Jumat, 26 Oktober 2012

Hari raya Idul adha atau hari raya kurban dan ibadah haji tidak lepas dari nama dan sejarah Nabi Ibrahim As. Napak tilas sejarah Nabi Ibrahim As dan Anaknya Nabi Ismail AS yang dijadikan momentum ibadah haji yang dilakukan umat muslim diseluruh dunia hingga saat ini. Contoh pribadi yang tegas dan taat dalam menegakan kebenaran walau harus mengorbankan harta berharga miliknya ( anaknya Ismail ) sekalipun. Ujian pengorbanan yang sulit dilakukan tanpa rasa keimanan oleh siapapun. Tidak mementingkan diri sendiri maupun keluarga ketika tegak dan berjalan di jalan keyakinan dan keimanan. Dalam sejarah perjalanan hidup beliau Nabi Ibrahim AS pun pernah berbohong.

kebohongan nabi ibrahim as

Bohong Nabi Ibrahim AS Yang Pertama :

Pada masanya orang orang kafir Babilonia memiliki hari besar yang mereka rayakan tiap tahun di alun alun kota. saat hari raya itu Nabi Ibrahim AS diajak oleh ayahnya untuk menyaksikannya. Namun, ia tidak mau mengikutinya dengan alasan "SAKIT", seperti tercantum dalam firman Allah SWT pada Alquran surat Ash-Shaaffaat 88-89, berbunyi :

“Lalu dia memandang sekilas ke bintang-bintang, kemudian dia (Ibrahim) berkata, ‘Sesungguhnya aku sakit’.”

Alasan Nabi Ibrahim AS bohong sedang sakit untuk melancarkan rencananya menghancurkan berhala-berhala yang akan ditinggalkan saat semua orang menghadiri perayaan besar tersebut. Nabi Ibrahim AS kemudian menghancurkan semua berhala dengan kapak, kecuali berhala yang terbesar. Dia kemudian meletakkan kapak di tangan berhala terbesar tersebut.Sebagaimana disebutkan dalam sejarah, bahwa ayah Nabi Ibrahim AS merupakan pembuat berhala.

Bohong Nabi Ibrahim AS Yang Kedua :

Setelah Nabi Ibrahim AS menghancurkan semua berhala, kecuali yang terbesar, dan meletakkan kapak di tangan kanan berhala terbesar itu, masyarakat yang baru kembali dari perayaan kaget melihat sesembahan mereka hancur. “Mereka berkata, ‘Siapakah yang melakukan (perbuatan) ini terhadap tuhan-tuhan kami? Sungguh, dia termasuk orang yang zhalim." (QS Al-Anbiyaa:59)

Kemudian di antara mereka ada yang berkata, “Kami mendengar ada seorang pemuda yang mencela (berhala-berhala ini), namanya Ibrahim." (QS Al-Anbiyaa:60)

Menurut Ibnu Mas'ud, mereka yang menunjuk bahwa Nabi Ibrahim AS pelakunya adalah mereka yang pernah mendengar Nabi Ibrahim berkata, “Dan demi Allah, sungguh, aku akan melakukan tipu daya terhadap berhala berhalamu setelah kamu pergi meninggalkannya.” (QS Al-Anbiyaa:57).

Nabi Ibrahim AS kemudian dibawa dan “disidang”. Setelah berkumpul, “Mereka bertanya, ‘Apakah engkau yang melakukan (perbuatan) ini terhadap tuhan-tuhan kami, wahai Ibrahim?’ Dia (Ibrahim) menjawab, ‘Sebenarnya patung besar itu yang melakukannya." (QS Al-Anbiyaa:62-63)

Nabi Ibrahim AS berkata seperti itu agar mereka segera menjawab bahwa patung-patung itu tidak dapat berbicara, hingga akhirnya mereka mengakui bahwa patung patung itu hanyalah benda mati yang tidak bisa berbuat apa apa.

Bohong Nabi Ibrahim Yang ketiga :

Pada suatu hari Nabi Ibrahim AS bersama istrinya, Sarah, datang ke suatu tempat yang dikuasai seorang Firaun zhalim, untuk menetap sementara di sana. Firaun itu diberitahu oleh ajudannya bahwa ada seorang lelaki yang tinggal bersama wanita yang sangat cantik jelita. Firaun tersebut mengutus utusannya untuk menemui Ibrahim.

Sang utusan bertanya, “Siapakah wanita yang tinggal bersamamu?”. Nabi Ibrahim AS menjawab, “Dia adalah adikku.”. Lalu Nabi Ibrahim AS mendatangi Sarah dan berkata, “Wahai Sarah, di muka Bumi ini tidak ada orang yang beriman kecuali aku dan kamu. Dan di depan sana ada seseorang yang datang dan bertanya kepadaku tentang dirimu, maka aku katakan padanya bahwa kamu adalah adikku. Oleh karena itu, janganlah kamu katakan yang lain selain yang aku katakan.”

Maksud ucapan Nabi Ibrahim ‘AS yang mengatakan bahwa Sarah adalah adiknya adalah “saudara seagama” (ukhtun fid-diin). Sedangkan maksud “di muka Bumi ini tidak ada orang yang beriman kecuali aku dan kamu” adalah tidak ada pasangan mukmin lain selain aku dan kamu. Alasannya adalah, karena Nabi Luth AS pada saat itu juga beriman, sama seperti mereka. Nabi Luth AS adalah keponakan Nabi Ibrahim AS.

Menurut sejarawan, Firaun dalam kisah tersebut merupakan saudara dari Adh-Dhahhak, Firaun yang sangat terkenal kezhalimannya. Firaun tersebut bernama Sinan bin Ulwan bin Ubaid bin Auj bin Imlaq bin Lawaz bin Sam bin Nuh. Sedangkan riwayat Ibnu Hisyam dalam kitab “At-Tijan” menyebutkan, firaun tersebut adalah Amru bin Umrul Qais bin Mailepon bin Saba.
Sumber :  Buku Qashash Al-Anbiyaa’, 2002, karya Ibnu Katsir

Ada Pesan Dari Nabi Ibrahim AS untuk semua manusia terutama kaum muslim :
Pesan Nabi Ibrahim itu adalah :

يَا بَنِيَّ إِنَّ اللّهَ اصْطَفَى لَكُمُ الدِّينَ فَلاَ تَمُوتُنَّ إَلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ

"Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam". (Q.002:132).

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog

Visitor

Popular Posts

Donate To Me On Paypal

https://www.paypal.me/riyanto1971