Jumat, 19 April 2013

Jika rumah dibantaran kereta api mungkin sudah biasa, atau ada pasar yang dilalui kereta api juga biasa dinegera dunia ketiga seperti Indonesia. Lha kalau pasar tradisionil ditengah jalur perlintasan kereta api bagaimana. Ini ada pasar yang pedangan dan barang dagangannya tepat ditengah rel kereta api, Bisa dilihat dari foto pasar ditengah rel kereta api dibawah.

Pasar ini disebut Pasar Railway Maeklong, terletak di Samut Songkhram, Thailand, sekitar 37 km sebelah barat dari Bangkok, tampak seperti pasar terbuka lainnya di Asia. Ada buah-buahan dan sayuran tropis seperti leci, durian, dan mangga besar tumpukan berwarna cerah, berbagai rempah-rempah kering, pasta dan rempah-rempah, makanan laut segar tertangkap dan makanan lokal lainnya.

pasar ditengah jalur kereta api


Jika sekilas dilihat mungkin kelihatan seperti pasar tradisionil pada umumnya. tapi Ketika ada suara alarm kereta berbunyi dalam sekejap pasar berubah pembeli menghilang dan penjual mulai minggir dari jalur kereta, hingga kereta lewat baru mereka kembali duduk ditempat jualannya semula. Baru tahu kalau yang lewat beneran kereta api ditengah pasar.

Yang unik dari pasar ditengah jalur kereta api ini, pedagang dan pembeli seperti sudah biasa, tidak ada perasaan takut sedikitpun, takut ketabrak kereta api lewat atau dagangan mereka hancur dilindas kereta api. bayangkan saja pintu perlintasan kereta api pun ada palangnya, buat yang biasa nerobos pintu palang kereta api pun terkadang ada rasa ngeri tapi disini mereka tidak perduli.



Pasar ini telah ada sebelum ada jalur kereta api yang dibangun pada tahun 1905. Kereta berjalan melalui Pasar Kereta Api Maeklong 7 kali sehari, 7 hari seminggu. Di pagi hari, kereta lewat pasar 4 kali. Kereta tiba di 8:40 jam dari Ban Laem Station dan berangkat dari Maeklong (Samut Songkram) Stasiun Kereta Api di jam 9:00. Kereta berikutnya tiba di 11:20 jam dari Ban Laem dan berangkat dari Maeklong (Samut Songkram) Stasiun Kereta Api pukul 11.30 WIB. Pada sore hari, kereta lewat pasar 3-4 kali.
Bener bener pasar tradisionil yang unik dan menegangkan.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. ide yang begini sering kontenya di intip TV swasta trus ditayangin..
      makasih bang sudah kasih komen disini.

      Hapus

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini