Mengintip Terowongan Rahasia Jejak Viet Cong Selama Perang Vietnam

No Comments
Selama perang di Vietnam, ribuan orang di provinsi Cu Chi Vietnam  tinggal di sebuah jaringan yang rumit dari terowongan bawah tanah. Terowongan yang digunakan oleh grilyawan Viet Cong sebagai tempat bersembunyi selama pertempuran, Terongan aneh yang digunakan sebagai tempat pusat komunikasi, rute pasukan, rumah sakit, makanan dan gudang senjata dan tempat tinggal bagi para pejuang gerilya vietnam.

Sistem terowongan yang penting untuk Viet Cong dalam perlawanan mereka terhadap pasukan Amerika,
dan memainkan peran utama di Vietnam Utara memenangkan perang.Terowongan Cu Chi dibangun selama periode 25 tahun yang dimulai sekitar tahun 1940 an selama perang melawan Prancis.Penggalian kebanyakan digunakan untuk komunikasi antara desa dan untuk menghindari sweeping tentara Perancis.
Ketika Front Pembebasan Nasional (NLF) memberontak sekitar tahun 1960, terowongan tua yang diperbaiki dan ekstensi baru digali.Dalam beberapa tahun sistem terowongan diasumsikan kepentingan strategis besar, dan sebagian besar distrik Cu Chidan daerah terdekat berada di bawah perusahaan Viet Cong kontrol.

terowongan rahasia viet cong
 Terowongan rahasia, yang menggabungkan desa ke desa dan sering lewat di bawah pangkalan Amerika,
tidak hanya benteng untuk Viet Cong gerilyawan, tetapi juga merupakan pusat kehidupan masyarakat. Tersembunyi di bawah desa yang hancur. dalam terongan misterius ala vietnam ini ada sekolah bawah tanah dan ruang publik. Bahkan teater di dalam terowongan di mana pemain dihibur dengan lagu dan tarian dan cerita tradisional. Tapi hidup di terowongan itu sulit. Udara, makanan dan air yang langka dan terowongan yang penuh dengan semut,lipan beracun, kalajengking, laba-laba dan kutu. Sebagian besar waktu, gerilyawan akan menghabiskan hari di terowongan bekerja atau beristirahat dan keluar hanya pada malam hari untuk mengais untuk persediaan,

Teradang selama periode pemboman berat atau gerakan pasukan Amerika, mereka akan dipaksa untuk tetap bawah tanah selamabeberapa hari pada suatu waktu. Penyakit merajalela di antara orang yang hidup di terowongan, terutama malaria, yang merupakan penyebab kedua kematian terbesar di samping luka pertempuran. Hanya sekitar 6.000 dari 16.000 kader yang berjuang di terowongan selamat dari perang.

Sepanjang perang, terowongan di Cu Chi terbukti menjadi sumber frustrasi bagi militer AS di Saigon.
AS dan Australia mencoba berbagai metode untuk mendeteksi dan menyusup ke terowongan tetapi semua disambut dengan kegagalan.operasi darat skala besar yang melibatkan puluhan ribu tentara diluncurkan. sawahS mereka rusak ,dan desa dihancurkan. Amerika juga menggunakan bom napalm untuk mencari dan menghancurkan terongan misterius selam perang vietnam.

Tidak dapat memenangkan pertempuran dengan bahan kimia, tentara AS mulai mengirimkan laki-laki yang disebut 'tikus terowongan' ke dalam terowongan. Hanya dipersenjatai dengan senapan, pisau, senter dan seutas tali, tikus ini akan memasuki terowongan terowongan sendiri dan perjalanan inci demi inci hati-hati melihat ke depan untuk jebakan. Tugas tikus terowongan itu penuh dengan bahaya besar. Lubang masuk dalam tanah yang hampir tidak cukup lebar untuk bahu.Setelah beberapa meter tergelincir dan menggeliat lurus ke bawah. Cahaya dari lampu bertenaga baterai tidak cukup untuk menembus kegelapan di dalam terowongan, dan tidak ada ruang untuk berbalik dan mundur.

Orang Amerika kemudian mulai menggunakan anjing pemburu Jerman yang dilatih untuk menggunakan penciuman mereka yang tajam untuk menemukan pintu jebakan dan gerilyawan.Tapi anjing anjing pemburupun tidak dapat melihat jebakan. Begitu banyak anjing tewas atau cacat.

Akhirnya diakhir tahun 1960 an, Amerika mulai melakukan pemboman di Cu Chi, menghancurkan beberapa bagian dari terowongan bersama dengan segala sesuatu di sekitar. Karena pergerakan militer darat tidak berguna pada saat itu karena AS sudah memcoba banyak cara dan hanya dengan menggebom dari udara adalah cara paling efektif. Terowongan telah melayani tujuan mereka.

Terongan sepanjang 120 km itu dan kompleks terowongan di Cu Chi sejak itu telah dipelihara dan berubah menjadi taman monumen perang. Terowongan rahasia viet cong kini menjadi daya tarik wisata yang populer, dan pengunjung diundang untuk merangkak di sekitar bagian aman dari sistem terowongan. Beberapa terowongan telah dibuat lebih besar untuk mengakomodasi ukuran yang lebih besar
turis Barat.

This Blog Member Of : DMCA, Kaskus, Viva, Lintasme, Kompasiana
Semua materi dalam blog ini asli tulisan Admin Cybermales, Copy Paste Silahkan Saja Asal ada link balik ke arah postingan asli dari Blog ini.

back to top