Selasa, 27 Agustus 2013

Untuk mengetahui apa itu vertigo, gejala dan penyebab vertigo silahkan baca postingan terdahulu tentang Vertigo. baca disini.  Vertigo bukan penyakit melainkan gejala awal dari suatu penyakit. Sekurang-kurangnya ada sepuluh penyakit yang disertai gejala vertigo. Bisa enteng, mungkin juga berat. Ada yang menyembuh sendiri, ada pula yang perlu operasi. Bumi dan tubuh rasanya seperti berputar hebat, tubuh rasanya bergulingan dan mau jatuh. Perasaan mual. mau muntah dan pusing yang hebat. Seperti itu yang banyak dialami orang yang belum tahu vertigo sebelumnya. Sudah kerokan dan tetap saja tidak mau hilang, vertigo memang mirip masuk angin dan kurang darah, tubuh seperti melayang.

Tubuh bisa tegak dan seimbang karena adanya alat kontrol organ keseimbangan di dalam ruang telinga tengah. Organ keseimbangan bekerja sebagai sebuah sistem. Ada tiga gelung pipa (semicircular canal) berisi cairan yang ketiganya bermuara ke ruang vestibule.Di setiap ujung gelung pipa terdapat ujung-ujung saraf cupula yang berada dalam ruang ampula. Cupula ini bersifat peka rangsangan jika tersentuh oleh aliran cairan dalam gelung pipa yang mengalir hilir mudik, sesuai posisi dan gerakan kepala. Dalam posisi kepala tertentu kadang aliran dalam gelung menyentuh cupula, kadang pula tidak.Ada tidaknya sentuhan aliran cairan dalam masing-masing gelung pipa terhadap masing-masing cupula yang akan memberi informasi ke otak lewat saraf keseimbangan (vestibular nerve). Informasi ini yang mengabarkan ke otak sedang dalam posisi apa tubuh berada dari saat ke saat. Lalu otak menata psosisi seimbang dengan memerintahkan kepala dan postur tubuh jika ternyata tidak berada dalam posisi tidak, atau kurang seimbang, sehingga tubuh senantiasa terpelihara dalam posisi tegak seimbang. Untuk itu, perlu koordinasi dengan mata juga.Keluhan serangan vertigo muncul jika kerja organ keseimbangan ini mengalami gangguan. Gangguan bisa terjadi di komponen mana saja. Bisa di organ keseimbangan, bisa juga di tingkat pusat atau otak. Karena itu untuk melacak penyebab vertigo-nya perlu dilakukan beberapa tes dan pemeriksaan di bagian mana organ keseimbangan mengalami gangguan. Untuk itu diperlukan tes, termasuk tes pendengaran, tes fungsi vestibule, foto tengkorak, pemeriksaan cairan otak, rekam otak EEG, scan kepala, dan pemeriksaan pembuluh darah leher serta kepala.

Penyakit telinga sendiri lebih dari sepuluh jenis. Gangguan telingan bisa menjadi sumber penyebab vertigo, termasuk infeksi radang, dan tumor di dalam ruang telinga tengah, tempat organ keseimbangan berada. Infeksi dan tumor juga bisa mengenai saraf dan inti saraf di dalam otak, selain jika terjadi kelainan bola mata , gangguan aliran darah leher, penyakit saraf, atau tumor otak. Vertigo umumnya bersifat ringan, biasanya disebabkan oleh gangguan organ keseimbangan. Vertigo jenis ini biasanya mereda setelah beberapa hari. Namun jika vertigo disertai gangguan pendengaran, tuli sesaat, mendengar bunyi mendesis, kemungkinan ada gangguan di saraf pendengaran juga, selain di organ keseimbangan. Jika ada infeksi di gelung pipa organ kesimbangan, gejala vertigo-nya biasanya berat. Jika keluhan vertigonya menetap untuk waktu lama, dan disertai gerakan bolamata abnormal, diikuti pula dengan gangguan melangkah, kemungkinan gangguannya terletak di otak. Vertigo pada peradangan vestibule di organ keseimbangan bisa menetap beberapa hari sampai beberapa minggu.

