Kloning Manusia Mungkinkah

No Comments
Kloning adalah penciptaan suatu organisme yang merupakan salinan genetik yang tepat dari yang lain. Ini berarti bahwa setiap bit tunggal DNA adalah sama. Dan hasilnya penggandaan objek sama persis.

Bisa jadi sudah ada manusia hasil dari kloning di antara kita sekarang. Mereka tidak dibuat di laboratorium, Apakah fenomena kembar identik alami berhubungan dengan teknologi kloning modern. Apakah mungkin  kloning bisa dilakukan dan telah dilakukan pada manusia?

Anda mungkin pernah mendengar tentang kloning domba Dolly  muncul di tempat kejadian pada tahun 1997. Sebenernya Teknologi kloning telah ada lebih lama dari contoh hasil kloningan domdaDolly.  Pertayaannya, Bagaimana seseorang bisa membuat salinan genetik yang tepat dari suatu organisme? Ada beberapa cara untuk melakukan proses kloning ( cloning ) ini, yaitu  twinning embrio buatan dan transfer sel somatik nuklir.

kloning manusia
1.  Twinning Embrio Buatan

Twinning embrio buatan adalah versi berteknologi rendah yang relatif kloning. Seperti namanya, teknologi ini meniru proses alami menciptakan kembar identik.

Kembar terjadi hanya setelah pembuahan sel telur oleh sel sperma. Dalam kasus yang jarang terjadi, ketika telur yang dibuahi yang dihasilkan, disebut zigot, mencoba untuk membagi menjadi dua embrio bersel, dua sel terpisah. Setiap sel terus membagi sendiri, akhirnya berkembang menjadi individu yang terpisah dalam ibu. Sejak dua sel berasal dari zigot yang sama, individu-individu yang dihasilkan secara genetik identik.

Twinning embrio buatan menggunakan pendekatan yang sama, tetapi terjadi dalam cawan Petri bukan di tubuh ibu. Hal ini dilakukan dengan cara manual, melalui pemisahkan embrio awal ke dalam sel individu, dan kemudian memungkinkan setiap sel untuk membelah dan berkembang sendiri. Embrio yang dihasilkan ditempatkan menjadi ibu pengganti, di mana mereka dibawa ke panjang dan disampaikan. Sekali lagi, karena semua embrio berasal dari zigot yang sama, maka identik genetik.

2. Somatik ( Transfer Nuklir )

Transfer inti sel somatik, (SCNT) menggunakan pendekatan yang berbeda dari twinning embrio buatan, tetapi menghasilkan hasil yang sama: sebuah klon yang tepat, atau menyalin genetik, seorang individu. Ini adalah metode yang digunakan untuk membuat Dolly Domba.

Sel somatik: Sebuah sel somatik adalah setiap sel dalam tubuh selain dua jenis sel reproduksi, sperma dan sel telur. Sperma dan sel telur juga disebut sel germinal. Pada mamalia, setiap sel somatik memiliki dua set lengkap kromosom, sedangkan sel-sel germinal hanya memiliki satu set lengkap.

Nuklir: Nukleus adalah seperti otak sel. Ini sebuah kompartemen tertutup yang berisi semua informasi yang dibutuhkan oleh sel untuk membentuk suatu organisme. Informasi ini datang dalam bentuk DNA. Ini adalah perbedaan dalam DNA kita yang membuat kita masing-masing yang unik. Jadi bisa jadi manusia sudah ada yang hasil kloning.

Rahasia tetep saja rahasia,  jika ada sobat yang lebih paham mengenai sains, kategori cloning manusia, sudihlah berbagi di blog ini. Terima kasih

Credit image : Via


Related post



This Blog Member Of : DMCA, Kaskus, Viva, Lintasme, Kompasiana
Semua materi dalam blog ini asli tulisan Admin Cybermales, Copy Paste Silahkan Saja Asal ada link balik ke arah postingan asli dari Blog ini.