engkau pernah menyaksikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertemu dengan dua ‘ied (hari Idul Fithri atau Idul Adha bertemu dengan hari Jum’at) dalam satu hari?” “Iya”, jawab Zaid. Kemudian Mu’awiyah bertanya lagi, “Apa yang beliau lakukan ketika itu?” “Beliau melaksanakan shalat ‘ied dan memberi keringanan untuk meninggalkan shalat Jum’at”, jawab Zaid lagi. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang mau shalat Jum’at, maka silakan melaksanakannya.

2. Dari ‘Atho’, ia berkata, “Ibnu Az Zubair ketika hari ‘ied yang jatuh pada hari Jum’at pernah shalat ‘ied bersama kami di awal siang. Kemudian ketika tiba waktu shalat Jum’at Ibnu Az Zubair tidak keluar, beliau hanya shalat sendirian. Tatkala itu Ibnu ‘Abbas berada di Thoif. Ketika Ibnu ‘Abbas tiba, kami pun menceritakan kelakuan Ibnu Az Zubair pada Ibnu ‘Abbas. Ibnu ‘Abbas pun mengatakan, “Ia adalah orang yang menjalankan sunnah (ajaran Nabi) [ashobas sunnah]. Jika sahabat mengatakan ashobas sunnah(menjalankan sunnah), itu berarti statusnya marfu’ yaitu menjadi perkataan Nabi.

Diceritakan pula bahwa ‘Umar bin Al Khottob melakukan seperti apa yang dilakukan oleh Ibnu Az Zubair. Begitu pula Ibnu ‘Umar tidak menyalahkan perbuatan Ibnu Az Zubair. Begitu pula ‘Ali bin Abi Tholib pernah mengatakan bahwa siapa yang telah menunaikan shalat ‘ied maka ia boleh tidak menunaikan shalat Jum’at. Dan tidak diketahui ada pendapat sahabat lain yang menyelisihi pendapat mereka-mereka ini.

Catatan:

Dianjurkan bagi imam masjid agar tetap mendirikan shalat Jum’at supaya orang yang ingin menghadiri shalat Jum’at atau yang tidak shalat ‘ied bisa menghadirinya. Dalil dari hal ini adalah dari An Nu’man bin Basyir, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca dalam shalat ‘ied dan shalat Jum’at “sabbihisma robbikal a’la” dan “hal ataka haditsul ghosiyah”.” An Nu’man bin Basyir mengatakan begitu pula ketika hari ‘ied bertepatan dengan hari Jum’at, beliau membaca kedua surat tersebut di masing-masing shalat. Karena imam dianjurkan membaca dua surat tersebut pada shalat Jum’at yang bertepatan dengan hari ‘ied, ini menunjukkan bahwa shalat Jum’at dianjurkan untuk dilaksanakan oleh imam masjid.

Siapa saja yang tidak menghadiri shalat Jum’at dan telah menghadiri shalat ‘ied –baik pria maupun wanita- maka wajib baginya untuk mengerjakan shalat Zhuhur (4 raka’at) sebagai ganti karena tidak menghadiri shalat Jum’at. Demikian beberapa penjelasan ringkas mengenai panduan shalat Idul Fithri dan Idul Adha. Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna.

[1] Lihat Bughyatul Mutathowwi’ fii Sholatit Tathowwu’, Muhammad bin ‘Umar bin Salim Bazmoul, hal. 109-110, Dar Al Imam Ahmad, cetakan pertama, tahun 1427 H.
[2] HR. Muslim no. 890, dari Muhammad, dari Ummu ‘Athiyah.
[3] Kami sarikan dari Ar Roudhotun Nadiyah Syarh Ad Durorul Bahiyyah, 1/202, Darul ‘Aqidah, cetakan pertama, 1422 H.
[4] Majmu’ Al Fatawa, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, 24/183, Darul Wafa’, cetakan ketiga, tahun 1426 H.
[5] Yang dimaksud, kira-kira 2o menit setelah matahari terbit sebagaimana keterangan Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin dalam Syarh Hadits Al Arba’in An Nawawiyah yang pernah kami peroleh ketika beliau membahas hadits no. 26.
[6] Lihat Shahih Fiqh Sunnah, 1/599 dan Ar Roudhotun Nadiyah, 1/206-207.
[7] Zaadul Ma’ad fii Hadyi Khoiril ‘Ibad, Ibnu Qayyim Al Jauziyah, 1/425, Muassasah Ar Risalah, cetakan ke-14, tahun 1407 H [Tahqiq: Syu'aib Al Arnauth dan 'Abdul Qadir Al Arnauth]
[8] Lihat Minhajul Muslim, Abu Bakr Jabir Al Jaza-iri, hal. 201, Darus Salam, cetakan keempat.
[9] HR. Bukhari no. 956 dan Muslim no. 889.
[10] Syarh Muslim, An Nawawi, 3/280, Mawqi’ Al Islam.
[11] Zaadul Ma’ad fii Hadyi Khoiril ‘Ibad, 1/425.
[12] Zaadul Ma’ad fii Hadyi Khoiril ‘Ibad, 1/425.
[13] HR. Ahmad 5/352.Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan.
[14] Lihat Shahih Fiqh Sunnah, 1/602.
[15] Dikeluarkan dalam As Silsilahh Ash Shahihah no. 171. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa riwayat ini shahih.
[16] Dikeluarkan oleh Al Baihaqi (3/279). Hadits ini hasan. Lihat Al Irwa’ (3/123)
[17] Lihat Majmu’ Al Fatawa, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, 24/220, Darul Wafa’, cetakan ketiga, tahun 1426 H.
[18] Idem
[19] Idem
[20] HR. Bukhari no. 977.
[21] HR. Bukhari no. 986.
[22] HR. Ibnu Majah no. 1295. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan.
[23] HR. Bukhari no. 964 dan Muslim no. 884.
[24] HR. Muslim no. 887.
[25] Zaadul Ma’ad, 1/425.
[26] Kami sarikan dari Shahih Fiqh Sunnah, 1/607.
[27] Idem
[28] Dikeluarkan oleh Al Baihaqi (3/291). Syaikh ‘Ali Hasan ‘Ali ‘Abdul Hamid mengatakan bahwa sanad hadits ini qowiy (kuat). Lihat Ahkamul ‘Idain, Syaikh ‘Ali Hasan ‘Ali ‘Abdul Hamid, hal. 21, Al Maktabah Al Islamiy, cetakan pertama, tahun 1405 H.
[29] HR. Muslim no. 891
[30] HR. Muslim no. 878.
[31] HR. Bukhari no. 963 dan Muslim no. 888.
[32] Lihat Shahih Fiqh Sunnah, 1/607.
[33] Lihat keterangan dari Ibnul Qayyim dalam Zaadul Ma’ad, 1/425. Yang pertama kali mengeluarkan mimbar dari masjid ketika shalat ‘ied adalah Marwan bin Al Hakam.
[34] Idem
[35] HR. Abu Daud no. 1155 dan Ibnu Majah no. 1290. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.
[36] HR. Abu Daud no. 1070, Ibnu Majah no. 1310. Asy Syaukani dalam As Sailul Jaror (1/304) mengatakan bahwa hadits ini memiliki syahid (riwayat penguat). An Nawawi dalam Al Majmu’ (4/492) mengatakan bahwa sanad hadits ini jayyid (antara shahih dan hasan, pen). ‘Abdul Haq Asy Syubaili dalam Al Ahkam Ash Shugro (321) mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. ‘Ali Al Madini dalam Al Istidzkar (2/373) mengatakan bahwa sanad hadits ini jayyid (antara shahih dan hasan, pen). Syaikh Al Albani dalam Al Ajwibah An Nafi’ah (49) mengatakan bahwa hadits ini shahih. Intinya, hadits ini bisa digunakan sebagai hujjah atau dalil.
[37] HR. Abu Daud no. 1071. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.
[38] Lihat Shahih Fiqh Sunnah, 1/596.
[39] Lihat Shahih Fiqh Sunnah, Syaikh Abu Malik, 1/596, Al Maktabah At Taufiqiyah.
[40] HR. Muslim no. 878.
[41] Lihat Fatwa Al Lajnah Ad Da-imah lil Buhuts ‘Ilmiyah wal Ifta’, 8/182-183, pertanyaan kelima dari Fatwa no. 2358, Mawqi’ Al Ifta.


Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal
Sumber: http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/panduan-shalat-idul-fithri-dan-idul-adha.html
Credit image : http://kaahil.wordpress.com

Semoga bermanfaat.

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini

Entri Populer