Sabtu, 16 Februari 2013

Tanaman termasuk familia Zingiberaceae. Sebutan lainya Bangle (Indonesia),Bengle (Jawa),Panglai (Sunda),Pandhiyang (Madura), Banggele (Bali),Mugle (Aceh), Bale (Ujungpandang), Paini (Bugis), Bangelei, Kekuniran, Manglai (Minahasa), Banggulai (Bima), Unin makei, Unin pakei (Ambon)

Tumbuh pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, banyak ditanam orang di pekarangan, di pinggir halaman dekat pagar. Untuk pengembangbiakannya melalui potongan rimpang yang sudah cukup tua dan mempunyai mata tunas. Nama lain :  bunglai (Jawa), panglai (Sunda), banglai (Sumatera)

Bengle memiliki bau khas yang menyengat, sedikit pahit, dan pedas. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam rimpang bangle di antaranya damar, pati, tanin, dan minyak asiri, seperti sineol serta pinen.
Efek farmakologis bengle di antaranya peluruh dahak (expectorant), peluruh kentut, dan penurun panas. Selain itu, bengle juga sebagai pembersih darah, obat cacing (vermige), dan pencahar (laxactive).

manfaat bengle

Tanaman Bengle (Zingiber cassumunar) mengandung : asam organik, mineral, lemak, gom, albuminoid, gula, juga ada damar yang pahit dan minyak terbang seperti sineol, pinen dan sesquiterpen-sesquiterpen.

Kegunaan :
   
1. Obat sakit perut: Daunnya direbus dalam air yang sudah mendidih selama lebih kurang 1/4 jam bersama-sama dengan merica, kemudian airnya diminum.

2. Asma, rematik, cacing gelang dan keremi: Rimpangnya direbus dalam air yang mendidih selama lebih kurang 1/2 jam, airnya diminum.

3. Demam bagi orang yang beru melahirkan: Rimpangnya ditumbuk dan dipergunakan sebagai obat kompres.

4. Cacingan
Cuci dan iris tipis-tipis 20 g rimpang bangle, 15 g temu hitam, serta 3 lembar daun sirih. Tambahkan 5 biji ketumbar yang telah dicuci lalu tumbuk semua bahan ramuan tersebut sampai halus. Tambahkan ½ cangkir air masak, aduk sampai rata, lalu diperas. Saring air perasannya lalu minum sekaligus 1 kali sehari sekali.

5. Demam dan masuk angin
Cuci bersih 15 g rimpang bangle segar, 15 g lempuyang wangi, 15 g jahe, dan 15 g kencur. Parut semua bahan, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

6. Gangguan mata
Cuci 15 g rimpang bangle lalu rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Minum sekaligus 1 kali sehari.

7. Kegemukan atau untuk mengurangi lemak tubuh
Cuci bersih 15 g rimpang bangle, 7 helai daun jati belanda, dan 10 g daun kemuning. Rebus semua bahan dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari di pagi dan sore hari, masing-masing 1 gelas.

8. Kepala pusing karena demam dan nyeri sendi
Cuci bersih 2 jari rimpang bangle segar lalu parut. Tambahkan sedikit air sampai terbentuk adonan seperti bubur. Jika pusing, piliskan adonan pada dahi dan di bagian nyeri sendi.

9. Mengecilkcan perut setelah melahirkan
Cuci bersih 4 jari rimpang bangle segar lalu parut. Tambahkan sedikit air sampai terbentuk adonan seperti bubur. Oleskan adonan pada bagian perut.

10. Perut mules
Cuci bersih 10 g rimpang bangle segar, 10 g lempuyang wangi, 10 g jahe, dan 10 g kencur. Parut semua bahan lalu rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Minum sekaligus selagi hangat 1 kali sehari di saat mules.

11. Sakit kuning
Cuci rimpang bangle sebesar ½ jari tangan sampai bersih lalu diparut. Tambahkan air masak dan madu ke dalam hasil parutan masing-masing 1 sendok makan. Peras hasil parutan lalu saning. Minum air yang tersaring sekaligus dan lakukan 2 kali sehari.

Dikutip dari bebrapa sumber dan disusun oleh admin
credit image : google.com

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini