Selasa, 25 Oktober 2011

Indikasi Kerusakan :
Ketika Netbook Acer Aspire One ini dihidupkan dengan menekan tombol powernya, layar tidak menampilkan apapun alias blank. Tapi led di tombol power menyala hijau. Dan tidak ada tanda-tanda bahwa ACER ASPIRE ONE itu akan hidup dan berproses masuk ke windows.


cara-perbaiki-acer-aspire-one-mati

Penyebab Acer Aspire One Mati :
Matinya Acer Aspire One ini disebabkan oleh program BIOS yang mengalami kerusakan atau terjadi corrupt data di BIOS Acer Aspire One ini. Hal ini kemungkinan terjadi akibat dari bug yang ada di BIOS Acer Aspire One atau bawaan dari pabriknya.

Cara Service Acer Aspire One Mati :

    * Siapkan Flasdisk maksimal 2Gb, kemudian format flasdisk tersebut dengan partisi FAT. Sekedar info, kami menggunakan flashdisk merk kingston 2 Gb warna hitam.
    * Download File BIOS Acer Aspire One, berikut ini linknya :


Download tools Flashit Acer
http://support.acer-euro.com/drivers/notebook/as_one_150.html

    * Extract File zipnya, kemudian extract lagi file hasil ekstrakan tadi dan copy 2 file yang ada di dalamnya yaitu FLASHIT.EXE dan ZG5IA32.FD ke flasdisk langsung tanpa folder / direktori.
    * Tancapkan Flasdisk di port USB sebelah kiri netbook Acer Aspire One
    * Colokkan Carger netbook Acer Aspire One anda.
    * Tekan Tombol Fn dan Esc kemudian tahan dan kemudian tekan tombol power satu kali.
    * Setelah kira-kira 15-30 detik, lepaskan tombol Fn+Esc. Maka tombol power akan blinking
    * Tekan tombol power sekali lagi, maka lampu flasddisk akan blinking, pertanda bahwa file BIOS di dalam flasdisk sedang diakses (penting..!!! biarkan beberapa saat karena proses sedang berjalan walaupun lampu power kelihatan tidak menyala.)
    * Tunggu beberapa saat, kemudian lampu power akan berhenti blinking dan kemudian netbook akan restart dengan sendirinya.
    * Setelah restart, Acer Aspire One akan hidup kembali dengan normal.
    * Proses Recovery Bios Acer Aspire One ini tidak lebih dari 10 menit.

Selamat mencoba!

100 komentar:

  1. gan solusi diatas berlaku ga buat aspire 722, indikasi penyakit acer aspire 722 ane kayanya sama gan.. terimakasih gan.. :)

    BalasHapus
  2. thx gan atas infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. @Agung : Sama Sob tapi pastiin dulu dengan mencopot batere laptopnya kisaran 5 menit baru pasang kembali, trs coba Turn on klo masig gak ngaru langsung dicoba deh tips ini.

    @Never error : makasih sudah meluangkan waktu kasih komennya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aspal napa y mau download biosny ga bisa waktu diextrak eror

      Hapus
  4. kalo acer 4736z bisa ga pke cara itu boss ? ? ?
    trim's , , ,

    BalasHapus
  5. kalo untuk acer 4736z bisa juga ga boss ? ? ?

    BalasHapus
  6. @edhie

    Gak bisa kawan, biasanyo klo type 4726z yang K.O dan bermasalah pada VGA nya, bisa dipanaskan pake solder uap dengan panas sedeng gak perlu ditekan cukup dipanaskan, itupun klo indicator power menyala atau laptop tidak tampil.

    Klo Matot beneran, pastiin adaptor bagus, coba cek fixed capasitornya dulu yang kotak kotak item pada mainboard dibagian power, atau di cek semuanya terkadang ada konsleting.

    Semoga bisa membantu

    BalasHapus
  7. gan , kalok Aspire ONe 722 . Ane penyakit nya . LAmpu indikator kedip-kidip . bebrapa detik trus mati lagi . ,, bisa gak di gunain tips ini ?? . mohon Pencerahan .....

    BalasHapus
  8. @firdaus wibowo, pertama pastiin dulu adaptor sobat baik dengan mengukur tegangannya 19v,atau coba ganti sementara memori nya dengan yang bagus, klo bisa bongkar pasang sendiri coba copot hdd nya, klo gejala gak berubah coba di panasin lagi semua chipset nya dengan suhu sedang.

    Biasa ada masalah dibagian power boardnya..atau chipsetnya tapi yang paling banyak kasus dipanasin chipsetnya biasanya kembali normal.

    Semoga berguna.

    BalasHapus
  9. gan, acer ane gak ada kedip" d tombol on/offnya,, padahal udah ane coba yang diatas...
    gmana solusinya gan????
    ane pake acer aspire one 722

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sobat Rangga berarti netbook sobat gak bisa diterapkan dengan cara itu, ada masalah dengan hardware nya, coba deh lepas batere, trus tekan dan tahan tombol power sambil colokin ke listrik adaptornya lebih kurang 15 detik, lalu lepas tombol power tadi dan nyalahkan seperti biasa.

      jika msh blm bisa coba copot memori nya, diamkan beberapa saat trus pasang kembali.

      jika msh tidak bisa coba deh copot hdd nya, nyalakan tanpa hdd, jika masih tidak menyala terpaksi harus dibongkar netbooknya. copot batere cmos nya trus nyalahkan tanpa hdd.

      Jika tetep tdk bisa harus diukur deh tegangan masuk pada jack power adaptor yang mengarah ke adaptor luar, jika perlu lakukan pemanasan dengan solder uap dengan suhu sedang.

      demikian semoga membantu.

      Hapus
    2. wah masalahnya sama ni ghan.. tapi tetep yH.. kalau filenya yang di ganti namanya itu yang mana gan.. kanlau yang di bios ao722 itu ada FLASHIT.EXE sama P1VE6111 yang di ganti dan di ekstrak laginya yang mana gan.. mohon pencerahannya..

      Hapus
  10. yessss....saya berhasil. udh setahun laptop acer aspire one saya padam total, sama seperti kejadian di atas. dan alhamdulillah setelah di coba dgn panduan di atas 1000% berhasil. terimakasih banyak buat admin, semoga mendapat pahala oleh yg kuasa aminnnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama Broo semoga berguna dan terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  11. saya mencoba,,tapi kenapa tombol power tidak blinking ya??langsung masuk ke windowsnya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho berarti netbooknya nyala dong broo kalau langsung masuk windows?

      Hapus
  12. masalah pada AO D255 saya adalah ketika terlalu lama digunakan,lalu dimatikan dan dinyalakan lagi, AO saya tidak berproses ke windows,seperti indikasi diatas(indikator harddisk tidak menyala,namun lampu indikator paling kiri menyala)apakah ini termasuk kerusakan BIOS atau kegagalan harddisk? apakah dengan cara2 diatas,kerusakan bisa diatasi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya, untuk kebanyakan kasus Netbook Acer ada pada hardware, untuk masalah D255 ada pada chipsetnya, biasanya karena fan cooller yang mulai kotor dan sirkulasi tidak lancar, lama kelamaan netbook tidak menyala baik dilakukan charger ataupun di turn on kan.

      D255 punya sobat tidak ada masalah pada bios atau Hdd nya tapi ada pada chipset, tips diatas tidak bisa dilakukan, ada baiknya diserahkan ke teknisi yang bener bener paham dalam merperbaiki netbook atau notebook, perlu dilakukan pemanasan ulang pada chipset dengan suhu tertentu dikarena ada bagian dari chipset sudah mulai lost contact.

      Tapi coba deh dinyalahkan tanpa baterre, terkadang overcharger juga bisa timbul masalah seperti itu, atau jika ada vakum cleaner coba bersihkan kisi kisi udara netbook sobat.

      Sekedar saran buat para pemakai notebook dan netbook, ada kebiasaan pemilik netbook atau notebook memasang kondom keyboard, padahal pada saat laptop dinyalahkan posisi dari celah celah tombol keyboard harus terbuka karena membantu fan cooler menyuplai udara dari atas, ada baiknya dipasang setelah keyboard dimatikan. demikian jawaban saya semoga bisa dimengerti.

      Hapus
  13. gan,bila power di nyalakan lampu hijau'a kan nyala trus lampunya akan mati lagii apa itu penyebebnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak Faktor sobat, coba dari yang paling ringan, copot baterer latop trus nyalahkan hanya dengan adaptor, jika tidak berhasil coba cas baterer hingga full trus nyalahkan tanpa adaptor, jika tidak berhasil coba copot hddnya, trus nyalahkan.

      Jika tetep gak berhasil, baru coba jalankan langkah diatas, tapi yang perlu diingat,,
      waktu lampu hijau nyala sebelum mati, ada tampilan tidak dilayar lcd nya?

      klo punya sobat intel atom acer biasanya chipsetnya.
      buat sobat pemakai netbook ada baiknya rutin membersihkan lobang buang udara dari kipas karena biasanya berdebu.

      Silahkan dicoba.

      Hapus
  14. kalo netbook aspire one happy bisa pake cara d atas g kk?? tadinya aku bongkar tapi setelah d pasang lagi lampu powe n hardisk nyala tapi layarnya mati g ada tanda tanda kehidupannya.. mohon petunjuknya gan...

    BalasHapus
  15. gan, notebook acer aspire one 722 bila di cas ga masuk kmudian bunyi trek trek trek ga berhenti2, lampu power ga nyala2..mohon solusix gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hardwarenya bang yang bermasalah, coba deh ukur dioda deket colokan power adaptor yang ada pada mainboard netbook, jika rusak ganti saja
      dengan dioda 1 ampere, pk 1n4007 bisa.

      Ada baiknya pergunakan multimeter buat ngukur tegangan pada MB netbook. Jika paham bongkar pasang. copot semua yang terpasang, mulai dari hdd, kabel data yang mengarah ke LCD, keyboar dan sebagainya, lalu test pasang adaptor.

      Jika dilihat kerusakannya kemungkinan besar ada pada chipset NB dan SB nya, coba deh panaskan dengan solder uap dengan suhu sedang, lalu test..

      semoga bisa dipahami...

      Hapus
  16. gan acer aspire one 722 di cas ga nyala lampu indikatornya kemudian berbunyi trak trak trak..... dan lampu power ga bisa nyala2 mohon solusinya gan....

    BalasHapus
  17. maksimal 2gb gan ?
    kalo lebih gimana..

    BalasHapus
  18. nice info gan...


    ijin copas ke
    http://ce-cara.blogspot.com/

    BalasHapus
  19. gan,maaf klo aspireone d255 lampu indikator nyala tapi ga tampil bisa ga pake cara diatas

    BalasHapus
  20. Dicoba dulu deh, sebelum melangkah ke hardware nya.
    D255 kebanyakan kasus pada chipset nya yg mulai lost contact.

    BalasHapus
  21. Hllo bos mo tanya jg,ane punya netbook AO522 setelah ganti keyboard, layarnya jadi tidak ada tampilan tapi lampu indikator power nya hidup,kadang bisa dihidupkan normal seperti biasanya keyboard yang baru ane ganti juga bisa di pakai lalu ane restart langsung gak ada tampilan lagi,ntr tunggu agak lama bisa di hidupkan lagi,,,,jadi harus gimana nh bos,mohon bantuan nya y,,,thanks

    BalasHapus
  22. mau tanya masbro,.laptop ane acer aspire one 725, layar gelap hanya keliatan tipis sekali,. coba cek pake monitor eksternal normal ke monitornya,. ane udah coba ikutin cara di atas tapi gagal terus,.ap karena FD ane gak ada lampu indikatornya??
    trus apa FLASHIT harus di tambah.exe dulu mohon jwaban secepatnya master

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo gejalanya itu yg trouble antara LCD, Kabel data atau Chips VGA nya, harus dicek satu persatu dulu..laptop sobat bukan masalah flash ROM nya..

      Hapus
    2. bisa bantu gak mas cara cek lcd atau kabel datanya,.kalo vga ane cek pake monitor eksternal normal mas, kalo cek lcd atau kabel data ane gak tau caranya,.

      Hapus
  23. Kalo pake flashdisk yang di atas 4Gb bisa ngga gan..
    Soalnya ane ngga punya flashdisk 2GB...

    BalasHapus
  24. gan kalo aspire one happy2 bisa d terapin cra d ats nggk???
    trs file biosx cuma ada ZE6_110W.exe nah itu d rename jdi apa??mohon pencerahanx :)

    BalasHapus
  25. Mau tny klo ini mslhnya layar nbnya putih semua.. (aspire one jg), digmnain ya? Udh tkan tmbol power spy nyala jg msh utuh..

    BalasHapus
  26. gan lepi punya ane acer AO D270 klo langsung dinyalain lgsg ngeblank warna putih. itu tutornya apa sama dengan yg diatas? terimakasih dan saya tunggu jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @syarifah habibah, @fatkhul Munir

      Bisa dicoba..biasanya berhasil, tp biasanya kasusnya ringan tp harus bongkar netbooknyo, lalu copot hdd, ram, lalu tekan dan tahan tombol power selama kurang lebih 15 detik.

      Kemudian pasang kembali ram ( memory ) dan coba nyalahkan hanya dengan adaptor, jika normal biasanya langsung tampil, baru pasang hdd dan tutup kembali.

      Silahkan dicoba semoga berhasil.

      Hapus
  27. Gan leptop saya AO722, awal nya banyak virus, trus saya hapus semua virus nya, trus saya matiin leptop nya, saya hidupin lagi malah gak mau hidup gan, layar nya hitam, tapi mesin nya masih hidup atau nyala..! Saya coba tips yg di atas masih gak bisa gan, itu rusak apa nya ya gan? Mohon bantuan nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ini :

      1. Copot batere
      2. Tekan dan tahan tombol power kurang lebih 15 detik.
      3. Pasang adaptor lalu Turn on kan.
      4. Jika tetep gak tampil, copot adaptor, batere, lalu memory dan hddnya.
      5. Pasang adaptor saja trus dinyalahkan.
      6. Silahkan dicoba, semoga berhasil.


      Hapus
    2. jika tetap tdk mau nyala layarnya... kemungkinan besar apa ya gan..??

      sy coba VGA External jg gak keluar signal gambar gan...

      apa harus ganti MBnya?

      mohon bantuan pencerahannya

      Hapus
    3. Tidak harus ganti MB bro..coba di repair sendiri, cukup perhatikan chips yang mengarah ke VGA..lihat dengan kaca pembesar pastikan posisinya, ada yang terangkat tidak bagian pinggir chipsetnya, jika ada teken dikit lalu panaskan dengan solder uap..jangan terlalu lama cukup hitunga detik.

      Hapus
  28. master notebook acer aspire one 756 habis ganti lcd...ko nyala 3 deti langsung padam....malah blank hitam lagi..pusiiing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasang LCD sendiri Atau Tempat service?
      Copot batere, Adaptor setiap buka casing biar aman dari konsleting.
      Coba cek lg,..konektor kabel data LCD dari MB, bisa jd terlepas..
      Lampunya nyala tidak?

      Hapus
  29. malam mas. netbook saya Aspire One D257, blank saat dinyalakan. kipas prosesor gerak trus mati lagi, lampu power tetep nyala biru. coba copot hardisk & memori masih sama.
    apa solusinya sama dengan yg mas ajarkan diatas.
    terimah kasih bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo yg ini sama aja bro, itu problem I.C Vga, hrs dipanaskan ulang dengan solder uap..kipas pros hidup trs mati karena tidak ada output ke chip VGA nya. Butuh kesabaran dan ketelitian dan skil dikit memperbaikinya.

      Hapus
  30. Kayanya bisa dicoba nih, btw lihat dari komennya banyak yang AO 722, punya saya juga kayak yg gan Ryan bilang, nanti coba, semoga bisa ya gan -/\-

    BalasHapus
  31. numpan naya gan .ane punya laptop acer aspire 4730z gejalanya layar di lcd cuma blank putih kehitaman kalo di hidupkan..trus ane coba k lcd extrnal sma cuma layah hitam aja gan,,mhon solusinya gan mksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang seperti ini biasanya masalah pada VGA nya bro, mesti dibongkar trs nanti dilihat posisinya yg mana yg mulai longgar chipsetnya, nanti dipanaskan dgn solder uap agar bisa rapat kembali ( jgn terlalu lama manasinnya ) cukup sudut IC Vga nya saja yg terlihat ngangkat.

      Masalah yg lain tapi itu jg jarang adalah pada Ic eeprom, hdd, ram.
      cukup copot mulai dari ram, pasang kembali pada slot lainnya, atau lebih bgs jika ada stok ram yg bagus..biasanya menyala kembali.

      Cobalah dr yg paling mas bro bisa kerjakan, yaitu test ramnya dulu, baru ke hardwarenya ( blower uap pada IC VGA nya ), atau serahkan ke ahlinya, gak mahal kok paling 250rb.

      Demikian bro silahkan dicoba.

      Hapus
  32. mas mohon bantuannya
    notebook acer aspire one D257 saya gk bisa nyala ditekan tombol powernya dan kalau di charger lampu indikator di notebooknya juga gk nyala, sudah coba pakai charger yg lain
    mohon solusinya

    BalasHapus
  33. Mohon pencerahannya Mas, laptop saya AO522, kalau ditekan tombol power, cuma nyala sebentar lampu indikator powernya, trus mati lagi. Layar, kipas, lampu HDD mati semua. Mohon masukannya Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya nyala ( sempet ada tampilan / boot ) atau cuma nyala lampu powernya saja..??

      1. Coba ukur tegangan adaptornya atau coba dgn adaptor lain.
      2. Coba nyalakan nyalakan tanpa adaptor ( jika tidak bisa )
      3. Coba copot batere, lalu nyalakan hanya dgn adaptor ( jika tidak bisa )
      Notebook hrs dibongkar dan diukur tegangan pada jack input (jk tetep tdk bisa )
      3. Panaskan chipset utama saja, dgn panas sedang gak perlu lama, lalu test dgn adaptor ( utk tahap ini harus sabar ), silahkan dicoba semoga berhasil.

      Hapus
  34. Gan klo acer aspire 4732 bsa ga pkek cara yg di atas gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bs Non..acer 4732 biasanya problem VGA chipsetnya, gak sulit kok benerinya..serahkan ke ahlinya..

      Hapus
  35. Met mlm mas Ryan Riyanto,,,,
    Mohon petunjuk lanjut ttg cara memperbaiki Acer Aspire One 522....

    Setelah saya ekstrak file zip nya,,,,
    saya cm menemukan file FLASHIT.EXE dan file P1VE6111sedangkan file ZG5IA32.FD tak saya temukan.

    Apakah file P1VE6111 sama dengan file ZG5IA32.FD ???

    BalasHapus
  36. Met mlm mas Ryan Riyanto,,,,
    Mohon petunjuk lanjut ttg cara memperbaiki Acer Aspire One 522....

    Setelah saya ekstrak file zip nya,,,,
    saya cm menemukan file FLASHIT.EXE dan file P1VE6111sedangkan file ZG5IA32.FD tak saya temukan.

    Apakah file P1VE6111 sama dengan file ZG5IA32.FD ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok..sudah saya cek, tp saya coba ganti link downloadnya biar yakin..selamat mencoba.

      Hapus
    2. Iyya saya jg udh downlod biosnya ga ada file berekstensi .fd
      Pake file ekstensi .fd yg di web ini lalu saya coba jg gda respon ao 522 saya.. Bingung nih. Pdhal awalnya ga knp2 cuma buat ngetik lalu di sleep.. Pas dinyalain lagi layar hitam, power nyala biru, kipas muter, lampu hdd yg ga kedip2 biasanya kedip2 kalo booting kn?

      Hapus
  37. Malam mas, Mau tanya ne..Netbook Acer One 725, Pas dinyalakan tombol powernya nyala, lampu indikator power juga nyala, tapi layar monitor tetap gelap tidak tampil sama sekali. yang nyala cuma lampu tombol power sama indikator power, apa yang harus saya lakukan mas, tolong petunjuknya mas..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba test pk vga eksternalnya ke LCD atau monitor, jika tetep gak tampil, jgn buru buru di flash bios, coba copot batere, copot ram, jg copot hdd..

      Pencet dan tahan tombol power kira kira 15 detik..
      Pasang lg Ram, trs pasang adaptor dan tekan tombol power seperti biasa.

      Jika masih tidak tampil, baru coba jalankan tip diatas..
      Jika tetep gak tampil, harus dibongkar hardwarenya..biasanya chipsetnya hrs dipanaskan dgn solder uap, sambil sedikit ditekan..

      Demikian...

      Hapus
  38. mau tanya gan untuk "Download tools Flashit Acer" bs ga untuk AOD260?
    soalnya sudah tes cabut ram sama hdd masih sama ga ada perubahan

    BalasHapus
  39. apakah untuk aod260 sama file nya yg mas kasih??

    BalasHapus
  40. Bro,netbook ane AO 722 dinyalain cuma blank (black screen aja)
    rencananya ane mau install ulang, dia bisa copy file dari usb windows tapi gak bisa masuk ke ws

    BalasHapus
  41. Kalau pakai flashdisk lebih dari 2 gb bisa gan?
    laptop acer aspire one 756 ane nggak bisa di flash biosny gan...

    BalasHapus
  42. Apakah harus flashdisk maksimal 2 gb gan,kalau lebih dri 2 giga bisa gan?
    acer aspire one 756 ane nggak bisa gan lakuin flash bios gan,karena pakai flashdisk 4 gb gan...

    BalasHapus
  43. Laptop acer 725 mati total gmn y bang

    BalasHapus
  44. AOD257 bisa pake ini kan?
    btw file nya ga ada gan?

    BalasHapus
  45. Gan laptop acer aspire tipe 4736z saya layarnya tidak tampil gan tpi lampu power hidup sama kipas gan udah saya bawak keservice katanya layar nya kenak gan tpi tdak jdi saya ganti layarnya krna terlalu mahal,tpi saya coba dirumah dia mau hidup gan layar tampil tapi hnya bentar aja trus mati lagi apa pnyakit nya tu gan tolong lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba sobat colokin pakek monitor external..
      apakah gejalanya sama? jika tidak bisa dipastikan LCD nya bermasalah..jika sama saja ada kemungkinan loxt contact pada chip vga nya.

      Liat dulu tempat baut lcdnya..ada sekitar 4 buah, apakah ada tanda dibuka..jika iya kemungkinan sudah di test dgn lcd baru..

      Trs..jika tampil gimana displaynya? normal langsung layar putih atau normal langsung gelap hitam?

      Hapus
  46. Mas saya punya Acer Aspire E11 / E3-111-C9LG lampu biru dan lampu cas hidup namun tampilan hitam mohon solusinya mas .sebelumnya terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan, punya ane juga gitu. Tapi tampilan windows nya masih kelihatan tetapi gelap banget. jadi kayak layar hitam gitu deh. Kayanya lcd nya gan. Pas gue ganti semuanya jadi baik baik saja kok.

      Hapus
  47. permisi gan mau tanya netbook ane d532 kadang mau nyala bila udah g lama di pake.tp sebentar mati.trus g bisa nyala lagi.masalah di charge jg pertama lampu chargernya nyala trs mati lagi solusinya gmn ya gan,terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  48. gan netbook aspire d255 tiba-tiba..mati total....tekan tombol power lampu biru nyala tekan lagi begitu lagi...kalo batre dilepas power ditekan malah gak idup ...trus ada listriknya jadi kestrum
    ..kenapaya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya bagian powernya yg bermasalah..tidak bisa ngecas dan membagi tegangan..

      Utk mastiiinya..coba ca bat sobat di laptop lain hingga full, lalu coba di laptop sobat, biasanya nyala tp tdk ngescas batere..pertanda bagian power bermasalah.

      Hapus
  49. Gan punya ane aspire 725 window normal bisa masuk home screen cuman gelap gulita/haruss pake senter baru keliatan tammpilan windownya...kira2 apa yg harus di servis?

    BalasHapus
  50. Gan punya ane aspire 725..boot lancar jaya..masuk home screen cuma dari awal boot sampe ke home screen gelap gulita ga keliatan tampilan windownya/harus pake senter baru keliatan.
    Kira2 pa yg harus di replace?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya inverter LCD bro..trs sdh nyoba pake monitor/lcd ekternal? jk o.k artinya nverternyanya yg K.O, utk mastiinnya hrs dicoba dgn yg bgs..

      Hapus
    2. barusan udah pake monitor extrnal,,OK bro. ganti inverter artinya ganti LCD mas bro?

      Hapus
    3. gak perlu cukup inverternya saja, murah kok..

      Hapus
  51. Gan punya ane aspire 725..window normal cuma gelap gulita. Pa yg hrus di replace?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ganti inverter LCD nya, murah kok kisaran 100-200 rb.

      Hapus
  52. Gan mau tanya ,sy punya acer aspire D250,power nyala lcd mati/ gak mau tampil,trus udah saya coba cara yg diata tp ttp aja gk bs,powerpun gak kedip kira2 apanya gan,,mohon penjelasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo coba cara diatas tdk berhasil kemungkinan Chipset pada Mainboardnya..bisa chip VGA atau bagian lain..hrs di bongkar dan diukur dulu..perlu kealian khusus gak bisa coba coba.

      Hapus
  53. Gan sy punya acer aspire D250,power nyala lcd gk tapil,sdh tak coba pake sperti diatas tp ttp aja gk bisa,,malah power aja gk mau kedip..kira2 apanya ya gan..mohon penjelasanya..terima kaih

    BalasHapus
  54. gan klo acer aspire e3-111 sy coba langkah diatas ko ngga bisa ya ,laptopku tombol power berkedip terus dan layar tidak tampil ,sy update bios dari web acernya ko ga bisa juga

    BalasHapus
  55. gan laptop sy acer aspire e3-111 masalahnya layar blank ,lampu power berkedip bisa ga ya pakai cara yg diatas tapi sy coba ga bisa kenapa ya kira2, sy pakai toshiba 4 gb apa harus flashdisk kingstun 2 gb. trims mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo gejalanya notebooknya sobat rusak bagian powernya (regulator) ada partnya yg konslet biasanya diodanya..klo pakek cr diatas itu utk kerusakan software bukan hardware..

      Jadi harus dibw ketempat service..yg handal.

      Hapus
  56. file BIOS e3-111 waktu di ekstrak cuma 1 file aja, bisa gak pake metode di atas ?

    BalasHapus
  57. Mas saya mau tanya..notbook saya acer aspire one d260...aq instal app tiba2 blank n aq matiin e tiba2 g mau nyala(layar nyala tapi hitam n ada setrip di bagian kiri atas)sudah coba update bios g bsa..hdd udh di lepas sama aja...pake lcd ext jg sama...kira2 knapa y....

    BalasHapus
  58. Mas saya mau tanya..notbook saya acer aspire one d260...aq instal app tiba2 blank n aq matiin e tiba2 g mau nyala(layar nyala tapi hitam n ada setrip di bagian kiri atas)sudah coba update bios g bsa..hdd udh di lepas sama aja...pake lcd ext jg sama...kira2 knapa y....

    BalasHapus
  59. Mas saya mau tanya..notbook saya acer aspire one d260...aq instal app tiba2 blank n aq matiin e tiba2 g mau nyala(layar nyala tapi hitam n ada setrip di bagian kiri atas)sudah coba update bios g bsa..hdd udh di lepas sama aja...pake lcd ext jg sama...kira2 knapa y....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf br di bls..kalau cuma install gak pengaruh sama kerusakannya, sepertinya ada masalah pada chipset vganya tuh,

      Kalau power ditekan nyala tp gak tampil artinya masalah pada chip VGA.

      Tapi kalau ditekan power gak nyala, yg rusak bagian regulator powernya, bisa jadi ada dioda yg short.

      Kalau di flash gak bisa dengan kondisi begitu.
      Tapi terkadang bisa juga kerusakan pada memorinya, coba diganti dgn yg baru dan bgs.

      demikian bro.

      Hapus
  60. klau acer es1 111 masalah yg sma
    download biaosnya di mana ??

    BalasHapus
  61. bro ini colok flashdisk nya harus di sebelah kiri ?

    BalasHapus
  62. punya saya flasdishnya gak nyala-nyala om tpi di laptop lain nyala. knp ya

    BalasHapus

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini