Selasa, 20 November 2018

Hati hati jika anda pemakai jasa dan pengguna aplikasi gojek, karena sekarang marak penipuan mengatasnamakan gojek. Penipu sekarang tidak mempan dengan melalui iming iming sms undian berhadiah karena orang sudah tahu pasti penipuan. Sekarang penipu sudah memanfaatkan aplikasi juga seperti sms masking atau sms blast.

Misalnya penipu ingin mengirim sms jebakan ke sasaran dengan menggunakan nama bukan no handphone, layaknya promo promo lewat sms seperti telkomsel, dunkindonut, orang pasti percaya ini layanan resmi, Nah mereka juga akan mengirim sms jebakan disaat mereka menelpon anda.

Contoh seperti yang saya alami hari minggu tanggal 29 November 2018 kemaren, ada telpon masuk ke no hp saya, yang muncul dilayar bukan hanya nomor tapi ada tulisan seperti PT..Gojek.. lihat gambar dibawah ini :


Ini tampilan dilayar hp waktu mereka telpom yang saya sempet ambil gambarnya dengan hp lain.

Logikanya sebelum kita angkat dan menjawab panggilan telepon, pasti kita lihat dulu dari siapa, Nah karena sekilas terbaca dari "gojek" ya saya angka walau saya ragu karena saya tidak pernah memakai jasa gojek, cuma memasang aplikasinya saja.

Mereka dengan sopan menanyai saya seperti ini:

Gojek palsu    : benar nama bapak "RiyXXXX" ? ( awalnya saya yakin bener dari gojek )

Saya        : benar, ada perlu apa?

Gojek palsu    : bener ini no bapaka 081328XXXXXX?

Saya        : Bener ( saya tambah yakin mereka menanyakan yang benar )

Gojek palsu    : Bapak mendapat voucher 2 jt dari gojek yang bisa diuangkan d isaldo go-pay atau      rekening bapak.

Saya        : Maksudnya? ( dalam hati saya mulai ragu karena saya tau tidak ada undian dari gojek )

Gojek palsu    : kami mau mengirimkan uangnya ke saldo go-pay atau ke rekening bank bapak?

Saya        : Ke saldo go pay saja biar mudah klo memang ada hadiahnya ( saya mulai males ngeladeninya )

Gojek palsu    : bapak ragu dengan kami? sebentar kami kirim kode verifikasi ke hp bapak sekarang klo bapak ragu kami bukan  dari gojek..( komunikasi masih on )

Sambil telpon ada sms masuk bener gari gojek, bukan no hp berisi kode verifikasi seperti kita mau login awal.

Gojek palsu    : masih tidak percaya? kami kirim lagi kode verifikasi dan sms dari danabonus dan uangku ke no hp bapak.

tidak lama masuk sms bener dari gejek, uangku dan danabonus. ( saya pikir bener nih kayaknya )

Gojek palsu    : dapet kan kode verifikaso "gojek" dari kami dua buah? nah tolong bapak sebutkan klo memang bapak menerimanya.

Saya        : loh kan tidak boleh dikasih ke orang lain termasuk gojek?

Gojek palsu    : bapak ini gimana, kami dari gojek dan kami yang mengirimnya kok malah nanya ( sambil tertawa )

Saya        : dengan berat hati ( disinilah saya bloonnya ) saya sebutkan kode dari gojek tadi itu juga karena mereka tau nama dan no hp saya.

Gojek palsu    : Jangan ragu pak, nomer rekening bapak kami juga tau kok, 115XXXXXXxx/bca, bener kan.

Saya        : bener juga mereka tau pikir saya ( tambah blo-on saya )

Gojek palsu    : bapak punya m-banking kan? cek deh pak uangnya sudah masuk belum?

saya        : ( saya buka hp khusus m-banking, cek saldo, tidak ada penambahan.) tidak ada pak?

Gojek palsu    : masak belum masuk? klo di go-pay bapak kan kosong belum pernah di-isi, atau bapak cek di atm saja.

saya        : tempat saya lagi hujan pak, jadi tidak bisa ke atm ( padahal saya sudah males ), mau dikirim jadi tidak juga tidak apa apa pak?

Gojek palsu    : oh gitu, bapak kan ada akun ti tokopedia sama bukalapak? kami kirim ke domper bapak saja disana, nah sekarang kami kirim kode verifikasi dari tokopedia.

Saya        : hp berbunyi ada sms bener dari tokopedia. ( tapi saya sudah males mikirinnya tapi telepon belum saya putus )

Gojek palsu    : Pak kami bayar ke go-pay aja karena bapak tidak bisa ke atm, bapak masuk aplikasi gojek bapak pilih menu tarik nanti pilih tambah bank lain, nanti isi kolomnya, dan untuk no kolom no rekening  masukan no kartu yang ada di atm bapak, karena no kartu atm bapak belum pernah diverifikasi dan bapak belum pernah ngisi saldo go-pay ( memang karena saya tidak pernah Makek )

Saya        : loh kok terlalu jauh pak minta no kartu atm? ( memang mereka tidak minta PIN cuma no kartunya.)

Gojek palsu    : Kami kan tidak minta pin atm bapak apalagi ngasih no rekening kami agar bapak transfer? ( bener juga pikir saya yg sudah terlalu blo-on tadi )

Saya        : iya deh saya sebutkan dengan berat hati.

Gojek palsu    : Nanti bapak cek deh di atm uang bapak, ( langsung saya potong pembicaraannya )

Saya        : sudah deh pak kelamaan ngomongnya, saya putus.......

Karena antara ngantuk dan tidak karena memang lagi hujan saya tidak melanjutkan tidur siang, sambil mikir dan cek wa. sekitar satu jam saya kepikir juga mau cek saldo saya. Saya buka m-banking dan suka info saldo, jeng jeng jeng...saldo saya hilang hampir 1 jt-an. ( disini saya baru nyadar yang tadi kelamaan blo-on bahwa saya sudah ketipu ). Saya tetep mikir kok bisa saya tidak ngasih no PIN ATM dan mengirim uang ke rekening orang kok saldo hilang hampir 1 jt.

Saya hidupkan pc dan saya login ke klikbca, mau cek mutasi rekening bca saya. saya lihat banyak transaksi dengan nominal yang sama Rp.97.500 ada sekitar 8x dan Rp. 50.000 satu kali pada hari itu. Dan saya baca dengan teliti ternyata itu transaksi pemblian di blibli.com dengan metode pembayaran oneklik.

Tidak pikir panjang saya langsung telepon halo bca di no 1500888 untuk minta blokir atm saya, karena saya liat limit transaksi harian atm untuk transaksi di blibli.com di set 1jt. klo tidak diblokir besok dipakai orang lagi. akhirnya atm diblokir dan esok harinya hari senin saya ke kantor cabang bank bca terdekat buat kartu atm baru.Coba terbayang tidak? tidak ngasih no PIN ATM, tidak ke ATM, apalagi mentransfer ke rekening orang saldo atm bisa bablas. ternyata no kartu atm itu yang dipakai penipu untuk verifikasi metode pembayaran di blibli.com dengan fitur oneklik.

Semoga bisa jadi pelajaran buat banyak orang, penipu sekarang pinter memanfaatkan aplikasi sms masking atau sms blast. Terlihat profesional dan menyakinkan, hari ini akun gojek yang dibajak besok bisa apa saja, bisa saja menggunakan nama grapari telkomsel, atau bank beneran untuk menelpon sasarannya.

Sebenernya itu juga mudah dikenali kalo penipuan cuma pas mata dan pikiran lagi waras. coba baca seksama tulisan yang tertulis waktu ada telpon masuk di atas. PT..GOJEK..INDONISISA dan ada no hp penipu 62-812-1515-6868. Harusnya tidak seperti itu tanda titiknya ada dua antar sepasi dan tulisan indonesia juga salah. Mau apa lagi semoga tidak menimpa orang lain yang memang selama ini memanfaatkan jasa gojek, termasuk driver gojek-nya. Cuma yang bikin heran tiap hari pasti ada sms penipuan yang masuk ke no hp hanya yang telkomsel tapi yang no mentari indosat jadul tidak pernah ada yang seperti itu..kenapa?

Buat para penipu entah itu sms online, penipu akun gojek online, dan sejenisnya apapun cara yang anda pakai, segeralah bertaubat, carilah uang dengan cara yang baik dan halal, hidup kita tidak tau berapa lama, kebahagian anda menikmati uang hasil menipu itu nanti akan berbalas disaat kalian lengah dan terbuai menikmati uang haram, bukan hari ini, bukan esok bukan lusa.



Catatan:

"Semua tulisan di blog ini asli tulisan saya sendiri dan pengalaman pribadi saya, silahkan dishare jika bermanfaat, dilarang di copy pastekan tanpa link asli dari blog ini, setiap tindakan ada sanksinya, terima kasih atas pengertiannya."
 

2 komentar:

Arsip Blog

Visitor

Donate To Me On Paypal

https://www.paypal.me/riyanto1971
Popular Posts