Kamis, 26 Januari 2012

Saponin adalah kelas senyawa kimia, salah satu dari metabolit sekunder banyak ditemukan dalam sumber-sumber alami, dengan saponin yang ditemukan dalam kelimpahan spesies tertentu dalam berbagai tanaman. Lebih khusus, mereka dikelompokkan amphipathic glikosida, dalam hal fenomenologi, dengan sabun berbusa-seperti yang mereka hasilkan ketika terguncang dalam larutan berair, dan, dalam hal struktur, oleh komposisi mereka satu atau lebih gugus hidrofilik glikosida triterpen dikombinasikan dengan lipofilik derivatif Sebuah contoh siap dan terapi relevan adalah digoksin agen kardio-aktif, dari foxglove umum.

Struktural variasi dan biosintesis

Para aglycone (glikosida bebas sebagian) dari saponin yang disebut sapogenins. Jumlah rantai sakarida melekat pada inti sapogenin / aglycone dapat bervariasi - sehingga menimbulkan dimensi lain dari nomenklatur (monodesmosidic, bidesmosidic.

Seperti yang bisa panjang rantai masing-masing. Sebuah kompilasi agak tanggal memiliki kisaran panjang rantai sakarida yang 1-11, dengan angka 2-5 yang paling sering, dan dengan rantai sakarida baik linier dan bercabang yang diwakili  Diet monosakarida seperti D-glukosa dan D. -galaktosa adalah salah satu komponen yang paling umum dari rantai melekat.

Para aglycone lipofilik bisa salah satu dari berbagai macam struktur polisiklik organik yang berasal dari penambahan seri sepuluh-karbon (C10) unit terpene untuk menyusun kerangka C30 triterpen,  sering dengan perubahan berikutnya untuk menghasilkan C27 kerangka steroid  subset dari saponin steroid yang telah disebut saraponins;.  turunan Aglycone juga dapat menggabungkan nitrogen, sehingga beberapa bahan kimia saponin juga hadir dan karakteristik farmakologi produk alami alkaloid.

saponins


Gambar di atas menyajikan struktur alkaloid solanin phytotoxin, sebuah, monodesmosidic bercabang-sakarida saponin steroid. (Struktur steroid lipofilik adalah rangkaian terhubung enam dan lima cincin beranggota di kanan struktur, sementara yang kaya oksigen tiga cincin gula di sebelah kiri dan di bawah. Perhatikan atom nitrogen dimasukkan ke dalam kerangka steroid di kanan. )

Sumber dari saponin

Saponin secara historis telah dipahami sebagai tanaman yang diturunkan, tetapi mereka juga telah diisolasi dari organisme laut . Saponin memang ditemukan dalam banyak tanaman, dan memperoleh nama mereka dari pabrik soapwort ( Genus saponaria, Keluarga Caryophyllaceae), akar historis yang digunakan sebagai sabun . Saponin juga ditemukan dalam keluarga Sapindaceae botani, dengan genus yang mendefinisikan Sapindus (soapberry atau soapnut), dan dalam keluarga Aceraceae terkait erat ( maple) dan Hippocastanaceae (chestnut kuda; ref diperlukan).

Hal ini juga ditemukan sangat di Gynostemma pentaphyllum (Genus Gynostemma, Keluarga Cucurbitaceae) dalam bentuk yang disebut gypenosides, dan ginseng (Panax Genus, Keluarga Araliaceae) dalam bentuk yang disebut ginsenosides.

Dalam keluarga-keluarga, kelas ini senyawa kimia yang ditemukan di berbagai bagian tanaman: daun, batang, akar, umbi, bunga dan buah [kutipan diperlukan] Komersial formulasi dari tanaman saponin - misalnya, dari kulit sabun (atau. soapbark) pohon, Quillaja saponaria, dan dari sumber-sumber lain yang tersedia melalui proses manufaktur dikontrol, yang membuat mereka dari digunakan sebagai reagen kimia dan biomedis. Peran dalam ekologi tanaman dan dampak pada hewan mencari makan

Pada tumbuhan, saponin dapat berfungsi sebagai anti-feedants,  dan untuk melindungi tanaman terhadap mikroba dan jamur [kutipan diperlukan] saponin Beberapa tanaman (misalnya dari oat dan bayam) dapat meningkatkan penyerapan gizi dan membantu pencernaan hewan. . Namun, saponin sering pahit secukupnya, dan sehingga dapat mengurangi palatabilitas tanaman (misalnya, dalam pakan ternak), atau bahkan mengilhami mereka dengan mengancam kehidupan hewan toksisitas.

Data yang membuat jelas bahwa beberapa saponin yang beracun bagi organisme berdarah dingin dan serangga pada konsentrasi tertentu. Ada kebutuhan untuk penelitian lebih lanjut untuk menentukan peran produk-produk alami dalam organisme tuan rumah mereka, yang telah digambarkan sebagai "kurang dipahami" sampai saat ini.

Saponin dalam etnobotani

Kebanyakan saponin, yang mudah larut dalam air, yang beracun bagi ikan . Oleh karena itu, dalam etnobotani, saponin terutama dikenal untuk penggunaannya oleh masyarakat adat dalam memperoleh sumber makanan akuatik.

Sejak zaman prasejarah, budaya di seluruh dunia telah menggunakan tanaman piscicidal, sebagian besar mereka mengandung saponin, untuk memancing

Meskipun dilarang oleh hukum, racun ikan tumbuhan masih banyak digunakan oleh suku-suku asli di Guyana. Di sub-benua India, suku-suku Gond dikenal untuk penggunaan ekstrak tanaman dalam penangkapan  racun ikan.

Banyak suku-suku asli California Amerika secara tradisional digunakan soaproot, (genus Chlorogalum), yang berisi saponin, sebagai racun ikan. Mereka akan menghancurleburkan akar, pencampuran dalam air untuk membuat busa, dan kemudian menambahkan busa ke sungai.

Hal ini akan membunuh atau melumpuhkan ikan, yang dapat diperoleh dengan mudah dari permukaan air. Di antara suku-suku menggunakan teknik ini adalah Lassik, yang Luiseño, para Yuki, Yokut, para Chilula, yang Wailaki, Miwok tersebut, Kato itu, Mattole itu, Nomlaki dan Nishinam tersebut.

Salah satu penelitian penggunaan saponin kelas produk alami melibatkan kompleksasi mereka dengan kolesterol untuk membentuk pori-pori di bilayers membran sel, misalnya, dalam sel darah merah (eritrosit) membran, di mana kompleksasi menyebabkan lisis sel darah merah (hemolisis) pada injeksi intravena.

Selain itu, sifat amphipathic kelas memberi mereka aktivitas sebagai surfaktan yang dapat digunakan untuk meningkatkan penetrasi makromolekul seperti protein melalui membran sel.  Saponin juga telah digunakan sebagai adjuvan dalam vaksin.

Saponin dari tanaman Gypsophila paniculata (Nafas Bayi) telah terbukti sangat signifikan menambah sitotoksisitas immunotoxins dan racun ditargetkan lain ditujukan terhadap sel kanker manusia. Kelompok penelitian Profesor Hendrik Fuchs (Universitas Charite, Berlin, Jerman) dan Dr David Flavell (Southampton General Hospital, Inggris) bekerja sama menuju pengembangan saponin Gypsophila untuk digunakan dalam kombinasi dengan immunotoxins atau racun lainnya yang ditargetkan untuk pasien dengan leukemia , limfoma dan kanker lainnya.
[Sunting] Kedokteran menggunakan

Ada yang luar biasa, promosi komersial didorong [kutipan diperlukan] dari saponin sebagai suplemen diet dan nutriceuticals. Ada bukti dari kehadiran saponin dalam persiapan obat tradisional, [ di mana administrasi lisan mungkin diharapkan mengarah kepada hidrolisis glikosida dari terpenoid (dan obviation dari setiap toksisitas terkait dengan molekul utuh). Tapi seperti yang sering terjadi dengan luas klaim terapi komersial untuk produk alami:

    * Klaim untuk manfaat organisme / manusia sering didasarkan pada sangat awal studi biologi biokimia atau sel
    * Menyebutkan umumnya dihilangkan dari kemungkinan sensitivitas kimia individu, atau toksisitas umum agen khusus,  dan toksisitas tinggi kasus yang dipilih.

Sementara pernyataan semacam itu memerlukan tinjauan konstan (dan meskipun web segudang mengklaim sebaliknya), tampak bahwa ada sangat terbatas AS, Uni Eropa, dll lembaga-disetujui peran untuk saponin dalam terapi manusia. Dalam penggunaan mereka sebagai adjuvant dalam produksi vaksin, toksisitas terkait dengan kompleksasi sterol tetap menjadi isu utama untuk menarik perhatian. 

Bahkan dalam kasus digoksin, manfaat terapeutik dari cardiotoxin adalah hasil administrasi hati-hati dosis yang tepat. Perawatan yang sangat besar harus dilakukan dalam mengevaluasi atau bertindak atas klaim spesifik dari manfaat terapeutik dari memakan produk alami saponin-jenis dan lainnya.

Tumbuhan lain penghasil saponins adalah bunga mahkota dewa, dan dalam beberapa penelitian dengan komposisi yang pas dari ekstrak tumbuhan mahkota dewa dapat menghambat dan menangkal flu burung, kemudian dari banyak penelitian dipastikan vaksin flu burung dibuat dari tumbuhan dengan kandungan saponins inilah.


0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog

Visitor

Popular Posts

Donate To Me On Paypal

https://www.paypal.me/riyanto1971