Jumat, 12 April 2013

Buat muslim ada waktu yang mengingatkannya akan panggilan waktu mendirikan sholat 5 kali sehari. Mulai subuh sampai isya', 5 kali sehari manusia diingatkan akan kewajibannya mendekatkan dan menunaikan
kewajibannya kepada Allah SWT. Panggilan yang dikumandangan diseluruh dunia dengan satu bahasa yaitu adzan. Dialah Bilal yang selalu menyerukan panggilan itu melalui mulutnya kepada semua mahluk dimuka bumi untuk menunaikan sholat, tidak kecuali manusia tetapi semua ciptaan Allah SWT di muka bumi ini.

Bilal selalu mengingatkan semua mahluk untuk menghadap Allah SWt penguasa alam semesta, penguasa dari semua mahluk dialam semesta, penjaga dan pemilik semua yang ada di seluruh jagad raya. Bilal yang membangunkan manusia disaat pagi subuh  disaat manusia sedang nyenyak tidur, bilal yang mengingatkan manusia yang sibuk disaat tengah hari melalui adzan zuhur, bilal yang mengingatkan manusia disaat ashar. disaat magriib dengan waktu yang pendek dan diwaktu isya disaat kebanyakan manusia
mulai lelah.

Bilal selalu tepat waktu diseluruh dunia, tidak ada dimuka bumi ini yang tidak pernah mendengar suara panggilan si Bilal melalui adzan yang selalu menyerukan manusia untuk menunaikan sholat, mengingat Allah disetiap waktu. Sebuah predikat akan pekerjaan yang tulus, tampa pamrih, tidak mengenal lelah dan tidak menerima bayaran dan selalui mengharapkan tiap manusia mendengar akan suaranya agar bergegas mengingat dan menunaikan kewajbannya kepada Sang pencipta.

bilal memiliki Saksi Terbanyak Di Akhirat

Suatu pekerjaan yang tidak pernah bisa disogok, dikorupsi, walau si bilal kadang kehidupannya jauh dari kekurangannya. Tetap mengingatkan tiap mahluk, walau yang di ingatkannya jauh lebih baik kehidupannya dimuka bumi, entah itu presiden, menteri, jenderal, raja, gubernur, penguasa, kepala bank, komandan, atau siapa saja.

Bilai selalu mengumandangkan adzan tepat waktu sesuai dengan aturan waktunya. Bilal tidak bisa disogok dengan duit berapapun agar bilal bisa mempercepat waktu adzan disaat orang berpuasa agar bisa cepat berbuka puasa.

Bilal juga tidak bisa disogok dengan uang agar tidak adzan disaat subuh dimana orang orang pada nyenyak tidur,Atau biar bilal tidak berisik disaat fajar dengan panggilan sholat melalui adzan. Mungkin buat kalangan tertentu teriakan adzan sang bilal dianggap mengganggu orang lain, tetapi ada banyak juga orang yang bukan muslim ikut diingatkan untuk bangun pagi hari, karena dengan mendengar suara adzan subuh  kebanyakan orang tidak perlu melihat jam untuk bangun pagi, karena pasti sudah hapal kalau adzab subuh waktunya pasti sudah tahu.

Dibalik itu juga ada rahasia sholat subuh yang tidak banyak diketahui orang dan patut diketahui.

Allah SWT memerintahkan kita bangun pagi dan shalat subuh? Dan mengapa dalam adzan subuh terdengar kalimat yang berbeda yang dikumandangkan bilal, kalimat yang tidak ada pada azan di lain waktu.

ash shalaatu khairun minan naum

Terjemahkan : "Sholat itu Lebih Baik Daripada Tidur".

Mengapa kalimat itu hanya dikumandangkan saat adzan subuh saja?
Melaui Kalimat itu Allah SWT ternyata sedang memberikan isyarat kasih sayangnya pada kaum muslimin,

Pada banyak studi jika puncak terjadinya serangan jantung sebagian besar dimulai pada pukul 06.00 sampai pukul 12.00. Mengapa demikian? Karena pada saat itu sudah terjadi perubahan pada sistem tubuh dimana terjadi kenaikan tegangan saraf simpatis (istilah Cina: Yang) dan penurunan tegangan saraf parasimpatis (Yin).

Tegangan simpatis yang meningkat akan menyebabkan kita siap tempur, tekanan darah akan meningkat,
denyutan jantung lebih kuat dan sebagainya. Pada tegangan saraf parasimpatis yang meningkat maka terjadi
penurunan tekanan darah, denyut jantung kurang kuat dan ritmenya melambat. Terjadi peningkatan aliran darah ke perut untuk menggiling makanan dan berkurangnya aliran darah ke otak sehingga kita merasa mengantuk, pokoknya yang cenderung kepada keadaan istirahat.

Pada pergantian waktu pagi buta (mulai pukul 03.00 dinihari) sampai siang itulah secara diam diam tekanan darah berangsur naik, terjadi peningkatan adrenalin yang berefek meningkatkan tekanan darah dan penyempitan pembuluh darah (efek vasokontriksi) dan meningkatkan sifat agregasi trombosit (sifat saling menempel satu sama lain pada sel trombosit agar darah membeku) walaupun kita tertidur.

Hal ini terjadi pada semua manusia, setiap hari termasuk anda dan saya maupun bayi anda. Hal seperti ini disebut sebagai ritme Circardian sehari-hari, yang secara kodrati diberikan Allah SWT kepada manusia.

Furgot dan Zawadsky pada tahun 1980 dalam penelitiannya mengeluarkan sekelompok sel dinding arteri
sebelah dalam pada pembuluh darah yang sedang diselidikinya. Pembuluh darah yang normal yang tidak dibuang sel sel yang melapisi dinding bagian dalamnya akan melebar bila ditetesi suatu zat kimia yaitu: Asetilkolin.

Pada penelitian ini terjadi keanehan, dengan dikeluarkannya sel-sel dari dinding sebelah dalam pembuluh darah itu,maka pembuluh tadi tidak melebar kalau ditetesi asetilkolin. Penemuan ini tentu saja menimbulkan kegemparan dalam dunia kedokteran. “Jadi itu toh yang menentukan melebar atau menyempitnya pembuluh darah, sesuatu penemuan baru yang sudah sekian lama,sekian puluh tahun diteliti tapi tidak ketemu”.

Penelitian itu segera diikuti penelitian yang lain diseluruh dunia untuk mengetahui zat apa yang ada didalam sel bagian dalam pembuluh darah yang mampu mengembangkan ( melebarkan ) pembuluh itu. Dari sekian ribu penelitian maka zat tadi ditemukan oleh Ignarro serta Murad dan disebut NO ( Nitrik Oksida ).
Karena penelitian itu Furchgott dan Ignarro serta Murad mendapat hadiah NOBEL tahun 1998. Zat NO selalu diproduksi, dalam keadaan istirahat tidur pun selalu diproduksi, namun produksi dapat ditingkatkanoleh obat golongan Nifedipin dan nitrat dan lain-lain tetapi juga dapat ditingkatkan dengan bergerak, dengan olahraga.

Efek Nitrik oksida yang lain adalah mencegah kecenderungan membekunya darah dengan cara mengurangi sifat agregasi atau sifat menempel satu sama lain dari trombosit pada darah kita. Jadi kalau kita kita bangun tidur pada pagi buta dan bergerak, maka hal itu akan memberikan pengaruh baik pada pencegahan gangguan kardiovaskular. Naiknya kadar NO dalam darah karena exercise yaitu wudhu dan shalat sunnah dan wajib, apalagi bila disertai berjalan ke masjid merupakan proteksi bagi pencegahan kejadian kardiovaskular, tanpa manusia menyadarinya.

Selain itu patut dicatat bahwa pada posisi rukuk dan sujud terjadi proses mengejang, posisi ini meningkatkan tonus parasimpatis ( melawan efek tonus simpatis ). Dengan exercise tubuh memproduksi NO untuk melawan peningkatan  kadar zat adrenalin di atas yang berefek menyempitkan pembuluh darah dan membuat sel trombosit darah kita jadi bertambah liar dan saling merangkul.

Oleh karena itu dalam Islam, Allah SWT sudah sejak awal Islam datang menyerukan shalat subuh. Hanya saja Allah tidak secara jelas menyatakan manfaat akan hal ini karena tingkat ilmu pengetahuan manusia belum sampai dan masih harus mencarinya sendiri walaupun harus melalui rentang waktu ribuan tahun.
Jadi banyak rahasia yang terkandung dalam sholat dan itu salah satunya, melalui rahasia sholat subuh, Dan karena panggilan sang bilal melalui adzan 5 kali sehari itulah, tiap manusia yang telinga pernah mendengarkan suara adzan sang bilal. Pada hari kiamat diakhirat kelak, sholat akan jadi pertanyaan pada semua manusia. jika sholatnya baik maka amalannya juga Insya Allah baik, begitu juga sebaliknya, dan karena Bilal yang sering meneriakan adzan setiap hari itu, dan menyerukan kepada manusia untuk mengingat Allah SWT, mengingatkan manusia untuk mendirikan sholat, mengingatkan manusia untuk tetap mengingat Allah SWt setiap saat.

Maka Bilal akan mendapatkan saksi terbanyak diakhirat kelak karena perbuatannya. Selain itu, semua makhluk di muka Bumi ini akan bersaksi untuk mereka pada Hari Kiamatkarena pernah mendengar panggilannya (HR Al-Bukhari). Allah mengampuni dosanya (HR Abu Daud dan Ibnu Majah). Dan, Rasul SAW akan memintakan ampunan kepada Allah untuknya (HR Ibnu Majah dan Abu Daud). Oleh karena itu BILAL disebut  Manusia Yang Memiliki Saksi Terbanyak Di akhirat kelak

Wallahu a’lam.

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini