Sabtu, 09 Mei 2015

Star Trek adalah film seri televisi fiksi ilmiah yang sempet tayang di televisi Indonesia dan jadi film kesukaan anak kecil hingga orang dewasa pada zaman dulu. Film Star Trek adalah film televisi dari Amerika Serikat yang pertama ditayangkan pada tahun 1966. Karena seri ini telah menghasilkan berbagai seri lanjutan dalam seri Star Trek, maka sekarang juga dinamai Star Trek: The Original Series. Seri ini diciptakan oleh Gene Roddenberry dan menceritakan petualangan awak pesawat antariksa USS Enterprise (NCC-1701) pada abad ke-23. Karakter-karakter utamanya adalah:

  1.     James T. Kirk (William Shatner), captain
  2.     Mr. Spock (Leonard Nimoy), science officer
  3.     Leonard McCoy (DeForest Kelley), ship's doctor
  4.     Montgomery Scott (James Doohan), chief engineer
  5.     Uhura (Nichelle Nichols), communications officer
  6.     Sulu (George Takei), helmsman
  7.     Pavel Chekov (Walter Koenig), navigator
  8.     Number One (Majel Barrett)
film kesukaan diwaktu kecil dulu

Star Trek ketika pertama ditayangkan di Amerika menjadi sangat kontroversial karena memiliki dua tokoh yang tidak dimainkan oleh orang kulit putih. George Takei adalah keturunan Jepang dan Nichelle Nichols adalah seorang wanita Afrika-Amerika. Sikap Roddenberry yang menempatkan wanita dan ras non-putih setara dengan yang lain masih dianggap sebagai sesuatu yang baru dan berani saat itu.


Episode pertama mengudara pada hari Rabu, 8 September 1966. Pada awalnya tidak begitu berhasil menarik penonton, seri ini selalu dalam status "hampir dibatalkan" dan pada akhir tahun keduanya sudah nyaris dihentikan. Tetapi ada satu inti fans setia yang kemudian mengirimkan surat setiap hari ke studio televisi supaya serial ini diperpanjang. Akhirnya studio menyerah dan memperpanjangnya untuk satu tahun lagi. Karena rating yang terus merosot, tahun ketiga ini kemudian menjadi yang terakhir, dengan episode penutup ditayangkan tanggal 3 Juni 1969.



Setelah dibatalkan, NBC sebagai stasiun televisi yang membiayai produksi ingin menutup kerugian karena ongkos produksi yang mahal. Mereka menjual seri ini secara sindikasi ke stasiun-stasiun televisi lokal. Di sinilah Star Trek mengalami masa kejayaan dan mendapat begitu banyak fans baru sehingga sampai sekarang begitu banyak seri TV, film, novel, permainan video dan lain-lain telah dibuat berdasarkan dunia yang diciptakan Roddenberry.

Opening credit seri ini telah dikenal dengan monolog yang dibacakan Shatner:

"Space, the final frontier. These are the voyages of the Starship Enterprise. Her five year mission: to explore strange new worlds. To seek out new life and new civilizations. To boldly go where no man has gone before".

(terjamahan bahasa Indonesia: "Ruang angkasa, perbatasan terakhir. Inilah perjalanan pesawat antariksa Enterprise. Misi lima tahunnya: menjelajah dunia-dunia baru dan asing. Untuk mencari jenis kehidupan dan kebudayaan baru. Untuk pergi ke mana orang belum pernah pergi sebelumnya.")

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Star_Trek:_The_Original_Series

Tokoh Star Trek paling terkenal adalah kapten spock dan kapten Kirt

1. Captain Spock (Leonard Nimoy)beristrikan Susan Bay Nimoy, juga dipanggil Mr. Spock, dari film seri televisi Star Trek adalah salah satu tokoh fiksi yang paling terkenal dari dunia televisi tahun 1960-an. Mr. Spock adalah seorang alien, setengah manusia dan setengah Vulcan. Ia pernah memegang jabatan First Officer dari pesawat Enterprise NCC-1701 dengan Kapten James T. Kirk. Salah satu tema dalam perkembangan karakter Spock adalah pergumulannya untuk menjadi Vulcan sejati, yang memendam segala bentuk emosi dan berpikir logis. Tokoh ini diperankan oleh aktor Leonard Nimoy. ( Cybermales )


Kapten Spock Yang Paling Admin Cybermales Favoritin.

Spock adalah putra dari seorang Vulcan bernama Sarek dan seorang manusia bernama Amanda Grayson. Karena perpaduan ini, ia memiliki fisik yang lebih kuat daripada manusia biasa. Setelah pensiun dari karier aktif ia menjadi diplomat untuk menjalin hubungan dengan bangsa Romulan.

2. James Tiberius Kirk adalah seorang tokoh dalam serial Star Trek kapten kapal luar angkasa yang paling terkenal dan berjasa di dalam sejarah Starfleet. Selama tiga dekade pada abad ke-23, dia memimpin sebuah kapal berkelas Constitution-class yaitu USS Enterprise dan USS Enterprise-A, melayani sebagai seorang penjelajah, tentara, pengelana waktu, dan diplomat.


Kapten Kirk

William Alan Shatner (lahir 22 Maret 1931; umur 84 tahun) adalah seorang aktor Kanada yang terkenal sebagai kapten James T. Kirk dalam film seri televisi Star Trek dari 1966 sampai 1969. Ia juga telah menulis berbagai buku mengenai pengalamannya memainkan Kirk. Setelah itu ia memainkan seorang polisi dalam film seri T.J. Hooker, dari 1982 sampai 1986. Sekarang ia berperan sebagai pengacara Denny Crane dalam Boston Legal; untuk peran ini ia memenangkan sebuah Emmy dan sebuah Golden Globe Award.

Shatner dilahirkan di Montreal, Quebec, Kanada, dari keluarga Joseph Shatner dan Anna Garmaise. Ia meraih gelar sarjana dari McGill University, dan kemudian bermain dalam berbagai drama Shakespeare dalam Stratford Festival of Canada di Stratford, Ontario. Ia kemudian mulai muncul dalam film lewat The Butler's Night Off pada tahun 1951, dan mendapat peran penting dalam film The Brothers Karamazov tahun 1958.

Pada tahun 1966, ia memainkan kapten James Kirk untuk pertama kali dalam pilot Star Trek kedua yang berjudul "Where No Man Has Gone Before". Seri ini kemudian dibuat selama 3 tahun sampai 1969. Pada 1973, Shatner kembali memainkan Kirk dalam film seri kartun Star Trek: The Animated Series. Setelah gagalnya film seri Star Trek: Phase II, ceritanya diubah menjadi film yang berjudul Star Trek: The Motion Picture. Shatner membintangi film ini dan 5 film berikutnya. Selain itu ia juga muncul sebentar dalam film ketujuh Star Trek Generations, di mana kapten Kirk tewas.


1 komentar:

  1. dulu waktu kecil klau lg main paling demen maunya jadi kapten spock ngak mau jadi yg lain/boet aq masih ado dvdnyo

    BalasHapus

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini