Jumat, 19 Oktober 2012

Waktu kecil dulu pasti sering main teka teki dengan sahabat, ada pertanyaan nyeleneh yang gak perlu dijawab serius, misalnya ikan apa yang bisa hidup didarat, karena spontan gak harus mikir jawabannya juga gampang, yaitu ikan nekat..!! ya cuma ikan nekat yang mau hidup didaratan, eh taunya ada ikan beneran yang bisa memanjat pohon, bahkan ada ikan yang bisa terbang. Duh ternyata pengetahuan waktu kecil emang masih dangkal masih sebatas dengkul.

Nah belakangan lantaran hobby memancing ikan kelas bebas alias mancing dialam bebas, mulai dari sungai besar sampe sungai kecil di pedalaman yang jarang dijamah manusia, maksudnya dijamah abg buat memagut kasih lantaran sepi dan sulit dijangkau lantaran jauh dari kota dan serem. Ikan populer dan enak memancingnya diperairan pedalaman adalah ikan gabus, sebutan popoler disumatra. Disini di tempat dan pinggiran sungai pedalaman inilah banyak ditemui jenis jenis hewan yang jarang ada dan sulit ditemui di perkotaan.

Di aliran sungai pedalaman yang dikelilingi pohon sepanjang alirannya adalah lokasi paling mantep buat mencari ikan target yaitu gabus. Tapi buat yang tidak biasa memancing dipinggiran sungai dan rawa asli rasanya pasti kaget melihat hewan kecil yang unik bisa memanjat pohon dan hidup didaratan. jika pertama kali melihatnya pasti berkesimpulan itu mahluk aneh atau sejenis kadal, tapi jika dilihat lagi jika hewan ini berlari trus masuk kedalam sungai pasti lebih kaget lagi.

Hewan kecil aneh yang hidup didarat dan bisa memanjat pohon itu namanya tembakul, ditempat lain mungkin bernama belacak atau belodog, ia adalah sejenis ikan kecil yang memang dapat hidup di daratan, terutama di daerah berlumpur atau berair dangkal, di muara dengan pinggiran berlumpur atau rawa hutan bakau. Ikan ini terdapat di daerah tropis. Panjang tubuhnya anatara 5 sampai 15 cm. Setidaknya ada 40 spesies tembakul yang telah diketahui.


ikan yang bisa hidup di darat dan memanjat pohon

Kalo melihat penampakan ikan tembakul sangatlah khas, dimana kedua matanya menonjol mirip katak serta sirip belakang yang menawan. Keahlian yang dimiliki oleh ikan yang satu ini selain dapat bertahan hidup lama di darat, ia dapat memanjat pohon, pelompat jauh dan seperti kapal selam, berbadan seperti torpedo dan matanya seperti periskop tuh seperti ikan militer.

Karena kebiasaaannya bisa hidup di air dan di luar air, hewan ini tentu mempunyai cara bernapas yang khusus. Jika berada di dalam air tembakul bernapas dengan insangnya seperti ikan biasa, memasukkan air ke dalam mulut, lalu melewatkannya melalui insang yang mengekstrak oksigen yang terlarut dalam air. Oksigen tersebut diserap ke dalam darahnya.

Namun berbeda dengan ikan biasa, tembakul tidak bisa tinggal di dalam air untuk jangka waktu yang lama. Tembakul lebih banyak tinggal di luar air, ia menghabiskan waktunya 75 sampai 90% berada di luar air. Tembakul akan mengisi ruang insangnya dengan campuran udara dan air saat ia berada di dalam air sebelum keluar ke permukaan air. Dalam hal ini, insangnya berfungsi sebagai tangki oksigen, sehingga darahnya tetap mendapatkan oksigen saat ia berada di darat. Tembakul dapat menyimpan air dalam ruang insang yang digembungkan saat keluar dari air sehingga insangnya cukup basah. Sistem seperti ini membasahi insang
selama tembakul berdiam berjam-jam di udara terbuka.

Ketika keluar dari air insangnya mulai mongering dan lengket satu sama lain, sehingga tembakul memiliki suatu rongga khusus di belakang telinganya dimana rongga tersebut menyimpan airlaut. Saat ia memutar matanya, ronga tersebut mendapat tekanan dan ini memberikan oksigenisasi kembali air yang tersimpan tersebut, melumasi kelopak insangnya dan mengembalikan fungsi normal insangnya.

Tetapi tembakul dapat benar-benar menghirup udara. Ia dapat menyerap oksigen di udara melalui membrane yang kaya darah di belakang mulut dan tenggorokannya (rongga buccopharyngeal). Ia juga menyerap udara melalui kulitnya yang memiliki ganyak pembuluh darah kapiler, selama kulitnya tetap basah. Inilah sebabnya mengapa ia sering berguling di genangan air dan menjaga ekornya tetap dalam air. Tambakul juga harus secara berkala mengisi kembali air dalam ruang insangnya sehingga ia tidak bisa berada jauh dari air.

Ikan tembatul / ikan yang bisa hidup didarat ini memiliki mata yang istimewa.
Tembakul memiliki mata menonjol yang terletak berdekatan di atas kepalanya. Berbeda dengan ikan lainnya, tembakul suka berenang dekat permukaan air, matanya dapat melihat ke segala arah. Saat berenang dekat permukaan air, matanya menonjol di atas permukaan air sedangnkan tubuhnya aman di bawah permukaan air, sehingga tembakul dapat melihat di atas permukaan air dan di bawah permukaan air secara bersamaan. Saat tembakul keluar dari air, ia menjaga matanya tetap basah dengan menggerakkannya memutar ke belakang ke rongga mata setiap saat untuk direndam dalam air yang tertampung di bawah lekuk matanya. Tembakul mungkin satu-satunya ikan yang memiliki kelopak mata yang dapat digerakkan.

Yang unik dari Sirip ikan yang bisa hidup didarat ini adalah bisa berfungsi sebagai kaki untuk berjalan.
Tembakul berjalan dengan menggunakan sirip dadanya. Sirip ini mempunyai otot seperti lengan. Teteapi ia tidak menggerakkan sirip ini secara berganian seperti kita berjalan. Ia melompat kecil dengan tetap menjaga tubuhnya kakudan menyentakkan diri ke daepan. Ia berjalan meninggalkan jejak tubuh dan siripnya di lumpur. Sirip digunakan untuk berjalan di lumpur dan di dalam air. Sirip ini digunakan untuk berjalan di darat dan di dalam air.

Tembakul dapat melompat melukkan tubuhnya pada satu sisi dan kemudian dengan tiba-tiba menjentikkan tubuhnya yang berotot kuat, tembakul dapat melompat sejauh 60 cm sekali lompatan. Ekornya memberikan kekuatan gerak. Ia juga dapat meluncur di lumpur dan di atas permukaan air.Banyak jenis tembakul memiliki sirip panggul khusus yang beradaptasi yang bertindak seperti penghisap untuk menahan tubuhnya pada permukaan vertikal, sementara ia menggunakan sirip dadanya yang mirip tangan untuk menarik dan mendorong tubuhnya saat memanjat. Dengan cara ini ia bisa merangkak naik ke atas akar atau batu.

Ikan Tembatul termasuk pemburu yang yang hebat.Mulut yang bentuknya aneh sangat baik untuk menangkap serangga dan bahkan kepiting kecil atau yuyu bahasa jawa. Ia juga mempunyai gigi yang tajam untuk menangkap mangsa berupa serangga, cacing pasir, siput, kerang, dan krustasea.Tembakul adalah pemburu, menyambar mangsa kecil dengan sangat cepat. Saat mengejar siput, ia menungu sampai moluska tersebut sepenuhnya keluar dari cangkangnya, lalu ia menarik tubuh mangsanya keluar dari cangkangnya. Saat ikan tersebut menelan mangsanya, air dan udara yang vital di dalam ruang insangnya hilang keluar. Tembakul harus masuk ke air untuk mengisi kembali insangnya.

Tembakul sangat menjaga daerah tempat tinggalnya / teritorial, jika ada seekor tembakul lain yang mendekati sarangnya, ia akan mengusirnya dengan membentangkan sirip punggungnya dan menggembungkan ruang insangnya untuk memaksimalkan ukuran badannya untuk mengusir pengganggu supaya pergi. Mirip banget dengan katak klo lagi bernyanyi..

Pada saat berkembang biak, ikan tembakul membuat sarang yang dalam di lumpur. Ia menggali liang dengan mengeduk lumpur menggunakan mulutnya. Dekat jalan masuk dibuat dinding dehinga akan selalu ada kolam air di atas jalan masuk pada saat pasang surut. Besarnya diameter terowongan hampir sama dengan diameter tubuh tembakul tetapi di permukaan, jalan masuk diameternya dibuat melebar. Liang dapat mencapai kedalaman 1 meter. Kadang-kadang satu liang dibuat lebih dari sati jalan masuk.

Telur diletakkan di dalam sarang. Karena tidak ada oksigen di dalam liang, tembakul mengisi liang tersebut dengan udara dengan menelan udara menggunakan mulut dan membawanya ke dalam liang. Telur diletakkan di suatu ruangan di ujung liang. Larva yang telah menetas dari telur tetap berada di dalam liang sampai tubuhnya berubah menjadi bentuk tembakul sempurna.

Nah jadi tahu kan klo ada ikan yang bisa hidup didarat dan memanjat pohon namanya ikan tembatul. Buat sobat yang suka memancing / maniak mancing sama seperti admin CBM salam strike deh.

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini