Selasa, 31 Juli 2012

Yang paling banyak kita lihat dan paling top dibulan ramadan atau bulan puasa ini adalah orang berdagang pakaian dan kue  kering dan kue basah, walau tidak lepas hal lain seperti tiket mudik lebaran baik darat, laut maupun udara, makanan minuman  adalah bisnis paling laris selama bulan suci ramadan termasuk kue kue lebaran.

Yang namanya kue atau makanan produksi massal atau dalam jumlah banyak dipastikan kualitas sering diabaikan karena order yang  menumpuk dan banjir pesanan, dibuat menjelang hari raya rasanya tidak mungkin terpenuhi semua pesanan dibuat agak awal bualan  ramadhan takut kelamaan kue kering dan basah menjadi rusak dan berjamur karena waktunya masih lama.

Nah pikiran atau memang sudah jadi kebiasaan selama memproduksi kue kue untuk hari raya inilah banyak produsen penghasil kue  yang dijual dipasaran menggunakan bahan pengawet pada makanan dan kue yang dijual. Bahan pengawet makanan sudah diatur dan  ada ketentuannya, label expired rasanya cukup untuk membatasi umur jual suatu produk bahan makanan seperti kue kering. tapi apakah hasil produksi produsen kue kering dan kue basah menjelang hari raya bisa dikontrol dinas kesehatan.? untuk itu  penggunaan Emplex oleh produsen kue rumahan atau mungkin pabrikan lolos dari pantauan.


emplex-pengawet-makanan 

Bahan pengawet makanan modern saat ini adalah Emplex, EMPLEX adalah merk bahan kimia pembantu yang biasa digunakan untuk  membantu merenyahkan lur kukis (cookies). Bentuknya emplex  sendiri bubuk berwarna putih. dan digunakannya harus sesuai  takaran yaitu 0,4 s/d 0,8% dari berat tepung yang digunakan pada  resep kue kering. Maksud penggunaan emplex sendiri sebagai  pengawet makanan. Emplex bisa dibeli dipasar yang menjual bahan  kue. Kemasan aslinya paling kecil 1 kg, tapi ada juga yang  ukuran 100 gram.

Emplex merupakan bahan kimia yang element partiklenya terdiri dari plastik. Fungsi utamanya sebagai bahan pengawet makanan  yang bekerja menahan kelembaban udara dan melawan jamur. paling banyak gigunakan di beberapa negara Asia sebagai bahan  pengawet makanan.

Di America Emplex hanya digunakan di industry Pharmacuticle sebagai  "Bag Sealer" supaya produksi obat-obatan bisa dikirim  dengan aman dan terhindar dari kelembaban udara/cuaca dan obat terjaga. Efek Kering dari hasil bahan kimia ini bukan untuk  bahan pengawet makanan lho. Jadi jangan heran Emplex ini bisa juga dicampurkan pada kue kering dan basah yang biasa dijual

menjelang hari taya lebaran, karena dengan menambahkan emplex kue kering dan basah bisa bertahan bertahun-tahun karena ada  zat kimia yang terdiri dari unsur plastik itu tadi. Jadi jangan sampe kue lebaran yang harusnya enak dan lexat dimakan itu sudah mengandung bahan kimia plastik. Yang namanya penjual jarang mikirin kerugian dan dampak buruknya pada masyararakat yang penting kejar omzet penjualan kue
lebaran selama ramadan sebesar besarnya, makanya bisnis kue kering dan kue basah selalu menguntungkan boleh dibilang tidak  pernah rugi baik penghasil kue rumahan maupun pabrikan kue besar.

Hayo pernah denger belum ada kue expired EX lebaran yang dikembalikan dan dibuang pabrik tempat membuat dan  memproduksinya..?? rasanya tidak ada karena seandainya adapun kue kering tadi ada yang diolah dengan dicampur bahan baru lalu  diproduksi lagi..jadi rugi rasanya tidak mungkin. Buat masyarakat teliti sebelum membeli apalagi mengkonsumsi.


Semoga berguna dan jika ada msukan yang lebih detil silahkan saja.

4 komentar:

  1. thanks infonya. aku lg hobi bikin kue. berhubung mau lebaran nyari resep kastengel kok ada emplex d bahannya. bingung aku googling. ktmu blog ini. jd dpt ilmu deh. brarti klo bikin d rumh gak usah x ya....
    thank.....

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Coba deh lihat postingan saya pada labels Resetter Printer..atau tinggalkan email nanti saya kirim..

      Hapus
  3. Penulis sepertinya salah info. Emplex itu isinya adalah sodium stearoyl lactylate (SSL) yang aman dikonsumsi asal tidak melewati batas yang ditentukan oleh FDA. Jadi sama sekali bukan bahan pengawet. Bisa dibaca di site wikipedianya.
    Yang dimaksud penulis itu plastik, ada mesin untuk menutup kemasan plastik menggunakan panas, merknya emplex.

    BalasHapus

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini