Senin, 16 Maret 2015

ajian anti begal motor

Jika berkendara sendiri dijalan raya sepi malam hari, ambil posisi kanan jalan dekat pembatas jalan atau jalur cepat, dengan kecepatan yang rada tinggi, 70km sd 90km perjam jika jalan satu arah.

Gunakan Sepatu jangan sandal jepit jika berkendara, bukan mau bergaya tapi safety.
Gunakan Jaket dan helm tebal hingga menutupi leher, jangan kaos oblong karena jika apes jadi korban masih ada penahan jika jatuh terhempas. Selalu perhatikan spion untuk memastikan jika ada satu ada kendara di belakang anda yang selalu membututi.

Jika sobat selalu melalui rute yang sama tiap hari jangan sungkan sambil memperhatikan keadaan sepanjang jalan, tujuannya agar hafal dimana tempat aman dan tempat rada rawan atau tempat yang ada petugas keamaannya seperti satpam penjaga perumahan atau lainnya.

Kalau bisa jangan biarkan motor dalam keadaan standar dan lugu. Begal lebih memilih motor yang standar daripada yang dimodifikasi. Alasannya selain mudah dijual, juga tidak mudah dipantau dijalanan karena banyak kesamaan dengan yang lainnya. Mending dirubah tampilannya biar ada perbedaan dengan motor orang lain.

Pada kondisi jalan lurus memberikan peluang bagi maling motor. Sesekali berhenti di sekitar warga kampung yang beraktifitas. Untuk menghindari kejaran yang tidak anda ketahui. Kenali jalur yang akan dilalui dari berbagai sumber, terutama dari warga sekitar. Jangan enggan untuk bertanya terkait keamanan ketika melalui jalur tersebut.

Sebaiknya selalu menggunakan spion. Begal suka sekali motor tanpa spion, agar mereka tidak terpantau saat hendak beraksi. Waspada terhadap pengendara yang berjumlah sekitar 2 orang boncengan atau malah 3 sd 5 orang yang membuntuti di belakang. Jika mencurigakan, coba lakukan dengan memutar arah dikeramaian, kalau mereka mengikuti lagi berarti ada yang tidak beres.

Jika akan melalui jalan di daerah sepi dan gelap, mending berhenti dulu di tempat yang agak rame, tunggu ada mobil atau motor lewat ( biar yakin yang ada laki dan perempuannya), kemudian usahakan berada didepan depan mobil tersebut. Hal ini demi mencapai posisi aman daripada di belakang mobil yang lebih berpeluang besar untuk dibegal penjahat.

Jangan berikan ruang luas disamping anda jika anda merasa dibuntuti, selalu pepet dan jangan berikan ruang untuk mereka mengambil jarak. Kalau berani, pepet ban depannya dengan ban belakang kita, atau tendang ban depan atau bagian shock depan. Begal saat beraksi selalu brutal, satu sentuhan keras bisa mempengaruhi kemampuan berkendara mereka.

Jangan terlihat lemas dan lesu kayak orang sakit jika berkendaraan motor, kalau mengantuk lebih baik jangan jalan sendirian. Karena orang ngantuk biasanya tidak peka dengan situasi sekitar dan mudah ditaklukan. Tetap konsentrasi di jalanan, jangan melamun, hindari tengok kanan kiri agar fokus ketika berkendara.

Simpanlah barang berharga dalam tas, masukan dalam baju atau jaket, jangan menaruhnya di dalam box motor, atau simpanlah pada tas yang bisa di bawa kemana mana.

Pakailah jaket yang rada tebal, hingga menutupi areal leher, karena biasanya begal mengincar leher dan menebas tangan. Jangan berkendara dengan kecepatan stabil, usahakan rada ngebut jika jalan dirasa sangat sepi. Begal biasanya agak berpikir jika calon mangsa terlihat lihai berkendara.

Jika tetap terjadi perampasan, usahakan pertahankan kestabilan motor anda, sambil memperhatikan siapa dari mereka yang membawa senjata untuk segera menghindar, jangan pernah menukar nyawa dengan berebut motor. Kemudian menepi dan turun dari motor. Jika rasanya siap untuk melawan, pura pura jatuh terduduk lalu ambil tanah, pasir atau batu dari tepi jalan, kemudian lemparlah ke arah kedua mata, dengan tujuan membutakan sementara. Kemudian kabur ke arah warga untuk minta pertolongan.

Jangan terpancing berhenti dikerumunan orang atau warung yang terlihat ramai, biasanya itu komplotan mereka juga menunggu.  Sebaiknya cari pos Polisi, pom bensin, Minimarket atau Komplek perumahan yang ada penjaganya. Kelompok begal sangat menghindari lokasi-lokasi yang disediakan CCTV.

Begal sejati tidak akan melukai korban kecuali korban melawan. Jika ada begal yang langsung main senjata tajam atau sabet,  biasanya ini adalah anggota gank motor atau penjahat kemarin sore yang merampas demi narkoba.

Ajian Anti Begal Motor

Selalu Berdoa sebelum berangkat mengendarai kendaraan, dan tetep inget kepada Tuhan walau lagi di Jalan.
Perbanyaklah sedekah, karena sedekah salah satu cara untuk menolak musibah atau kesedihan yang akan menimpa seseorang.

Demikian tip aman dari begal motor dijalan dari admin blog Cybermales, semoga bermanfaat.

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini