Rabu, 27 Juli 2016

US Agency for Toxic Substances and Disease Registry melansir makanan sehari hari seperti buah buahan dan sayuran yang secara alami mengandung Sianida. Selain apel, cherri dan almond, apricot ada juga singkong dan rebung bambu.

The Guardian, Kamis (4/2/2016), manusia bisa dikatakan keracunan sianida apabila mengkonsumsi kandungan tersebut sebanyak 0,5 sampai dengan 3,5 miligram. Sementara sudah kandungan senyawa kimia itu pada buah-buahan di bawah kadar tersebut. Itulah sebabnya jarang sekali terdengar ada yang keracunan sianida setelah mengkonsumsi buah dan sayuran tersebut.

Kalaupun ada yang mengalami keracunan sianida setelah mengonsumsi buah, itu berarti seseorang terlalu berlebihan memakan biji dari buah-buahan tersebut.


Kenali dulu apa Sih Sianida itu?

Sianida adalah zat beracun yang sangat mematikan. Sianida telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu. Sianida juga banyak digunakan pada saat perang dunia pertama. Efek dari sianida ini sangat cepat dan dapat mengakibatkan kematian dalam jangka waktu beberapa menit.

Hidrogen sianida disebut juga formonitrile, sedang dalam bentuk cairan dikenal sebagai asam prussit dan asam hidrosianik. Hidrogen sianida adalah cairan tidak berwarna atau dapat juga berwarna biru pucat pada suhu kamar. Bersifat volatile dan mudah terbakar. Hidrogen sianida dapat berdifusi baik dengan udara dan bahan peledak.Hidrogen sianida sangat mudah bercampur dengan air sehingga sering digunakan. Bentuk lain ialah sodium sianida dan potassium sianida yang berbentuk serbuk dan berwarna putih.

Sianida dalam dosis rendah dapat ditemukan di alam dan ada pada setiap produk yang biasa kita makan atau gunakan. Sianida dapat diproduksi oleh bakteri, jamur dan ganggang. Sianida juga ditemukan pada rokok, asap kendaraan bermotor, dan makanan seperti bayam, bambu, kacang, tepung tapioka dan singkong. Selain itu juga dapat ditemukan pada beberapa produk sintetik.

Sianida banyak digunakan pada industri terutama dalam pembuatan garam seperti natrium, kalium atau kalsium sianida. Sianida yang digunakan oleh militer NATO (North American Treaty Organization) adalah yang jenis cair yaitu asam hidrosianik (HCN).

Gejala yang ditimbulkan oleh zat kimia sianida ini bermacam-macam; mulai dari rasa nyeri pada kepala, mual muntah, sesak nafas, dada berdebar, selalu berkeringat sampai korban tidak sadar dan apabila tidak segera ditangani dengan baik akan mengakibatkan kematian. Penatalaksaan dari korban keracunan ini harus cepat, karena prognosis dari terapi yang diberikan juga sangat tergantung dari lamanya kontak dengan zat toksik tersebut.

Inilah Buah dan sayuran yang dianggap mengandung racun Sianida

1. Singkong

Singkong mengandung racun linamarin dan lotaustralin, yang keduanya termasuk golongan glikosida sianogenik. Linamarin terdapat pada semua bagian tanaman, terutama terakumulasi pada akar dan daun. Singkong dibedakan atas dua tipe, yaitu pahit dan manis. Singkong tipe pahit mengandung kadar racun yang lebih tinggi daripada tipe manis. Jika singkong mentah atau yang dimasak kurang sempurna dikonsumsi, maka racun tersebut akan berubah menjadi senyawa kimia yang dinamakan hidrogen sianida, yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Singkong manis mengandung sianida kurang dari 50 mg per kilogram, sedangkan yang pahit mengandung sianida lebih dari 50 mg per kilogram.

Singkong ( Ubi Kayu )

Meskipun sejumlah kecil sianida masih dapat ditoleransi oleh tubuh, jumlah sianida yang masuk ke tubuh tidak boleh melebihi 1 mg per kilogram berat badan per hari. Gejala keracunan sianida antara lain meliputi penyempitan kerongkongan, mual, muntah, sakit kepala, bahkan pada kasus berat dapat menimbulkan kematian. Untuk mencegah keracunan singkong, sebelum dikonsumsi sebaiknya singkong dicuci untuk menghilangkan tanah yang menempel, kulitnya dikupas, dipotong-potong, direndam dalam air bersih yang hangat selama beberapa hari, dicuci, lalu dimasak sempurna, baik itu dibakar atau direbus. Singkong tipe manis hanya memerlukan pengupasan dan pemasakan untuk mengurangi kadar sianida ke tingkat non toksik.

2.  Apel

Suka makan apel? Apel adalah salah satu buah-buahan yang begitu difavoritkan untuk dikonsumsi. Tapi tahukah Anda, bahwa buah apel ternyata mengandung racun sianida? Hanya saja memang, jumlah sianida yang ada di buah apel itu sangat sedikit. Kandungan sianida ini terdapat terutama di dalam biji apel.


Walaupun demikian, belum ada laporan yang menyebutkan ada orang yang meninggal dunia gara-gara memakan semua biji yang ada dalam 1 apel. Walau begitu, sebaiknya Anda tidak memakan biji apel, karena disitulah tempat berkumpulnya racun sianida.

3. Rebung ( pucuk Bambu Muda )


Rebung Bambu ( Tunas Bambu muda )

Racun alami pada pucuk bambu termasuk dalam golongan glikosida sianogenik. Untuk mencegah keracunan akibat mengkonsumsi pucuk bambu, maka sebaiknya pucuk bambu yang akan dimasak terlebih dahulu dibuang daun terluarnya, diiris tipis, lalu direbus dalam air mendidih dengan penambahan sedikit garam selama 8-10 menit. Gejala keracunannya mirip dengan gejala keracunan singkong, antara lain meliputi penyempitan kerongkongan, mual, muntah, dan sakit kepala.

4. Gadung

Gadung (Discorea hispida Dennst.) merupakan anggota umbi-umbian yang mengandung zat gizi dan senyawa racun berbahaya. Kandungan utama umbi gadung yang berupa karbohidrat menjadikan umbi ini banyak digunakan masyarakat sebagai sumber energi alternatif.

Gadung

Umbi gadung juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah penderita Diabetes mellitus dan dapat juga mengobati penyakit rematik. Namun, gadung juga mengandung sianida (HCN) yang merupakan senyawa racun berbahaya dan salah satu zat goitrogenik alami di dalam bahan makanan.

5. Kacang Almond

Kacang Almond berupa biji-bijian yang sering digunakan dalam berbagai campuran dalam resep makanan. Penggunaannya sudah sangat populer di dunia. Almond juga mengadung sianida. Almond ini sangat beracun bila tidak diproses di panas yang benar untuk mengeluarkan racun nya. Di banyak negara, Almond ini dilarang dijual sebelum diproses untuk mengeluarkan racun sianidanya terlebih dahulu.

6. Kara Benguk
 Tanaman ini di beberapa daerah dimanfaatkan sebagai bahan membuat tempe. Tempe benguk, begitu mereka menyebutnya. Selain itu, ada pula yang memanfaatkan kulit benguk sebagai sayuran. Hanya saja, karena kandungan sianida yang ada di dalamnya, maka ia memerlukan pengolahan khusus agar racun sianida itu bisa hilang dan benguk pun bisa diolah untuk dikonsumsi.

Kara Benguk ( koro benguk )


Pada umumnya proses rebus pada sayur mengurangi kadar sianida lebih dari 50%, sedangkan proses tumis mengurangi kadar sianida kurang dari 50%. Pada beberapa macam sayuran proses rebus dapat menghilangkan sianida hingga hampir 100%. Pada umbi-umbian proses rebus atau diiris tipis lalu direbus mengurangi kadar sianida 60-90%, sedangkan proses kukus atau diiris tipis lalu dikukus mengurangi kadar sianida 30-60%.

Itulah beberapa jenis sayuran dan buah buahan yang dianggap mengandung racun Sianida, dan mungkin masih banyak beberapa jenis tanaman lainnya yang mengandung senyawa kimia sianida. Konsumsilah makanan secara bijak banyak tahu dan sering membaca akan menambah wawasan, tahu karena membaca lebih baik daripada praktek karena cuma mendengar. Cukup berhati hatilah jika mengkonsumsi tanaman yang belum tahu kandungan kimianya, apalagi yang harus dimakan dengan alasan obat herbal. Cari tahu di "google.com" tentang unsur makanan, apalagi yang jarang dimakan orang. Demikian semoga berguna. (RR)

Sabtu, 16 Juli 2016

Jet tempur Mikoyan MiG-31 (kode NATO: 'Foxhound') adalah pesawat tempur pencegat yang dikembangkan untuk menggantikan MiG-25 'Foxbat'.  Pesawat interseptor pertahanan udara milik Rusia mempunyai sebuah kemampuan pengejaran dan penguncian target multiple dari jarak jauh dan merupakan pesawat tempur Soviet pertama yang benar-benar mempunyai kemampuan look-down dan shoot-down. 

Kunci dari efektivitas MiG-31 adalah radar antena array bertahap tetap Zaslon (Zaslon fixed phased array antenna radar) yang diberi nama kode “Flash Dance” oleh NATO, yang disebut sebagai radar pesawat tempur yang paling hebat. Mesin Soloviev D-38F6 baru telah dispesialkan untuk MiG-31 dengan tujuan untuk menambah jarak jangkau. Pada 1987, lebih dari 150 FOXHOUND yang dioperasikan di beberapa lokasi dari area Arkhangelsk di barat laut USSR sampai timur jauh Soviet. 


MIG-31 FOXHOUND di dedikasikan untuk misi pertahanan udara dalam negeri Soviet. Mig-31 membawa misil udara-ke-udara jarak-jauh AA-9 dan dapat menyerang 4 target dalam waktu bersamaan dengan AA-9.

Prototip MiG-31, diberi kode Ye-155MP terbang perdana tanggal 16 September 1975. Sangat mirip dengan MiG-25, walaupun merupakan sebuah desain yang benar-benar baru, tetapi bertempat duduk ganda dengan operator senjata duduk di belakang pilot. 16% dari tubuhnya menggunakan bahan titanium, sementara 33% adalah aluminium. Material ini mampu mengurangi bobot namun kuat. Tangki bahan bakar diperbesar serta mesinnya menggunakan mesin turbofan low-bypass yang lebih efisien.


Ye-155MP membawa radar baru yang lebih canggih, yang mampu mendeteksi sasaran di atas maupun di bawah pesawat, serta mengunci beberapa sasaran sekaligus.

MiG-31 dijuluki “radar terbang” oleh para pilot karena kemampuan avionikanya yang unik. Pesawat ini memiliki sistem kendali “barrier” di pangkalannya dan dilengkapi dengan antena dengan susunan berfase pertama (PPA) di dunia. PPA berbeda dari radar klasik karena bisa menggerakkan sorotan di antena tetap, menghasilkan sejumlah sinar yang diperlukan, serta melacak berbagai sasaran sekaligus.

“Barrier” ini dapat mendeteksi 24 obyek pada jarak 200 kilometer. Komputer dalam pesawat MiG-31 dapat memilih empat sasaran paling berbahaya dan mengarahkan misil udara jarak jauh langsung pada sasaran tersebut. Jumlah maksimum target yang dapat diserang sekaligus adalah delapan. Empat sasaran lain dihancurkan dengan misil jarak sedang atau misil jarak dekat. Pesawat juga dapat mengirim koordinat sasaran ke pesawat tempur dan misil antipesawat di darat.


MiG-31 mirip dengan MiG-25, dengan saluran intake berada disamping badan dengan sayap yang terpasang di belakangnya dan memiliki dua sirip vertikal. Memiliki konstruksi yang lebih kuat dari MiG-25, namun dibatasi untuk manuver 5G pada kecepatan supersonik, karena MiG-31 tidak dirancang untuk pertempuran jarak dekat (dogfight).


MiG-31 membawa bahan bakar sebanyak 16,350 kg (36,050 lb) dengan tambahan sepasang tangki cadangan kapasitas 5000 liter (1320 galon) di bawah sayap. Pada versi berikutnya memiliki sistem penambahan bahan bakar di udara (aerial refuelling).

MiG-31 diterbangkan oleh seorang pilot dibantu seorang operator radar yang duduk di kokpit belakang. MiG-31 dan merupakan pesawat tempur pertama di dunia yang dilengkapi radar phased-array, yaitu Zaslon S-800. Radar ini memiliki jarak deteksi terhadap sasaran kecil sejauh 200 km (125 mil), serta mampu mengunci 10 sasaran dan menyerang 4 sasaran secara bersamaan. MiG-31 juga memiliki penjejak infra merah (IRST / Infra-red Search and Tracking) yang dapat dikeluar-masukkan dari bawah hidungnya.

Versi pengembangannya dinamai MiG-31M 'Foxhound-B' memiliki radar Zaslon-M dengan jarak deteksi lebih jauh, sekitar 400 km (250 mil) untuk sasaran seukuran AWACS, serta mampu menyerang 6 sasaran sekaligus. Versi ini juga memiliki pod ECM (Electronic Counter Measures) di ujung sayapnya.

Empat MiG-31 dapat bertindak sebagai pesawat mini-AWACS dengan masing-masing memonitor wilayah seluas 200 km dan saling berkoordinasi dengan datalink.

MiG-31 memiliki empat gantungan senjata di bawah sayap dan dapat membawa empat rudal jarak jauh R-33 ('AA-9 'Amos') sebagai senjata utama. Bisa juga membawa R-40 (AA-6 'Acrid'), ataupun rudal jarak pendek R-60 (AA-8 'Aphid') dan R-73 (AA-11 'Archer'). Beberapa MiG-31 dimodifikasi agar mampu membawa rudal R-77 (AA-12 'Adder'). MiG-31 juga memiliki kanon 23mm 6-laras GSh-6-23 dengan 260 butir peluru yang terletak di depan roda pendarat kanan. Tetapi pada versi MiG-31M kanon ini dihilangkan agar dapat membawa tambahan dua rudal R-33 atau R-37.

Empat peluru kendali dari jarak jauh P-33 ditempatkan di posisi pada perangkat peluncuran AKU-410, dipasang pada permukaan yang lebih rendah dari bagian tengah badan pesawat. Rocket berat 480 kg, hulu ledak berat badan - 47 kg, jarak tembak - 120 km.

Dalam buku "Lockheed Blackbird: Beyond The Secret Missions" karya Paul Crickmore.

Dalam buku itu disebutkan bahwa salah seorang pilot pertama Foxhound (MiG-31), Kapten Mikhail Myagkiy, yang telah beberapa kali menerbangkan MiG-31 untuk mencegat pesawat mata-mata AS super cepat tersebut, menjelaskan bagaimana ia dapat mengunci Blackbird pada 31 Januari 1986.

"Skema untuk mencegat SR-71 terjadi hingga detik akhir, dan MiG harus memulainya tepat 16 menit setelah muncul peringatan awal. Mereka memberitahu kami untuk mencegat pada pukul 11.00. Mereka membunyikan alarm dengan suara melengking dan kemudian dikonfirmasi dengan pengeras suara. Munculnya sebuah SR-71 selalu disertai dengan kegelisahan. Semua orang mulai berbicara dengan suara hiruk pikuk, bergegas, dan bereaksi terhadap situasi itu dengan emosi menggelora."

Myagkiy dan MiG-31-nya mampu mencapai Blackbird dan menguncinya pada ketinggian 52.000 kaki (15,8 km) dan pada jarak 120 km dari sasaran. Foxhound kemudian naik di 65.676 kaki (20 km) di mana awak bisa melihat Blackbird dan menurut Myagkiy:

"Seandainya pesawat mata-mata (SR-71) melanggar wilayah udara Soviet, peluncuran rudal akan dilakukan. Tidak ada pesawat yang bisa menghindari rudal R-33." Setelah aksi intersepsi ini, Blackbird dikabarkan tidak pernah lagi terbang untuk melakukan misi pengintaian di wilayah udara Uni Soviet. Artinya sulit pesawat tempur lain, termasuk pesawat pengintai untuk bisa lolos dari MIG-31 ini.

Dikutip dari berbagai sumber:
Ref. https://id.wikipedia.org/wiki/Mikoyan_MiG-31

Jumat, 15 Juli 2016

Sekitar 10 ribu tahun yang lalu Northern Siberia dan Yakutia yang dihuni oleh raksasa berambut panjang yang disebut mammoth. Sekarang spesies itu telah punah. Mamalia tersebut terjebak karena perubahan suhu meningkat pada akhir zaman es terakhir, yang mengakibatkan banjir dan mengurangi habitat mereka. Hewan-hewan itu terjebak di pulau-pulau terpencil tanpa kesempatan sedikit pun untuk kembali ke daratan. Beberapa populasi terjebak di Timur dan di Utara Siberia untuk beberapa waktu, dan menjadi punah sekitar 3.700 tahun yang lalu.


Saat ini peninggalan mammoth, taring atau gading mereka khususnya, dianggap aset fosil yang paling umum di Yakutia dan Siberia. Para ilmuwan memperkirakan cadangan fosil kuno gading mammoth di Rusia sekitar ratusan ribu ton. Fosil Gading mammoth berbentuk melengkung ke spiral hingga 4-4,5 meter, berat badan mereka adalah 100-110 kg, dan diameter mereka adalah 18-19 cm.



Gading tersebut ditemukan di bawah tanah dan didalam bebatuan, dan hanya terlihat sebagian taring atau gadingnya di atas tanah. Fosil Gading mammoth ini diambil dari daerah rawa, dan di dasar sungai di tundra. Sering gading yang ditemukan di sepanjang tepi sungai, danau dan jurang. Penduduk asli menyebut mammoth sebagai Eggor.Menurut legenda lain, mammoth telah hidup sejak saat penciptaan.



Kerajinan seni pahat tulang rakyat dari tulang berkembang di seluruh bagian Eropa dari Rusia dan Siberia hingga pertengahan abad ke-XX. Bahan ini sangat indah dan tahan lama, meskipun agak pengolahan sangat suli. kekerasannya sama dengan yang dari bahan-bahan seperti mutiara, ambar dan karang.

Masih inget dengan Manfred ("Manny")? si gajah besar bertaring ( gading ) panjang dalam film "ICE AGE"? Ice Age adalah sebuah film animasi CGI tahun 2002 yag disutradarai oleh Carlos Saldanha dan Chris Wedge, cerita ditulis oleh Michael J. Wilson.


Film ini diproduksi oleh Blue Sky Studios dan didistribusikan oleh 20th Century Fox. Pemainnya ialah Ray Romano ( Manfred ) mammoth, John Leguizamo ( Sid/sloth ), Denis Leary ( Diego/Smilodon ) , dan Chris Wedge ( Scrat/Fictional Saber-toothed squirrel) dan dinominasikan pada Academy Awards ke-75 untuk terbaik animasi fitur. Ini menunjukkan petualangan dari kemalasan bernama Sid, raksasa bernama Manny dan beberapa hewan lain ketika bumi adalah banjir dengan gletser. Itulah Mammoth Si Gajah Berbulu.



Selasa, 05 Juli 2016

 1 Syawal 1437H telah tiba, Takbir bergema mengetarkan jiwa,

Sekiranya ada salah dan dosa, Ampun dipinta dihari mulia.

 Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H ( 6 Juli 2016 )

Mohon Maaf Lahir & Bathin


Saya Ryan Riyanto admin blog http://aspal-putih.blogspot.com

 

Senin, 04 Juli 2016

Ada kontroversi tentang membayar zakat Fitrah dalam bentuk uang atau makanan pokok ( beras ). Banyak yang menganjurkan zakat dibayar dengan makanan pokok yang berlaku di suatu daerah, merujuk kepada perintah asal hadits. Namun, berdasarkan analisis terhadap tiga pendapat yang berbeda, membayar zakat Fitrah dengan uang lebih mendekati kebenaran, dan ini dipilih oleh Ibnu Taimiyyah.


Baiknya coba kita pahami dulu, apa itu zakat Fitrah dan apa syarat-syarat membayarkan zakat fitrah itu, coba telaah keterangan berikut ini:

A. Zakat Fitrah

Zakat fitrah tersusun dari dua suku kata zakat dan fitrah, zakat yang artinya sedekah yang diwajibkan, sedangkan fitrah atinya tabi’at, karakater, pembawaan. Zakat fitrah dapat dikatakan zakat pribadi yang dikeluarkan Hari Raya Idul Fitri sebelum palaksanaan Shalat ‘Id dengan tujuan untuk mensucikan jiwa dan tabiat. Zakat fitrah juga dinamakan dengan zakat Fitri karena dikeluarkan pada malam Hari Raya Idul Fitri”. Para fuqaha menyebut zakat ini pula dengan zakat kepala, zakat perbudakan, atau zakat badan.

B. Syarat – Syarat Wajib Zakat Fitrah
Zakat merupakan salah satu rukun Islam yamg lima, Oleh karena itu, zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh setiap orang mukmin bila telah memenuhi syarat-syarat yang disepakati oleh mazhab empat, sebagai berikut :

1. Islam

Harta yang dikeluarkan dalam zakat fitrah adalah milik orang Islam sehingga tidak wajib zakat bagi orang-orang kafir

2. Merdeka

Orang yang mengeluarkan zakat fitrah adalah orang merdeka sehingga tidak wajib terhadap budak atau hamba sahaya.

3. Adanya kelebihan dari makananya dan orang yang wajib nafkah baginya.

Bolehkan membayar zakat fitrah atau zakat yang lain dengan menggunakan uang? Apakah harus memberikan zakat fitrah kepada orang yang berhak dalam bentuk makanan pokok?

hadits Ibnu Umar ra, “Rasulullah saw mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilakasanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim).

Lantas, apakah boleh seseorang mengeluarkan zakat fitrah atau zakat yang lainnya dengan uang? Para ulama berbeda pendapat terkait masalah ini.

Pendapat pertama: 

Boleh membayar zakat fitrah dan yang lainnya dengan menggunakan qimah (mata uang).

Pendapat kedua: 

Tidak boleh membayar zakat dengan qimah (mata uang).

Pendapat ketiga: 

Diperbolehkan membayar zakat dengan qimah bila ada kemaslahatan.

Pendapat pertama adalah pendapat ulama hanafiah. Pendapat kedua adalah pendapat ulama syafi’iah dan ulama hanabilah. Sedangkan pendapat ketiga adalah pendapat Ibnu Taimiyah dan salah satu riwayat Imam Ahmad (majmu’ fatawa Ibnu Taimiyah: Jilid 25/82).

Kenapa zakat fitrah harus makanan pokok waktu itu?

Waktu zaman itu, kalau ada uang belum tentu segera bisa dibelikan makanan. Bayangkan di zaman itu tidak ada restoran, rumah makan, mall, super market 24 jam dan sebagainya. Padahal waktu membayar zakat fitrah itu pada malam lebaran. Bisa-bisa di hari raya, orang miskin itu punya uang tapi tidak bisa makan. Ini hanya sebuah analisa.

Jika saat ini ( sekarang ) jika ada uang, fakir bisa membeli makanan pokok dimanapun. Lagipula
karena uang di masa itu agak kurang banyak beredar bila dibandingkan dengan makanan. Maka membayar zakat langsung dalam bentuk makanan justru merupakan kemudahan. Sebaliknya, di masa itu membayar zakat dengan uang malah merepotkan.

Pihak muzakki malah direpotkan karena yang dia miliki justru makanan, kalau makanan itu harus diuangkan terlebih dahulu, berarti dia harus menjualnya di pasar. Pihak mustahiq pun juga akan direpotkan kalau dibayar dengan uang, karena uang itu tidak bisa langsung dimakan

Padahal hakikat zakat fitrah adalah agar para fakir miskin bisa ikut merayakan idul fitri. Makanya makanan pokok itu lebih penting ketimbang uang saat itu. Fithrah seringkali dimaknai dengan kesucian, kemurnian bahkan juga bisa diartikan sebagai Islam. Di dalam salah satu sabda Nabi SAW, kita menemukan kata fithrah dengan makna Islam :

Tidak ada kelahiran bayi kecuali lahir dalam keadaan fitrah (muslim). Lalu kedua orang tuanya yang akan menjadikannya yahudi, nasrani atau majusi. (HR. Muslim)


Hadits yang diriwayatkan dari Abi Said al-Khudry


أَخْبرَنَا الرَّبِيع، قال: أَخْبَرَنَا الشَّافعي، قَالَ: أَخْبَرَنَا أنَسُ بنُ عَيَاضٍ عَنْ دَاوُدَ بن قَيْسٍ سَمِعَ عِيَاضَ بن عَبْدِ اللَّهِ بن سَعْدٍ يقولُ: إنَّ أبَا سعيد الخدري يقولُ: «كُنَّا نُخْرِجُ فِي زَمَانِ النَّبِي صَاعَاً مِنْ طَعَامٍ، أوْ صَاعَاً مِنْ أَقِطٍ، أوْ صَاعَاً مِنْ زَبِيْبٍ، أوْ صَاعَاً مِنْ تَمْرٍ، أوْ صَاعَاً مِنْ شَعِيْرٍ، فَلم نَزَلْ نُخْرِجُ ذَلِكَ حَتَّى قَدِمَ مُعَاوِيَة حَاجًّا، أوْ مُعْتَمرَاً، فَخَطَبَ النَّاسَ/ فَكَانَ فِيْمَا كَلَّمَ النَّاسَ بِهِ أنْ قَالَ: «إنِّي أَرَىٰ مُدَّيْنِ مِنْ سَمْرَاءِ الشَّامِ تَعْدِلُ صَاعَاً مِنْ تَمْرٍ، فَأَخَذَ النَّاسُ بِذَلِكَ فقال ابو سعيد ولم ازال أخرجه كما كنت أخرجه فى زمن رسول الله صلى الله عليه وسلم

Artinya :

” Diberitakan Rabi’, yang mendengar dari imam Syafi’i, imam Syafi’i mendengar dari Anas bin ‘Iyad dari Daud bin Qais yang mendengar dari ‘Iyat bin Abdullah bin Said bin Abi Sarah bahwa sesungguhnya ia mendengar Aba Said al-Khudry berkata “

Adalah kami yang mengeluarkan zakat fitrah pada masa Rasulullahs.a.w, satu sha’ makanan atau satu sha’ kurma, atau satu sha’ syair atau satu sha’ anggur atau satu sha’susu (susu yang telah beku), demikian kami berbuat hingga datang Muawiyyah yang berhaji atau berumrah maka beliau berkhutbah maka beliau berkata :

"Sesunguhnya aku berpendapat bahwa dua mud gandum syam menyamai sesha’ tamar. setelah itu manusia pun berbuat demikian”.

Selain Imam Bukhari memberikan tambahan, bahwa Abu said mengatakan: ”aku tetap mengeluarkan sebagaimana aku dahulu mengeluarkannya pada masa Rasulullah s.a.w. (HR. Bukhari dan Muslem)

Itulah kutipan dari berbagai sumber, jadi dari ketiga pendapat diatas yang mana yang  lebih dekat dengan kebenaran? Sederhana saja, untuk itu simak secara benar apa itu zakat fitrah seperti tulisan admin diatas, dan apa yang diajarkan nabi Muhammad SAW kepada pengikutnya. Itu lebih baik menurut admin. ( RR )




Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini