Sabtu, 13 Juni 2015

Satu lagi sakit yang paling banyak dialami kita, yaitu Batu, entah itu batu kering atau batu berdahak. Batuk merupakan penyakit yang umum diderita oleh semua orang di belahan dunia mana pun. Batuk ada beberapa jenis yang bisa dibedakan dari penyebabnya. Diantaranya ada batuk kering, batuk berdahak, batuk bronchitis, batuk asma dan batuk pertusis atau lebih dikenal dengan nama batuk rejan.

Batuk terjadi karena adanya benda asing atau sesuatu yang merangsang selaput lendir di tenggorokan atau cabang batang tenggorokan. Biasanya disertai dengan rasa gatal. Benda asing tersebut dikeluarkan oleh tubuh melalui batuk. Benda asing itu bisa berupa debu, alergi atau kuman.

Batuk kering adalah batuk yang terjadi  tanpa disertai dahak atau riak dan tanpa sekresi pada saluran napas. Akibatnya, terjadi iritasi pada saluran tenggorokan dan timbul rasa sakit.

Di zaman sekarang ini, banyak sekali obat batuk tersedia di pasaran termasuk iklannya di Televisi. Mulai dari yang berbahan kimia, maupun yang berasal dari ekstrak herbal. Tidak semua orang suka mnegkonsumsi obat kimia atau obat obatan lainnya. Bagi  anda yang lebih suka cara kampung atau cara alami untuk membuat ramuan tradisional untuk mengobati batuk anda. Berikut ada tips dan bisa dicoba sendiri dirumah :

1.Ramuan Asam Jawa dan Gula Merah untuk mengobati batuk.

manfaat asam jawa
Buah Asam Jawa

Bahan: 10 gram daging buah asam jawa, gula merah secukupnya, dan air panas sebanyak satu gelas.
Cara pengobatan: Daging buah asam jawa diseduh dengan segelas air panas, kemudian ditambahkan gula merah secukupnya. Minum ramuan tersebut sewaktu masih hangat.

2. Ramuan Cabe Jawa dan Madu untuk mengobati batuk

manfaat cabe jawa
Gambar Cabe Jawa
Bahan: 6 gram buah cabe jawa kering, madu secukupnya.
Cara pengobatan: Cabe jawa kering ditumbuk hingga halus, kemudian diminum bersama dengan satu sendok makan madu satu kali sehari. Lakukan pengobatan ini secara rutin sampai batuk sembuh.

3. Ramuan Jeruk Nipis untuk obat batuk.

Bahan: 1 buah jeruk nipis, kapur sirih secukupnya dan gula batu juga secukupnya.
Cara pengobatan: Buah jeruk nipis dibelah menjadi dua bagian. Bagian yang terbelah dibalur dengan kapur sirih, lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, kulit luar dibakar sampai berbuih. Air jeruk diperas, lalu tambahkan gula batu. Setelah tercampur rata, air perasan tersebut lalu diminum.

4. Buah Kapulaga untuk atasi batuk

manfaat kapulaga untuk batuk
Gambar Kapulaga
Buah kapulaga atau disebut kapol, ternyata juga berkhasiat untuk mengobati batuk. Caranya, ambil 5 butir buah kapulaga dan satu gelas air bersih. Buah kapulaga dicuci bersih, kemudian direbus dengan satu gelas air hingga mendidih. Minum air rebusan kapulaga tersebut selagi masih hangat.

5. Daun Kayu Putih untuk obat batuk.


Tanaman kayu putih biasanya diambil minyaknya untuk digunakan sebagai minyak telo yang sifatnya menghangatkan. Namun ternyata daun kayu putih juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit batuk. Caranya, rebus 10-15 gram daun kayu putih dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Kemudian airnya diminum sekaligus selagi masih hangat.

6. Obat Batuk Berdahak

Batuk berdahak disebabkan oleh adanya peradangan pada lapisan lendir saluran pernapasan. Ada batuk berdahak akut karena infeksi disebabkan oleh bakteri atau virus, misalnya tubercolosa, influenza, dan campak.

Ramuan ala kampung untuk batuk berdahak :

Bahan:
  1. Air jahe dua sendok makan, 
  2. Air kunyit 2 sendok makan, 
  3. Perasan air satu buah jeruk nipis, 
  4. Madu asli satu sendok makan.
Cara membuatnya :

Parut jahe dan kunyit lalu campurkan dengan sedikit air dan saring untuk menghasilkan air jahe atau kunyit. Peras 1 buah jeruk nipis dan saring ke dalam gelas, lalu campurkan dua sendok makan air jahe dan kunyit, serta 1 sendok madu asli. Minum ramuan tersebut setiap hari.

Semoga bermanfaat.



0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini