Jumat, 06 September 2013

Luar biasa ikan ini bisa terbang layaknya burung, ikan terbang biasa disebut Flying Fish, karena kemampuan mereka termasuk hewan unik dapat muncul keluar dari air dan meluncur ke permukaan untuk jarak jauh dengan sirip dada terentang mereka. Bentuk seperti terpedo ikan terbang ini sangat ramping dan membantu kecepatan mereka keluar dari air ke permukaan. sayap ikan terbang ini berbentuk seperti sirip, sayap ikan inilah yang membantunya dapat mengudara. Setelah berada dipermukaan atau di udara, ikan ini dapat meluncur cukup jauh.

ikan terbang

Kerajaan:     Animalia
Filum:     Chordata
Kelas:     Actinopterygii
Ordo:     Beloniformes
Famili:     Exocoetidae


Penerbangan mereka biasanya sekitar 50 meter, tetapi ada beberapa ikan telah tercatat bisa terbang hingga 200 meter atau lebih. Beberapa spesies ikan terbang memiliki sirip perut membesar serta sirip dada membesar, yang memungkinkan mereka untuk terbang lebih jauh hingga 400 meter, dan memiliki kemampuan manuver yang jauh lebih besar.

ikan yang bisa terbang

ikan unik

 

Ikan ikan ini dikenal sebagai ikan terbang bersayap empat. Untuk meluncur ke atas keluar dari air, ikan terbang menggerakan ekornya hingga 70 kali perdetik. Kemudian membentangkan sirip dada dan dengan posisi sedikit miring ikan terbang ( flying fish ) ini bisa mengangkat tubuhnya keudara, dan menutup siripnya yang seperti sayap jika memasuki air.


Flying Fish atau ikan terbang diperkirakan telah berevolusi untuk dapat meluncur luar biasa agar terhindar dari predator. Ikan predator yang jadi musuhnya antara lain makarel, tuna, ikan todak, marlin, dan ikan besar lainnya. Dan predator yang sulit dihindari adalah manusia.

Ikan terbang banyak digemari dan dijual secara komersial di negara-negara Asia seperti Jepang, Vietnam dan China, termasuk Karibia karena rasa lezat dari dagingnya. Dalam menu masakan Jepang, ikan yang digunakan untuk membuat beberapa jenis sushi. Ikan terbang terancam oleh polusi dan penangkapan ikan berlebihan. Ikan terbang terbilang ikan unik karena kebiasaannya tersebut.

Referensi :  http://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_terbang
Credit image : google image

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini