Selasa, 06 Agustus 2013

Bahan untuk membuat ketupat lebaran :
  1. Janur yang sudah dianyam
  2. 1 kg beras atau secukupnya
  3. Air kapur sirih, sedikit saja (opsional bila suka)
  4. Air secukupnya
Cara Membuat Ketupat lebaran :

1. Siapakan kulit ketupat dari janur, lalu cuci bersih dan tiriskan.
2. Cuci bersih beras, rendam dalam air dingin dan tambahkan air kapur sirih selama kurang lebih 3 jam. Tiriskan. ( bisa digunakan bisa tidak )
3. Isi janur ketupat atau kulit ketupat dengan beras hingga 2/3 bagian kulit ketupat terisi beras.
4. Rebus air dalam panci besar sampai mendidih.
5. Masukan dan susun ketupat di dalam panci atau dandang yang telah airnya mendidih.
6. Masak selama  4 sd 5 jam atau hingga ketupat padat.
7. Tambah air jika air berkurang dan ketupat belum masak hingga ketupat masak..
8. Angkat ketupat dan tiriskan. Kemudian gantung di tempat yang berangin hingga ketupat dingin.

cara membuat lontong dan ketupat lebaran

Jika ingin ketupat lebaran tidak cepat basi dan jamuran serta tetap kenyal karena jumlahnya banyak cobalah tips berikut :

1. Sebaiknya gunakan beras yang menghasilkan nasi pulen. Misalnya beras rojolele, pandan wangi, mentik spesial, atau sesuai selera anda.

2. Usahakan ukuran kulit ketupat berukuran sama agar saat matangnya bisa bersamaan.

3. Pilihlah janur atau kulit ketupat dari daun kelapa yang berwarna kuning muda kehijauan atau yang tampak segar agar hasil jadi ketupat lebih bersih dan putih.

4. Tambahkan sedikit air kapur sirih pada beras yang sudah dicuci sebelum dimasukkan ke dalam janur kulit ketupat. Fungsii air kapur sirih juga bisa membuat ketupat lebih awet dan tidak cepat basi.  Dan supaya rasanya lebih gurih, sobat cybermales bisa menambahkan sedikit garam pada beras jika suka.

5. Pada waktu merebus ketupat lebaran, jika air rebusan ketupat mulai berkurang, tambahkan lagi air hingga melebih batas tinggi ketupat. Tujuannya agar ketupat tetap bersih dan tidak terlihat kotor saat sudah matang.

6. Agar ketupat menjadi lebih awet dan tidak cepat basi dan berjamur, sobat bisa memasukkan sisa ketupat ke dalam lemari es.  Dan dinginkan hingga dinginnya berkurang lalu rebus lagi dalam air panas lebih kurang 30 menit, baru dihidangkan.


Nah klo yang ini resep dan cara membuat Lontong.

Bahan untuk membuat lontong dari daun pisang atau lontong dari bungkus plastik :
  1. Beras, cuci bersih dan tiriskan
  2. Air secukupnyaDaun pisang untuk membungkus lontong
  3. Plastik  kemasan standar 1/2 kg atau 1kg yang biasa untuk membuat es batu.
1. Cara membuat lontong dari daun pisang :
  • Siapkan dan potong potong daun pisang menjadi lembaran lembaran, lalu hangatkan diatas api kompor hingga layu atau bisa juga dengan mencelupkannya daun pisang kedalam air mendidih hingga layu agar tidak mudah pecah saat disemat,
  • Buat selongsong atau gulung gulung lembaran daun pisang, buat garis tengah kira kira 3-4 cm atau sesuaikan selera. Kemudian salah satu ujungnya disemat dengan lidi.
  • Masukkan beras ke dalam selongsong tersebut, namun cukup sampai setengahnya saja. Kemudian semat kembali sisi yang lain.
  • Masukan dalam panci besare dan rebus hingga matang dan lontong terasa padat. Gulungan lontong harus tergenang air, tambahkan air panas jika tidak terendam. 
  • Setelah diangkat, lalu tiriskan dengan posisi miring atau berdiri supaya airnya benar benar keirng sisa air rebusannya.
2.  Cara membuat lontong dengan bungkus plastik
  • Setelah beras yang sudah dicuci bersih sebaiknya direndam selama 3 jam. 
  • Tiriskan ( campur dengan sedikit kapur sirih untuk membantu proses pemadatan Jika perlu ). 
  • Masukkan beras ke dalam bungkus 1/3 isi plastik lalu ikat dengan karet gelang atau staples ujung atasnya. Lubangi masing masing dengan tusuk gigi sekitar 15 lubang secara merata.
  • Masukkan dalam panci dan rebus dengan api sedang hingga matang selama 2 jam dan pastikan selalu terendam. Tambahkan lagi air, jika lontong tidak terendam air rebusan.
  • Angkat dan dinginkan lontong dengan cara dibiarkan terkena angin dalam wadah terbuka.
Ketupat dan lontong paling sip jika dihidangan dengan Opor ayam, jika ingin resep opor ayam dan cara membuat opor ayam silahkan baca postingan berikut atau klik disini

Semoga berguna.

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini