Senin, 14 Oktober 2013

Idul Adha atay hari raya kurban atau hari Raya Haji, adalah sebuah hari raya bagi semua pemeluk agama Islam sedunia. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim A.S (Abraham), yang diuji Allah SWT melalui anak tercintanya untuk disembelih. karena kecintaan dan pengabdiannya kepada Allah SWT, ijian yang berat yang harus dihadapi seorang bapakber ketika Allah memerintahkan dirinya untuk mengorbankan anak tercintanya dengan cara disembelih. Hal yang sulit dihadapi Nabi Ibrahim A.s apalagi perintah yang diterima untuk mengorbankan putranya Ismail datangnya dari mimpi. Siapapun sulit untuk menghadapinya apalagi jika terjadi saat ini, disaat kebanyakan iman kita mulai banyak godaannya. Pilihan yang sulit diterima akal sehat bagi seorang realitis yang semua selalu mengandalkan pikiran ketimbang keimanan. Tapi toh petunjuk dan perintah Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS bisa diterima dan dilaksanakannya Karena Nabi dekat dengan Tuhannya, maka mukjizat selalu terjadi, Sampai ketika proses penyembelihan berlangsung maka Allah datang dengan Kekuasaannya  dengan menggantikan Nabi Ismail yang disembelih Ayahnya Nabi Ibrahim AS, diganti dengan domba.

Sejak saat itu tiap tahun umat mussmlim dunia memperingati hari raya kurban, Pada hari raya kurban umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama sama, seperti ketika merayakan Hari Raya Idul Fitri. Sehabis shalat idul adha, baru dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.



Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Pusat perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina,  dekat Mekkah. Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji. Hari Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji.

Umat Islam meyakini, bahwa inti dari ibadah Haji adalah wukuf di Arafah, sementara Hari Arafah itu sendiri adalah hari ketika jamaah haji  di tanah suci sedang melakukan wukuf di Arafah. Penyembelihan hewan kurban pada perayaan hari raya kurban bagi umat Islam bukan ritual atau persembahan kepada dewa dewa, atau persembahan kepada hal hal yang berbau klenik. Tapi semata mata napak tilas bagi bagi peristiwa yang menimpa dan terjadi pada Nabi Ibrahim AS. Bukan darah atau daging hewan kurban sebagai ukuran, atau bukan kemampuan menyembelih  hewan kurban tiap tahun bagi seorang pemeluk muslim, tapi ke ikhlasan dan keimanan seseorang kepada Allah SWT yang utama. Berhajipun atau menunaikan ibadah ke tanah suci tiap tahun bukan ukuran keimanan seseorang, tapi haji mabrur lah yang sangat mulia hadapan Allah. Karena haji ibarat kuliah dan ingin mengejar status sarjana yang diinginkan, asal punya duit bisa kuliah dimanapun dan bia mendapat gelar sarjana apapun. Haji adalah kewajiban bagi umat Islam yang mampun karena ibadah haji adalah bagian dari rukun Islam yang ke-5.

Jadikan hari raya kurban untuk mempererat tali silatuhrahmi bagi semua Islam dan sesama manusia. Berkurbanlah dengan rasa ikhlas dan karena rasa syukur kepada Allah SWT. Bukan karena ingin pujian, bukan karena ingin dipandang sebagai orang yang mampu dan banyak uang. Kenapa hewan yang harus dikurbankan tiap hari raya idul adha? Yang jelas penyembelihan hewan kurban sebagai simbol untuk menghilangkan sifat hewan yang terkadang melekat pada kebanyakan manusia. Manusia memiliki derajat yang lebih mulia ketimbang mahluk lain, tidak seperti hewan bahkan seperti hewan kurban entah itu kambing, sapi domba, yang kepala dan tempat kotorannya sama tingginya.

Selamat hari raya Idul adha 1434H tahun 2013 bagi semua sahabat Blog  Cybermales yang beragama Islam diseluruh dunia, Mohon maaf lahir dan bathin, jika ada salah kata atau penulisannya atau materi postingan yang tidak berkenan dihati. Kepada Allah SWT admin Cybermales mohon ampun.

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini