Rabu, 19 Maret 2014

Di sudut antara Northwest 46th Street dan 15th Avenue Ballard Seattle, ada pemandangan tidak lazim yang mungkin menarik perhatian banyak orang yang melintas disekitarnya. Ada sebuah rumah tua kecil unik yang terjepit antara Trader Joe dan LA Fitness yang bisa disebut rumah legendaris Macefield House, Rumah kecil yang dipagari dinding beton gedung tinggi di tiga sisi, rumah milik seorang nenek tua Edith Macefield,seorang wanita tua yang dianggap keras kepala yang terkenal menolak untuk menjual rumahnya bagi sebuah kompleks komersial.

 Macefield House, Ballard Seatle

Nenek simbol perlawanan rakyat miskin pada sebuah pengembang properti di kota Ballard Seatle Amerika, Publisitas seputar kasusnya begitu luas sehingga memaksa pengembang untuk membangun gedung lima lantai di sekitar rumah nya 108 tahun. Pada tahun 2009, rumah yang disebut ikon Macefield itu menjadi inspirasi film tahun 2009 oleh Pixar dengan judul "UP".


 Film Animasi "UP"

Saya tidak ingin pindah. Saya tidak butuh uang, Uang tidak berarti apa apa buat saya, begitulah ucapnya.Dia terus tinggal di rumah tua kecil yang dibelinya pada tahun 1950 sampai kematiannya pada tahun 2008, bahkan Ketika crane menjulang tinggi di atas atap rumahnya dan dinding beton mulai dibangun dia tetap saja tidak beranjak pergi atau menjual rumahnya walau dibeli dengan harga diatas pasaran.

Nenek Macefield tidak menentang kemajuan sama sekali,  dia hanya berpikir dia sudah terlalu tua untuk bergerak dan pindah ketempat lain. Selama pembangunan, nenek tua Macefield bersahabat dengan Barry Martin, pengawas senior proyek konstruksi delat rumahnya. Martin menghabiskan dua tahun merawat Macefield tua yang kesehatannya menurun. Dia memberinya makan, tinggal sepanjang malam dengan dia, mendengarkan cerita luar biasa tentang dirinya sebagai mata-mata dalam Perang Dunia II, tentang melarikan diri dari sebuah kamp konsentrasi, tentang bergaul dengan Jean Harlow dan Charlie Chaplin. Dia membersihkan rumahnya, memandikannya, membawanya ke dokter.

Pada bulan Juni 2008 nenek tua Macefield meninggal dunia karena kanker pankreas, Macefield memberikan rumah penggalannya kepada Barry Martin. Dia kemudian menjual rumah tersebut kepada Greg Pinneo seharga $ 310.000, lalu mengubahnya menjadi kantor untuk menjalankan real estate perusahaannya. Pada bulan Oktober 2012, rumah menjalani proyek renovasi, jendela dipasang dan loteng diperluas untuk membuat ruang untuk kamar tidur dan kamar mandi.

Begitulah kisah rumah legendaris Macefield yang ada di ballard Seatle Amerika. Bisa dijadikan renungan buat banyak orang, rumah yang melambangkan kesetiaan dan kecintaan. betapapun pesatnya kemajuan zaman dan perkembangan dunia perkotaan dimanapun, selalu bermuara diantara uang, keperluan dan keserakahan. Banyak bangunan bersejarah dinegeri inipun telah hancur tidak berbekas, bahkan kuburan tuapun terkadang sudah tidak dihargai demi uang dan perkembangan pembangunan kota modern. Semua demi dan karena duit, maka tak salah kata Bang Virgiawan Listanto alias Bang Iwan Fals dengan lagu yang pernah populer berjdul "BONGKAR" ..OO yao, yao..ya Bongkar. Yang melawan ikut digasak, digosok, digesek biar nyerah. tidak jelas yang mana yang berseragam yang mana preman ganas.

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini