Cara Memperbaiki KIpas Angin Sendiri

25 comments
Yang awan dengan dunia elektronika apalagi sudah menyangkut urusan listrik, gak perlu takut deh, listrik ada dua bagian kok, AC dan Dc, AC adalah arus bolak balik dari sumber arus listrik PLN yang memiliki tegangan 110v sd 220v, di indonesia rata rata sudah menggunakan 220v. Nah sumber arus AC dibilang juga sumber arus kuat. Sedangkan tegangan DC atau arus searah, yang mana biasanya ada pada rangkaian elektronik yang ada dirumah semisal, Tv, Kipas angin, radio, stereo set, dvd player dan sebagainya.Tegangan pada arus DC dari yang paling rendah 1,5v, 3v,6v,9v, 13v, 13,8v, 19v,24v, 35v sampe 48v tergantung rangkaiannya, Arus Dc terbilang arus lemah jadi tidak begitu berbahaya.

cara memperbaiki kipas angin 

Nah setelah paham gak perlu bingung dan pusing bila disuruh memperbaiki peralatan elektronik yang rusak milik sendiri. Pada dasarnya hampir semua peralatan listrik bisa di perbaiki sendiri asalkan anda punya nyali untuk bongkar pasang peralatan tersebut. Yang penting sabar dan sedikit hati hati.Kali ini admin akan akan coba bahas tips ringan yang sering terjadi yaitu kipas angin matot. cara memperbaiki kipas angin yang mati atau tidak mau berputar / matot alias mati total. Mati total disini artinya memang tidak ada respon sama sekali ketika kipas angin tersebut dihidupkan, atau sering sekali terjadi ketika kipas angin dihidupkan ternyata masih ada respon tapi cuma berdengung.

Berikut cara memperbaiki kipas angin matot beserta langkah langkahnya :

1. Copot kabel power kipas angin terlebih dahulu dari sumber arus / colokan yang mengarah ke sumber arus PLN.

2. Cek dulu kabel power kipas angin.
Kabel power merupakan penghubung utama antara peralatan listrik dengan sumber tegangan atau sumber listrik PLN. Kerusakan yang paling sering terjadi pada kabel power adalah rusaknya kepala jack kabel, bagian kabel di gigit tikus. kerusakan ini bisa langsung terlihat tanpa membutuhkan alat bantu lainnya. Namun, untuk kabel power yang putus didalam kita harus mengggunakan alat bantu multitester maupun AVO meter.

3. Cek koneksi panel pada saklar pengatur kecepatan kipas angin.
Bila Kabel power masih dalam kondisi bagus, pemeriksaan berlanjut ke komponen selanjutnya yaitu saklar kecepatan atau speed switch. Kerusakan yang sering terjadi pada komponen ini adalah titik kontak yang sudah bengkok atau los / aus sehingga ketika saklarnya di tekan akan balik lagi. Cek dengan multitster.

4. Cek bagian Koneksi kabel antara kabel kecepatan / bagian yang menempel pada sakalar dengan kabel yang menuju listrik langsung ( kebanyakan berwarna hitam atau putih ) jika kipas angin belum pernah dibongkar.Pada panel bagian Saklar speed / kecepatan akan terlihat 4 buah kabel yang berasal dari trafo kumparan atau motor kipas angin. 3 kabel untuk jalur pengatur kecepatan kipas angin dan 1 kabel untuk jalur menuju sumber arus listrik.Sedangkan untuk kipas angin yang hanya 2 speed kabelnya hanya ada 3 buah yaitu 2 buah untuk pengatur kecepatan dan 1 buah untuk menuju jalur sumber arus listrik PLN.Kabel tersebut harus menunjukkan hubungan langsung ketika diukur menggunakan multitester.

Cara pengetesannya adalah potong terlebih dahulu tiap kabel tersebut dari sambungan pada saklar, enaknya potong dibagian tengah kabel biar mudah menyambungnya jika sobat tidak punya solder. atur posisikan saklar multitester pada X1 atau x10, lalu tempelkan ujung kabel pengukur multitester warna merah atau hitam pada kabel yang berasal dari trafo / kumparan kipas angin tersebut secara bergantian. Jika trafo / kumparan kipas angin dalam kondisi bagus maka jarum multiester akan bergerak kekanan menunjukan koneksi.

Jika ada salah satu kabel yang dikukr ternyata tidak terhubung, itu menandakan ada kerusakan di bagian kumparan. Yang paling sering terjadi adalah pada bagian kabel yang terhubung ke kabel power listrik ( warna putih atau hitam ).

Bila ini yang terjadi kemungkinan yang putus adalah Thermofuse ( bentuknya kecil seperti resistor ) sering disebut sekering. posisinya tertutup  bungkus kabel warna hitam dan berada pada kabel power langsung. Jika tidak kemungkinan kawat kumparannya / trafo kipas angin ada yang putus di bagian tengah.Nah jika 100% kerusakan bagian kumparan trafo, ini bagian sulit yang tidak bisa diperbaiki sendiri harus dibawah keagen layanan servis sesuai merk kipas angin sobat, untuk diperbaiki atau diganti.

5. Cek kapasitor kipas angin.
Kejadian yang sering banyak dialami adalah Kipas Angin berputar lambat, kondisi begini menandakan Kapasitor yang mulai melemah, rusak bahkan mati. Ukuran Kapasitor pada Kipas Angin bervariasi antara 400V /1,8 uf hingga 400V / 2,5 uf. Bentuknya kotak hitam seperti korek api kayu dan terletak dibagian belakang tutup kipas angin.Untuk pengecekannya rada cukup lihat kondisi, jika seperti melembung / membengkak / pecah dipastikan cuma kapasitor ini yang rusak, lepaskan lalu beli di toko yang jual spare part elektronik harganya murah sekitar Rp.4500 Rp.sd 10.000, pasang dengan yang baru.

Demikian tips cara memperbaiki kipas angin yang mati total ( matot ), tips admin dapat dari teknisi resmi Maspion dantelah dicoba sendiri dan berhasil. Semoga berguna, "Tidak semua hal didunia ini harus dibayar dengan uang, memberi akan lebih baik daripada menerima".

Related post



25 Responses to " Cara Memperbaiki KIpas Angin Sendiri "

  1. Thank.. saya mau bongkar dan perbaiki kipas yang sudah 3/4 tahun digunakan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat deh, sudah saatnya kita jangan cuma jadi pemakai tapi harus jadi pembuat.

      Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  2. Gan cara liat/mastiin kalo kumparan putus ato enggak nya gimana cara nya gan?

    BalasHapus
  3. @Sutra Blue,

    Coba ikutin semua tips diatas, atau cara mudahnya sebelum dibongkar coba puter kipas dgn tangan searah jarum jam dgn jari gak perlu kenceng jika terasa berat artinya kumparan bgs, jika enteng atau tidak ada kesan berbalik arah jarum jam artinya kumparan putus.


    BalasHapus
  4. gan, ini kipas angin gue aneh. Pdhl krn gue nyalain matiin bgtu brkali-kali karen kedinginan jd dimatiin trs kpanasan ee sya nyalain lagi. Tiba" gak nyala sama sekali -_-.
    Gue bongkar tuu gan, secara fisi dg kasat mata dari kabelnya sendiri aman, listrik ngalir, speed switchnya bagus, dinamonya jg gk ada yg hangus aplgi smpe trcium bau" gak sedap, spolenya trlihat baik"aja, thermofusenya jg gak ada yg hangus. Tapi blm tau dlmnya dinamo sprti apa.
    Kira" ini troublenya di mana ya ?

    BalasHapus
  5. @Hendyt Mugi Wijayanto,

    Coba diukur deh kabel yg mengarah ke speed control, harus pake multitester tuh biar akurat.

    Pada kipas angin tertentu ada fuse atau sekering kecil sebesar resistor, letaknya biaanya diantara sambungan ke arah trafo dan terbungkus bersama kondom kabel, coba cek putus tidak?

    Capasitor yg rusak terkadang tidak harus terbakar, pecah atau melembung..ada baiknya dicoba diganti dgn yg baru murah kok cuma 5 rb.

    Masalah umum klo type kipas anging gantung di dinding biasanya kabel putus tengah.

    Coba trik ringan umumunya, putar kipas dengan tangan jika teras berat dan terkesan berbalik arah artinya masalah bukan pada trafonya.

    demikian sobat, silahkan dicoba semoga ketemu masalahnya.

    BalasHapus
  6. mas brooww
    kipas gwe bru 2 bln adah gak nyala,, gwa bongkar,, gw nyalain cma getr ja gak mau muter,, kenapa to mas broww

    BalasHapus
  7. @Irham ae,

    Wah mas klo baru 2 bulan pasti masih garansi mending dibawa ke servis senternya, sayang toh garansinya.

    Klo sekilas kerusakannya cuma pada gearnya tuh yang gas pas, atau bisa juga poros kumparannya yang gak beres...jadi baiknya dibawa ke tempat servisnya gak bayar kok.

    BalasHapus
  8. Infonya mantap mas bro.. kipas angin sy langsung bagus.. tdk jadi degh belli lagi.. uang mas kantong lg.. cman modal 10.000.. ganti kapasitor ama fusenya aja.. mskipun agak susah temukan tuh fusenya.. hehe

    BalasHapus
  9. @ari atma, syukur deh kalo berhasil yang penting sabar, egitu juga sobat lain.

    BalasHapus
  10. bang, kipas angin gue gak mau muter. nah, kemaren kbetulan gue lagi charging laptop, di terminal yg sama gue coba ngetes kipas angin, eh malah listrik yang ke laptop jd putus nyambung. cuman waktu saklar kipas di off in listriknya normal lagi.
    terus gue bongkar, ternyata kumparan dinamo nya ada dua helai yang putus. apa harus ganti satu gulung bang? saran alternatif pliss,
    hatur nuhun... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak harus ganti baru trafo, coba deh diliat arah kabel yang putus tersebut, biar mudah coba lihat diantara kabel yg ada kabel yang mana tidak ada kabel(putus), nah solder pada kabel yg mengarah kepanel dan arus listrik.

      Biar lebih mudah pake multitester diukur dahulu.memang agak sedikit repot karena kabel trafo halus seperti rambuat.
      segitu dulu silahkan dicoba.

      Hapus
  11. Buat para lelaki atau suami minder dengan ukuran Mr. P nya, coba deh ikutin cara memperbesar penis yang alami dan aman

    Atau jika bunda, sista ingin memperbesar payudara Bunda bisa pakai Minyak Bulus.

    BalasHapus
  12. bos saya mau bikin kipas untuk pendingin,,, saya belinya kipas ukuran barapa trus travonya ukuran barapa ya bos ,, tlong di bles ya mierzarifqie@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya, pendingin buat apa nih?
      Bisa lebih spesifik lagi brooo

      Hapus
  13. gan, pas ane bongkar2, ane lupa diagram wiring motor kipas ane ..
    ane pake kipas yang 3 kecepatan ..
    pas di motor sih ada 6 kabel, warna putih, hitam, merah, kuning, oren, sama abu-abu ..
    bisa minta pencerahannya gan ??
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap merk beda broo koneksinya, punya bro merk apa?
      trus masalahnya kenapa? putus atau gimana yang buat bingung?

      Hapus
  14. gan, pas ane bongkar2, ane lupa diagram wiring motor kipas ane ..
    ane pake kipas yang 3 kecepatan ..
    pas di motor sih ada 6 kabel, warna putih, hitam, merah, kuning, oren, sama abu-abu ..
    bisa minta pencerahannya gan ??
    hehe

    BalasHapus
  15. Thanks atas pencerahannya gan..?! ^_^

    BalasHapus
  16. mas bro kipas saya mati saya bongkar ternyata kabel speed dan kabel gulungan putu 5 bh mau nyambung kaga tau pasangan nya merk maspion mohon petunjuk trims,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya dari kabel tersebut ada isolasinya, coba cari yang warnyanya sama

      Hapus
  17. mas kipas nya ga mau muter tapi masih ada suara berdengung halus kira2 apa nya mas yang rusak

    BalasHapus
  18. Mas kalau di speed rendah lambat muter tapi di speed yg lebih tinggi itu normal kenapa ya? Trims

    BalasHapus

This Blog Member Of : DMCA, Kaskus, Viva, Lintasme, Kompasiana
Semua materi dalam blog ini asli tulisan Admin Cybermales, Copy Paste Silahkan Saja Asal ada link balik ke arah postingan asli dari Blog ini.