Sabtu, 29 September 2012

Buku Dibawah Bendera Revolusi ini merupakan jilid pertama cetakan ketiga terbitan tahun 1964.
Buku ini diterbitkan untuk memberi pemahaman ilmiah mengenai sejarah perjuangan revolusi Agustus 1945 dan  tujuan perjuangan kemerdekaan dimasa lampau.

Banyak dari isi buku dibawah bendera revokusi ini berisi tulisan bapak proklamator Indonesia yang menjadi
presiden pertama Republik Indonesia. Karena kegemarannya menulis yang mulai aktif ketika Bung Karno ( Ir.  Soekarno ) masih belajar di Hogere Burgerschool ( H.B.S ) Surabaya. kegemeran beliau berlanjut ketika bung  Karno menuntut ilmu dan menjadi mahasiswa Technische Hogeschool ( T.H.S ) di Bandung.

Kemudian datanglah masa perjuangan pikiran dalam kehidupan Sukarno bersama rekan rekannya yang mendirikan  Partai Nasional Indonesia ( P.N.I ) dan Partindo atau Partai indonesia, serta saat saat bung Karno diasingkan ke pulau Endeh.

Banyak karangan karangan Bung Karno yang tidak sempet dikumpuklan apalagi disaat beliau menjalani masa  tahanan karena dibuang penjajah. dalam buku ini dikumpulkan tulisan tulisan Bung Karno yang berisi buah pikiran beliau.

Judul dalam Buku Kuno Dibawah Bendera Revolusi yang berisi 611 halaman ini antara lain :

1. Nasionalisme, Islamisme, Marxisme
2. Dimanakah tindjumu?
3. Naar Het bruine front
4. Sampai ketemu lagi
5. Dubbele les?
6. Djerit kegemparan
7. Indonesiamisme dan Pan asiatisme
8. Kongres kaum ibu.
9. Demokrasi politik dan demokrasi ekonomi
10. Kapitalisme bangsa sendiri?
11. Reform actie dan doels actie
12. Tidak peetjaja bahwa Mirza Gulam Ahmad adalah nabi
13. Tabir adalah lambang perbudakan
14. Bukan perang ideologi
15. Me muda kan pengertian Islam
16. Indonesia versus fasisme
17. Der untergang des abendlansdes
18. Masjarakat onta dan masjarakat kapal udara
19. Islam sontolojo
20. Bloedtransfusie dan sebagian kaum ulama
21. Batu ujian sejarah.
22. 1.000.000.000 extra!
23. beratnja perdjoangan melawan fasisme
24. Djingis Khan maha imperialis asia
25. Mendjadi goeroe dimasa kebangunan

Itulah beberapa daftar isi judul beberapa judul buka dibawah bendera revolusi ini.
ada sebagian masih berisi tulisan tangan asli Ir. soekarno. Untuk mengenal seseorang Sukarno atau bung Karno tidak semudah memahami apa yang sering kita dengar atau apa yang orang tulis dan orang ceritakan.
 

Memahami seseorang bisa juga dengan membaca dari tulisan tangan dan perbuatannya. apapaun cerita sejarah  bangsa ini baik atau buruk yang pernah terjadi itulah hidup tiap orang tidak terkecuali Nabi, baik buruk yang  kita dengar tidak sama artinya kedekatan kita dan pemahaman kita akan kebenaran.

Admin bukan orang politik, bukan anggota parpol tapi anggota blogger Nusantara, hanya mencoba berbagi yang  rasanya baik untuk sesama generasi muda bangsa ini, dan yang saya tulis hanya rangkuman dari tulisan yang  berada dalam Buku Sejarah Kuno Dibawah Bendera Revolusi Oleh Ir. Soekarno tang diterbitkan tahun 1964. Buku ini asli adanya lihat saja tuh fotonya halau agak usang tapi semua masih dalam kondisi baik.Walau Cybermales belum lahir waktu buku ini diterbitkan tapi sedikit banyak admin bisa memahami sejarah negeri  ini. Dan kita wajib menghormati pemimpim pemimpin besar negeri ini yang telah tiada mudah dari zaman  perjuangan, masa Orla, Orba tapi gak tau dengan orde reformasi sekarang rasanya belum ada image pemimpin  besar yang bisa disamakan dengan Masa Sukarno Dan Soeharto.  Baru dua pemimpin Besar Seperti Alm. Presiden Sukarno dan Alm. Presiden Suharto yang bisa merebut hati
rakyatnya. Idola anak negeri yang disegani bangsa lain di muka bumi. Viva Indonesia.

Jumat, 28 September 2012

Talas merupakan tanaman pangan berupa herba menahun. Talas termasuk dalam suku talas-talasan (Araceae), berperawakan tegak,  tingginya 1 cm atau lebih dan merupakan tanaman semusim atau sepanjang tahun. Talas mempunyai beberapa nama umum yaitu Taro, Old cocoyam, ‘Dash(e)en’ dan ‘Eddo (e)’.

Talas atau talas bogor (Colocasia giganteum Hook., suku talas-talasan atau Araceae) merupakan tumbuhan penghasil umbi,  populer ditanam terutama di wilayah Indonesia bagian barat. Talas mirip dengan taro namun menghasilkan umbi yang lebih besar. Daun talas berbentuk perisai yang besar. Daun ini dapat digunakan sebagai pelindung kepala bila hujan. Permukaan daunnya  ditumbuhi rambut-rambut halus yang menjadikannya kedap air karena air akan mengalir langsung meninggalkan permukaan daun.

Daunnya juga sebagai pakan ikan gurame. Umbi talas dapat diolah dengan dikukus, direbus, atau digoreng setelah dipotong potong kecil. Daun talas dapat dipakai sebagai pembungkus. Daun talas juga dapat dimakan dan dijadikan pembungkus makanan  yang dikenal sebagai buntil.


Kerajaan:     Plantae
(tidak termasuk)     Monocots
Ordo:     Alismatales
Famili:     Araceae
Upafamili:     Aroideae
Bangsa:     Caladieae
Genus:     Xanthosoma

Di beberapa negara dikenal dengan nama lain, seperti: Abalong (Philipina), Taioba (Brazil), Arvi (India), Keladi (Malaya),  Satoimo (Japan), Tayoba (Spanyol) dan Yu-tao (China). Asal mula tanaman ini berasal dari daerah Asia Tenggara, menyebar ke  China dalam abad pertama, ke Jepang, ke daerah Asia Tenggara lainnya dan ke beberapa pulau di Samudra Pasifik, terbawa oleh migrasi penduduk. Di Indonesia talas bisa di jumpai hampir di seluruh kepulauan dan tersebar dari tepi pantai sampai pegunungan di
atas 1000 m dpl.

Tanaman talas mengandung asam perusi (asam biru atau HCN). Sistim perakaran serabut, liar dan pendek. Umbi mempunyai jenis  bermacam-macam. Umbi dapat mencapai 4 kg atau lebih, berbentuk selinder atau bulat, berukuran 30 cm x 15 cm, berwarna coklat. Daunnya berbentuk perisai atau hati, lembaran daunnya 20-50 cm panjangnya, dengan tangkai mencapai 1 meter panjangnya, warna pelepah bermacam-macam. Perbungaannya terdiri atas tongkol,  seludang dan tangkai. Bunga jantan dan bunga betina terpisah, yang betina berada di bawah, bunga jantan di bagian atasnya,  dan pada puncaknya terdapat bunga mandul. Buah bertipe buah buni. Bijinya banyak, bentuk bulat telur, panjangnya ± 2 mm.

Berbagai jenis talas terdapat di daerah Bogor adalah Talas Sutera, Talas Bentul dan Talas Ketan. Talas Sutera memiliki daun  yang berwarna hijau muda dan dan berbulu talus seperti Sutera. Di panen pada umur 5-6 bulan. Umbinya kecoklatan yang dapat berukuran sedang sampai besar. Talas Bentul memiliki umbinya lebih besar dengan warna batang yang lebih ungu di banding Talas Sutera.

Talas Bentul dapat dipanen setelah berumur 8-10 bulan dengan umbi yang relatif lebih besar dan berwarna lebih muda kekuning-kuningan. Talas Ketan warna pelepahnya hijau tua kemerahan. Di Bogor dikenal pula jenis talas yang disebut

Talas Mentega (Talas Gambir/Talas Hideung), karena batang dan daunnya berwarna unggu gelap. Jenis talas lain biasanya tidak  di kosumsi karena rasanya tidak enak atau gatal. Contohnya adalah Talas Sente yang berbatang dan berdaun besar, banyak digunakan untuk pajangan dan daunnya sering digunakan untuk makanan ikan. Sedang talas Bolang memunyai rasa yang gatal,  dengan batang dan daun yang bertotol-totol.

Syarat Pertumbuhan talas

a) Talas tumbuh tersebar di daerah tropis, sub tropis dan di daerah beriklim sedang. Pembudidayaan talas dapat dilakukan pada  daerah beriklim lembab (curah hujan tinggi) dan daerah beriklim kering (curah hujan rendah), tetapi ada kecenderungan bahwa produk talas akan lebih baik pada daerah yang beriklim rendah atau iklim panas.
b) Curah hujan optimum untuk pertumbuhan tanaman talas adalah 175 cm pertahun. Talas juga dapat tumbuh di dataran tinggi,  pada tanah tadah hujan dan tumbuhsangat baik pada lahan yang bercurah hujan 2000 mm/tahun atau lebih.
c) Selama pertumbuhan tanaman talas menyukai tempat terbuka dengan penyinaran penuh serta tanaman ini mudah tumbuh pada lingkungan dengan suhu 25-30 derajat C dan kelembaban tinggi.

Media tanam talas

1. Tanaman talas menyukai tanah yang gembur, yang kaya akan bahan organik atau humus.
2. Tanaman ini dapat tumbuh pada daerah dengan berbagai jenis tanah, misal tanah lempung yang subur berwarna coklat pada  lapisan tanah yang bebas air tanah, tanah vulkanik,andosol, tanah latosol.
3.  Tanaman talas untuk mendapatkan hasil yang tinggi, harus tumbuh di tanah drainase baik dan PH 5,5–6,5. Tanah yang  bergambut sangat baik untuk talas tetapi harus diberi kapur 1 ton/ha bila PH nya di bawah 5,0.
4. Tanaman talas membutuhkan tanah yang lembab dan cukup air. Apabila tidak tersedia air yang cukup atau mengalami musim  kemarau yang panjang, tanaman talas akan sulit tumbuh. Musim tanam yang cocok untuk tanaman ini ialah menjelang musim hujan,  sedang musim panen tergantung kepada kultivar yang di
tanam.

Di Indonesia tanaman talas dapat dijumpai hampir di semua daerah. Talas dapat tumbuh terus-menerus sepanjang tahun di wilayah  tropis dan subtropika, biasanya pada kondisi lembab atau tergenang. Suhu rata-rata yang sesuai berkisar antara 21oC dan 27oC.

Tanaman talas dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah,mulai dari liat seperti untuk pertanaman padi sawah, hingga tanah yang  subur, dalam dan berdrainase baik untuk produksi lahan kering. Talas merupakan salah satu tanaman sumber karbohidrat yang pemanfaatannya masih kurang sehingga perlu ditingkatkan.

Kebanyakan talas dikonsumsi sebagai makanan tambahan dalam bentuk umbi rebus, goreng atau makanan kecil lainnya. Produk  olahan umbi talas dengan bahan baku tepung talas masih terbatas karena tepung talas belum ada tersedia di pasaran. Padahal  penggunaan tepung talas memungkinkan munculnya produk.
Dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai banyaknya talas yang kurang bisa dimanfaatkan menjadi produk yang bernilai  ekonomis oleh masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka. Padahal jika dapat mengolahnya, maka dapat dihasilkan  sesuatu yang bermanfaat dan munculnya produk olahan talas yang lebih beragam.

Karboksimetil selulosa (CMC) merupakan turunan selulosa yang sering digunakan dalam industri makanan misalnya pada produk  panggang karboksimetil selulosa (CMC) dapat menstabilkan adonan, pengikat air dan peliat adonan untuk meningkatkan produk  yang lebih baik. Pembuatan roti dengan pencampuran tepung talas sebagai bahan substitusi akan mengurangi kandungan gluten adonan dimana gluten

berperan dalam pembentukan struktur roti, pengembangan adonan dan volume roti. Oleh karena itu, untuk mendapatkan produk roti  dengan mutu yang masih dapat diterima oleh konsumen perlu ditambahkan karboksimetil selulosa (CMC). Dengan penambahan  karboksimetil selulosa (CMC) maka diharapkan dapat dihasilkan mutu roti tawar yang memiliki sifat-sifat yang baik dan masih  tetap disukai.

Oleh karena itu sekarang banyak dikembangkan dan diolah menjadi bahan jadi tepung talas, banyak resep kuliner berbahan talas, mulai dari kue lapis talas, keripik talas dan sebagainya seperti yang terkenal dari bogor dan menjadi banyak inspirasi untuk  berwirausaha.  Untuk pemanfaatan langsung umbi talas yang katanya gatel klo dimakan bisa di lakukan proses pengareman atau  bahan umbi talas direndem dahulu pada air garam baru digunakan.

Semoga bermanfaat untuk semua.
Sumber inspirasi artikel : http://www.ristek.go.id
Link : http://baruresep.blogspot.com/2012/09/talas.html
Orang Islam sangat sadis terhadap ciptaan Tuhan yang namanya anjing..!! itulah banyak ungkapan yang sering didenger baik dilingkungan maupun di dunia maya, padahal Islam memandang haramnya anjing karena najis dan memakan dagingnya,anjing sendiri tidak seperti babi yang disebutkan secara gamblang dalam al qur'an tetapi hanya dimaktub dalam hadist. Hadist itu sendiri pun tidak menyebutkan anjing secara langsung melainkan disebutkan secara implisit sebagai bagian dari hewan yang bertaring.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang memakan setiap binatang buas yang bertaring, dan setiap jenis burung yang mempunyai kuku untuk mencengkeram.” (HR. Muslim no. 1934)
Jika tidak untuk dimakan, maka anjing sama seperti hewan lainnya yang tidak memiliki sifat apapun.
Anjing memang memiliki najis, namun itu hanya sebatas air liurnya saja dan bukan seluruh bagian dari tubuhnya. Najis sendiri adalah suatu kotoran yang harus dibersihkan dalam ajaran Islam.Sama halnya dengan tinja misalnya yang bersifat najis. Meskipun tinja najis, bukan berarti kita lantas menahan buang air seumur hidup untuk menghindari najis. Begitu pula dengan air liur anjing yang bersifat najis, yang perlu kita lakukan hanyalah membersihkannya.


sifat anjing yang patut dicontoh muslim

Orang Islam memeliara anjing?
Sebagian ulama berpendapat hal tersebut dibolehkan sedangkan sebagian lain berpendapat tidak boleh. Namun demikian keberadaan anjing di rumah sudah barang pasti menjauhkan keberadaan malaikat dan bahaya akan najisnya yang berkeliaran menjadi tanggung jawab tersendiri dari resiko memeliara anjing dan itu bukan suatu hal yang mudah. Coba simak hadist ini :

Rasulullah bersabda: “ Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing (2), juga tidak memasuki rumah yang didalamnya terdapat gambar (patung)” [Hadits sahih Imam Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa'i dan Ibnu Majah]

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,`Bila seekor anjing minum dari wadah milik kalian, maka cucilah 7 kali. (HR Bukhari 172, Muslim 279, 90).

Barangsiapa memanfaatkan anjing, bukan untuk maksud menjaga hewan ternak atau bukan maksud dilatih sebagai anjing untuk berburu, maka setiap hari pahala amalannya berkurang sebesar dua qiroth.” (HR. Bukhari no. 5480 dan Muslim no. 1574)

Memelihara anjing untuk menjaga ladang dan berburu diperbolehkan selama anjing tersebut tidak berada di dalam rumah. Oleh karena itu sebaiknya jika ingin memelihara anjing untuk keperluan tersebut maka perlu dibuatkan tempat tersendiri yang jauh dari lingkungan rumah.

Masih Ingat cerita tentang bagaimana seorang pelacur dengan dosanya yang menumpuk bisa masuk surga karena memberi minum seekor anjing. Ingat juga bagaimana seorang wanita masuk neraka karena membunuh seekor kucing. Pada akhirnya itu semua menunjukkan bahwa bukan makhluk itu, tetapi salah satu perbuatan kita terhadap makhluk tersebut yang mengantarkan kita kepada surga atau neraka.

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.) (99:7-8)

Pada beberapa hal Allah memperlihatkan keagungannya kepadamu dengan menciptakan anjing. Sesungguhnya anjing itu memiliki beberapa sifat yang baik, yang kalau ada pada diri manusia, tentu orang itu akan memperoleh derajat yang tinggi. Sifat sifat anjing yang baik dan patut dicontoh seorang muslim adalah:

• Banyak menanggung lapar, seperti orang-orang saleh yang rajin puasa dan sedekah.
• Tidak mempunyai tempat tertentu, seperti orang-orang tawakkal.
• Sedikit tidur di waktu malam, seperti orang- orang yang mengabiskan sepertiga malamnya untuk mendekatkan diri pada sang pencipta.
• Tidak mempunyai harta seperti orang-orang yang zuhud.
• Setia dan tidak meninggalkan tuannya sekalipun kasar terhadapnya.
• Rela di mana saja berada, seperti orang-orang yang rendah hati dan ikhlas.
• Pergi dari tempat ia diusir ke tempat lainnya, seperti orang-orang yang ridha.
• Jika dipukul dan kemudian diberi sesuatu, maka ia akan kembali tanpa ada rasa dendam, seperti orang-orang yang khusyu'.

Tidakkah engkau berhutang taubat kepada-Nya karena telah menghinakan mahluk-Nya yang memiliki kebaikan yang tidak engkau miliki ?

Anjing tidak berbeda dengan makhluk Allah SWT lainnya. Anjing tidak akan menjadi haram selama kita tidak memakannya dan tidak menjadi najis karena kita membiarkan air liurnya terkena bagian tubuh kita atau tempat lainnya, jika terkena air liurnya kita wajib membersihkannya seperti najis lain dengan tuntunan dan syarat membersihkan najis air liur anjing.Baca ini

TIADA ALLAH CIPTAKAN SESUATU DI MUKA BUMI INI DENGAN SIA SIA, DAN SETIAP APA YANG ALLAH CIPTAKAN DI LANGIT DAN DIBUMI DIDALAM TERDAPAT TANDA TANDA KEKUASAAN ALLAH BAGI KAUM YANG BERPIKIR.

Wallahu’alam

Catatan : Jika sobat lain ada yang punya pengetatahuan lebih atau dalil lain yang lebi baik silahkan ditambahkan dan jika salah silahkan dikoreksi untuk kebaikan bersama. kepada Allah SWT hamba mohon ampun.

Kamis, 27 September 2012

Indonesia berencana membeli helicopter canggih dari Amerika serikat untuk memperkuat pertaanan udara RI. 8 Helicopter Apache AH-64D Longbow yang bakal dibeli dan sekarang jadi konroversi lantaran mahalnya alat  perang udara ini. Helicopter Apache AH-64D Longbow dipersenjatai AGM-114D rudal Hellfire Longbow dari udara kedarat. Mampu  menembakan rudal dari jarak 8 km sampai 12km. Helikopter ini memiliki kapasitas 1.200 butir amunisi dan mampu  menembak 625 putaran per menit. Helicopter Apache AH64D juga dapat dilengkapi dengan rudal udara ke udara (Stinger, AIM-9 Sidewinder, Mistral dan pistol) radar denga keakuratan tinggi  serta bisa terbang siang  ataupun malam hari. Helicopter Apache AH-64D Longbow bisa membawa kombinasi persenjataan untuk misi tertentu.


helicopter apache ah64 longbow

Helikopter memiliki berat sekitar 5.165 kg, sedangkan berat lepas landas maksimum 10.433 kg. Ini demo video  dari kehebatan Helicopter Apache AH-64D Longbow :



Yang jadi masalah banyak yang protes, yang tidak setuju lantaran harga satu buah helicopter ini bisa mencapai  60M, lantas klo tidak dibeli kapan lagi indonesia bisa memperkuat pertahanan udaranya? kuat tidak suatu  negara tergantung sistem pertahanannya, Negara bisa kuat harus memiliki peralatan persenjataan yang kuat,  pertahanan yang kuat bukan untuk tujuan perang tapi melindungi kedaulatan negara Indonesia yang terpisah  pisah oleh banyak pulau.

Rasanya pemerintah melalui departemen pertahanan tidak berlebihan jika ingin membeli hekikopter ini.
Masih banyak alat tempur lain yang sudah selayaknya diremajakan, seperti pesawat tempur lain, kapal laut,
tank dan senjata jenis lainnya, bukan lantaran penting tidaknya tapi yang namanya pertahanan negara sama
pentingnya dengan kepentingan melindungi negara dan warganya. Jangan kita arus gak setuju lantaran kita ikut berpikir politik suka dan tidak suka dengan seseorang atau  partainya tapi lihatla negara ini yang semakin lama semakin lema sistim persenjataannya. Ingat indonesia  pernah menjadi negara yang memiliki pertahanan udara yang paling kuat didunia.

Dengan sistem pertahanan yang kuat rasanya negara lain pasti tidak muda menyepelehkan Indonesia.
perang gerilya rasanya suda tidak cocok lagi jika melawan musuh, perang teknologi rasanya yang harus
disiapkan dari sekarang. Termasuk mereka yang memang di bidang militer harus dibekali ilmu teknologi yang
lebih mapan jangan seperti sekarang pesawat terbang negara lain bisa hilir mudik nginjak nginjak udara dan
laut Indoesia tanpa terdeteksi lantaran Indonesia minim peralatan canggih..daripada duit negara habis dimakan koruptor mending Dukung pemerintan jika DPR tidak setuju.

Sumber gambar boeing.com.
Sumber video youtube.com

Rabu, 26 September 2012

Rainbow Cake / Kue Pelangi memang elegan dengan warna warninya dan yang pasti enak dimakan, mengundang selera  lidah dan bikin penasaran buat menyicipinya. Cocok banget dijadikan kue Ultah atau sekedar makanan ringan  disaat senggang bersama keluarga. Resep Rainbow Cake / Kue Pelangi dan cara buat Rainbow Cake / Kue Pelangi tidaklah sulit apalagi butuh skill  khusus, bisa dicoba sendiri dirumah dan bisa dimodifikasi sendiri bahan dan bentuknya, buat sobat yang ingin mencoba membuat sendiri Kue Pelangi / Rainbow Cake dirumah bisa ngikuti cara cara dibawa ini :


cara buat kue pelangi atau rainbow cake


Bahan Kue Pelangi / Rainbow Cake:

  • 10 butir telur ayam
  • 5  butir kuning telur
  • 300 gr gula pasir
  • 40 gr Cake Emulsifier
  • 225 gr tepung terigu ( baiknya diayak halus dahulu )
  • 200 gr mentega ( Yang sudah dilelehkan )
  • 6 jenis pewarna makanan (merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu) atau sesuai selera. 

 Topping Rainbow Cake:
  1. 500 gr Butter cream
  2. 1/2 sdt Citroen Essence
  3. 1/2 sdt Vanilla Essence
Bahan Butter Cream Kue Pelangi / Rainbow Cake:
  1. 5 butir telur ayam ( ambil putihnya saja )
  2. 85 ml susu kental manis
  3. 300 gr gula pasir halus
  4. 500 gr mentega/butter kocok hingga lunak.
Cara membuat Butter Cream Kue Pelangi / Rainbow Cake:
  • Masukan dan campurkan telur, susu dan gula ke dalam panci.
  • Panaskan di atas api sambil dikocok hingga mendidih dan gula mencair.
  • Kemudian angkat lalu masukan ke dalam wadah.
  • Kocok dengan kecepatan tinggi sampai dingin.
  • Masukan mentega/butter yang sudah dilunakkan.
  • Kocok terus dengan kecepatan sedang sampai berwarna putih pucat.
  • Masukan essence Citroen dan vanilla ( bisa juga air lemon segar )ke dalam adonan.
  • Selesai, Butter cream siap digunakan.
Cara membuat lapisan Kue Pelangi / Rainbow Cake:
  • Kocok telur, kuning telur, gula dan emulsifier sampai putih dan kaku.
  • Masukkan tepung terigu yang sudah diayak.
  • Masukkan mentega yang sudah dilelehkan lalu aduk perlahan.
  • Bagi adonan menjadi 6 bagian kemudian beri warna  merah, orange, kuning, hijau, biru dan ungu
  • Masukkan tiap adonan yang sudah diberi warna tadi ke dalam loyang yang berdiameter 20 cm.
  • Panggang ( kukus ) dalam oven dengan panas 200 C selama 16 menit.
  • Keluarkan dari dalam loyang dan biarkan dingin.
  • Siapkan kertas kue dibagian bawahnya.
  • Olesi dengan butter cream dibagian atasnya.
  • Susun dengan urutan dari atas sesuai selera  jangan lupa olesi dengan butter cream ditiap bagian atasnya.
  • Setelah selesai disusun baru diolesi seluruh permukaan dan sekeliling rainbow cake dengan butter cream
  • Hiasi dengan cokelat atau buah strowberry atau sesuai kreasi anda.
  • Selesai deh kue siap disantap.

Selamat mencoba.

Sumber :
http://baruresep.blogspot.com/2012/09/resep-kue-pelangi-atau-rainbow-cake.html
Yang namanya zaman memang sudah berubah dari zaman prasejarah, penjajahan, orla, orba bahkan zaman reformasi. Selalu saja ada bekas mental yang melekat pada hati anak negeri ini, ribut, sok hebat, ingin dihormati dan disegani. Adu otot dan sikap mudah dipecah belah lantaran gengsi dan harga diri sendiri maupun kelompok.

Warisan mental jebot yang masih ada dihati anak negeri ini, entah karena terlalu lama dijajah atau emang karena yang tua juga memberi contoh yang tidak bener. Tawuran pelajar bukan hanya ada sekarang, sejak beberapa zaman kebelakangpun sudah ada, jadi gak heran karena yang katanya politikus, penegak hukum juga selalu memberi contoh yang gak bener, entah tawuran fisik maupun tawuran fisiologis.

Nyawa melayang disaat mengenyam pendidikan entah itu SD, SMP, SMU bahkan mahasiswa rasanya sia sia. Karena gengsi tinggi membela nama sekolah, fakultas bahkan universitas emosi jadi meledak. entar setelah selesai juga ikut terbawa apalagi yang sudah mengakar atas nama balas dendam, rasa benci, dan ego pribadi.

Sangat disayangkan, yang tua tua juga kadang memberi contoh yang tidak baik, sifat jelek bangsa ini cuma satu yaitu mudah dihasut dan diadu domba, inilah kelemahan yang selalu dipakai penjajah dan membuat penjajah negeri ini sampai berabad abad.


tawuran

Entah karena keragaman culture dan budaya adat bangsa ini yang beragam ragam atau emang agama yang jadi benteng seseorang sudah tidak kokoh lagi, selalu ada korban untuk harga diri. tawuran antar pelajar bukan masalah ringan, berhasil tidak sebuah sekolah yang harusnya mencetak manusia berkualitas dan berguna itu yang harusnya jadi tauladan.

Yang ada sekarang khan gengsi tinggi antara sekolah bonafit dan sekolah kampungan.  Yang bonafit merasa sekolahnya berisi manusia super, super kaya, super pinter, super mahal, super paling bagus, mulai putih merah, putih biru bahkan putih abu abu.

Yang harusnya ditindak rasanya pendidik yang harusnya mendidik anak didiknya, pendidikan tidak hanya dilingkungan sekolah, bukan juga nilai akademik tujuan utama tapi mental bangsa yang besar yang saling menghargai. sekolah aktor tawuran pasti sudah melekat pada suatu sekolah yang selama ini menjadi biang keributan.

Guru sekarang harusnya jangan cuma memlalui penyaringan melalui tes CPNS belaka yang biasanya bisa diakali dengan sogok menyogok uang tertentu agar diterima menjadi PNS guru pendidik, karena guru adalah mereka yang membentuk dasar mental siswa didiknya, bayangin 12 tahun kita dibangku sekolah belum lagi jika kita meneruskan diuniversitas rasanya sudah cukup membentuk manusia berkualitas dan berbudi luhur.

Adat suku dan ras biasa juga terbawa pada bangsa ini yang bisa menjadi akar pemicu, itulah tadi yang harus dibenahi disekolah dari mental bangsa terjajah jadi mental bangsa terdepan yang tidak mudah dipengaruhi dipecah belah dan diadu domba, jangan sekolah cuma untuk menghabiskan kurikulum mata pelajaran saja apalagi cuma sekolah pencetak aktor tawuran dan premanisme.

Jumat, 21 September 2012

Menurut Barbara F. Grimes (dalam Purwo, 2000) mencatat sebanyak 706 bahasa daerah yang tersebar dari Sabang sampai Marauke. Di antara 100-an bahasa di Indonesia itu, hampir separuhnya terdapat di Irian Jaya, yaitu sebanyak 248. Tidak semua bahasa daerah yang tersebar di nusantara ini memiliki aksara untuk merekam nilai-nilai budaya yang ada dalam masyarakat pemilik bahasa itu. Bahasa daerah yang memiliki aksara adalah bahasa Jawa, Bali, Sunda, Makassar (Bugis), Batak, dan Rencong.

Salah satu bahasa daerah yang cukup beruntung adalah bahasa Makassar (Bugis). Dikatakan cukup beruntung karena bahasa daerah ini memiliki aksara yang dapat merekam atau mencatat nilai-nilai luhur (indigeneous knowledge) yang disebut pasang ‘pesan-pesan’; panngadakkang (Makassar) atau panngaderreng (Bugis) “adat istiadat”. Hasil catatan atau manuskrip tersebut disebut lontarak. Aksara Makassar (Bugis) digunakan mencatat manuskrip-manuskrip dikenal dengan sebutan aksara lontarak. Selain itu, dijumpai pula manuskrip yang ditulis dalam aksara yang dikenal dengan aksara serang.
Aksara lontarak merupakan lambang identitas daerah dan alat transformasi nilai-niiai luhur yang sangat berharga (indigenous knowledge). Aksara lontarak adalah salah satu aset kekayaan budaya yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata budaya daerah. Selain itu, dapat menjadi aset dan sumber pengembangan budaya nasional.

Selanjutnya, sebagai aset kekayaan budaya, tentu saja, perlu diketahui mengapa dinamai aksara lontarak; dari mana asal usulnya; dan niiai budaya yang terkandung di dalam lontarak tersebut. Untuk itu, makalah ini berusaha mengungkapkan hal tersebut seperti dalam uraian berikut.

Kenapa Disebut Aksara Lontarak?

Dari hasil kajian pustaka diperoleh informasi bahwa naskah kuno Makassar (Bugis) ada yang ditulis dengan aksara lontarak dan ada yang ditulis dengan aksara serang. Dinamai aksara lontarak karena memang dulu peristiwa-peristiwa ditulis pada daun lontar. Frasa daun lontar sepadan dengan raung = daun dan talak = lontar menjadi rauttalak atau rontalak dalam bahasa Makassar (dari bahasa Jawa atau bahasa Melayu). Kata rontalak mengalami proses metatesis menjadi lontarak (Basang, 1972: 10; Abidin, 1983: 109; Pelras, 2006: 232), Dalam bahasa Makassar sehari-hari dikenal dengan sebutan lekok talak.

Selanjutnya, disebut pula sebagai aksara serang (huruf Arab) karena kesusasteraan Makassar (Bugis) ditulis dalam aksara Arab sebagai pengaruh dari agama Islam dan kesusasteraan Islam yang datang ke Sulawesi Selatan pada permulaan abad ke-17 (Mattulada, 1991b: 69). Beliau menduga kata serang itu berasal dan kata Seram (Palau Seram). Dahulu orang Makassar (Bugis) selalu berhubungan dengan orang Seram yang Iebih dulu rnenerima agama Islam.

Arti Lontarak

Dalam perkembangan selanjutnya, kata lontarak dapat mengandung arti bermacam-macam sesuai dengan konteks kalimatnya. Manyambeang (1996: 32) merincinya sebagai berikut.

a. Lontarak dapat berarti aksara, seperti dalam kalimat:
Appilajaraki lontarak.
belajar dia lontarak
(dia belajar huruf lontarak)
b. Lontarak dapat berarti naskah, seperti dalam kalimat;
Ciniki ri lontaraka.
‘Lihat isi di lontarak’ (lihatlah di lontarak)
c. Lontarak dapat berarti buku bacaan, seperti dalam kalimat,
laminne lontarakna I Kukang.
‘inilah buku bacaan i Kukang’
(inilah buku bacaan (yang berjudul) i Kukang).
d. Lontarak dapat berarti catatan, seperti dalam kalimat:
Boyai ri lontarak bilanga.
`carilah pada lontarak bilang’ (Carilah pada catatan harian)

4.    Asal Usul Aksara Lontarak Makassar (Bugis)

Dari hasil penelusuran pustaka yang tersedia dijumpai beberapa pendapat tentang perkembangan aksara Makassar (Bugis). Pendapat-pendapat tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
a.    Pendapat H. Kern.
H. Kern (1882) berpendapat bahwa aksara Makassar (Bugis) bersumber dan huruf Sanskrit yang disebut Dewanagari. Aksara Dewanagari dapat dilihat sebagai berikut:


b. Dalam Kamus Linguistik susunan Kridalaksana (1982: xx) ditunjukkan silsilah aksara yang penting, seperti berikut.


Menggambarkan aksara Palawa sebagai berikut



Pendapat Matthes dan Raffles.
Holle (1882) mengutip bentuk aksara yang dikemukakan oleh Matthes dan’ Raffles, seperti berikut:
Bentuk yang dikemukakan Matthes

Bentuk yang dikemukakan Raffles



Bentuk aksara yang dikemukakan, baik Matthes maupun Raffles biasa juga disebut lontarak kuno atau het oude Makassaarche letterschrift (Mangemba dan Tenribali (Ed.), 1966: 49). Bentuk lontarak kuno dan lontarak baru dapat dikatakan jauh berbeda sehingga perlu dipertanyakan apakah lontarak kuno yang mengalami proses perubahan menjadi lontarak yang digunakan sekaran.

Pendapat Ahli Kebudayaan Bugis Makassar dari Sulawesi Selatan.
Mattulada (dalam Manyambeang, 1996: 29) merasa yakin bahwa aksara Bugis Makassar berasal dan aksara Dewanagari yang diperbaharui oleh Daeng Pamatte. Sejalan dengan pendapat itu, Basang (1972: 11) mengemukakan beberapa persamaan aksara Dewanegari dengan aksara Makassar, yaitu keduanya huruf silabis; keduanya menggunakan alat bantu untuk menyatakan bunyi /i, e, o, dan u/; keduanya ditulis dari kiri ke kanan. Adapun Yatim (1983: 5) memperhatikan susunan abjadnya. Dia mengakui bahwa pengaturan abjad lontarak telah sampai kepada kesadaran linguistik yang amat maju dan amat mirip dengan pengaturan abjad Sanskerta, yang membedakan hanya bentuknya.

Selanjutnya, Mattulada (1991a: 68-9) menjelaskan bahwa terdapat anggapan di kalangan orang Makassar (Bugis) berkaitan dengan penciptaan tanda-tanda bunyi yang kemudian disebut aksara lontarak dilatarbelakangi oleh suatu kepercayaan yang berpangkal pada mitologis orang Makassar (Bugis) yang memandang alam semesta ini sebagai bolasuji (Bugis) atau “sulapak appak” (Makassar) yang berarti `segi empat belah ketupat’. Sarwa alam ini merupakan satu kesatuan yang dinyatakan dalam simbol S = sa yang berarti seua (tunggal atau esa). Demikian pula segala tanda bunyi dalam aksara lontarak bersumber dari s = sa (Museum Nasional, 10/MP/NAS/76: 21; Mattulada, 1991: 4-85).

Simbol “s” ini menyimbolkan mikrokosmos sulapa eppana taue “segi empat tubuh manusia’. Bagian puncak terletak kepala, tangan kiri, tangan kanan; dan bagian ujung bawah adalah kaki. Simbol S itu merupakan pengejawantahan pada bagian kepala yang disebut sawwang (SW) berarti mulut. Dari mulutlah segala sesuatu dinyatakan yang disebut sadda (sd) berarti bunyi. Bunyi-bunyi itu disusun sehingga bermakna yang disebut ada (ad) berarti kata, sabda atau titah.

Segala sesuatu yang meliputi keseluruhan tertib kosmos/sarwa alam diatur melalui ada (ad). Dengan penambahan artikel definit E menjadi ada’e (adea) yang menjadi pangkal kata adek (adEE). Adek adalah sabda (penertib) yang meliputi sarwa alam (5) sehingga disebut dalam kata-kata hikmat pasang sebagai berikut.

sd mpbti adE adE mpbti gau gau mpbti tau
sadda mappabbatik ada ada mappabbatik gauk
gauk mappabbatik tau

Artinya:
Bunyi mewujudkan kata
Kata mewujudkan perbuatan
Pperbuatan mewujudkan manusia
Konsep sulapak appak inilah dapat dibentuk aksara lontarak yang biasa disebut urupu sulapak appak seperti berikut.

Pendapat lain yang bersumber dari Lontarak Patturioloanga ri Tugowaya, seperti yang disinyalir (Manyambaeng, 1996; Basang, 1972) yang berbunyi sebagai berikut.
aiyp aen krea auru aperki rp bicr timu timu ri buduk.
sbnrn mien kreaG nikn dea pmet. aiy sbnr, ay tumaill, aiytomi dea pmet aperki Iotr mksr.
…iapa anne karaeng uru apparek rapang bicara, timu-timu ri bunduka. sabannarakna minne karaenga nikana Daeng Pamatte. la sabannarak, la Tumailalang, iatommi Daeng Pamatte ampareki lontarak Mangkasarak.

(.. dialah raja yang mula-mula membuat peraturan, hukum dalam perang. Syahbandar raja inilah yang disebut Daeng Pamatte. Dia syahbandar, dia juga Tumailalang, dia jugalah Daeng Pamatte yang membuat lontarak Makassar).

Dalam lontarak di atas terdapat kata ampareki yang dapat berarti `membuat atau menciptakan’, `menjadikan atau menyederhanakan’. Jadi, apabila kata ampareki diartikan menciptakan/membuat, dapatlah diartikan membuat sesuatu dari yang belum ada menjadi ada. Dengan demikian, dapat diasumsikan bahwa aksara Makassar baru itu diciptakan oleh Daeng Pamatte yang diilhami oleh pandangan hidup orang Makassar (Bugis) sendiri, yaitu sulapak appak.

Sebaliknya, jika kata ampareki diartikan `menyederhanakan atau memodifikasi’, dapat diasumsikan bahwa Daeng Pamatte menyederhanakan atau memodifikasi dari bentuk aksara yang sudah ada sebelumnya (aksara Sanskrit/Dewanagari, huruf Pallawa, dan bentuk aksara yang dikemukakan Matthes atau Raffles) menjadi aksara lontarak baru yang ada sekarang.

Sejalan dengan penjelasan di atas, Pelras (2006: 230) dan H. Kern (dalam Manyambeang 1996: 3) beranggapan bahwa lontarak di Sulawesi Selatan ada persamaan dengan aksara yang ada di Sumatera, seperti aksara Lampung, Rejang, Batak, dan Pasemah. Berdasarkan informasi ini dapat diasumsikan bahwa ada kemungkinan aksara Makassar baru merupakan hasil penyederhanaan atau modifikasi dari aksara tersebut yang dilakukan oleh Daeng Pamatte. Bila dilihat sepintas lalu, aksara Batak, aksara Makassar, dan aksara rencong hampir serupa. Bahkan kadang-kadang agak sulit dibedakan ketiga bentuk aksara tersebut.
Di dalam buku Sejarah Melayu disebutkan tentang peperangan raja Mangkasar yang bernama Samarluki (Saman Rukka) ke Malaka dan daerah jajahannya, termasuk Batak. Peristiwa ini diceriterakan berlangsung pada masa pemerintahan Sultan Mansur Shah sekitar tahun 1440. Walaupun ia dapat dipukul mundur oleh tentara Melayu, ia berhasil membawa harta rampasan, baik berupa barang maupun tawanan perang (Brown dalam Reid, 2004: 147; Museum nasional, 10/MP/NAS/76: 24).

Tidak tertutup kemungkinan di antara para tawanan itu terdapat orang­orang Batak yang terampil menulis dan membaca tulisan Batak. Dpri merekalah orang Makassar belajar tulisan Batak tersebut. Selanjutnya, mereka meniru atau menyederhanakan huruf Batak itu sehingga berwujud tulisan Makassar sekarang.

Nilai Budaya dalam Lontarak

Sistem nilai atau nilai-nilai dalam masyarakat merupakan suatu konsep abstrak mengenai apa yang buruk dan apa yang balk. Pepper (dalam Djajasudarma 1997: 12) menjelaskan bahwa batasan nilai mengacu pada minat, kesukaan, pilihan, tugas, kewajiban, agama, kebutuhan, keamanan, hasrat, keengganan, atraksi, perasaan, dan orientasi seleksinya. Oleh karena itu, segala sesuatu yang balk dan buruk dapat disebut sebagai nilai. Nilai budaya ini diasosiasikan secara turun-temurun dari generasi yang satu ke generasi yang lain. la dianggap sebagai pedoman manusia dalam bertingkah laku dalam sistem sosialnya. Jadi, sistem nilai dapat dikatakan sebagai norma standar dalam kehidupan bermasyarakat. Djajasudarma. dkk. (1997: 13) mengemukakan bahwa sistem nilai begitu kuat, meresap, dan berakar di dalam jiwa masyarakat sehingga sulit diganti atau diubah dalam waktu singkat. Berkaitan dengan hal tersebut, Sumardjo (dalam Oktavianus 2006: 117) menyatakan sebagai berikut:

Filsafat orang Indonesia termasuk nilai budaya tersimpan di batik pepatah-petitih, di batik rumah-rumah adat, di batik upacara-upacara adat, di batik mitos-mitos tua, di balik ragam hias pakaian yang mereka kenakan, di batik tarian mereka, di balik musik yang mereka mainkan, di balik persenjataan, dan balik sistem pengaturan sosialnya.

Dari pernyataan di atas, bahasa melalui pepatah-petitih merupakan medium untuk menampilkan makna budaya yang di dalamnya terkandung nilai (value). Peribahasa merupakan bagian dari komunikasi sistem budaya (Dundes dan Arewa dalam Oktavianus, 2006: 117). Sepadan dengan pendapat itu, Duranti (1997: 25; Foley, 1997: 16) menjelaskan bahwa bahasa mengategorisasi realitas budaya. Bahasa menampakkan sistem klasifikasi yang dapat digunakan untuk menelusuri praktek-praktek budaya dalam suatu masyarakat. Model-model budaya yang dimaksud di sini mencakup mentalitas kerja, sikap, perilaku, etika, dan moral. Berikut ini diberikan beberapa contoh pepatah atau kelong yang mengandung model budaya yang dimaksud.
Motivasi Berusaha dan Bekerja

Untuk memenuhi kebutuhannya manusia diisyaratkan rajin berusaha. Kelong berikut mengandung makna yang mencerminkan motivasi berusaha sebagai salah satu praktek budaya dan paling tidak merupakan cerminan realitas sebagaimana dijelaskan Duranti di atas.

puun kutuai tauw                          punna kuttui taua
neta sulu soGon                               natea suluk songokna
tean todo                                        taena todong
titi soGo Inty                                     titti songok la natayang.

Terjemahan: Kalau orang malas
Tidak mau keluar keringatnya Tidak ada juga
Tetes keringat yang ditunggu.
Kelong di atas mencerminkan bahwa kalau orang malas bekerja, tentu saja, tidak ada hasil yang akan diperoleh. Kelong ini sepadan dengan ungkapan dalam bahasa Indonesia “Siapa yang menanam, dia akan menuai”.

Rasa Solidaritas
Solidaritas merupakan integrasi sosial yang didasarkan kepada interdependensi okupansional, persamaan-persamaan, dan bahkan juga pada perbedaan-perbedaan komplementer (Soekanto dalam Oktavinus, 2006: 119). Integrasi sosial dapat diartikan sebagai kesetiakawanan, kebersamaan, dan kekompakan dalam menghadapi suka duka.
meaki kismturu                             maekik kissamaturuk
kiemet bulo sibt                             kirnmenteng bulo sibatang
nmtumtu                                         nakmatu.-matu
bett aGod del                                    baieta anngondang dallek


Terjemahan: Mari kita bersama-sama Berdiri sebatang bambu Supaya berguna
Cara kita mencari rezki.
Kelong tersebut mencerminkan bahwa dalam mengerjakan suatu pekerjaan, sebaiknya kita mengadakan kerja sama dengan orang lain agar pekerjaan itu cepat selesai dan berhasil.
Etika, Moral, dan Sopan Santun

Etika falsafah atau hukum membedakan hal yang baik dan yang buruk dalam kelakuan manusia, sedangkan moral adalah ukuran baik buruknya tingkah laku yang menyangkut pengontrolan diri, keyakinan diri, dan kedisiplinan tindakan (Dreyer dalam Oktavianus, 2006: 124). Adapun kesopanan yang terkandung dalam bahasa mencerminkan tingginya peradaban suatu bangsa atau tingginya martabat seseorang (Poedjosoedarmo, 2001: 186). Hal tersebut dapat dilihat dalam ungkapan berikut.

nikny sulp apn tauw aiymitu niy sirin niy pecn niy pGlin n niy pGdkn nikanaya sulapak appakna tau, iamintu niak sirikna, niak paccena.
niak panngalikna, na niak panngadakkanna.
Terjemahan: Yang disebut kesegiempatan manusia ialah manusia yang memiliki harga diri, memiliki rasa kesetiakawanan, menghargai orang lain, dan memiliki sifat sopan santun.

Dalam ungkapan di atas tercermin konsep sipakatau `sating menghargai’, konsep sirik ‘harga diri’, konsep pacce ‘kesetiakawanan’, konsep panngalik ‘perasaan hormat’, dan konsep panngadakkang ‘adat-istiadat/sopan santun’. Konsep sipakatau `sating rnenghargai’ menjadi inti atau pangkal dalam interaksi sosial sesuai dengan nilai-nilai positif yang ada dalam budaya Makassar. Konsep sink `harga diri adalah suasana hati dalam masyarakat, bukan semata-mata sebagai “pertahanan martabat diri” yang ditimbulkan secara emosional dari simultan nilai-nilai khusus.

Konsep pacce `solidaritas’ adalah iba hati melihat sesama warga yang mengalami penderitaan atau tekanan batin atas perbuatan orang lain atau sejenisnya. Kedua konsep ini merupakan sikap moral yang menjaga stabilitas dan berdimensi harmonis agar tatanan sosial atau adat istiadat berjalan secara dinamis (Hamid, 2003: xii). Konsep panngalik ‘perasaan hormat adalan rasa hormat kepada seseorang atau sesuatu yang dianggap bersih dalam arti luas. Konsep panngadakkang ‘adat-istiadat adalah himpunan kaidah-kaidah sosial dalam masyarakat yang bermaksud mengatur tata tertib masyarakat (Wahid, 1992: 89). Jika seseorang berhasrat akan melakukan sesuatu, segala rencana terpuiang pada adat. Adatlah yang merupakan penentu patut tidaknya sesuatu yang akan dilakukan. Keputusan yang diputuskan sesuai dengan proses adat, maka semua pihak dapat menerimanya, sebagaimana terungkap dalam ungkapan “punna panngadakkang taena erokku, taena kulleku” `jika sudah menyakut ketentuan yang sudah diadatkan, tidak berlaku kemampuanku’.

Lontarak merupakan lambang identitas daerah, mengandung nilai-nilai luhur yang sangat berharga. Lontarak merupakan salah satu aset kekayaan budaya daerah yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata budaya.
Berkaitan dengan asal usul lontarak Makassar terdapat beberapa pendapat yang berbeda. Oleh krena itu, disarankan perlu kajian yang lebih akurat sehingga diperoleh pemahaman yang lebih komprehensif.

Sumber bacaan :

Abidin. Zainal. 1983. Persepsi Orang Bugis, Makassar tentang Hukum. Negata dan Dunia luar. Bandung: Penerbit Alumni.
Basang, Djirong. 1972. Fonemik Bahasa Makassar. Ujung Pandang: Lembaga Bahasa Nasional Cabang 111
Djajasudarma T. Fatimah, dkk. 1997. Nilai Budaya dalam Ungkapan dan Peribahasa Sunda. Pusat pembinaan dan pengembangan bahasa, Departemen Pendidikan dan kebudayaan.
Duranti, Aessaridro. 1997. Linguistic Anthropology. Cambridge: Cambridge University Press.
Foley, Wilham A. 1997. Anthropology Linguistics: An Introduction. New York: Blackwell.
Hamid, Abu. 2003. “Sid’ Butuh Revitalisasi’. Dalam Mustafa. dkk.,.(Eu.) Sini dan Passe: Harga Did Orang Bugis. Makassar, Mandar dan Toraja. Makassar: Pustaka Refleks.
Kridalaksana, Harimurti. 1982. Kamaus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

www.wacananusantara.org
Maknun, Tadjuddin, 1991. “Beberapa Catatan tentang Perkembangan Aksara Makassar”. Makalah Disajikan pada Seminar Sehari dalam Rangka Dies Natalis ke-32 Fak. Sastra Unhas, 9-11-1991.
2007. “Menyempurnakan Aksara Lontarak untuk Memudahkan Pemahaman Kandungan Lontarak”. Makalah Disajikan pada Kongres Internasional Bahasa­bahasa Daerah se-Sulawesi Selatan pada 22-25 Juli 2007 di Hotel Clarion Makassar.
Manyambeang, Kadir. 1996. “Lontaraq Riwayaqna tuanta salamaka ri Gowa: Suatu Analisis Linguistik Filologis”. Disertasi Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin.
Mattulada. 1991a. “Manusia dan Kebudayaan Bugis-Makassar dan Kaili di Sulawesi. Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya Indonesia No. 43 Th. XV Januari-April 1991.
1991b. Menyusuri Jejak Kehadiran Makassar dalam Sejarah. Ujung Pandang: Lembaga Penerbitan Universitas Hasanuddin.
Museum Nasional. 1976. “Mengenal Aneka Ragam Tulisan Daerah di Indonesia”. Jakarta: Direktorat Museum, Ditjen Kebudayaan Depdikbud No. 10/MP/NAS/76.
Oktavianus. 2006. “Nilai Budaya dalam ungkapan Minangkabau: Sebuah Kajian dari Perspektif Antropologi Linguistik”. Jurnal Linguistik Indonesia Tahun ke-24, Nomor 1. Jakarta: MLI bekerja sama dengan Obor Indonesia.
Pelras, Christian. 2006. Manusia Bugis. Jakarta: Nalar.
Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Reid, Anthony. 2004. Sejarah Modern Awal Asia Tenggara. Jakarta: LP3ES.
Wahid, Sugira. 1992. “Metafora Bahasa Makassar”. Disertasi Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin.
Yatim, Nurdin. 1983. “Subsistem Honorofik Bahasa Makassar: Sebuah Analisis Sosiolinguistik”. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,. Direktorat Pembinaan Penelitian, dan Pengembangan dalam Masyarakat.
http://etnics.blogspot.com

Makalah ini disampaikan pada Kongres Kebudayaan Indonesia 2008 pada tanggal 10-12 Desember di Bogor.

Rabu, 19 September 2012

Sering mengalami mimpi buruk? coba deh disimak beberapa keterangan dan penjabaran dipostingan ini, buat kalian yang beragama Islam mudah banyak yang sudah tahu, atau juga terkadang lupa bolehlah dibaca kembali  perihal makna dan hal terjadi dan harus dilakukan dalam menyingkapi mimpi buruk.

Meskipun Islam tidak mengajarkan umatnya tentang takwil mimpi yang mereka alami, namun rambu-rambu yang  diberikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah sangat memadai untuk menjadi panduan dalam mensikapi  mimpi. Tak terkecuali, mimpi buruk sekalipun. Ada beberapa hal yang dijelaskan dalam Islam, terkait mimpi  buruk yang sebagian besar sering dialami seseorang. Tidak semua mimpi adalah benar.


cara memahami mimpi buruk

Sumber mimpi tidak selamanya datang dari Allah. Bisa juga karena bawaan perasaan atau permainan setan.
Disebutkan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda,

الرؤيا ثلاث حديث النفس وتخويف الشيطان وبشرى من الله

“Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah.”

Makna Hadist:

- “Bisikan hati”: terkadang seseorang memikirkan sesuatu ketika sadar. Karena terlalu serius memikirkan,
sampai terbawa mimpi.

- “Ditakuti setan”: mimpi yang datang dari setan. Bentuknya bisa berupa mimpi basah atau mimpi yang
menakutkan.

- Jenis mimpi yang ketiga adalah kabar gembira dari Allah. Mimpi ini adalah mimpi yang berisi sesuatu yang baik  dan menggembirakan kaum muslimin. (Keterangan Dr. Musthafa Dhib al-Bugha, salah seorang ulama bermazhab  Syafi’i, dalam ta’liq untuk Shahih Bukhari)

Jika mimpi buruk datanglah dari SETAN.

Dari jenis mimpi di atas, mimpi buruk termasuk salah satu permainan setan kepada bani Adam. Mereka ingin
menakut-nakuti manusia. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kita menceritakan mimpi buruk kepada
siapa pun.

عَنْ جَابِرٍ قَالَ جَاءَ أَعْرَابِىٌّ إِلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ رَأَيْتُ فِى الْمَنَامِ كَأَنَّ رَأْسِى ضُرِبَ فَتَدَحْرَجَ فَاشْتَدَدْتُ عَلَى أَثَرِهِ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لِلأَعْرَابِىِّ « لاَ تُحَدِّثِ النَّاسَ بِتَلَعُّبِ الشَّيْطَانِ بِكَ فِى مَنَامِكَ ». وَقَالَ سَمِعْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم-

بَعْدُ يَخْطُبُ فَقَالَ « لاَ يُحَدِّثَنَّ أَحَدُكُمْ بِتَلَعُّبِ الشَّيْطَانِ بِهِ فِى مَنَامِهِ .

Dari Jabir radhiallahu ‘anhu, ada seorang Arab badui datang menemui Nabi kemudian bertanya, “Ya rasulullah,  aku bermimpi kepalaku dipenggal lalu menggelinding kemudian aku berlari kencang mengejarnya”. Nabi  shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada orang tersebut, “Jangan kau ceritakan kepada orang lain ulah  setan yang mempermainkan dirimu di alam mimpi”.

Setelah kejadian itu, aku mendengar Nabi menyampaikan dalam  salah satu khutbahnya, “Janganlah kalian menceritakan ulah setan yang mempermainkan dirinya dalam alam mimpi”
(HR Muslim)

Yang harus dilakukan ketika kalian mimpi buruk menurut Islam

Ada beberapa hal yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika seseorang mimpi buruk:
1. Meludah kekiri 3 kali.
2. Memohon perlindungan kepada Allah Ta’ala dari setan 3 kali, dengan membaca

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم

“A’udzu billahi minas-syaithanir-rajiim” atau bacaan ta’awudz lainnya).

3. Memohon perlindungan kepada Allah dari keburukan mimpi tersebut.
4. Atau sebaiknya dia bangun kemudian melaksanakan Shalat.
5. Mengubah pisisi tidurnya dari posisi semula ia tidur, jika ia ingin melanjutkan tidurnya, walaupun ia harus memutar kesebelah kiri, hal ini sesuai zahir hadis.

6. Tidak boleh menafsir mimpi tersebut baik menafsir sendiri atau dengan meminta bantuan orang lain.

Keterangan tentang hal ini terdapat dalam beberapa  hadis berikut :

Dari Jabir radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إذا رأى أحدكم الرؤيا يكرهها، فليبصق عن يساره ثلاثا وليستعذ بالله من الشيطان ثلاثا، وليتحول عن جنبه الذي كان عليه

“Jika kalian mengalami mimpi yang dibenci (mimpi buruk) hendaklah meludah kesebelah kiri tiga kali, dan
memohon perlindungan dari Allah dari godaan setan tiga kali, kemudian mengubah posisi tidurnya dari posisi
semula.” (HR. Muslim)

Dalam hadist lain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وإن رأى ما يكره فليتفل عن يساره ثلاثا وليتعوذ بالله من شر الشيطان وشرها، ولا يحدث بها أحدا فإنها لن تضره

“Ketika kalian mengalami mimpi buruk, hendaknya meludah ke kiri tiga kali, dan memohon perlindungan kepada  Allah dari kejahatan setan dan dari dampak buruk mimpi. Kemdian, jangan ceritakan mimpi itu kepada siapapun, maka mimpi itu tidak akan memberikan dampak buruk kepadanya.” (HR. Muslim)

Abu Qatadah (perawi hadis) mengatakan,

إن كنت لأرى الرؤيا أثقل علي من جبل، فما هو إلا أن سمعت بهذا الحديث، فما أباليها

“Sesungguhnya saya pernah bermimpi yang saya rasa lebih berat dari pada gunung, setalah aku mendengar hadist  ini aku tidak peduli mimpi tersebut.”

Dalam riwayat lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الرُّؤْيَا ثَلَاثٌ، فَرُؤْيَا حَقٌّ، وَرُؤْيَا يُحَدِّثُ بِهَا الرَّجُلُ نَفْسَهُ، وَرُؤْيَا تَحْزِينٌ مِنَ الشَّيْطَانِ فَمَنْ رَأَى مَا يَكْرَهُ فَلْيَقُمْ فَلْيُصَلِّ

“Mimpi itu ada tiga: mimpi yang benar, mimpi bisikan perasaan, dan mimpi ditakut-takuti setan. Barangsiapa
bermimpi yang tidak disukainya (mimpi buruk), hendaklah dia melaksanakan shalat.” (HR. at-Tirmidzi dan
dishahihkan al-Albani)

Semoga Bermanfaat buat semua. "Allahu a’lam"

Senin, 17 September 2012

Ini lagu yang admin suka walau rada lawas dan bernuansa etnics, menurut admin iramanya dan vocalnya mirip dengan lagu dari suku indian di Amerika pas banget dengan kesan kesederhanaan dan kepolosan manusia yang mencintai alam dan apa adanya jauh dari keserakahan, pertikaian, emosi, dan saling membenci. Menjadi diri sendiri, saling menghargai mungkin isi dari syair yang di isaratkan dalam lagu ini.


return to innocence enigma

Berikut lyrics Asli Return To Innocence By Enigma :

That's not the beginning of the end
That's the return to yourself
The return to innocence
Love - Devotion
Feeling - Emotion
Love - Devotion
Feeling - Emotion
Don't be afraid to be weak
Don't be too proud to be strong
Just look into your heart my friend
That will be the return to yourself
The return to innocence
If you want, then start to laugh
If you must, then start to cry
Be yourself don't hide
Just believe in destiny
Don't care what people say
Just follow your own way
Don't give up and use the chance
To return to innocence
That's not the beginning of the end
That's the return to yourself
The return to innocence
Don't care what people say
Follow just your own way Follow just your own way
Don't give up, don't give up
To return, to return to innocence.
If you want then laugh
If you must then cry
Be yourself don't hide
Just believe in destiny.

Terjemahan  kurang lebih begini :

Itu bukan awal dari akhir
Itulah kembali kepada diri sendiri
Kembalinya bersalah
Cinta - Pengabdian
Feeling - Emosi
Cinta - Pengabdian
Feeling - Emosi
Jangan takut untuk menjadi lemah
Jangan terlalu bangga menjadi kuat
Hanya melihat ke dalam hatimu teman saya
Itu akan kembali kepada diri sendiri
Kembalinya bersalah
Jika Anda ingin, kemudian mulai tertawa
Jika Anda harus, kemudian mulai menangis
Jadilah diri sendiri tidak menyembunyikan
Hanya percaya pada takdir
Jangan peduli apa yang orang katakan
Ikuti saja cara Anda sendiri
Jangan menyerah dan menggunakan kesempatan
Untuk kembali ke bersalah
Itu bukan awal dari akhir
Itulah kembali kepada diri sendiri
Kembalinya bersalah
Jangan peduli apa yang orang katakan
Ikuti saja cara Anda sendiri Ikuti saja cara Anda sendiri
Jangan menyerah, jangan menyerah
Untuk kembali, untuk kembali ke kepolosan.
Jika Anda ingin kemudian tertawa
Jika Anda kemudian harus menangis
Jadilah diri sendiri tidak menyembunyikan
Hanya percaya pada takdir.

Buat yang ingin download Return To Innocence.mp3  By Enigmasilahkan klik link dibawah ini :


Thanks to Enigma.

Minggu, 16 September 2012

Artis Cindy Lee Garcia asal California berbicara tentang klip 14 menit di YouTube yang dimaksudkan untuk
menjadi sebuah trailer untuk film Innocence Of Muslims (IOM) yang dibintanginya. Film yang menghabiskan
biaya$ 5 juta dan melibatkan 59 aktor dan 45 staf teknisi.Klip film yang asalnya Desert Warrior Berubah
menjadi Innocence Of Muslims ( IOM ) adalah film anti-Islam yang  telah memicu protes di seluruh Timur Tengah karena penggambaran Nabi Muhammad sebagai penganiaya anak, gila seks, pembunuh dan preman. Meskipun telah ada kerusuhan yang terjadi di Mesir dan Yaman pekan ini sebagai reaksi terhadap klip Video Innocence Of Muslims, serangan Selasa terhadap konsulat AS di Benghazi, Libya, yang menewaskan Duta Besar AS Christopher Stevens  dan tiga orang Amerika lainnya.

artis IOM


Trailer yang menampilkan satu adegan ke adegan lain, sebuah film berdasarkan bagaimana hal itu terjadi 2.000 tahun yang lalu," kata Cindy Lee Garcia, seorang aktris California yang muncul di klip dan menyatakan bahwa  ia membaca dari naskah tentang karakter anonim yang disebut Desert Warrior. "Itu tidak didasarkan pada ada  hubungannya dengan agama tertentu, tidak memberitahukan kepada dirinya dan kru lainnya tentang Muhammad atau  Muslim atau apapun.


gambar nabi muhammad dalam iom

Siapa di balik pembuatan film Innocence Of Muslims? Seorang pria misterius yang mengaku sebagai pengembang  real estat dengan nama "Sam Bacile," yang kini tampaknya menjadi nama samaran.

"Aku menelepon Sam dan berkata, 'Mengapa Anda melakukan ini?'" Kata Garcia. "Dan dia berkata, 'Aku lelah dari  Islam radikal saling membunuh dan biarkan aktor-aktor lain tahu itu bukan kesalahan mereka..'"
Sementara itu, para pemain dan kru, yang mengingkari pengetahuan tentang apa yang dimaksudkan untuk Desert  Warrior berubah menjadi Innocence Of Muslims (IOM),  merilis pernyataan semua kru kepada CNN menyatakan:

"Seluruh cast dan kru sangat marah kepada produsen. Kami adalah 100% tidak di belakang film ini dan terlalu  menyesatkan tentang niat dan tujuannya. Kami terkejut dengan prubahan drastis penulisan ulang dari script dan kebohongan yang diberitahu kepada semua yang terlibat. Kami sangat sedih oleh tragedi yang telah terjadi .

Yang namanya politik apalagi mau pemilihan presiden suatu negara seperti Amerika Serikat, setiap orang yang  menjadi lawan politik selalu mencari celah untuk menjatuhkan nama baik dan citranya dimasyarakat maupun dunia  dan mereka mempunyai trik kotor untuk menjatuhkan lawannya, trik paling jitu adalah memanfaatkan isu agama  dan rasial.

Presiden Barack Obama Yang ketika terpilih menjadi presiden Amerika Serikat mendapat dukungan penuh kaum  muslim negara tersebut dan disambut baik oleh sebagian muslim dunia yang menaruh harapan akan kedamaian  dunia, harus mengalami situasi sulit dan pahit dikarir politiknya tidak hanya dinegerinya sendiri tapi  dukungan dunia luar.

Reputasinya pasti anjlok, politik tidak cukup hanya pandai bersilat lidah saja dan tebar pesona tapi aksi
kejampun dilakukan orang demi menghancurkan nama baik seseorang. itulah politik, muka yang bermuka dua. Agama adalah hal sensitif paling mudah dipicu untuk membuat perpecahan begitu juga ras.

Kembali lagi ke masalah sutradaranya dari sutradara Film Innocence Of Muslims (IOM) pasti didukung kelompok kuat yang sudah mengarah kepada konspirasi intelejen. SAM Bacile hanyalah nama atau terkadang kode operasi  intelejen.  ntelegen suatu negara biasanya bertindak diluar kebijakan dan diketahui oleh pemimpin negaranya  walau presiden berganti agen intelejennya tidak berganti kecuali intelengen resmi negara, karena intelegen hanya taat kepada siapa pemimpin dan misi utamanya.

Ada untungnya juga film Innocence Of Muslims (IOM) ini dibuat untuk kita muslims, hal pertama mungkin hal terjelek yang dilakukan oleh seseorang menggambarkan sosok Nabi Muhammad SAW yang sama sekali tidak dipahami oleh pikiran diluar pemeluk ISLAM, karakter yang jauh dari kebenaran tentang seseorang mengenal Muslim dan

Islam, lagipula film ini dibuat oleh warga negara Amerika Serikat yang selama ini berusahan mengelompokan
negara Islam menjadi berkotak kotak dan bermuka dua terhadap negara Islam, lihat saja negara kitapun secara  tidak langsung sudah menekan kelompok kelompok Islam. Dan kita sendiripun terkadang sudah ikut tidak percaya dengan kekompok Islam tertentu.

Keuntungnya dari film Innocence Of Muslims (IOM) ini, semua pemeluk Islam dunia ataupun muslim dunia menjadi  bersatu memerangi mereka yang memusuhi muslim dan Islam, persatuan yang selama ini sulit dibentuk walau  dinegara Islam sendiri. ini berdasr uneg uneg admin saja dan semoga kita bijak untuk mencermati masalah. cbm





sakit kuning adalah penyakit yang sering kita denger ditelinga disekitar kita, untuk lebih jelasnya.
Saking kuning berhubungan erat dengan organ tubuh yang namanya hati dan fungsi metabokisme. Organ hati yang memiliki ukuran cukup besar dan pastinya memunyai fungsi dan tugas yang besar dalam  metabolisme tubuh sebagai salah satu alat pencernaan makanan yang bekerja sama dengan organ penting lainnya seperti ginjal, lambung dan usus.

Hati memiliki peranan yang cukup penting dalam proses penyembuhan penyakit, karena bila hati sehat maka metabolisme tubuh meningkat sehingga nutrisi dan obat-obatan yang dikonsumsi dalam proses penyembuhan tersebut dapat diserap secara optimal.


obat sakit kuning

Bilirubin merupakan komponen zat yang terdiri dari sel darah merah, dan kemudian hati yang membuang pigmen bilirubin melalui feses. Bilirubin berasal dari pemecahan sel darah merah (eritrosit) yang menghasilkan bilirubin unkonjugated yang larut dalam lemak kemudian diproses di hati untuk diubah menjadi bilirubin konjugated, lalu kemudian terakhir di buang ke usus dan dikeluarkan melaui urine.

Bilirubin yang pecah kemudian akan bercampur dengan darah dan akan menyebabkan kerusakan pada kromosom sel-sel darah sehingga mengakibatkan pigmen bilirubin meningkat dan menyebabkan timbulnya warna kuning pada kulit tubuh dan perubahan pada warna putih mata serta perubahan pada warna urine yang dikeluarkan. Umumnya perubahan pada urine ini diakibatkan oleh faktor patalogis (suatu penyakit).

Penyakit kuning ini bermacam-macam, hepatitis (radang hati) dan sirosis (pengerasan hati) adalah beberapa diantaranya. Kedua jenis penyakit ini seringkali merupakan akibat dari penyalahgunaan alkohol.

Tanda-tandanya orang kena penyakit kuning ialah :

Muka pucat kekuning-kuningan dan kelopak mata kelihatan kuning. Dan di waktu pagi antara jam delapan atau jam sembilan rasa dingin tidur (kantuknya) tidak bisa ditahan, muntah, sakit kepala, pegal pada sekujur tubuh, demam tinggi, lelah, nyeri pada mata, pendarahan pada gusi, kulit yang menguning dan sebagainya.

Beberapa ramuan obat tradisional yang bisa dicoba  untuk mengobati penyakit kuning :

1. 20 gr daun serut ditambah 5-10 gr Kunyit, tambah 5-10 gr temulawak, 25 gr akar alang-alang, 5 gr biji kacapiring direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Airnya diminumkan kepada anak saat hangat-hangat kuku.

2. 15 gr daun sendok, ditambah 6gr kulit jeruk mandarin, 6 butir angco, 10 gr Kunyit, 25 gr daun serut, dan 20 gr akar alang-alang direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, Air nya diminum jika sudah hangat-hangat kuku. ramuan hasil rebusan dapat diminum saat pagi sesudah makan dan malam hari sebelum tidur. Dan dianjurkan

3. Ambillah sehelai janur kuning dari pohon kelapa gading, kemudian janur tersebut dibakar hingga menjadi abu. Selanjutnya dicampur dengan sebutir telur ayam kampung dan diaduk sampai rata. Dan minumlah ramuan tersebut sehari satu kali selama tiga hari.

4. Ambil dan cuci 15-30 g daun Picisan atau daun sisik naga segar sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai airnya tersisa separonya. Setelah dingin, saring dan air saringannya siap untuk diminum, sehari 3 kali, masing-masing 1/2 gelas.

5. Temulawak di campur dengan Madu atau Gula batu yang di minum sehari 3x. Pantangannya : Goreng2an, Santen, Lemak2, Pedes, Asem, dan harus banyak minum yang manis2.

6. Akar kenanga, akar kunyit dan akar terung pipit dimasak lalu airnya diminym, ditambah sedikit serai wangi.

7. Daun naga kuning. daun ini mirip dengan daun sirih cuma lebih lembut dan agak berbulu halus, tumbuhan saling bersilangan dan tumbuh merambat, ada baiknya bertanya dengan orang tionghua pasti tahu tanaman ini karena mereka sering menanamnya, cara membuatnya daun diparut dan direbus dengan 2 gelas air lalu mulai diminum selama tiga hari, dimulai dari rebusan 9 daun, 7 daun dan 5 daun, pas untuk tiga hari, biasanya setelah minum rebusan ini akan mual dan mulai muntah dahak agak kekuningan. ini terbukti efektif untuk penderita akut.

Cobalah untuk mengkonsumsi remis atau kerang sungai yang kecil, direbus seperti biasa lalu dimakan seperti biasanya, jika anda penderita penyakit kuning setelah memakan rebusan remis akan terasa mual dan kemudian muntah, perhatikan pasti muntahan yang keluar seperti kotoran berwarna kuning dan agak berbau.,cukup dikonsumsi satu hari saja jika anda telah muntah,

Demikianlah beberapa resep obat saking kuning yang bisa dicoba dibuat dari bahan tumbuh tumbuhan sekitar rumah. Hal yang perlu diingat gejala muntah adalah bagian proses penyembuhan karena selain dari lobang pembuangan racun juga keluar melalui muntahan tersebut, tetapu jika anda ragu untuk mencobanya sebaiknya tidak usah mencobanya dan tetap teruskan pengobatan yang diberikan oleh dokter rumah sakit..jika sobat lain ada pengalaman yang sama silahkan disharing disini soal obat penyakit kuning alternatif.

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini

Entri Populer