Orang yang mengidap darah rendah sering mengeluh pusing saban kali bangkit dari posisi berbaring (postural hypotension). Pada kasus ini bisa vertigo juga. Termasuk pada orang yang keracunan obat , seperti obat anti TBC, golongan streptomycine, alkohol, dan opium.Vertigo tergolong ringan jika penyebabnya bukan di otak melainkan di organ keseimbangan. Selain lebih lekas mereda, vertigonya bangkit hanya jika kepala berputar ke arah tertentu. Jika vertigonya disebabkan gangguan di otak, selain lama meredanya, bangkitan vertigo muncul pada setiap perubahan posisi kepala.Vertigo yang bersumber di otak dapat muncul sehabis gegar otak. Kemungkinan saraf vestibule lumpuh sesisi atau kedua sisi. Vertigonya disertai mual dan muntah, yang berlangsung terus menerus dan disertai gerakan bola mata yang abnormal. Dengan obat-obatan keluhan vertigo umumnya sembuh dalam 1 sd 3 bulan. Adakalanya setelah vertigo sehabis trauma kepala mereda, disusul vertigo yang bangkit jika kepala dalam posisi tertentu. Vertigo jenis ini hilang timbul, mungkin sepanjang hidup akibat ada kerusakan menetap pada saraf keseimbangan atau kerusakan di ruang vestibule. Vertigo akibat keracunan obat bisa menggangu pendengaran. Umumnya setelah obat dihentikan, keluhan akan pulih dalam waktu 6 bulan sampai setahun. Selain vertigo dan tuli, mungkin juga disertai keluhan berisik di telinga (tinnitus). Sindroma keracunan obat umumnya muncul dengan keluhan mual, pusing dan sempoyongan.

Vertigo yang paling sering dan banyak dialami orang adalah vertigo ringan. Umumnya bangkit oleh perubahan posisi (Benign Paroxysmal Positional Vertigo). Keluhan biasanya bangkit sehabis dari posisi berbaring. Setiap kepala bergeser terasa pusing, mungkin disertai mual dan muntah, tanpa disertai gangguan pendengaran. Selain sebab trauma, jenis vertigo ini bagian dari proses menua juga.Pada kasus ini ada sejenis kristal kapur (calcium carbonate) yang berada dalam cairan gelung pipa organ keseimbangan. Pada orang-orang tertentu, kristal ini tersangkut di ujung-ujung saraf cupula, sehingga secara berkala keluhan vertigo bangkit. Keluhan biasanya muncul jika kepala bergoyang. Keluhan juga terasakan jika duduk, dan enak jika berbaring miring.

Pada kasus vertigo beneran, penderita tidak berani menggerakkan kepala maupun membuka mata. Untuk itu perlu penyangga leher agar posisi kepala tetap tegak lurus.

Vertigo juga bisa merupakan bagian dari tumor otak. Ada beberapa jenis tumor di dasar otak, selain tumor otak kecil, yang gejalanya disertai vertigo. Tumor pada saraf pendengaran umumnya diawali dengan tuli dadakan yang makin hari makin memburuk. Kemudian disusul keluhan vertigo. Kalau berjalan suka sempoyongan. Jika tumornya sudah menjalar muncul kelumpuhan wajah separuh, dan vertigonya kian memburuk. Pada jenis tumor otak lain disertai dengan gejala gangguan fungsi otak lain, sesuai peta fungsi otak yang diembannya.

Jika gejalan vertigo muncul dari proses yang progresif semakin hari vertigonya semakin berat dan disusul keluhan-keluhan lain. Vertigo yang ringan dan bukan gejala dari penyakit berat, biasanya tidak bertambah berat, dan muncul sesekali saja. Sebagian keluhan vertigo bahkan bisa menyembuh sendiri.

Nah jika diantara sobat ada yang mengalami gejala seperti yang diuraikan postingan tersebut, bisa jadi sobat
terkena penyakit vertigo. Untuk pastinya ada baiknya sobat cek ke dokter dahulu. Karena saya sendiri pernah mengalami vertigo, obat vertigo yang murah, mudah didapat dan manjur mengatasi penyakit vertigo adalah MERTIGO tablet. Memang sebenernya ada juga obat vertigo lainnya, tapi admin Cybermales hanya mencoba meminum obat vertigo merek Mertigo Buatan Dexa Medica ( bukan promosi ). Ada baiknya diminum setelah makan sebelum berangkat bekerja dan sebelum tidur. Hentikan mengkonsumsi Mertigo obat vertigo tadi, jika gejala vertigo sudah tidak keluar lagi atau kumat. Dan tetap siapkan dan selalu bawa dalam dompet untuk jaga jaga jika terjadi kumat mendadak dijalan.

obat antivertigo

Komposisi obat vertigo merek Mertigo adalah sebagai berikut :
Tiap tablet mengandung: Betahistine mesylate 6 mg
Indikasi mertigo obat vertigo :
  • Mengurangi gejala vertigo, berupa pusing, mual, mau muntah yang berhubungan dengan gangguan keseimbangan yang terjadi akibat gangguan sirkulasi darah atau sindrom Meniere, penyakit Meniere dan vertigo perifer.
Kontraindikasi obat vertigo merek mertigo tablet: Pasien yang menderita feokromositoma.
Dosis dan cara menggunakan obat vertigo ( mertigo ):
Dewasa : 1 sd 2 tablet 3 kali sehari. ( admin Cybermales memakannya 2x1 sehari )
Peringatan dan Perhatian : Konsultasikan ke dokter jika ada riwayat:
  • Ulkus saluran cerna atau riwayat ulkus saluran cerna, urtikaria dan rash.
  • Asma bronkial.
  • Wanita hamil.

Efek samping obat vertigo merek mertigo: Mual, muntah atau gangguan saluran cerna, ruam kulit.
Jika anda termasuk usia lanjut ada baiknya konsultasi ke dokter.
Jika sobat ingin mencoba obat tradisional untuk vertigo berbahan dasar herbal atau obat alami untuk vertigo yang dibuat sendiri dari tumbuh tumbuhan obat, silahkan dicoba sendiri cara membuat obat alami untuk vertigo, murah dan tidak berefek samping.
Ramuan obat alami untuk vertigo :
  • Sawo mentah ukuran sedang sebanyak 3 buah.
  • Bawang putih lanang sedang 3 buah.
  • Akar alang alang yang masih seger ( jika beli dari supermaker gunakan 2 atau 3 ikat ).
  • Pohon meniran 10 batang.
  • Biji cengkeh sebanyak 7 buah.
  • Kunir muda sebesar ibu jari.
  • Kencur sebesar ibu jari.

Cara Membuatnya :
  • Cuci bersih semua bahan obat, penyetkan bahan yang sifatnya keras atau potong kecil kecil.
  • Rebus dengan 3 liter air hingga menjadi 1 liter.
  • Minum 2x sehari hingga habis.
  • Buatlah beberapa kali hingga gejala vertigo berkurang.
Terapi fisik ringan jika anda pernah mengalami vertigo.
  • Cobalah berdiri tegak dengan membuka dan menutup mata secara teratur.
  • Gerakkan kepala secara perlahan, misalnya gerakan memutar, menaik turunkan kepala, atau memiringkan kepala kekanan dan kekiri dengan mata tertutup dan gantian dengan mata terbuka.
  • Cobalah untuk duduk dan berdiri secara bergantian.
  • Cobalah berjalan pagi hari dengan mata dibuka dan ditutup secata bergantian.
  • Cobalah untuk melirikkan mata secara vertikal dan horizontal mengikuti objek yang bergerak.
Tips ampuh ketika vertigo menyerang :
  • Pejamkan mata, tenang dan tarik napas dalam dalam dan lepaskan, dan berusaha mencari posisi yang memungkinkan Anda berbaring sambil mata terpejam.
  • Jika dirasa tidak memungkinkan seperti dijalan, maka segeralah untuk duduk dan berpegang pada sesuatu disekitar sambil mata dipejamkan.
  • Jika ada orang dekat anda mintalah untuk memegang tangan anda ( mata tetap terpejam )
  • Tunggu beberapa menit untuk memastikan apakah serangan vertigo berkurang atau tidak, baru cobalah untuk membuka mata perlahan.
  • Jika dirasa anda merasa mual dan ingin muntah, muntahkan saja sesegera mungkin, karena setelah muntah serangan vertigo akan berkurang.
  • Ketika vertigo menyerang disaat anda berbaring dan ingin berdiri, tetaplah berbaring dan pejamkan mata, pertahankan terus posisi tersebut sampai serangan vertigo berkurang, atau hilang.
  • Jika dirasa perasaan berputar, mual dan mau muntah berkurang, cobalah buka mata pelan-pelan, lalu coba miringkan badan,
  • atau kepala ke kiri dan ke kanan. Jika dengan cara ini serangan vertigo datang kembali, maka segeralah pejamkan mata anda, atau kembali ke posisi semula.
  • Segeralah konsultasi ke dokter syaraf jika anda merasa baikkan.
  • Selalu sediakan obat antivertigo dirumah semacam MERTIGO, dan segera minum obat antivertigo tersebut.
 Berdasar pengalaman pribadi admin blog Cybermales dan dikutip dari berbagai sumber.

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini