Sabtu, 09 Januari 2016

High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV), umumnya dikenal sebagai Humvee, adalah penggerak empat roda militer truk ringan yang diproduksi oleh AM General.  Hal ini telah banyak digantikan peran awalnya dilakukan oleh jeep asli, dan lain-lain seperti Vietnam-era M151 1/4 ton, yang M561 "Gama Kambing", M718A1 dan M792 ambulans versi, Commercial Utilitas Cargo Vehicle (CUCV), dan lainnya truk ringan. Terutama digunakan oleh militer Amerika Serikat, juga digunakan oleh banyak negara dan organisasi lain dan bahkan di adaptasi sipil. Digunakan secara luas Humvee di Persia Perang Teluk, di mana ia dinegosiasikan gurun pasir berbahaya dengan mudah, membantu menginspirasi sipil Hummer marque otomotif. ( https://en.wikipedia.org/wiki/Humvee )

Nah ada ide kreatif dari rusia dan ini  bisa saja diterapkan disini bagi penyuka dan penghobi otomotif
yang ingin membuat jeep humvee ( hummer Jeep ) sendiri. Bahan dasarnya truk 4x4 atau jenis lainnya yang kira kira bisa dimodif jadi jeep humvee ( hummer ). Mereka memodif truk perang bekas GAZ66 menjadi humvee.

Apa itu GAZ 66, ini kutipan :

GAZ-66 telah mendapatkan status legendaris di banyak negara di seluruh dunia karena kehandalan, kesederhanaan dan off-road kemampuan. Berkat fitur standar, seperti sebuah front mount winch, ban Tengah Inflasi Sistem (CTIS) dan self-locking perbedaan, GAZ-66 sangat populer di seluruh dunia dengan angkatan bersenjata dan off-road penggemar. Produksi berhenti pada tahun 1999, dengan GAZ-3308 yang diproduksi sebagai gantinya.

Berikut tahapannya merubah truk perang bekas GAZ66 menjadi jeep Humvee.

ini gambar truk perang bekas buatan rusia GAZ66
 Ini gambar mobil humvee ( hummer ) original buatan amerika

Ini bagian asli mesin humvee amerika jika dibuka

ini truk perang bekas gaz66 rusia yang sudah dibongkar


Ini bagian bodi tengah truk modifan

 Ini gambar truk yang sudah dimodif menjadi jeep humvee yang hampir kelar



Ini gambar truk yang sudah dirobak habis menjadi mobil humvee

 Ini gambar truk humvee yang sudah jadi dari truk bekas GAZ66 dan menjadi ranpur ( kendaraan tempur ), mantap truk bekas rasa humvee. Bisa dijadikan ide bagi sobat aspal-putih yang ingin memodif kendaraan bekas menjadi kendaraan sangar dan terkesan gagah.

Di Indonesiapun  sudah ada perusahaan yang membuat ranpur ( kendaraan tempur ) yang setara dengan jeep humvee buatan Amerika. Komodo Pindad bisa di bilang Humvee Pindad.

 Humvee buatan pindad
Komodo Pindad.

PT. PINDAD, perusahaan alat perang Indonesia pun menjual mobil militer untuk umum. Mobil yang dijual adalah tipe Komodo. PT. Pindad juga telah melakukan serangkaian uji internal meliputi uji statis, uji tipe dan uji dinamis dari Bandung menuju Baturaja saat latihan gabungan. Selanjutnya dalam proses sertifikasi oleh Dislitbang Angkatan Darat spesifikasi ini dimasukkan ke dalam klasifikasi ranpur “Multiguna” dengan varian V1 adalah Varian Intai, V2 Varian APC, V3 Varian Komando, V4 Varian angkut rudal dan V5 untuk varian khusus.


Sejak tahun 2012 silam PT Pindad (Persero) sudah meluncurkan kendaraan perang mobil four-wheel drive (4WD /4×4) bernama komodo. Kendaraan itu khusus dibuat Pindad untuk pasukan elit TNI AD, Kopassus dan pasukan elit Kepolisian, Brimob.

PT Pindad (Persero), mampu menghasilkan produk militer berkelas dunia. Dari pabrik yang terletak di Bandung, Jawa Barat, Pindad berhasil menciptakan dan meluncurkan kendaraan perang versi ringan terbaru yakni Komodo 4X4. Untuk versi sipilpun ada dan harganya sekitar 2M sd 3M.

Gimana sobat, ingin mencobanya? suka dengan tulisan blog ini silahkan di Share dan link balik ke blog ini. Terima kasih buat yang selalu berkunjung ke blog saya ini.




0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini