Senin, 05 November 2012

Waktu kecil zaman dahulu banyak impian anak anak untuk bisa terbang, menjadi pahlawan superhero yang bisa terbang bahkan berimajinasi menjadi burung agar bisa terbang. Mungkin klo sekarang banyak impian anak anak sudah berubah, karena semua sudah ada dan tercipta tinggal gunakan, sudah berkurang kadar kreatifitasnya seperti anak anak dahulu yang jauh dari kemajuan teknogi siap pakai. Alangkah baiknya walau zaman sudah modern, ide kreatif tetap ada pada anak anak pada masa depan, artinya mereka bisa berinisiatif menciptakan sesuatu yang belum ada saat ini.

Lihat saja sekarang pesawat terbang bukan hanya impian tapi memang kenyataan yang pernah diimpikan. Karena kemajuan zamanpun manusia tidak hanya bisa terbang tapi lebih berinisiatif menciptakan pesawat terbang super canggih sebagai alat perang modern ketimbang fungsi komersil.

pesawat tempur siluman rusia
Pesawat Siluman Rusia Sukhoi PAK-FA 

Lihat saja pesawat pesawat tempur super canggih yang sudah diciptakan para pembuat pesawat tempur. Banyak ragam dan tipe pesawat tempur modern yang sudah diciptakan manusia. Sebut saja bomber Stealth F117 nighthawk atau yang populer dgn nama pesawat pembom siluman milik Amerika serikat,

Stealth F117 Ninghthawk USA
 Stealth F117 Ninghthawk USA

atau pesawat bomber lain tang bisa menyainginya buatan Rusia seperti sukhoi Pak Fa. Sekarang cina pun telah membuat pesawat tempur bomber siluman sendiri yaitu chengdu J20.  Belum lagi tipe pesawat tempur lain yang super hebat dari masa ke masa.


pesawat stealth cina Chengdu J20
Pesawat Siluman Buatan Cina Chengdu J20

Sejarah Penemuan Pesawat terbang pada awal mulanya.

Perjalanan pesawat terbang dari awal mula terciptanya hingga sampai ke bentuk yang sekarang ini cukup panjang yaitu hampir 100 tahun lebih. Bahkan ada yang mengatakan bahwa ide membuat pesawat terbang sudah ada sejak tahun 200 SM. Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya gambar-gambar pada balok atas penyangga langit-langit sebuah ruangan kuil kerajaan Mesir Kuno.

Selain itu pada tahun 1898, dari sebuah makam kuno di Saqquara, Mesir, yang diperkirakan dibuat pada 200 SM, juga telah ditemukan sebuah replika pesawat yang bentuknya mirip dengan pesawat terbang modern.

Sejarah awal terciptanya pesawat terbang yang populer di masyarakat adalah ketika seabad silam Orville Wright berhasil menerbangkan sebuah pesawat kecil di North Carolina, Amerika Serikat. Namun, penerbangan itu cuma berlangsung selama 12 menit. Walau hanya sebentar ini merupakan penerbangan pertama dengan pesawat terbang bermotor. Selain itu, penerbangan perdana ini juga merupakan moment penting yang membuka jalan menuju era penerbangan modern.

Sejarah telah mencatat bahwa penemu pesawat terbang adalah Wilbur Wright dan Orville Wright atau kadang orang-orang menyebut mereka Wright bersaudara. Ketika itu, Wright bersaudara mengamati bagaimana burung memainkan sayapnya untuk menjaga keseimbangan di udara. Mereka akhirnya memiliki ide untuk menciptakan sesuatu menyerupai burung yang menggunakan sayap agar bisa diterbangkan di udara.

Percobaan demi percobaan pun dilakukan dan kemudian pada tahun 1903 percoban mereka mendekati sempurna. Akhirnya pada tahun 1908 Wright bersaudara mampu membuktikan ke masyarakat umum bahwa mereka mampu menerbangkan pesawat buatan mereka. Wilbur Wright menerbangkan pesawatnya ke Perancis, dan membuat demonstrasi akrobatik di udara. Dia juga membuat perusahaan untuk memasarkan hasil ciptaannya. Sejak keberhasilan Wright bersaudara menerbangkan pesawat bermotornya, teknologi penerbangan maju dengan cepat.

Sebenarnya sebelum Wright bersaudara ada beberapa orang yang telah berusaha menciptakan pesawat terbang. Tapi hasil upaya mereka tidak secemerlang Wright bersaudara. Pada akhir tahun 1840-an misalnya, Sir George Cayley dari Inggris membuat pesawat terbang layang yang bisa mengangkut satu orang ketika mengudara setelah ditarik.

Kemudian pada tahun 1890-an, seorang warga Jerman, Otto Lilienthal mengudara dengan pesawat gantole dari puncak bukit. Pada tahun 1947, terjadi kemajuan yang sangat berarti. Pilot asal Amerika, Chuck Yeager berhasil menerbangakn pesawat melebihi kecepatan suara. Padahal sebelumnya, orang sangat yakin bahwa pesawat tidak akan mungkin terbang lebih cepat dari kecepatan suara.

Berikut Daftar Pesawat Tempur Yang paling Top Didunia :

  1. A-10 Thunderbolt II USA   
  2. F-22 Raptor USA   
  3. Fighting Falcon USA   
  4. AV-8 Harrier II UK   
  5. F-14 Tomcat USA   
  6. F-15 Eagle USA   
  7. F/A-18 Hornet USA   
  8. F-117 Nighthawk USA   
  9. F-4 Phantom II USA   
  10. DH.100 Vampire UK   
  11. MiG-35 'Fulcrum' USSR   
  12. Eurofighter Typhoon EURO   
  13. F-104 Starfighter USA   
  14. F-100 Super Sabre USA   
  15. MiG-31 'Foxhound' USSR   
  16. F-86 Sabre USA   
  17. MiG-25 'Foxbat' USSR   
  18. F-35 Lightning II USA   
  19. Other Not listed   
  20. F-102 Delta Dagger USA   
  21. Mirage 2000 France   
  22. Rafale France   
  23. F-84 Thunderjet USA   
  24. Shenyang J-8 China   
  25. Yak-38 USSR   
  26. F-11 Tiger USA
  27. P-80 (F-80) Shooting Star USA   
  28. F-5A/B Freedom Fighter USA   
  29. F-20 Tigershark USA   
  30. F-111 Aardvark USA   
  31. F-8 Crusader USA   
  32. F-89 Scorpion USA   
  33. JH-7 Flounder China   
  34. Hawker Hunter UK   

Kapan Pemuda dan Pemudi Indonesia bisa menyusul negara lain dalam membuat peralatan perang teknologi modern. Agar bisa jaya diudara, karena maling dari luar bisa keluar masuk lewat udara seenaknya. Biar bangsa ini bisa mengukir sejarah penemuan yang baru dalam dunia pesawat terbang dirgantara. Stop nontop Televisi yang mempertotonkan debat pembohong yang suka bohong, debat manusia yang rakus uang dan kekuasaan. Karena sepertinya hukum hanya bisa dimenangkan oleh yang jago ngomong bukan yang bener.


1 komentar:

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini