Jumat, 06 September 2013

Buah langka mungkin jarang banyak yang tahu, baik bentuk buah, bentuk pohon bahkan nama buah tersebut. Seperti buah Bisbul atau buah mentega atau apel inggris atau Buah Mabolo, mungkin belum banyak orang yang tahu karena tidak dan jarang ditemui dipasar buah. Buah langka dan unik Bisbul (Diospyros philippensis) merupakan buah yang awalnya hidup liar di hutan-hutan primer dan sekunder Filipina namun kini telah menyebar  di berbagai negeri tropis, termasuk Indonesia.

buah beludru atau bisbul 

Buah langka bisbul ini berbentuk bulat seperti jambu batu atau jambu klutuk, memiliki bulu halus seperti beludru. berwarna kuning jika mentah dan merah ketika matang. Warna merahnya akan lebih kelihatan jika bulu halus yang seperti beludru digosong dengan kain dan buah ini akan mengkilap dengan warna merah merona, sedikit kesan pink kalem. Buah langka bisbul ini termasuk keluarga eboni (suku Ebenaceae) dan berkerabat dengan Kesemek dan Kayu Hitam. Pohon buah bsibul mirip banget dengan jambu air, tapi
buahnya mirip jambu batu tapi berbulu. Di negeri asalnya disebut Buah Mabolo atau Buah Berbulu. Buah langka Bisbul sudah cukup lama dikenal dan banyak tumbuh di daerah Bogor. Sudah lebih dari seratus tahun tumbuh di Bogor Selatan, masyarakat setempat, makanya para pedagang buah menganggap buah ini sebagai buah khas dari daerah Bogor.

Klasifikasi Ilmiah Buah Bisbul ( buah beludru )

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Ebenales
Famili : Ebenaceae
Genus : Diospyros
Spesies : Diospyros blancoi A. DC.

Berdasarkan literatur yang ada, mulai ada Jawa, Malaysia pada tahun 1881, dan juga ke Kebun Raya Singapura, ke Calcuta di India. Buah langka bisbul beredar di daerah Bogor diduga sejak ada Kebun Raya bogor yang didirikan sejak tahun 1817.  Tanaman bisbul atau buah beludru ini berbuah terus menerus sepanjang tahun. jarak dari bunga sampai berbuah sekitar empat bulan. dan buah ini baru berbuah jika berumur 8 tahun. Buah bisbul ini enaknya dimakan dalam keadaan segar ketika buah bisbul matang. Daging buahnya juga dapat diiris iris dan dicampur dengan buah buahan lain untuk campran es buah. Buah ini memiliki biji yang cukup besar berbentuk bulan sabit. buah bisbil atau buah beludru ini aromanya sangat wangi, ada kesan berbau seperti buah melon, ada aroma buah salaknya, ada rassa dan aroma seperti buah nona atau buah srikaya. Rasanya legit, manis dan gurih, mirip banget dengan rasa buah nona.


Buah bisbul ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dengan kandungan yang demikian, maka buah bisbul berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki saluran pencernaan, menghaluskan kulit, menjaga kesehatan mata  dan mencegah sembelit.

Tanaman bisbul dapat tumbuh dari diketinggian 0 - 800 m dpl, dan pada bisa tumbuh hampir segala jenis tipe tanah.  Cara memperbanyak pohon bisbul umumnya dari hasil grafting dan mulai berbuah 6 – 8 tahun. Musim panen antara Maret - Mei, tapi jika kondisi tanah dan tanaman baik maka buah ini akan berbuah terus menerus. Dari pohon buah beludru atau buah mentega ( bisbul ) akan menghasilkan Kayu berkualitas baik, berwarna cokelat kemerahan hingga hitam, dengan bertekstur halus, kuat dan keras. Kalau di Filipina dinamakan kamagong, merupakan bahan kerajinan yang berharga dan dilindungi oleh undang undang negara setempat.

Buah sahabat yang kreatif dan menyukai tanaman buah tidak salah menanam pohon buah langka bisbul ini, selain bisa dijadikan tanaman penghias taman rumah, penghias taman minimalis atau kebun minimalis, yang asiknya pohon buah bisbul masih langka, bisa jadi suatu hari nanti buah bisbul ini akan memiliki khasiat obat penyakit kanker atau penyakit lainnya, layaknya pohon nangka belandan atau buah sirsak. Dan masih banyak lagi pohon langka lain, baik yang asli Indonesia bahkan pohon dari luar indonesia yang harus dilestarikan.

1 komentar:

  1. ooo. . . iya² aq jadi tau buah apa yg dikasih sama tetangga ku. hahahha
    katanya ni buah bludru gtu aja nyebutnya, kalo rasa sih kayak durian ya, karna baunya wangi bngit. hehee

    BalasHapus

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini