Rabu, 31 Oktober 2012

Printer Hp deksjet F380 matot alias mati total atau segala jenis deskjet lainnya kecuali Hp laserjet, tidak perlu direset, tidak perlu cek adaptor, tidak perlu ganti board apalagi beli printer baru, beneri sendiri mudah kok. Menurut pengalaman saya sebagai pengguna printer, merk printer hp paling enak dipakai, mulai dari tipe deskjet maupun lasejet printer.tidak rewel dan tidak pernah ngeselin, tidak repot bolak balik jalanin resetter printer untuk mereset segala macem, karena printer hp tidak perlu software resetter. Paling banter jika lampu kedap kedip sudah bisa ditebak masalah ada pada tinta warna atau tinta hitamnya, tinggal beli baru dan siap digunakan.

Untuk printer hp matot pun sangat jarang terjadi, seandainya ada itupun bisa dihitung pakek jari. Buat sobat yang ingin mencoba silahkan, yang penting sedikit hati hati pada saat buka tutup cover dan pemasangan kembali mekanik printer serta mainboard printernya.

Ikuti langkah berikut untuk memperbaiki printer hp deksjet matot, saya contohkan pada printer hp deskjet f380 yang matot :

1. Siapkan obeng kembang, Solderan dan timah,klo gak punya pinjem sama kawan atau beli di toko spare elektronik, obeng ini beda dengan kunci L walau mirip.

2. Siapkan dioda 1N4007 atau dioda satu ampere lainnya warnanya item, tapi yang paling baik yang 1n4007.

ganti dioda printer hp

3. Siapkan multitester atau Avo meter untuk mengukur, klo gak punya pinjem juga dengan teman.

4. Bongkar cover body printer, dengan membuka baut kembang yang ada dan dibuka dari atas.

5. Jika sudah terbuka baut kembangnya, angkat perlahan cover body printer hp deskjet F380 bagian atas,
    Nanti ada dua buah kabel tipis putih yang mengarah ke panel control printer.

6. Copot semua kabel tapi perhatikan bener sisi biru kabelnya yang mengarah ke panel atas, trus conektor ke motor dan paper feed. ( ada baiknya difoto dahulu dgn camera Hp sobat tiap detilnya jika sobat tidak begitu paham ) biar mudah saat pemasangan nantinya.

7. Lepas baut yang mengikat bodi mainboard printer, lalu angkat.

cara perbaiki printer hp matot

8. Lakukan pengukuran pada dioda persegi empat kecil seperti yang terdapat pada gambar.
caranya ngukurnya :

. Stel multitester pada x1
. Ujung kabel multitester yang berwarna merah ditempelkan pada ujung positif dioda ( yang list putih   pinggir dioda ) itu positif ( + ) dan ujung kabel multitester yang berwarna hitam ke sisi negatif ( - ) dioda. ( yang tidak ada list putihnya)
. Jika jarum menunjukan kearah kanan full itu tandanya dioda rusak..( jika ragu coba balik ujung kabel dari multitester yang digunakan untuk mengukur dioda, kabel merah pada jutub negatif dioda dan yang hitam pada kutub positif dioda ) jika tetap sama artinya memang dioda rusak.

9. Copot dioda yang rusak tadi ( ada baiknya diinget / dicatat /diberi tanda ) kutub positif dioda yang ada list putihnya dgn spidol atau apa aja yang penting gak kebalik. walau di mainboard juga sudah ada gambar posisi positif negatif nya.

10. Pasang dioda 1N4007 ( potong jika kaki kepanjangan ) dengan disolder, jangan lupa ujung dioda yang berwarna putih tandanya positif ( + ) harus menempel pada bekas dioda asli yang dicopot pada mainboard printer yang ada list putihnya ( + ).

11. Pasang kembali mainboard printer pada tempatnya dengan benar, jangan lupa dibaut.

12. Cukup colokan mainboard printer yang sudah dipasang dioda baru dengan kabel dari konektor adaptor, trus coba colokan adaptor ke sumber listrik, nanti lampu indikator akan berkedip kedip, jangan panik itu tandanya berhasil bukan minta direset ( cuma untuk mengetest klo printer hidup ) berkedip karena motor dan kabel lainnya belum terpasang, lalu lepaskan adaptor dari sumber listrik dan printer.

13. Pasang mekanik dan semua kabel yang mengarah pada mainboard printer. ( saat pemasangan mekanik : perhatikan plastik bundar yang mengarah ke sensor sebelah kiri ) posisinya menempel pada mekanik, dan harus masuk ditengah tengah sensor yang menempel pada mainboard printer.
 
14. Tutup cover body printer dan pasang kembali semua bautnya.

15. Selesai, nyalahkan printer sobat dan printer hp deskjet F380 yang matot tadi sudah siap dipakai.

Jangan buru buru waktu bongkarnya, gak rumit buat yang awam, ntar klo sudah biasa bongkar pasang akan lebih mudah. Cara ini bisa digunakan pada semua jenis printer hp deskjet matot ( mati total lainnya ) termasuk seri lama 2xxx dan sekenisnya. Selamat mencoba.

"Jika kita tidak pernah salah maka kita tidak akan tahu yang bener, jadi jangan takut salah dan jangan lupa perbaiki tiap kesalahan dengan hal yang bener, ingat menghindari diri dari kesulitan sangat dengan mendekatkan diri pada kegagalan" by : Cybermales.

2 komentar:

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini