Selasa, 01 September 2015

Bulan Agustus telah berlalu, di tahun 2015 ini Indonesia memperingati hari kemerdekaan yang telah berusia 70 tahun. Dari Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno, dilanjutkan Presiden Soeharto hingga presiden yang sekarang, pasang surut masalah yang menerpa bangsa ini. Situasi alam kemerdekaan rasanya tidak sama, Pada presiden pertama indonesia masih porak poranda, maklum Indonesia baru menyusun arah dan menentukan kehidupannya.

Masuk Presiden kedua Indonesia dipimpin Soeharto, Indonesia mulai membangun dirinya, membangun ketahanan pangan dan kestabilan keamanan, Indonesia mulai mulai mendapat tempat didunia, dan dikenal dunia bahkan dijadikan tempat banyak negara miskin sebagai contoh. Kehidupan rakyat mulai sedikit demi sedikit membaik, cukup sandang, cukup pangan, bahkan indonesia bisa swasembada pangan.

Pertanian, pendidikan, bahkan ekonomi Indonesia bisa dikatakan stabil. Rakyat bisa sekolah murah, muda dan tidak banyak aturan. Banyak prestasi diraih Indonesia. Indonesia menjadi negara yang disegani, jarang ada bangsa lain menekan Indonesia.

Setelah presiden soeharto lengser dikarenakan peristiwa reformasi yang di galang mahasiswa tahun 97 - 98.
Ekonomi Indonesia anjlok, beberapa kali pergantian presiden Indonesia tidak lebih baik. Baru di saat Indonesia dipimpin Presiden SBY Indonesia bisa dikatakan cukup stabil.

Sekarang pada peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-70. Indonesia mengalami kebangkrutan ekonomi. Dollar US melambung jauh terbang tinggi, mirip lirik lagu anggun c sasmi yaitu "mimpi".
Semoga bukan mimpi kalau Indonesia menjadi negara makmur atau menjadi negara yang bakal hancur, semoga cuma ada dalam mimpi.

Terlepas dari semua itu, rakyat adalah rakyat, rakyat tidak menuntut banyak, ekonomi stabil, cukup pangan, cukup sandang, mudah mengeyam pendidikan, fasilitas kesehatan cukup, dan keamanan terjaga. yang rakus dinegeri ini adalah mafia, mafia politik, mafia ekonomi, dan mafia pengacau.

Kita cukup melihat catatan selama bulan agustus 2015 atau bahkan peringatan 17-an sebelumnya. Rakyat Indonesia tetep saja seperti itu. Ada guyub, kebersamaan, gotong royong, ditiap pesta rakyat 17-an. artinya tinggal tergantung pemimpinya, mau dijadikan apa negeri ini.

Ditiap tempat dinegeri ini pasti sama saja dalam merayakan hari kemerdekaan, pesta rakyat tidak lain pasti sama tergantung tradisinya, umumnya yang terkenal pada acara 17-an adalah lomba panjat pohon pinang, tarik tambang, permainan anak, tarian kuda lumping dan sebagainya.

Banyak kejadian unik ditiap lomba, dan itulah yang bisa jadi hiburan selama acara 17-an. Berikut foto semarak 17-an, yaitu lomba panjat pohon pinang dan tarian kuda lumping yang diadakan remaja palembang khususnya remaja jalan jenderal bambang utoyo, sianjur 2 palembang.


 


 Pemain kuda lumping lagi kesurupan

 Kuda lumping

 lomba panjat pohon pinang


 




 Pemain kuda lumping lagi kesurupan

 
 Tarian kuda lumping

 Penonton lomba 17-an


 Peserta lomba panjat pohon pinang mulai nyerah

 
Abang bonang nekad naik pohon pinang hingga hari gelap.

Karena pohon pinang yang tingginya kurang lebih 9 meter hingga magrib tidak juga berhasil dinaiki, banyak peserta menyerah dan putus asa karena capek, ada opsi tebang pohon pinang  tapi namanya lomba panjat pohon pinang, jadinya tetep harus dipanjat ( dinaiki ), terpaksa karena hari mulai gelap, pohon pinang ini dipanjat menggunakan tangga, dibantu tali baru nyampe keatas. 

Ini gambarnya peserta lomba panjat pinang menggunakan tangga

Mau lihat video lomba panjat pinang menggunakan tangga? ini videonya admin cybermales upload di youtube.com.

 

Untuk meraih kemerdekaan itu memang berat, nyawa, harta benda rela dikorbankan untuk merdeka. Mengisi kemerdekaan dan hidup dialam merdeka terkadang sama sulitnya dengan masa penjajahan. Banyak penjajah baru yang kelihatan dan tidak kelihatan. Nenek moyang dulu berjuang demi untuk kepentingan bersama, dizaman merdeka banyak orang berjuang demi perut sendiri, kelompok sendiri, keluarga sendiri bahkan partai sendiri. Dulu pemimpin banyak dilapangan kini pemimpin banyak yang cari lapang. Lupa janji dan munafik. Ditulis sendiri oleh admin blog Cybermales ( Ryan Riyanto )




0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini