Senin, 27 April 2015

Sebuah gempa berkekuatan 7,8 skala richter melanda Nepal Sabtu dini hari, berpusat 10 mil di bawah permukaan, kurang dari 50 mil dari ibukota Kathmandu. Setidaknya 2.200 sudah dilaporkan tewas dan bahwa lebih dari 4.700 orang cedera akibat gempa. Bangunan bersejarah dan kuil hancur, meninggalkan tumpukan besar puing-puing di jalan-jalan sebagai petugas penyelamat dan tetangga bekerja untuk menemukan dan membantu mereka yang masih terperangkap di bawah reruntuhan. Berikut adalah gambar dari daerah segera setelah salah satu gempa paling kuat untuk menyerang Nepal dalam beberapa dekade.

gambar gempa nepal

Pejabat di Nepal mengatakan bahwa sebagian besar 1.931 kematian terjadi di Katmandu dan lembah sekitarnya, dan bahwa lebih dari 4.700 orang cedera. Tapi gempa menyentuh hamparan luas benua itu. Ini berangkat longsoran sekitar Gunung Everest, di mana setidaknya 17 pendaki tewas . Setidaknya 34 kematian terjadi di India utara. Bangunan bergoyang di Tibet dan Bangladesh.


Gempa bumi, dengan kekuatan 7,8 skala richter, melanda tak lama sebelum tengah hari, dan warga Katmandu berlari ke jalan-jalan dan ruang terbuka lainnya seperti bangunan jatuh, muntah awan debu. Retak terbuka lebar di jalan-jalan beraspal dan dinding bangunan kota. Sepeda Motor terbalik dan meluncur dari tepi jalan raya. Hingga Sore telah terjadi 12 gempa susulan, salah satunya berkekuatan 6,6 skala richter.


Gempa bumi besar di barat Nepal terjadi karena pergeseran lempeng tektonik antara lempeng Eurasia utara dan lempeng India. Kerusakan yang paling mengerikan pada Sabtu adalah bagian tertua dari kota, yang dipenuhi dengan kuil-kuil dan istana yang terbuat dari kayu dan batu bata unmortared.


Empat dari tujuh daerah itu situs Warisan Dunia Unesco rusak berat akibat gempa bumi: Bhaktapur Durbar Square, sebuah kompleks candi yang dibangun dalam bentuk shell Keong; Patan Durbar Square, yang dimulai pada abad ke ketiga; Basantapur Durbar Square, yang merupakan kediaman keluarga kerajaan Nepal sampai abad ke-19; dan Boudhanath Stupa, salah satu monumen Buddha tertua di Himalaya.

Bagi banyak orang, kehilangan arsitektur yang paling menakjubkan adalah sembilan cerita Dharahara Tower, yang dibangun pada tahun 1832 atas perintah Ratu. Menara ini baru-baru ini dibuka kembali untuk umum, dan pengunjung bisa naik tangga spiral ke platform melihat sekitar 200 kaki di atas kota.

Berikut gambar dan foto gempa di nepal 2015 yang diambil dari google image.



Turut berduka dan bela sungkawa kepada semua yang mejadi korban gempa di nepal dan sekitarnya. Teguran dari Sang Pencipta kepada semua ciptaan Nya agar bersabar, ihklas dan berserah diri kepada Nya.

Jika ingin mencari keluarga yang kemungkinan besar tinggal di negara nepal dan sekitarnya yang kemungkinan menjadi korban gempa, bisa memanfaatkan layanan google yaitu Google Person Finder yang beralamat situs : https://google.org/personfinder/2015-nepal-earthquake

Credit image : Omar Hava, Google Image.

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini