Senin, 29 Oktober 2012

Sudah hampir 2 tahun nge blog di blogger.com dengan blogspot tidak terasa, usia ngeblog yang lumayan tinggi jika memang menggeluti dunia web design, tapi selama ini cuma ngabisi waktu cuma buat posting buat artikel baru tanpa mikiran pengaturan seo pada blog. Dulu waktu masih baru menmbuat blog saya beranggapan cukup nulis dan publish artikel, dan template masih asli standar blogspot. Hasilnya  6 bulan ngeblog postingan cuma dibawah 20 artikel itupun hasil copy paste tanpa tanpa etika, eh tahunya dapet hadiah Pagerank 2 dari google.

Jadi Semangat ngeblognya dan rajin nulis artikel baru dengan hati hati dan memodifikasi template blog. Macem macem template sering diuji coba seperti ganti baju, gak tanggung tangung dalam satu bulan bisa 3 kali ganti template. Coba script baru yang populer biar keren dan latah ikutan yang lagi tren.

Jalan setahun banyak browsing cari pengetahuan blogging yang bener itu gimana?
mulai banyak masukan baru, pengalaman baru, timbul etika saling menghargai hasil karya tulisan orang lain. lama lama mending nulis artikel sendiri dengan pikiran sendiri. Hasilnya pengunjung blog meningkat dahsyat. Awal coba coba cari duit dari google yaitu google adsense, biar tampilan blog keren ada iklan google nya,tanpa diduga jalan 3 bulan sudah dapet puluhan dollar dari google adsense.

Entah karena karena postingan berbau konten pornografi walau hiburan dan pada artikel kesehatan atau masih menggunakan bahasa indonesia waktu itu, akhirnya dapet surat putus cinta atau banned dari google adsense. sempet komplain di forum dan menyatakan untuk memblokir google dari Indonesia yang mencari rupiah disini tapi tidak mensupport bahasa indonesia, eh berita bagus lagi setelah beberapa  bulan google mengerti suara hati banyak blogger di negeri ini akhirnya bahasa indonesia support untuk google adsense. Tapi sudah terlanjur akun google adsense sudah dibanned. Bisa saja men switch account google adsense yang lain tapi ragu karena takut dibanned lagi, sayang blog baru yang lain yang baru dibangun dari awal.

Buat sobat yang traffic dan kontennya bagus sayang klo gak didaftarkan di google adsense.
Ingin daftar silahkan daftar Disini. sekedar saran jika ingin jalanin program google adsense jangan pernah memasang addon pada browser yang bisa men direct sebuah website.Nanti tanpa disadari akan dianggap praktek auto klik dan akun kamu bisa dibanned karena dianggap ada klik tidak sah.

google adsense


Lalu Nyoba infolinks hampir setahun penghasilnya hasilnya cuma beberapa dollar, trus mengoptimalkan template blog dengan tehnik Super SEO dari blogger senior hasilnya lumayan pengunjung blog membludak tiap hari danhasil dari infolinks membengkak, disaat dollar mulai melejit infolinks melayangkan banned karena infolinks tidak support bahasa indonesia padahal iklan selama ini jalan dan setting bahasa sudah di set english, buat sobat yang iklan infolinks nya masih jalan semoga gak senasib blog ini, sudah jalan lama tapi pas dollar
melejit kena banned dengan alasan yang tidak melegakan.

Ingin tetep mencoba daftar infolinks silahkan daftar ppc Infolinks disini :
syarat mudah dan langsung diterima walau bahasa indonesia asal tidak pernah dibanned sebelumnya, cuma diperhatikan lagi daftar mudah trus iklan jalan setelah beberapa bulan dibanned lantaran bahasa yang tidak mendukung. aneh PPC alternatif seperti infolinks ini harusnya menilai dulu bahasa blog sebelum meng aprov.
Untuk mencoba cari penghasilan lain dari PPC alternatif bisa mencoba chitika, innity atau yang lokal seperti adsense camp, pesan.com dan lainnya. terima kasih kepada blogger dan google yang telah memberi domain blogspot gratis sebagai sarana latihan buat banyak user blogger menjadi web design profesional. menulis dan berkarya didunia maya.

Kembali lagi kemasalah optimasi blog, traffic blog bagus, konten menarik, tapi Pagerank gak naik, alexa loyo, apanya yang salah.? Ada blog yang jumlah pengunjungnya sepi traffic alexa nya bagus banget dan pagerank nya tinggi. Tampilan biasa cuma template standar blogger, ini yang menarik. Oh ya punya blog belum daftar alexa silahkan klik Disini

Cari backlink entah perlu tidak dimata google sekarang, karena ada blog dengan backlink tinggi tapi peringkat pagerank dibawah blog yang cuma backlink kecil yang bisa dihitung pakek jari. Klo menurut saya yang baru dan cuma seneng ngeblog google tidak mementingkan backlink tinggi, ada cara sendiri google memberi peringkat sebuah blog, ibarat kendaran yang penting semua peralatan terpasang lengkap, misalnya template standar blogger atau template modif yang tidak terlalu extreme, selalu mengatur pembaharuan konten lewat feed blog, mengaktifkan recent comment, dan apa apa yang menjadi bagian dalam template.

Lalu sering mengunjungi webmaster google  Disini untuk mengoreksi kinerja blog kita.
Daftar verifikasi kepemilikan blog disana sekalian mengatur sitemap blog entah itu atom.xml atam rss,xml
pada Meta tag blogger ada baiknya diatur sendiri. 

1. Login ke Blogger
2. Pada Dashbord pilih Tata letak
3. Pilih Edit Html
4. Temukan kode berikut pada template blogger :
    <title><data:blog.pageTitle/></title>
5. Anda ganti kode diatas dengan kode berikut ini.
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

Untuk meta tag lain silahkan ditambahkan seperti dibawah ini :
<meta content='Ryan Riyanto' name='Author'/>
<meta content='global' name='distribution'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='en,id' http-equiv='content-language'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>
<meta content='Cybermales 2012' name='copyright'/>
<meta content='width=1100' name='viewport'/>
<meta content='index,follow,noodp,noydir' name='ROBOTS'/>
<meta content='index,follow, all' name='robots'/>
<meta content='follow, all' name='robots'/>
<meta content='1 days' name='revisit-after'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>
<meta content='blogger' name='generator'/>
<meta content='index,follow' name='ROBOTS'/>

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta content='Ganti Dengan Deskripsi blog Kamu' name='description'/>
<meta content='Ganti dengan Keyword kamu' name='keywords'/>
</b:if>

6. Save template.

Nah yang sering jadi masalah antara meta tag demi SEO dengan dan masalah yang sering dihadapi pada report webmaster google adalah penggunaan meta deskripsi yang sering menjadi error duplikat deskripsi.
Jika kita menerapkan meta desripsi pada template akan timbul masalah dulikat meta deskripsi yang lumayan

banyak. solusinya untuk mengatasi duplicat meta deskripsi adalah dengan menghapus atau tidak usah dipasang pada bagian html template, cukup menggunakan yang ada pada setting template.

Yang ribet menurur saya jika kita tidak memasang meta deskripsi pada template blog akan berpengaruh dengan traffic alexa seperti blog saya ini yang link in alexa nya sering drop padahal visitor blog membengkak diatas 5000 penginjung tiap hari. Mungkin banyak blogger senior lainnya ada sara yang lebih baik.

Sebenernya www.blogger.com juga telah memberi kemudahan untuk kita yang menggunakan blogspot untuk meng custom semua pada menu yang telah disediakan blogger pada pengguna template blogger / blogspot yang baru. Kita bisa mengatur mulai dari setting robot pengindex, description dan lainnya. buat yang males ngaturnya tiap membuat postingan baru seperti sama, maka lebih suka pengaturan otomatis meta tag yang letaknya dibagian atas <head> template blog.

Sekedar saran sebelum memulai membuat blog, pastikan judul blog yang mudah diinget, carilah template yang ringan, tidak harus memasang code scripts berlebihan, buat lah artikel dan update blog dengan konten langka dan menarik. Perhatikan hal yang berpengaruh terhadap SEO, carilah template yang seminimal mungkin mengandung error xhtml jika divalidasi di www.validator.w3.org ( yang valid biasanya template html5), buka dan buat link sharing dari sosial media. jagalah etika blogging dengan tidak main copy paste seenaknya, Hargai hasil karya tulisan orang lain, INGAT perhatikan tehnik SEO diawal membuat blog sebelum melangkah jauh karena repot akhirnya mengoptimalkan blog setelah blog kamu gagal yang akhirnya jadi SEO yang terseok seok seperti blog saya ini, tak lupa teruslah menulis untuk kebaikan bersama,..happy blogging.

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini