Senin, 12 Desember 2011

Tehnik Dan Cara Menentukan Titik Sumber Mata Air Sumur Bor Dengan metode Daun Pisang Dan Garam

Di musim penghujan seperti sekarang rasanya tidak sulit mendapatkan air, terutama buat penduduk yang belum memiliki jaringan air bersih dari perusahaan air minum daerah setempat ataupun mereka yang memanfaatkan air sumur.
 
Terkadang air disumur juga terkadang tidak begitu baik jernih apalagi bersih, tetapi ada juga sebagian orang yang tinggal diperkotaan ingin mendapatkan air dari sumur tapi yang agak simple seperti sumur bor karena tidak memerlukan diameter lubang sumur yang besar seperti sumur sumur konvensional yang besar dan dalem tapi cuma sebatang pipa yang menonjol dan di pasang keran air atau dipasangpompa air. inilah yang disebut sumur bor, sumur yang dihasilkan dengan jalan memasukan pipa kedalam tanah dan mata bor pada titik titik tertentu yang dianggap memiliki sumber mata air.


Kegagalan sering terjadi tidak ditemukannya sumber mata air artinya pipa tidak menyemburkan air ketas
walau kedalaman pipa yang dimasukan kedalam bumi / tanah sudah lumayan dalam mungkin 15 meter atau 20 meter. Untuk membuat sumur air yang baik perlu diperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Pemilihan lokasi sumur yang baik
Tidak berdekatan dengan wc / toilet / kamar mandi agar tidak terjadi kontaminasi saluran pembuangan dengan jaringan sumur air tanah. Jarak yang tepat untuk memisahkan antara lubang sumur air yang akan dibuat dengan toilet yang terdekat adalah minimal 5 meter jika tanah di sekitar lokasi adalah tanah liat dan minimal 7,5 meter jika tanahnya berpasir.
2. Konstruksi sumur air yang sesuai standar
3. Membuat dinding tembok bagian atas pada jarak 3 meter dari permukaan tanah agar tidak terjadi perembesan air dari permukaan tanah yang akan merusak dan mengkontaminasi kualitas air bersih.
4. Pada bagian atas sumur air / sumur bor diberi tutup supaya tidak kemasukan kotoran yang bisa merusak air yang bersih menjadi kotor.
5. Gunakan kaporit sebagai disinfektan dengan takaran dosis 1 gram per 100 liter untuk membunuh kuman dan bakteri yang merugikan kesehatan tubuh kita jika menggunakan ember atau timba.

Mungkin buat kita yang awam pasti bingung dimana bisa menemukan titik titik tertentu pada tanah yang diyakini memiliki sumber mata air. karena kegagalan menemukan titik mata air buat sumur bos berarti tidak akan ada air yang keluar dari bumi dan menyembur keatas.
 

Berikut ada tips sederhana dari orang orang yang biasa bergelut pada pekerjaan membuat sumur bor, mereka menggunakan teknik analisa lapangan dahulu
sebelum melakukan pengeboran.

1. Teknik menentukan titik sumber mata air sumur bor dengan menggunakan garam..kok bisa..??
begini maksudnya : garam tidak harus garam beryodium lho ini karena bukan buat dimakan, tapi garamnya nanti suma diletakin di tanah yang di indikasi memiliki sumber mata air.
Caranya : kira kira jam 7 atau jam 8 malam letakanlah 1-2 genggam garam dan tutup rapat dengan kaleng bekas susu yang sebagian sisinya terbuka dan bagian sisinya tertutup.
pada tempat yang akan digali atau di bor. kemudian pada pagi harinya silahkan lihat garam tsb, jika habis atau tinggal sedikit berarti pada titik tsb ada sumber airnya.
jika perlu taruhlah garam dan kaleng tersebut pada beberapa titik sekaligus dan lihatlah pada titik mana yang garamnya paling sedikit.

2. Tehnik daun pisang menentukan titik sumber mata air bor.
Jangan mikir jauh jauh soal daun pisang ini karena bukan tehnik mbah dukun tapi analisa kelembaban.
Ambillah beberapa lembar daun pisang dan taruhlah pada beberapa titik yang akan di bor atau digali pada sekita jam9 atau jam 10 malam.

Pagi harinya silahkan lihat embun yang menempel pada daun pisang tersebut (pada bagian bawah daun tadi). Semakin banyak embun yang menempel semakin banyak debit air bawah tanah tersebut.
Namun jika daunnya tetap kering berarti tidak ada sumber air di bawah daun tersebut jadi harus dicari lokasi lain sampai tepat.

Keterangan sekalian catatan :
Tehnik Dan Cara Menentukan Titik Sumber Mata Air Sumur Bor Dengan metode Daun Pisang Dan Garam ini adalah semata mata untuk mengetahui sumber air. Tentang hasil airnya apakah baik ataukah jelek tidak akan diketahui hingga proses pengeboran selesai..

Semoga bermanfaat untuk sesama dan mari manfaatkan air sebaik baiknya.

Related Posts:



17.46.00

13 komentar:

  1. mari kita lestarikan sumber daya air demi keberlangsungan hidup makhluk hidup. :)

    BalasHapus
  2. info yang menarik buat di simak, ...

    BalasHapus
  3. Dalam kondisi kekeringan seperti ini...
    Teknik mencari air dengan sumur bor sangatvdibutuhkan.
    Makasih infonya...

    BalasHapus
  4. maksudnya garang dimasukan didalam kaleng susu kemudian ditutup rapat dan diletakkan di titik yg akan di bor ya bos,...???

    BalasHapus
  5. Tidak kawan, garamnya diletakan diatas tanah yang gak ada rumputnya, tapi tehnik ini sulit diterapkan jika sudah datang musim penghujan.

    Demikian sobat semoga bisa dipahami.

    BalasHapus
  6. silahkan cek website kami :
    www.drillingdeepwell.com
    www.borsumurartesis.com
    www.borartetis.com
    www.artetistirtaalam.com

    salam sukses

    BalasHapus
  7. sory nih bos,ane mw koment sdkit..
    mngkin bner scra teori sperti itu,tpi pda knyataannya sumber air bawah tanah itu smua sama,yg mmbedakannya hanya kdalaman pngeboran aja.jdi saya sipulkan dmnapun titiknya smua trgantng dari lokasi trsbt.thnk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bang, dengan dibantu teori diatas akan menghemat waktu. biaya dan tenaga.
      karena pekerjaan jadi lebih mudah, dan tidak repot mencarinya, makasih atas kunjungannya..

      Hapus
  8. anda mau mustika lipang hub ki jaya di 085342064735

    BalasHapus
  9. Sangat bermanfaat jadi tambah ilmu...
    mohon izin share gan...
    terima kasih

    BalasHapus
  10. mantap.. buka juga :
    www.jasasumurbordalam.com

    BalasHapus

This Blog Member Of : DMCA, Kaskus, Viva, Lintasme, Kompasiana