Selasa, 19 Februari 2019

Sandal ya sandal siapa yang tidak kenal kata sandal, tapi apa kita tahu asal usul sandal atau kita males mikir dan ngingetnya yg penting dipakai, tapi tidak salah kita mengetahui bagaimana asal usul adanya sandal didunia. Sandal atau sendal adalah salah satu model alas kaki yang terbuka pada bagian jari kaki atau tumit pemakainya. Bagian alas (sol) dihubungkan dengan tali atau sabuk yang berfungsi sebagai penjepit (penahan) di bagian jari, punggung kaki, atau pergelangan kaki agar sandal tidak terlepas dari kaki pemakainya. Sandal dengan penutup di bagian punggung dan jemari, tetapi terbuka di bagian tumit dan pergelangan kaki disebut selop.

Sandal jepit

Sandal jepit atau sandal jepang adalah sandal berwarna-warni berbahan karet atau plastik. Tali penjepit berbentuk huruf "v" menghubungkan bagian depan dengan bagian belakang sandal. Sandal dari ban bekas disebut sandal bandol (kependekan dari ban bodhol atau ban bekas) sedangkan sandal yang mirip sepatu disebut sepatu sandal atau sandal gunung.


Bagian alas bisa dibuat dari karet, plastik, kayu, ban bekas, anyaman tali, atau anyaman rumput. Bagian tumit (hak) sandal wanita umumnya dibuat lebih tinggi daripada bagian depan agar postur tubuh pemakainya terlihat lebih bagus. Berbeda dengan sandal yang hanya dipakai laki-laki untuk kesempatan santai, wanita sering memakai sepatu sandal ketika menghadiri kesempatan resmi. Dalam kebudayaan Barat, pria biasanya tidak mengenakan kaus kaki bila sedang memakai sandal atau selop.

Asal kata sandal adalah sandalion (bahasa Yunani) yang diserap ke dalam bahasa Latin (sandalium), bahasa Perancis (sandale), dan seterusnya. Sandal bermula dari alas kaki orang Yunani dan Romawi Kuno. Pada waktu itu, sol dibuat dari gabus, sedangkan bagian penutup dibuat dari kulit yang
disatukan dengan bagian alas dengan cara menjahitnya. Bagian jari kaki dibiarkan terbuka, dan dilengkapi dengan sabuk atau tali agar tidak terlepas dari kaki pemakai. Pada perkembangannya, pendeta Katolik mengenakan kaus kaki dengan bordir yang disebut sandal.

Berikut nama lain sandal diseluruh dunia :

1. Bakiak, sandal kayu dengan pengikat kaki dari ban bekas

 Bakiak

2. Klompen, selop kayu dari Belanda

Klompen Belanda

3. Patten, sandal kayu dari abad pertengahan

Patten

4. Espadrille, sandal dari Perancis


5. Huarache, sandal dari Meksiko (bagian penutup punggung kaki sabuk penahan bagian tumit dibuat dari anyaman kulit)

Huarache

6. Mary Jane, sandal dari Amerika Serikat (bagian jari kaki tertutup dengan sabuk penahan pada bagian tumit)

Mary Jane

 7. Zōri, sandal tradisional Jepang, dibuat dari plastik, kain, atau anyaman rumput.

Zōri

8. Geta, sandal kayu dari Jepang

Geta
9. Caliga, sandal militer Romawi

Caliga atau caligae

Demikian senjarah sendal dari berbagai belahan dunia, semoga bermanfaat, jika ada yang salah silahkan dikoreksi dan beritahu saya. ( Ap )


1 komentar:

Arsip Blog

Visitor

Donate To Me On Paypal

https://www.paypal.me/riyanto1971
Popular Posts