Rabu, 08 Desember 2010


Ada yang menarik pada saat merepair LCD monitor merk LG model  L753.

Problemnya adalah power supply nyala sebentar kemudian mati total.
Lalu seprti biasa casing  di buka ,lalu diambil bagian power supply +inverter nya ,setelah saya teliti lebih lanjut ternyata power supply ini kalau tidak dikasih beban bekerja normal ,Seperti biasa kita ambil jurus  kasih beban dengan lampu pijar ,kebetulan ada motor yang lagi parkir ,kita ambil saja lampu pijar untuk bagian sign nya (lampa tanda belok kiri ) tercatat di lampunya 12V 10W ,Lalu lampu pijar tersebut kita solder di tegangan output 12V ,lalu steker AC cord nya dimasukan ke jala PLN ,dan ternyata lampu pijarnya nyala normal .lalu setelah itu kita lepaskan lagi lampu yang dipasang di tegangan 12V tadi dan dipindahkan ke output yang 5V ,lalu kita colokin AC cord nya dan ternyata lampu pijarnya nyala sebentar kemudian mati , dan power supply pun tidak mau di restart  ,alias mati total .di coba dicolokin lagi steker nya ke jala PLN ,eh ternyata tetap tidak mau nyala lampu pijarnya .Waduh apanya yang rusak ya?

Seperti biasa kita pelajari service manualnya lalu kita pelajari skema nya .dan di coba di analisa ,memperkirakan atau menerka komponen yang rusak yaitu ic ,fet,transformator ,photo coupler,dan ic error amp .Kemudian saya pun memutuskan mengambil jurus
ganti dulu baru mikir   Kalau  biasa nya kan mikir dahulu baru ganti komponen .
Kalau belum sembuh juga saya punya rencana pakai jurus pamungkas yaitu mengganti dengan rangkaian modifikasi  ,Namun berhubung power supply ini saya masdih menyimpan stock spare part nya  ya terpaksa pakai jurus ganti dulu baru mikir

  
Lantas saya ganti komponen nya mulai dari ic LAF0001 dan transistor FET nya . kemudian t trafo ,photocoupler dan kia431 nya Setelah di ganti  semua  komponen tersebut diatas ternyata problemnya masih juga tidak sembuh .lantas komponen pasif pun saya ganti semua ,namun masih juga belum sembuh ,puyeng nih kalau semua komponen di ganti kok masih belum ok .

Akhirnya saya punya perkiraan begini ,ic smps yang seperti  ini mempunyai cara kerja yang berbeda dari generasi sebelumnya ,yaitu pada saat start suply untuk VCC IC nya di ambil dari tegangan 290 volt ,sesaat setelah nyala maka VCC di ambil dari trafo switching .
Kalau yang generasi terdahulu biasa nya VCC nya diambil dari teganagan DC 290V tanpa dilepas meskipun power suply sudah bekerja ,maka saya pun berinisiatip untuk menyambung VCC (kaki 7 ic ) ke tegangan 290V atau ngambil dari kaki 1 IC LAF0001, lantas untuk membatasi tegangan VCC nya saya pasang diode ZENER  dan resistor 47k ,namun saya mau pasang resistor 47k saya cari cari kok tidak ada .lalu saya pasang diode zener di kaki 7 dengan zener 18 v  (,tanpa resistor,)iseng iseng saya coba ac cord nya saya masukan ke stop kontak PLN , eh ternyata lampu yang terpasang di tegngan 5 volt outputnya nyala terus tanpa padam , saya jadi penasaran lalu saya lepas ac cord nya dan di pasang lagi ,eeeh ternyata penyakitnya sembuh .lantas saya pasangkan ke panel lcd nya dan ternyata nyala normal . Saya bingung karena saya tidak yakin ,takut LCD nya mati lagi ,setelah itu saya coba lepas ZENER yang tadi saya pasang dan ternyata  problemnya kambuh lagi , Akhirnya saya putuskan untu tetap memasang ZENER di kaki 7 IC LAF 0001 .dengan zener 13 volt,namun yang tertera zenernya 18 volt ,soalnya pada awalnya saya coba pasang dengan yang 18 V ,tapi pada akhirnya saya pasang Zener 13 Volt .
Namun dalam hati saya masih was was ,jangan jangan kembali lagi pesawatnya ke bengkel ku ! Aduh gimana ya ? 

Ya sudah lupakan saja , saya ambil kesimpullan bahwa kalau menemukan kerusakan diatas coba saja pasang zener di kaki VCC IC LAF0001 dengan ZENER 13VOLT .

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog

Visitor

Popular Posts

Donate To Me On Paypal

https://www.paypal.me/riyanto1971