Minggu, 21 Juni 2015

Anda ingin didoakan malaikat kepada Allah SWT?  Coba simak beberapa kutipan beberapa riwayat dan hadist dibawah ini.  Malaikat adalah ciptaan Allah dan termasuk dalam rukun iman. Malaikat termasuk makhluk Allah SWT yang tidak dapat kita lihat, akan tetapi wajib kita yakini. Makhluk yang di ciptakan Allah SWT dari cahaya, tidak pernah berdosa dan selalu melaksanakan perintah Allah SWT. Selain itu tahukah anda bahwa malaikat juga mendoakan orang-orang yang beriman kepada Allah SWT. Siapa saja manusia yang didoakan malaikat? inilah golongan manusia yang didoakan oleh malaikat:



1. Orang yang Tidur dalam Keadaan Bersuci
Jika ingin tidur dalam keadaan bersuci, sebelum tidur anda dapat mensucikan diri dengan berwudhu, lalu setelah itu lebih baik lagi jika shalat kemudian saat akan memejamkan mata, anda membaca doa tidur dan syahadat. Dari Abdullah bin Umar ra. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: “Barang siapa yang tidur dalam keadaan bersuci, maka malaikat akan bersamanya didalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa: Ya Allah, ampunilah hambamu, si Fulan, karena tidur dalam keadaan suci.” (HR. ibnu hibban)

2. Orang yang Duduk Menunggu Waktu Shalat
Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: “Tidaklah salah seorang diantara kalian yang duduk menunggu waktu shalat selama ia dalam keadaan suci, melainkan para malaikat akan mendoakannya:Ya Allah sayangilah ia” (HR. Muslim).

3. Orang-Orang yang Berada di Shaf Terdepan di Dalam Shalat Berjamaah
Dari al-Barra bin Azib ra. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikatnya bershalawat untuk (orang-orang) yang berada pada shaf-shaf terdepan.” (HR. Abu Dawud)

4. Orang-Orang yang Menyambung Shaf Pada Saat Shalat Berjamaah
Hal ini sering disepelekan oleh jamaah yang shalat berjamaah. Padahal Rasulullah SAW telah bersabda, yang artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu bershalawat untuk orang-orang yang menyambung shaf-shaf.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan al-Hakim)

5. Para Malaikat Mengucapkan “Amiin” ketika Seorang Imam Selesai Membaca al-Fatihah
Yang satu ini mudah sekali dilakukan, cukup mengucap “amiin” setelah imam selesai membaca surah al-Fatihah. Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: “Jika seorang imam membaca: ‘ghairil maghdhubi alaihim waladh-dhallin maka ucapkanlah oleh kalian: amiin, karena barang siapa ucapannya bertepatan dengan ucapan malaikat, niscaya akan di ampuni dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari)

6. Orang yang Duduk di Tempat Shalatnya Setelah Melakukan Shalat
Pernahkah anda mendengar istilah “lamcing” shalat langsung plencing(keluar)? Istilah tersebut mungkin pernah kita lakukan jika terburu-buru beranjak dari tempat shalat kita. Untuk itu tak ada salahnya setelah shalat anda duduk seraya berdzikir, berdoa kepada Allah SWT untuk beberapa waktu saja. Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: “Para malaikat akan selalu bershalawat untuk salah satu diantara kalian, selama ia berada di tempat ia melakukan shalat selagi belum batal wudhunya (para malaikat) berdoa “Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia.” (HR. Ahmad)

7. Orang yang Melakukan Shalat Shubuh dan Asar secara Berjamaah
Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: “Para malaikat berkumpul pada saat shalat shubuh, lalu par amalaikat (yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas pada malam hari hingga shubuh) naik (ke langit), dan malaikat siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu shalat ashar dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari (hingga shalat asar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal. Allah bertanya kepada mereka, ‘bagaimana kalian meninggalkan hamba ku? Mereka menjawab “kami datang saat mereka tengah shalat dan kami tinggalkan mereka saat mereka tengah shalat. Maka, ampunilah mereka pada hari kiamat.” (HR. Ahmad)

8. Orang yang Mendoakan Saudaranya Tanpa Sepengetahuan Orang yang di Doakan
Dari Ummud Darda ra. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: “Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang terkabul. Di dekat kepalanya ada malaikat yang ditugaskan, setiap kali dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat tersebut mengucapkan amiin dan engkau pun mendapatkan apa yang dia katakan.” (HR. Muslim)

9. Orang-Orang yang Berinfak dengan ihklas
Dari abu hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: “Tidak satupun hari dimana seseorang hamba memasuki pagi harinya, kecuali kedua malaikat yang turun. Salah satu diantara keduanya berdoa, ya Allah berikanlah ganti bagi orang yang berinfak. Dan lainnya berdoa, ya allah hancurkanlah harta orang yang pelit. (HR. Bukhari Muslim)

10. Orang yang sedang Makan Sahur di bulan ramadhan
Terbiasa atau tidak, sunnah Rasul yang satu ini mendatangkan berkah tersendiri bagi yang menjalankannya. Dari Abdullah bin Umar ra. bersabda: Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk orang-orang yang makan sahur” (HR. Ibnu Hibban dan Ath-Thabarani)

11.
Orang yang sedang Menjenguk Orang Sakit
Dari ali bin abi tahlib ra. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: “Tidaklah seorang muslim menjenguk saudaranya, kecuali allah utus 70.000 malaikat yang beshalawat untuknya di bagian waktu siang kapan saja dia menjenguknya hingga sore, dan di waktu malam kapan saja dia menjenguknya hingga sore dan di waktu malam kapan saja dia menjenguknya hingga shubuh.“(HR. Ahmad)

12. Seseorang yang sedang Mengajarkan Kebaikan Kepada Orang Lain
Dari Abu Umamah al-Bahily ra. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: “Keutamaan seorang alim atas ahli ibadah bagaikan keutamaanku atas seorang yang paling rendah diantara kalian. Sesungguhnya penghuni langit dan bumi, semut yang didalam lubangnya, dan bahkan ikan, semuanya bershalawat kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain. (HR. Tirmidzi)

Wallahu a’lamu bish shawwab.

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini