Jumat, 13 September 2013

Gestapo Nazi merupakan akronim dari Geheime Staatspolizei. Jika Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai polisi rahasia Nazi Jerman. Gestapo dibentuk Nazi pada tanggal 26 April 1933. Organisasi ini berada di bawah kendali SS. Tetapi lebih teknis lagi berada dibawah Reich Central Security Office ( Reichssicherheitshauptamt ).

mengenal gestapo Nazi Jerman

Awalnya Gestapo merupakan Polisi Rahasia Prusia (Prusian Secret Police) dan dipimpin oleh Rudolp Diels. Nama Gestapo mulai populer setelah pimpinannya dijabat oleh Herman Goring tahun 1934. Peran Gestapo kadang hampir sama dengan SS. Namun Gestapo lebih berperan selayaknva Biro Federal Investigasi (FBI) di Amerika Serikat.

Komanda Pertama Gestapo

Foto Kekejaman Anggota Gestapo

Pada tahun 1934, Gestapo dipindahkan dari Kementerian Dalam Negeri Prusia ke otoritas Schutzstaffel ( SS ), dan selama lima tahun ke depan Gestapo mengalami ekspansi besar-besaran. Pada tahun 1939, seluruh Gestapo ditempatkan di bawah kewenangan Reichssicherheitshauptamt ( RSHA ) , kantor utama SS( Schutzstaffel ) Dalam RSHA , Gestapo dikenal sebagai Amt IV. Pada tahun 1997 , bekas markas Gestapo daerah di kota itu dijadikan museum untuk mendokumentasikan tindakan masa lalu organisasi itu. Demikian uraian singkat mengenal organisasi Gestapo Nazi Jerman, semoga bermanfaat.


0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini