Sabtu, 02 November 2013

Program mata mata NSA dilaksanakan pada masa pemerintahan Presiden George W. Bush setelah tragedi serangan pada 11 September 2001.Setelah 9/11 presiden Bush memberi wewenang kepada National Security Agency ( NSA ) untuk melakukan berbagai kegiatan surveilans di dalam Amerika Serikat, Para NSA Spionase Timeline memiliki daftar lengkap berupa tanggal penting, peristiwa, dan laporan, Ketika program NSA memata matai pertama kali terpapar oleh New York Times pada tahun 2005, Presiden Bush mengaku tujuan utamanya adalah mengawasi dan memata matai musuh AS, dan utamanya ditujukan pada kelompok teroris.

logo NSA

Tetapi dampak lain dari Program penyadapan NSA bukan hanya pada individu yang menjadi target, tapi mungkin jutaan orang Amerika tidak bersalah atau bahkan tidak pernah diduga terlibat kejahatan, bahkan sekarang area kerja NSA tidak hanya domestik negeri amerika semata, tapi sudah melebar memasuki wilayah hukum negara lain. Lihat saja banyak laporan media asing yang menyatakan kalau NSA menyadap negeri tertentu.

Menurut laporan The Washington Post dan The Guardian, mereka memperoleh dokumen dokumen rahasia yang berkaitan dengan program NSA disebut PRISM, Bisa dikatakan NSA bisa mengakses langsung data pengguna dari 9 raksasa internet seperti Google, Facebook, Skype, Apple, YouTube, Yahoo, Aol, Microsoft dan Paltalk.

National Security Agency ( NSA ) diam diam telah menerobos data Yahoo dan pusat data Google di seluruh dunia. Begitu menurut dokumen yang diperoleh dari mantan kontraktor NSA Edward Snowden.
Artinya NSA memposisikan diri untuk mengumpulkan data ratusan juta account pengguna google dan yahoo, dan NSA tahu siapa yang mengirim atau menerima email, kapan, serta konten seperti teks, audio dan video.

Dari poin intersepsi yang dirahasiakan, NSA dan GCHQ menyalin seluruh data yang mengalir di kabel serat optik yang membawa informasi antara pusat data dari Silicon Valley raksasa.

Infiltrasi NSA di bawah program yang dikenal sebagai PRISM, memiliki akses pintu depan ke account pengguna Google dan Yahoo. Kegiatan NSA untuk melindungi privasi orang Amerika, meminimalkan kemungkinan informasi dalam target mereka, pengumpulan, pengolahan,eksploitasi, retensi, dan diseminasi.

Dalam sebuah pernyataan, legal officer utama Google, David Drummond, mengatakan perusahaan telah lama prihatin tentang kemungkinan semacam ini, seperti mengintip dan belum memberikan pemerintah izin untuk mengakses ke sistemnya. Pihak google marah karena NSA telah meng hack link datanya dan pemerintah amerika sudah mencegat data privasi dari jaringan google.

cara kerja NSA

Seorang juru bicara Yahoo mengatakan, Kami memiliki kontrol yang ketat di tempat untuk melindungi keamanan pusat data kami, dan kami tidak memberi akses ke pusat-pusat data mereka kepada NSA atau instansi pemerintah lainnya.

Dalam PRISM, NSA mengumpulkan volume besar catatan komunikasi online oleh perusahaan teknologi AS secara legal, termasuk Yahoo dan Google, untuk menyerahkan data yang cocok dengan istilah pencarian disetujui pengadilan. Program tersebut, yang pertama kali diungkapkan oleh The Washington Post dan surat kabar Guardian di Inggris, diberi wewenang menurut Pasal 702 dari FISA Amandemen UU dan diawasi oleh FISC.

Data yang dicegat di luar AS, seperti dokumen yang menyiratkan, metadata, teks, audio dan video, kemudian difilter dengan program NSA yang disebut Muscular. Mereka berpendapat bahwa NSA menyadap data di beberapa titik seperti itu mengalir melalui kabel serat optik dan peralatan jaringan lainnya yang menghubungkan pusat-pusat data perusahaan, daripada menargetkan server sendiri.

The National Security Agency / Central Security Service ( NSA / CSS )
memimpin Pemerintah AS di kriptologi yang mencakup baik Sinyal Intelijen ( SIGINT ) dan Informasi Assurance ( IA ) produk dan jasa , dan memungkinkan Operasi Jaringan Komputer ( CNO ) untuk mendapatkan keuntungan keputusan untuk Bangsa dan sekutu kami dalam semua keadaan .

Misi NSA
Misi Intelijen mengumpulkan, memproses , dan menyebarkan informasi intelijen dari sinyal asing untuk tujuan intelijen dan kontra intelijen dan mendukung operasi militer. Badan ini juga memungkinkan operasi Warfare Jaringan untuk mengalahkan teroris dan organisasi mereka di rumah dan di luar negeri, sesuai dengan hukum AS dan perlindungan privasi dan kebebasan sipil.
NSA bisa mengakses Real Time Telepon dan Traffik Internet. Pada perusahaan telekomunikasi tertentu bisa jadi NSA untuk menyusupkan atau memasang peralatan pengawasan komunikasi canggih tanpa sepengetahuan pihak telekomunikasi, bisa berupa alat rahasia yang disatukan pada fasilitas telekomunikasi utama di yang akan dipasang pada negera tertentu.Ada banyak laporan dimedia berita dunia, kalau Peralatan ini memberikan akses tidak terbatas kepada NSA, melalui aliran besar komunikasi secara real time. Data yang masuk ke NSA pun sedikitnya 1,7 miliar email per hari, begitu menurut Washington Post. NSA kemudian bisa menjadi tambang data dan menganalisis lalu lintas data untuk kata kunci yang mencurigakan, pola dan koneksi.Yang jelas semua ini dilakukan tanpa surat perintah dan melanggar hukum federal dan konstitusi walau dinegerinya sendiri.

"Teknologi itu Made It Possible" untuk menggambarkan cara kerja NSA dalam mengintip data. ketika Anda mengirim email atau menggunakan internet, data perjalanan dari komputer Anda, melalui kabel perusahaan telekomunikasi dan jaringan serat optik, ke penerima yang dimaksudkan. Untuk mencegat komunikasi ini, NSA memasang perangkat yang dikenal sebagai " splitter serat optik " di banyak titikpersimpangan utama telekomunikasi.

Splitters ini membuat salinan tepat dari data yang melewatinya, lalu satu aliran diarahkan kepada pihak NSA, sedangkan aliran lain diarahkan ke penerima. Salah satu jenis mesin yang dipasanf merupakan Semantic Lalu Lintas Analyzer Narus, sebuah alat yang ampuh untuk pemeriksaan paket yang mendalam. Narus telah terus menerus disempurnakan kemampuan mereka dan pada pertengahan 2000-an, setiap mesin Narus mampu menganalisis 10 gigabit paket IP, dan 2,5 gigabit lalu lintas web atau email,per detik bahkan lebih. Mesin Narus kemudian dapat merekonstruksi informasi yang dikirimkan melalui jaringan dan meneruskan komunikasi ke lokasi pusat untuk penyimpanan dan analisi, Dan menurut situs berita luar, server dan router NSA berada di Utah.

Jadi apakah suatu negara itu aman tanpa penyadapan NSA? belum tentu, karena komunikasi data dan enskrip data bisa jadi ada celah. Bagaimana juga banyak perangkat komunikasi bukan buatan lokal, firewall berlapis belum tentu aman jika jalur utama gerbang gatewaynya sudah dicegat ditengah jalan. Sandi dan kode tertentu pada jaringan tidak menjamin kuatnya sistem, kode cipher mungkin negara besar sudah punya bank datanya, tapi alangkah baiknya Indonesia memanfaatkan bahasa sandi dan chiper code sendiri, bisa diambil dari bahasa sansekerta, bahasa asli suku dayak, atau manuscript dari daerah tertentu yang belum di input server data NSA. Untungnya Indonesua memiliki banyak bahasa daerah, banyak manuscript tua, mulai dari manusript sumatera, manuscript jawa, palawa, sunda, dan daerah lain. Sedihnya bangsa ini tidak memiliki bank data dari manuscript langka nusantara, sasaran sadap menyadap perlu alat canggih, dimana alat itu ditempatkan, target dan kemana lalulintas datanya, satelit hal vital yang paling mudah disusupi alat mata mata asing. Perangkat pada jaringan komunikasipun mudah disusupi chip tertentu yang bisa memancarkan data.

Siapa yang akan mengawasi pengawas ( mata mata digital ), mata mata Cyber, penyusup asing yang bermain di wilayah yang berdaulat seperti Indonesia. Alat Pengacau signal komunikasi, pengacau frekwensi dan alat anti sadappun harus tepat. Tepat guna, tepat sasaran, tepat target. Bila negara besarpun mudah disadap NSA, apalagi Indonesia. Musuh yang paling berbahaya dalam perang adalah sahabat sendiri, musuh yang paling menyakitkan adalah dari kalangan sendiri. Apalagi bangsa ini yakin tidak ada fasilitas negara lain dinegeri ini yang mencuri dan mengawasi data rahasia negeri ini? Jika tiap HP saja memiliki IMEI yang bisa dilacak darimanapun, begitu juga Chip RFid, apakah kita yakin kalau kita tidak disadap ketika sedang berbicara rahasia?

Kunci utama jalur yang mungkin disusupi jika ingin menyadap adalah Provider telekomunikasi, mulai dari server, router, jaringan,  chip pada perangkat, bahkan injeksi satelitnya sekalian. Itu artinya suatu negara sudah ditenlanjangi tanpa terasa secara teknologi. Mau marah? malu? atau diam saja karena tidak tahu? atau sok yakin kita aman gak mempam disadap? Tulisan ini sekedar uneg uneg blogger Cybermales yang mencintai nusantara. Banyak profesor, pakar bahasa, pakar hukum, pakar iptek, pakar hankam dinegeri ini yang lebih mampu dalam bidangnya, jadilah negeri ini negeri yang mandiri dengan alat dan kemampuan sendiri, Semoga tentara Cyber Indonesia dibentuk dengan kemampuan sendiri dan alat alat sendiri serta berisi orang orang yang benar benar mencitai pekerjaan dan keutuhan negeri ini. 

Dikutip dari berbagai sumber dan diedit serta ditulis admin Cybermales :
https://www.eff.org/nsa-spying/how-it-works
http://www.washingtonpost.com/
http://www.bbc.co.uk/news/world-us-canada-24751821
http://www.nsa.gov/about/mission/index.shtml

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini