Rabu, 27 Juli 2016

US Agency for Toxic Substances and Disease Registry melansir makanan sehari hari seperti buah buahan dan sayuran yang secara alami mengandung Sianida. Selain apel, cherri dan almond, apricot ada juga singkong dan rebung bambu.

The Guardian, Kamis (4/2/2016), manusia bisa dikatakan keracunan sianida apabila mengkonsumsi kandungan tersebut sebanyak 0,5 sampai dengan 3,5 miligram. Sementara sudah kandungan senyawa kimia itu pada buah-buahan di bawah kadar tersebut. Itulah sebabnya jarang sekali terdengar ada yang keracunan sianida setelah mengkonsumsi buah dan sayuran tersebut.

Kalaupun ada yang mengalami keracunan sianida setelah mengonsumsi buah, itu berarti seseorang terlalu berlebihan memakan biji dari buah-buahan tersebut.


Kenali dulu apa Sih Sianida itu?

Sianida adalah zat beracun yang sangat mematikan. Sianida telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu. Sianida juga banyak digunakan pada saat perang dunia pertama. Efek dari sianida ini sangat cepat dan dapat mengakibatkan kematian dalam jangka waktu beberapa menit.

Hidrogen sianida disebut juga formonitrile, sedang dalam bentuk cairan dikenal sebagai asam prussit dan asam hidrosianik. Hidrogen sianida adalah cairan tidak berwarna atau dapat juga berwarna biru pucat pada suhu kamar. Bersifat volatile dan mudah terbakar. Hidrogen sianida dapat berdifusi baik dengan udara dan bahan peledak.Hidrogen sianida sangat mudah bercampur dengan air sehingga sering digunakan. Bentuk lain ialah sodium sianida dan potassium sianida yang berbentuk serbuk dan berwarna putih.

Sianida dalam dosis rendah dapat ditemukan di alam dan ada pada setiap produk yang biasa kita makan atau gunakan. Sianida dapat diproduksi oleh bakteri, jamur dan ganggang. Sianida juga ditemukan pada rokok, asap kendaraan bermotor, dan makanan seperti bayam, bambu, kacang, tepung tapioka dan singkong. Selain itu juga dapat ditemukan pada beberapa produk sintetik.

Sianida banyak digunakan pada industri terutama dalam pembuatan garam seperti natrium, kalium atau kalsium sianida. Sianida yang digunakan oleh militer NATO (North American Treaty Organization) adalah yang jenis cair yaitu asam hidrosianik (HCN).

Gejala yang ditimbulkan oleh zat kimia sianida ini bermacam-macam; mulai dari rasa nyeri pada kepala, mual muntah, sesak nafas, dada berdebar, selalu berkeringat sampai korban tidak sadar dan apabila tidak segera ditangani dengan baik akan mengakibatkan kematian. Penatalaksaan dari korban keracunan ini harus cepat, karena prognosis dari terapi yang diberikan juga sangat tergantung dari lamanya kontak dengan zat toksik tersebut.

Inilah Buah dan sayuran yang dianggap mengandung racun Sianida

1. Singkong

Singkong mengandung racun linamarin dan lotaustralin, yang keduanya termasuk golongan glikosida sianogenik. Linamarin terdapat pada semua bagian tanaman, terutama terakumulasi pada akar dan daun. Singkong dibedakan atas dua tipe, yaitu pahit dan manis. Singkong tipe pahit mengandung kadar racun yang lebih tinggi daripada tipe manis. Jika singkong mentah atau yang dimasak kurang sempurna dikonsumsi, maka racun tersebut akan berubah menjadi senyawa kimia yang dinamakan hidrogen sianida, yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Singkong manis mengandung sianida kurang dari 50 mg per kilogram, sedangkan yang pahit mengandung sianida lebih dari 50 mg per kilogram.

Singkong ( Ubi Kayu )

Meskipun sejumlah kecil sianida masih dapat ditoleransi oleh tubuh, jumlah sianida yang masuk ke tubuh tidak boleh melebihi 1 mg per kilogram berat badan per hari. Gejala keracunan sianida antara lain meliputi penyempitan kerongkongan, mual, muntah, sakit kepala, bahkan pada kasus berat dapat menimbulkan kematian. Untuk mencegah keracunan singkong, sebelum dikonsumsi sebaiknya singkong dicuci untuk menghilangkan tanah yang menempel, kulitnya dikupas, dipotong-potong, direndam dalam air bersih yang hangat selama beberapa hari, dicuci, lalu dimasak sempurna, baik itu dibakar atau direbus. Singkong tipe manis hanya memerlukan pengupasan dan pemasakan untuk mengurangi kadar sianida ke tingkat non toksik.

2.  Apel

Suka makan apel? Apel adalah salah satu buah-buahan yang begitu difavoritkan untuk dikonsumsi. Tapi tahukah Anda, bahwa buah apel ternyata mengandung racun sianida? Hanya saja memang, jumlah sianida yang ada di buah apel itu sangat sedikit. Kandungan sianida ini terdapat terutama di dalam biji apel.


Walaupun demikian, belum ada laporan yang menyebutkan ada orang yang meninggal dunia gara-gara memakan semua biji yang ada dalam 1 apel. Walau begitu, sebaiknya Anda tidak memakan biji apel, karena disitulah tempat berkumpulnya racun sianida.

3. Rebung ( pucuk Bambu Muda )


Rebung Bambu ( Tunas Bambu muda )

Racun alami pada pucuk bambu termasuk dalam golongan glikosida sianogenik. Untuk mencegah keracunan akibat mengkonsumsi pucuk bambu, maka sebaiknya pucuk bambu yang akan dimasak terlebih dahulu dibuang daun terluarnya, diiris tipis, lalu direbus dalam air mendidih dengan penambahan sedikit garam selama 8-10 menit. Gejala keracunannya mirip dengan gejala keracunan singkong, antara lain meliputi penyempitan kerongkongan, mual, muntah, dan sakit kepala.

4. Gadung

Gadung (Discorea hispida Dennst.) merupakan anggota umbi-umbian yang mengandung zat gizi dan senyawa racun berbahaya. Kandungan utama umbi gadung yang berupa karbohidrat menjadikan umbi ini banyak digunakan masyarakat sebagai sumber energi alternatif.

Gadung

Umbi gadung juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah penderita Diabetes mellitus dan dapat juga mengobati penyakit rematik. Namun, gadung juga mengandung sianida (HCN) yang merupakan senyawa racun berbahaya dan salah satu zat goitrogenik alami di dalam bahan makanan.

5. Kacang Almond

Kacang Almond berupa biji-bijian yang sering digunakan dalam berbagai campuran dalam resep makanan. Penggunaannya sudah sangat populer di dunia. Almond juga mengadung sianida. Almond ini sangat beracun bila tidak diproses di panas yang benar untuk mengeluarkan racun nya. Di banyak negara, Almond ini dilarang dijual sebelum diproses untuk mengeluarkan racun sianidanya terlebih dahulu.

6. Kara Benguk
 Tanaman ini di beberapa daerah dimanfaatkan sebagai bahan membuat tempe. Tempe benguk, begitu mereka menyebutnya. Selain itu, ada pula yang memanfaatkan kulit benguk sebagai sayuran. Hanya saja, karena kandungan sianida yang ada di dalamnya, maka ia memerlukan pengolahan khusus agar racun sianida itu bisa hilang dan benguk pun bisa diolah untuk dikonsumsi.

Kara Benguk ( koro benguk )


Pada umumnya proses rebus pada sayur mengurangi kadar sianida lebih dari 50%, sedangkan proses tumis mengurangi kadar sianida kurang dari 50%. Pada beberapa macam sayuran proses rebus dapat menghilangkan sianida hingga hampir 100%. Pada umbi-umbian proses rebus atau diiris tipis lalu direbus mengurangi kadar sianida 60-90%, sedangkan proses kukus atau diiris tipis lalu dikukus mengurangi kadar sianida 30-60%.

Itulah beberapa jenis sayuran dan buah buahan yang dianggap mengandung racun Sianida, dan mungkin masih banyak beberapa jenis tanaman lainnya yang mengandung senyawa kimia sianida. Konsumsilah makanan secara bijak banyak tahu dan sering membaca akan menambah wawasan, tahu karena membaca lebih baik daripada praktek karena cuma mendengar. Cukup berhati hatilah jika mengkonsumsi tanaman yang belum tahu kandungan kimianya, apalagi yang harus dimakan dengan alasan obat herbal. Cari tahu di "google.com" tentang unsur makanan, apalagi yang jarang dimakan orang. Demikian semoga berguna. (RR)

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog

Visitor

Popular Posts

Donate To Me On Paypal

https://www.paypal.me/riyanto1971