Selasa, 30 Oktober 2012

Robot Gambaran kemanjuan teknologi masa depan, tiap manusia berlomba lomba menciptakan robot. ide dan inspirasi bisa didapat dari film fiksi ilmiah atau imaginasi sang pembuat robot itu sendiri. Ada design robot mini, robot pelayan seksi, robot pemadam kebakaran, robot militer sebagai pengintai dan penyerang, robot pelayan, bahkan ada spiderbot atau autobot layaknya film tansformers. Untuk yang hobi elektronik bisa kok mencoba mendesign robot sendiri, ada kok jualan kit robot yang siap rakit tinggal dimodif aja. Yang penting paham pemograman Ic, dan sistem mekanik serta kesabaran dan ketekunan.
 
Nah klo foto ini disebut robot traktor atau traktor robot buatan orang rusia.
Bentuknya memang sangat besar karena traktor yang sudah besar dimodif menjadi robot, keren.

robot traktor super besar

Artikel ini dikutip dari website robot indonesia yang bisa dijadikan ajuan belajar membuat robot sendiri.
Design robot ini bisa dikendalikan dengan remote TV, unik dan bisa dipelajari. Robot laba laba ini dibangun dengan menggunakan Modul Delta Robo CPU dan Delta Robo DC Driver yang merupakan bagian dari Delta Robo Kit sebagai otak dan penggerak mekanik, Delta IR Control sebagai penerima perintah perintah kendali robot yang dikirimkan oleh remote control dan Hexapod Mechanics yang
berfungsi sebagai sistem mekanik dari robot tersebut.

Hexapod Mechanic dibangun dengan menggunakan tuas-tuas yang digerakkan oleh Motor Servo HS-311 yang juga sudah dilengkapi dengan gear-gear reduksi sehingga memperkuat langkah laba-laba dalam bergerak. Spiderbot (Robot laba laba) kali ini merupakan jenis teleoperated yaitu robot yang dikendalikan dari jarak jauh. Media pengendali dalam hal ini adalah cahaya infrared yang dimodulasi dengan menggunakan frekwensi carrier 38KHz.

Bagian RXD adalah merupakan gambaran sinyal yang diterima pada bagian receiver Delta IR Control. Tampak pada gambar di atas bahwa sinyal tersebut dimodulasi dengan kondisi tegangan 0 Volt (RXD) mewakili adanya frekwensi 38 KHz dan tegangan 5 Volt mewakili tidak diterimanya frekwensi 38KHz.
Hasil dari penerima tersebut, setelah melewati sistem coding, akan membentuk data-data sebagai yang tampak pada tabel berikut.

Tombol tombol perintah yang digunakan
Untuk Delta Hexapod Kit ini, tombol-tombol yang digunakan adalah:
- Vol+ : untuk maju
- Vol- : untuk mundur
- Prog+ : untuk belok kiri
- Prog- : untuk belok kanan
- A/B : untuk putar kiri
- Select : untuk putar kanan
- TV/Video : untuk berhenti

Delta Robo CPU adalah merupakan bagian dari Delta Robo Kit yang menjadi otak dari Hexapod ini. Modul ini telah dilengkapi dengan port yang dapat dihubungkan pada Delta IR Control. Juga tersedia port untuk infrared line sensing, sensor ultrasonic dan lain-lain yang dapat digunakan untuk pengembangan lebih lanjut.

Delta DC Driver adalah bagian pelaksana perintah dari Delta Robo CPU yang meneruskan perintah tersebut ke Motor Servo HS-311 agar menggerakkan kaki-kaki dari robot laba-laba. Modul ini dilengkapi dual H-Bridge dengan short circuit protector yang dapat menggerakkan kedua motor HS-311 melalui perintah-perintah yang diberikan oleh Delta Robo CPU.

Demikianlah ide dan mengenal cara membuat robot ini, semoga bisa dijadikan motivasi buat pemuda dan pemudi Indonesia, karena sudah saatnya Indonesia maju memiliki gambaran teknologi masa depan hasil karya sendiri.


Sumber : www.robotindonesia.com

3 komentar:

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini