Selasa, 20 Agustus 2013

Waktu kecil suka banget nonton film polisi penegak kebenaran, kisah kisah superhero penumpas kejahatan, penegak keadilan, pembela dan pelindung disaat dibutuhkan. Aksi simpatik para penegak keadilan seperti film Hunter yang kesehariannya melawan tindak kejahatan seperti kriminal dan lain lain, tidak mempan disogok apalagi menjadi backing tempat maksiat, bandar narkoba apalagi, memeras, mengintimidasi, sosok yang menjunjung tinggi hukum sebagai panduan bekerja, ibarat klo di Indonesia adalah satuan reserse, mantep banget aksi dan tindakannya dalam memberantas dan menumpas aksi kejahatan ada juga kisah seperti dalam film Chips, polisi jalan raya yang bertugas sebagai highway patrol atau patroli jalan raya, klo di Indonesia adalah satlantas atau satuan lalu lintas, kedua orang anggota Chips ini selalu berbuat sesuai prosedur pekerjaannya tanpa rasa lelah dan penuh tanggung jawab, walau terkadang nyawa taruhannya ketika beradapan dengan musuh yang bersenjata api, etika polisi dan prosedur selalu diutamakan karena memang mereka bertugas sebagai pelayan masyarakatt, tidak pernah memikirkan kepertingan perut sendiri waktu bertugas. Menindak pelanggaran lalulintas dengan prosedur, tiada pernah menganggap sebuah pelanggaran lalu lintas adalah mangsa empuk, ibarat srigala yang mengincar domba, lalu mengejar dan memangsanya. Semua mereka dedikasikan dalam tugas. Atau sosok polisi masa depan, polisi Cyber seperti yang digambarkan seperti Robocop, walau menjadi korban tindak kejahatan dan walau sering ditembaki oleh penjahat, tetap berbuat dan bertindak sesuai prosedur hukum, walau polisi super robocop tetap taat hukum, dan selalu melindungi yang lemah.

polisi super

Itu gambaran yang sering mengilhami anak anak dimasa kecil, ketika menilai seorang sosok dan tugas seorang polisi. Jika ditanya klo besar mau jadi apa? jadi polisi, karena ada kebanggaan dan impian, kenapa itu jawaban tulus karena otak belum mengenal duit. Coba deh ditanya anak anak kecil sekarang cita citanya, klo besar mau jadi apa? !?!?@????? ( bingung ). Apalagi klo ngeliat berita sekarang, polisi jadi sasaran tembak penjahat, banyak pos polisi kosong, jika ada pos polisi terkadang cuma ada topinya saja, orangnya kemana gak tau.!

Toh tidak semua polisi tidak menyenangkan, banyak kok polisi polisi yang santun, bener bener mengabdi, tidak seperti harimau dijalanan, tidak menyalahkan juga, jika banyak oknum polisi yang arogan, mulutnya kasar kepada masyarakat, tempramen, suka menindas, bahkan mau menang sendiri, melotot jika ada masyarakat yang mengutarakan argumen. Jadi seperti cowboy jalanan. Agak sulit menemukan polisi yang ramah, polisi yang santun dijalanan, bagi beberapa oknum polisi kesalahan tidak ada toleransi.

Harusnya dengan adanya polisi dijalan membuat masyarakat lebih merasa aman dan nyaman, bukan merasa seperti tahanan, penjahat, bahkan sasaran buruan. Rasa takut masyarakat dijalan ibarat rasa takut polisi sekarang jika harus dijalanan, Banyak polisi yang baik malah jadi sasaran tembakan senjara api orang tidak dikenal. Menjelang pemilu 2014 banyak hal bisa terjadi, polisi ujung tombak pengendali keamanan dikota, jika polisi resah akan timbul rasa tidak aman, rasa tidak aman inilah yang akan dimanfaatkan oleh orang orang tertentu yang punya agenda tertentu. lihat saja Rusuh penghuni LAPAS, sepertinya ada kesan tertentu, LAPAS jika diarikan dalam bahasa palembang berarti "sudah penuh" atau sudah cukup, mungkin kapasitas LAPAS sudah tidak memadai lagi sebagai lembaga permasyarakat yang harusnya tempat membina para tahanan, selama ini mungkin apa yang terjadi di LAPAS masih kurang pengawasan dari kepolisian, makanya jika ada duit mungkin di LAPAS bisa pesen kamar, dapet prioritas, tidak jarang didalam LAPAS peredaran Narkoba masih tetap berjalan.

polisi inggris
Polisi Inggris

Peran dan sikap polisi mungkin harus berubah, saat ini mungkin banyak masyarakat tidak simpati dengan polisi, kecuali simpati kepada Polwan Polwan cantik Polisi saja. Polisi kedepan harus jadi sahabat masyarakat, pemberi rasa aman dijalan dan lingkungan. Jadilah polisi "super" atau polisi Supel, pengertian dan pengayon rakyat dijalan dan lingkungan. Mungkin polisi di Inggris bisa dijadikan contoh karena polisi inggris termasuk polisi paling santun didunia.

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini